Walaupun Gulma, Ada Manfaat Rumput Belulang Untuk Kesehatan

Manfaat Rumput Belulang
Gambar Rumput Belulang (Eleusine indica) – Sumber : Google.com

Manfaat Rumput Belulang | Di negara Indonesia sudah sejak zaman dahulu memiliki banyak sumber daya alam yang dimanfaatkan sebagai obat herbal salah satunya adalah rumput. Seperti yang kita ketahui bahwa rumpu belulang merupakan gulma yang mengganggu, namun jangan salah ada banyak manfaat rumput belulang bagi kesehatan, Terutama sebagai antibiotik alami.

Rumput belulang atau nama latinnya Eleusin indica merupakan salah satu jenis dari suku Poaceae yang sering dianggan sebagai gulma. Gulma ini terdapat pada daerah tropis dunia, khususnya di daerah Amerika Selatan dan Afrika.

Apa Itu Rumput Belulang

Rumput belulang umumnya dapat ditemui di seluruh daratan Indonesia dari daerah pantai hingga daerah pegunungan, tumbuh pada daerah 0 hingga 1600 meter diatas permukaan laut. Habitat rumput belulang adalah seluruh daratan yang kosong, baik di rawa rawa, gunung maupun di halaman rumah.

Penyebaran rumpu belulang sangat cepat dengan biji bijinya yang kecil dan ringan sehingga mudah tertiup oleh angin dan mudah tumbuh apabila jatuh di daerah yang terdapat cukup air. Gulma tersebut sangat dikenal baik oleh petani di Indonesia karena paling banyak ditemukan pada kebun atau ladang.

Jika masih muda, rumput belulang sangat mudah untuk dicabut namun apabila sudah dewasa dan membentuk lingkaran, rumput ini sangat sulit untuk dicabut sehingga harus dicabut beserta tanahnya.

Ciri Ciri Rumput Belulang

Ciri rumput belulang yakni panjang daunnya 3 hingga 5 cm lebar nya 0,1 sampai 1 cm pelepah daunnya menempel kuat, helaian daunnya panjang seperti garis, dengan tepi daun yang kasar pada ujungnya, sedangkan pada ujungnya berambut.

Bulir rumput belulang terdiri dari 2 sampai 12 terkumpul pada satu sisi, poros bulir bersayap dan bertunas, panjangnya antara 2,5 hingga 17 cm. Benang sari rumput belulang terdiri 3 helai dengan kepala sari yang pendek, tangkai putik ada 2, kepala putiknya sempit dan berwarna ungu.

Nama Rumput Belulang Di Berbagai Daerah

Rumput belulang mempunyai banyak sebutan, seperti masyarakat Sumatra menyebutnya dengan rumput kumaranting, sedangkan orang Sunda menyebutnya rumput jampang, rumput carulang, orang Jawa menyebutnya suket welulang atau suket lulangan, masyarakat Banjar menyebutnya rumput jepang sedangkan di Malaysia biasa disebut dengan rumput sambau, godong ular, rumput sambari dan rumput kakuasa.

Klasifikasi Rumput Belulang

  • kingdom : Plantae
  • divisi : Spermatophyta
  • subdivisi : Angiospermae
  • kelas : Monocotyledoneae
  • ordo : Poales
  • famili : Poaceae
  • genus : Eleusine indica L.

Kandungan Senyawa Rumput Belulang

Dalam rumput belulang terkandung beberapa zat diantaranya:

  • Protein
  • Flavonoid
  • lemak
  • saponin
  • tanin
  • etnaol
  • dan polifenol.

Manfaat Rumput Belulang Untuk Kesehatan

Siapa sangka, selain dikenal sebagai gulma yang mengganggu, ternyata ada beberapa khasiat rumput belulang bagi kesehatan, khasiat tersebut diantaranya:

1. Antibiotik Alami

Manfaat rumput belulang untuk kesehatan yang pertama mampu bersifat sebagai anti bakteri, sifat antibakteri tersebut disebabkan karena ada beberapa kandungan senyawa didalamnya, terutama pada bagian akarnya, senyawa tersebut diantaranya saponin, tanin, alkaloida dan golongan sterol atau terpen.

Salah satu bakteri merugikan yang dapat dicegah dengan akar rumput belulang adalah bakteri Salmonella Typhi, bakteri tersebut dapat menyebabkan demam tifoid, suatu demam yang masih dijumpai di negara berkembang.

2. Mampu Mencegah Demam Tifoid (Tifus)

Infeksi bakteri salmonella dapat menyebabkan demam tifoid, salmonella sendiri merupakan bakteri yang biasa ditemui di negara berkembang, Salmonella adalah kelompok basil Gram negatif yang mempengaruhi hewan dan manusia. Salmonella dapat menyerang manusia melalui makanan dan minuman.

Untuk mengobati tipus, WHO telah merekomendasikan untuk mulai mencari antibiotik baru dan alternatif pengobatan lain baik sebagai obat, pengobatan teradap penyakit tipus daapt berupa pengoabatn tradisional dari tanaman yang dapat ditemui disekitar kita, salah satu tanaman tersebut adalah rumput belulang yang memiliki efek antibakteri.

Manfaat rumput belulang untuk mencegah demam tifoid disebabkan karena kandungan senyawa golongan saponin, tanin, alkaloida dan golongan sterol atau terpen. Khasiat rumpu belulang untuk mencegah demam tifoid telah dibuktikan melalui beberapa penelitian.

Dikutip dari penelitian Idhul Ade Rikit Fitra dkk menunjukkan ekstrak etanol akar rumput belulang dapat menurunkan jumlah koloni bakteri S.typhimurium yang diinokulasikan ke mencit.

3. Membersihkan Batu Ginjal

Manfaat rumput belulang selain mampu mengatasi bakteri penyebab tifus, juga mampu membersihkan ginjal dari kotoran, cara mengolah rumput belulang untuk mengatasi masalah kesehatan yang satu ini cukup ambil rumput belulang sekitar 1 kilogram, usahakan rumput yang belum berbunga.

Buang bagian akarnya dan cuci hingga bersih, lalu haluskan, setelah itu rebus dengan lima gelas air hinga mendidih, bila sudah mendidih saring dan minum selagi masih hangat, lakukan hal tersebut selama tiga hari berturut turut, usahaakan pada pagi hari saja.

4. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Seperti yang telah kami jabarkan diatas, bahwa manfaat rumput belulang sebagai antibakteri berperan secara langsung untuk membasmi bakteri yang ada pada luka, sehingga penyembuhan luka semakin cepat.

5. Membantu Meringankan Nyeri Menstruasi

Manfaat rumput belulang terutama jika diolah menjadi teh rumput belulang dipercaya mampu mengatasi kram perut dan rasa nyeri pada saat haid, seperti yang kita ketahui, bahwa sebagian wanita yang mengalami haid merasa tidak nyaman karena munculnya rasa nyeri tersebut.

Manfaat Rumput Belulang Untuk Kecantikan

Selain memiliki khasiat bagi kesehatan, ternyata rumput belulang juga berguna bagi kecantikan, seperti memiliki efek anti penuaan dini dan baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

1. Mencegah Penuaan Dini

Dalam rumput belulang terkandung flavonoid, suatu senyawa yang memiliki peran untuk menghasilkan antioksidan, antioksidan tersebut dapat mencegah radikal bebas. Salah satu radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini, maka dari itulah ada manfaat rumput belulang untuk mencegah penuaan dini.

2. Membantu Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Manfaat rumput belulan selain untuk mencegah penuaan dini akibat radikal bebas, juga dipercaya berkhasiat untuk membantu pertumbuhan, rambut karena kandungan senyawa didalamnya, namun perlu anda ketahui hingga sekarang belum ada penelitian rumput belulang untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Efek Samping Rumput Belulang

Perlu anda ketahui, bahwa belum banyak penelitian yang berkaitan dengan manfaat rumput belulang dan efek sampingnya, alangkah baiknya jangan terlalu sering menggunakan rumput belulang, terutama untuk dikonsumsi, karena dikhawatirkan akan menimbulkan bahaya rumput belulang.

Selain itu, bagi seorang penderita penyakit jantung, ibu hamil, serta orang yang mengalami kekurangan tiamin, sebaiknya hindari mengonsumsi rumput tersebut, atau konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Efek samping dari rumput belulang tersebut seperti, dapat memicu kekurangan senyawa tiamin dalam tubuh, menyebabkan tidak seimbangnya elektrolit dalam tubuh, dan dapat mengganggu denyut nadi.

Baca juga : Manfaat Petai Cina

Siapa sangka, tumbuhan yang kita anggap sebagai tanaman gulma pengganggu, ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, tanaman disekitar kita memang memiliki banyak kegunaan untuk manusia, walaupun itu cuma rumput.

Sekian dulu artikel mengenai manfaat rumput belulang untuk kesehatan, rumput yang kita anggap gulma ternyata banyak khasiatnya, seperti manfaat krokot

Tinggalkan komentar