17 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Manusia

Manfaat Air Kelapa – Kelapa adalah salah satu tumbuhan yang memiliki seribu manfaat, mengapa demikian ? Sebab kelapa dapat dimanfaatkan dalam berbagai jenis kebutuhan dari akar sampai ujungnya. Hal inilah yang menjadikan kelapa banyak diminati untuk diambil manfaatnya. Seperti yang kita ketahui bahwa tumbuhan ini paling banyak diambil manfaatnya dari buahnya. Hal ini karena punya manfaat yang sangat banyak. Air kelapa juga tidak kalah berkhasiat dengan dagingnya karena air kelapa mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Air Kelapa
Khasiat Dan Manfaat Air Kelapa

Air kelapa merupakan salah satu minuman yang banyak dicari karena orang percaya bisa menyembuhkan penyakit dan penghilang racun. Selain itu, kelapa juga mudah ditemui di Indonesia dengan harga yang tidak terlalu mahal. Sangking banyaknya manfaat dalam air kelapa sampai disebut sebagai minuman herbal. Mungkin kita sudah sering mengunsumsi kelapa, apalagi buah kelapa yang masih muda, tentunya mengandung air yang sangat bermanfaat dan dapat menyegarkan tubuh. Perlu diketahui bahwa kandungan kelapa ini sangat banyak seperti Vitamin C, Asam Nikotinat, Riboflavin, Biotin, dan masih banyak lagi. Sebab itulah manfaat meminum air kelapa tidak diragukan lagi.

Jika memang bosan mengonsumsi dengan cara biasa, kita bisa mengolahnya menjadi berbagai olahan minuman menyegarkan. Sekarang ini saja sudah bermunculan produk yang terbuat dari bahan kelapa dan airnya. Namun, saya sarankan untuk meminum air kelapa secara langsung agar bisa mengambil manfaatnya secara maksimal. Mengapa demikian ? karena air kelapa yang murni tidak tercampur dengan zat zat lain seperti pemanis buatan atau pengawet. Apakah anda sudah tahu manfaat yang ada dalam air kelapa ? biasanya orang menganggap air kelapa hanya untuk menghilangkan dehidrasi, padahal sebenarnya ada manfaat yang sangat banyak. Nah, lebih lengkapnya mengenai khasiat air kelapa akan saya bahas berikut ini.

Khasiat Manfaat Air Kelapa

1. Mengurangi Resiko Diabetes

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa air kelapa ternyata bisa mencegah terjadinya diabetes. Bagaimana bisa ? fungsi yang dijalankan air kelapa ini adalah melancarkan sistem sirkulasi darah dalam tubuh manusia. Dengan jalannya darah secara lancar bisa mencegah terjadinya penumpukan dalam pembuluh darah. Hal ini memang bertujuan untuk menghindari penyempitan pembuluh darah dan juga untuk memperlebar pembuluh darah yang sedikit sempit. Agar peredaran darah berjalan lancar, kita bisa meminum air kelapa rutin atau dalam waktu seminggu secara berkala.

2. Dapat Menjaga Berat Badan

Manfaat air kelapa yang satu ini memang sudah terbukti sejak lama. Manfaat ini bisa muncul bukan dari kandungan / zat dalam air kelapa. Namun, caranya adalah dengan meminum air kelapa sebelum makan sehingga tubuh akan terasa tidak lapar lagi. Hasilnya Anda akan mengurangi posri makan anda sehingga akan makan lebih sedikit. Air kelapa memang dapat memunculkan rasa kenyang dengan cepat karena air ini mudah diserap oleh tubuh. Karena itulah air kelapa memang menjadi pilihan orang-orang yang sedang melakukan diet sederhana.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Air kelapa juga punya manfaat yang luar biasa dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Apakah Anda sudah tahu apa penyebab terjadinya darah tinggi ? Penyebabnya ternyata didalam tubuh memiliki kandungan elektrolit yang tidak seimbang. Untuk mengatasi hal tersebut, yang paling cocok adalam dengan meminum air kelapa. Mengapa demikian ? sebab unsur dari air kelapa memiliki manfaat dalam menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh. Hal ini bisa diperoleh dengan meminum air kelapa secara rutin hingga tekanan darah dalam tubuh mulai normal.

4. Air Kelapa Sebagai Antioksidan

Manfaat air kelapa yang penting bagi kesehatan tubuh kita adalah kandungan antioksidannya yang cukup banyak. Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan berguna dalam menangkal radikal bebas. Radikan bebas sebenarnya bisa mamunculkan berbagai penyakit. Jadi manfaat minum air kelapa juga bisa menangkal berbagai penyakit. Kandungan antioksidan dalam air kelapa bisa diperoleh secara optimal dengan rutin meminum air kelapa atau setidak-tidaknya seminggu dua kali.

5. Membantu Penyerapan Obat

Khasiat air kelapa selanjutnya memang cukup bagus bagi seseorang yang sedang sakit. Ketika sakit, orang pasti memilih mengonsumsi obat untuk mengurangi atau menyebuhkan sakitnya. Namun, perlu diketahui bahwa manfaat air kelapa sangat bagus setelah meminum obat. Hal ini karena air kelapa memiliki khasiat dalam membantu penyerapan termasuk obat. Karena itulah obat yang diminum akan cepat terserap oleh tubuh sehingga proses kinerja obat akan lebih cepat.

6. Berguna Dalam Kesehatan kardiovaskular

Kesehatan yang berkaitan dengan tekanan darah memang sangat penting untuk dijaga. Penyebab tekanan darah menjadi naik menurut hasil penelitian disebabkan karena didalam tubuh memiliki kandungan kalium yang rendah. Didalam air kelapa ternyata mengandung kalium dan asam laurat yang diperlukan untuk menstabilkan kandungan kalium rendah dalam tubuh. Untuk itulah disarankan meminum air kelapa secara optimal ketika mengalami masalah tekanan darah dan juga untuk kesehatan kardiovaskular.

7. Dapat Memperbaiki Kulit

Manfaat air kelapa yang satu ini memang jarang diketahui orang, karena banyak yang menganggap bahwa air kelapa memiliki manfaat jika diminum saja. Sebenarnya air kelapa bisa dibuat untuk memperbaiki masalah kulit. Masalah kulit bisa berupa kulit jerawatan, kulit kering dan masih banyak lainnya. Cara memakainya dengan membasuh air kelapa pada kulit secara langsung dan perlu didiamkan semalam ketika tidur. Kandungan didalam air kelapa sudah terbukti mengatasi berbagai masalah kulit, untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal, Anda bisa melakukan pembasuhan air kelapa secara rutin pada bagian kulit yang bermasalah.

8. Air Kelapa Bagus Untuk Pencernaan

Apa yang membuat air kelapa bagus untuk pencernaan ? Air kelapa mengandung berbagai nutrisi dan enzim yang sangat berguna seperti katalase, diatase, peroksidase, asam folat dan masih banyak lainnya. Kandungan tersebut baik untuk melancarkan pencernaan sehingga proses tersebut akan berlangsung secara optimal. Selain itu, air kelapa juga bagus untuk proses metabolisme dalam tubuh. Untuk kandungan yang ada didalam air kelapa sebenarnya masih banyak lagi jika diperluas seperti vitamin B, kalsium hingga mangan.

9. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Didalam air kelapa mengandung berbagai unsur yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalium. Kalium sendiri merupakan unsur yang berguna untuk mencegah terjadinya pembekuan batu ginjal. Proses yang berjalan adalah alkali urine oleh kalium sehingga sangat bagus untuk menghindari batu ginjal. Selain itu, air kelapa juga bisa bermanfaat untuk melarutkan batu ginjal secara berkala. Bisa diambil kesimpulan bahwa air kelapa memang bagus dikonsumsi bagi yang belum terkena batu ginjal ataupun yang sudah terkena.

10. Air Kelapa Bagus Bagi Ibu Hamil

Wanita hamil memang disarankan untuk meminum air kelapa secara optimal untuk mengambil manfaatnya. Hal ini karena air kelapa mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan janin dan ibu hamil seperti Vitamin C, kalsium, elektrolit, hingga sodium. Air kelapa juga dipercaya bisa mencegah berbagai gejala yang sering dialami oleh ibu hamil seperti mual, muntah, dan lainnya. Jadi, manfaat air kelapa tidak diragukan lagi jika memang airnya murni tanpa campuran bahan pengawet, pemanis buatan, ataupun pewarna.

11. Bagus Untuk Tulang

Didalam air kelapa juga mengandung kalsium, seng, mangan, dan berbagai vitamin. Kandungan kalsium yang ada didalam air kelapa memang tidak banyak, namun dipercaya bisa menguatkan tulang. Selain itu, kalsium juga berguna untuk mencegah terjadinya osteoporosis yang biasanya terjadi seiring bertambahnya usia. Bukan hanya tulang saja, air kelapa juga bagus untuk gigi dan dapat memperbaikinya. Nah, jika memang bosan meminum air kelapa, anda bisa membuat berbagai olahan minuman, namun ingat jangan sampai terlalu banyak mencampur zat aditif.

12. Air Kelapa Untuk Meningkatkan Sistem Imun

Imun atau kekebalan tubuh memang sangat penting untuk dijaga, sebab dengan kondisi imun yang kuat maka seseorang tidak akan mudah terserang penyakit. Untuk meningkatkan sistem imun, kita bisa mengambil khasiat air kelapa karena mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti folat, niasin, thiamin, dan riboflavin. Selain itu, air kelapa juga berguna untuk melawan serangan virus karena memiliki sifat anti virus. Manfaat yang satu ini memang sangat dibutuhkan manusia untuk kebal dari serangan penyakit.

13. Mengatasi Masalah Dehidrasi

Manfaat air kelapa secara umum adalah untuk mencegah terjadinya kekurangan cairan dalam tubuh. Dehidrasi bisa diatasi dengan meminum air kelapa ketika sebelum atau sesudah beraktivitas berat, olahraga, hingga bekerja. Sebab, air kelapa memiliki kegunaan untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan plasma didalam tubuh. Air kelapa juga memiliki manfaat untuk memenuhi ion dalam tubuh yang hilang akibat aktivitas yang sering atau berat.

Simak Juga : Manfaat Minum Air Putih

14. Menghindari Penuaan Dini

Tentunya setiap orang tidak ingin mengalami penuaan dini, karena penuaan dini dapat menghilangkan kepercayaan dini dengan tampilan tubuh yang terlihat keriput, kusut dan kering. Untuk mencegah terjadinya penuaan dini, kita bisa mengambil manfaat air kelapa karena mengandung asam laurat dan sitokin. Kandungan tersebut sangat berguna dalam proses pertumbuhan sel baru dan menggantikan posisi sel lama. Karena itulah resiko penuaan dini yang biasanya terjadi dalam kulit bisa teratasi. Caranya bukan dengan dibasuh namun dengan cara diminum seperti biasanya.

15. Dapat Menjaga Kelembaban Kulit

Air kelapa selain bermanfaat bagi kesehatan manusia juga bermanfaat sebagai kecantikan. Kandungan air kelapa memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk kecantikan. Hal  ini dibuktikan dengan manfaat air kelapa yang bisa membuat kulit tetap lembab. Manfaat ini bisa diperoleh dengan meminum air kelapa secara rutin setiap hari atau setidaknya seminggu meminum tiga kali. Selain melembabkan kulit, air kelapa juga dipercaya dapat mengencangkan kulit dan mencegah kulit keriput.

16. Untuk Penyembuhan Infeksi Saluran Kemih

Manfaat lain dari air kelapa yang sangat penting adalah dapat menyembuhkan infeksi pada saluran kemih. Infeksi pada saluran kemih jika tidak diatasi dapat berbahaya dan bisa menyebabkan gejala yang lebih parah. Infeksi tersebut bisa muncul dari seragan bakteri, sedangkan air kelapa memiliki kandungan yang bagus untuk melawan berbagai macam bakteri sehingga infeksi saluran kemih oleh bakteri bisa disembuhkan.

17. Sebagai Obat Peradangan Di Lambung

Air kelapa muda / hijau memang memiliki khasiat untuk mencegah dan menghilangkan peradangan di lambung. Hal ini disebabkan karena air kelapa berguna untuk sirkulasi tubuh sehingga tubuh menjadi lebih segar. Air kelapa juga bagus untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan terutama pada lambung. Selain bagus untuk lambung, air kelapa juga memiliki kegunaan untuk menjaga suhu tubuh agar tetap normal.

Waktu Yang Tepat Untuk Minum Air Kelapa

Sebenarnya untuk meminum air kelapa tidak memerlukan metode atau cara. Hal ini bisa dilakukan secara rutin dengan meminum sehari satu kali jika memang sedang membutuhkan manfaat seperti membantu penyerapan obat, mencegah batu ginjal hingga untuk mencegah diabetes. Untuk orang biasa mungkin bisa meminum air ini jika memang perlu atau mungkin satu minggu meminum tiga kali saja. Itu sudah cukup untuk memperoleh khasiat air kelapa secara optimal. Yang paling penting adalah tidak meminum terlalu banyak air kelapa karena bisa berefek negatif.

Nah, itulah beberapak khasiat dan manfaat air kelapa bagi kesehatan manusia. Memang sudah terbukti bahwa air kelapa bukan hanya untuk mengatasi dehidrasi, namun air kelapa juga bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya yang sering menyerang seperti diabetes dan batu ginjal. Jadi, dengan mengetahui khasiat minum air kelapa dapat membuat kita rajin meminumnya, namun perlu diketahui bahwa jangan terlalu banyak meminum air kelapa karena bisa berefek buruk bagu tubuh. Oke, sekian saja pembahasan kali ini dalam manfaatku, jangan lupa simak artikel manfaat lainnya.