20 Manfaat Air Putih, Tidak Hanya Mengatasi Dehidrasi!

Manfaat Air Putih
Air Putih – sumber : google.com

Manfaat Air Putih | Air putih merupakan sumber kehidupan bagi mahluk hidup terutama manusia. Air putih memiliki kegunaan banyak sekali, seperti yang kita ketahui bahwa meminum air putih memang dibutuhkan ketika merasa haus. Bukan berarti air putih hanya memiliki manfaat untuk menghilangkan haus, sebenarnya jika diungkap lebih luas, air putih memiliki puluhan khasiat yang jarang diketahui. Sebenarnya air putih memiliki kaitan erat dengan tubuh manusia karena sebagian besar dari tubuh kita adalah cairan atau lebih tepatnya 70%. Besarnya cairan dalam tubuh manusia membuat tubuh memerlukan cairan yang sangat banyak.

Memenuhi keperluan cairan tubuh paling bagus bisa dipenuhi dengan minum air putih. Sebab air putih merupakan minuman paling bagus dan tidak memiliki zat berbahaya. Air putih sendiri memiliki kelebihan untuk menjaga kesehatan terutama dalam menetralisir kotoran atau racun dalam tubuh. Bukan hanya itu, manfaat yang diberikan oleh air putih ternyata sampai pada peningkatan fungsi otak. Mungkin anda pernah tahu bahwa banyak orang yang sudah lanjut memilih memperbanyak minum air putih. Ternyata disitu terdapat khasiat yakni untuk memberi pasokan oksigen ke otak. Nah, ingin tahu lebih banyak informasi mengenai manfaat minum air putih, langsung saja simak artikel berikut ini.

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Air Putih Bermanfaat Sebagai Penjaga Berat Badan

Sebenarnya kandungan / zat yang ada dalam air putih tidak sebanyak minuman lainnya, namun mengapa bisa air putih bisa berguna dalam menjaga berat badan ?. Sebenarnya meminum air putih bertujuan untuk memunculkan rasa kenyang. Hal inilah yang membuat manusia akan mengurangi porsi makannya sehingga bagus sekali meminum air putih sebagai penjaga berat badan. Lebih-lebih, air putih bisa menurunkan berat badan secara berkala dengan meminun sebelum makan. Nah, dengan pengurangan porsi makan / masuknya kalori dalam tubuh dapat menurunkan berat badan secara berkala.

Nah, jika memang Anda memiliki berat badan yang berlebih, Anda bisa meminum air putih terlebih dahulu sebelum makan. Asal jangan terlalu banyak dan bisa menghilangkan selera makan anda. Sebelum makan, Anda hanya cukup meminum air putih satu gelas ukuran sedang untuk memperoleh manfaat air putih sebagai penurun berat badan. Hal ini jika dilakukan secara rutin memang akan memunculkan efek yang segnifikan, nah lanjut ke manfaat minum air putih berikut ini.

Dapat Menyeimbangkan Cairan Tubuh

Seperti yang kita ketahui bahwa bagian dari tubuh manusia sebagian besar adalah cairan. Dengan banyaknya cairan yang ada dalam tubuh membuatnya memerlukan pasokan cairan yang cukup banyak. Cara untuk memenuhi cairan dalam tubuh yang paling bagus adalah dengan minum air putih. Hal ini karena air putih merupakan bahan yang murni dan tidak mengandung zat berbahaya. Jika cairan tubuh sudah terjaga keseimbangannya, maka dapat membantu dalam pencernaan, menstabilkan suhu tubuh hingga transport nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengatasi Dehidrasi Dan Rasa Haus

Ketika seseorang telah melakukan banyak kegiatan, pastinya ia akan cepat berkeringat. Dengan banyaknya cairan tubuh yang keluar membuat tubuh kekurangan cairan dan muncullah rasa haus. Selain itu, bisa dibayangkan jika seseorang tidak meminum air putih, tentunya bisa berdampak buruk yakni dehidrasi. Karena itulah untuk mengatasi rasa haus dan dehidrasi merupakan manfaat air putih. Air putih dinilai paling bagus dalam mengatasi hal tersebut karena kemurniannya dan tidak adanya unsur negatif. Jadi, untuk menghindari terjadinya dehidrasi, memang disarankan untuk memperbanyak minum air putih sebelum atau sesudah beraktivitas.

Sebagai Detoksifikasi Racun

Manfaat meminum air putih selanjutnya adalah sebagai pembantu pengeluaran racun dalam tubuh. Pengeluaran racun dalam tubuh memiliki dua bentuk dalam cairan yakni urine dan keringan. Mekanisme dari pengeluaran racun memang tidak bisa dihindarkan dari air, sebab dengan air maka bisa diproduksi keringat dan urine. Selain air, ada juga air kelapa yang dipercaya bisa menetralkan racun. Namun, dalam keadaan tertentu atau terbatas memang air yang menjadi solusi pengeluaran racun.

Untuk Meningkatkan Kerja Otot (Tidak Cepat Lelah)

Khasiat air putih yang belum banyak diketahui adalam untuk meningkatkan energi atau lebih tepatnya meningkatkan kinerja otot agar tidak cepat lelah dalam beraktivitas. Sebenarnya jika seseorang melakukan aktivitas yang berat tanpa dibarengi dengan minum air putih bisa berdapak cepat lelah. Hal ini karena otot kekurangan cairan dan banyak cairan yang keluar dari otot. Karena itulah sebaiknya kita meminum air putih secara optimal untuk menghindari cepat lelah ketika beraktivitas.

Dapat Mengoptimalkan Kerja Ginjal

Tahukah anda bahwa setiap hari, ginjal memiliki tugas yang berat dalam memproses ratusan liter darah, menyaring kotoran, dan juga mengeluarkannya. Apalagi kinerja ginjal dibebani dengan obat-obatan, zat-zat perasa, pemanis buatan dan pengawet. Kinerja ginjal yang terlalu sibuk tersebut memang membutuhkan asupan cairan yang cukup. Pemberian cairan ini memang berguna dalam membersihkan ginjal, mengoptimalkan ginjal, hingga menghindari berbagai penyakit. Penyakit yang ada kaitannya dengan minum adalah batu ginjal. Penyakit tersebut bisa dicegah sejak awal dengan banyak meminum air putih dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan cairan pada ginjal dan membersihkannya.

Air Putih Bisa Membuat Kulit Menjadi Lebih Cerah

Memang manfaat air putih yang satu ini jarang diketahui, bahkan ada yang bertanya-tanya apa benar meminum air putih bisa menghaluskan dan mencerahkan kulit. Jawabannya bisa, sebab hal ini memiliki hubungan dengan pengelurana racun dalam tubuh. Mengapa demikian ? sebab racun dalam tubuh bisa memunculkan efek buruk bagi kulit termasuk peradangan kulit. Nah, tadi sebagai detoksifikasi racun maka bisa berdampak menjadikan kulit lebih cerah.

Dapat Memunculkan Semangat Baru

Mungkin kita sering kehilangan kesegaran / semangat ketika beraktivitas termasuk dalam urusan pekerjaan. Masalah tersebut memang tergolong biasa, namun bisa membuat kita kehilangan waktu berharga dan penurunan produktifitas dalam segi pekerjaan. Untuk mengembalikan semangat dalam bekerja, hal sederhana yang bisa kita lakukan adalam meminum air putih. Dengan meminum air putih maka otak kita akan terpenuhi kebutuhan oksigen sehingga akan terasa segar kembali.

Sebagai Pencegah Penuaan Dini

Tentunya orang jarang percaya dengan manfaat meminum air putih yang bisa mencegah penuaan dini. Padahal meminum air putih memang sudah dibuktikan bisa mencegah penuaan dengan sistem pengeluaran racun, pengecilan pori-pori kulit hingga bisa mengencangkan kulit. Jika diperhatikan lebih jelas memang penuaan ditandai dengan kulit kering, tidak kencang dan berpori-besar, sebab itulah air putih sangat diperlukan uuntuk mengatasi penuaan dini. Caranya, Anda bisa meminum air putih secara teratur setiap harinya dengan jumlah air yang tidak terlalu banyak maupun sedikit.

Dapat Meningkatkan Produktivitas Dalam Beraktivitas

Seperti penjelasan diatas bahwa dengan meningkatnya kinerja otot dapat mengurangi cepat lelah. Selain itu, dengan meminum air putih juga bisa mengeluarkan racun dalam tubuh, hasilnya tubuh manusia akan lebih sehat. Manfaat air putih yang paling bagus untuk meningkatkan produktivitas adalah untuk meningkatkan fokus. Memang ini sudah menjadi rahasia umum dalam meningkatkan fokus ketika beraktivitas. Selain itu, masih ada manfaat lain yang belum banyak diketahui sebagai berikut.

Mengurangi Sakit Kepala

Manfaat air putih yang jarang diketahui selanjutnya adalah sebagai penurun rasa sakit kepala. Sakit kepala sering terjadi akibat seseorang mengalami dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh. Sakit kepala memang memiliki hubungan erat dengan kekurangan air, sebab ketika kadar oksigen didalam otak sedikit dapat menimbulkan migrain dan rasa pusing hingga turunnya fokus. Nah cara paling ampuh untuk mengatasi sakit kepala adalah meminum air yang cukup. Dengan begitu maka kebutuhan cairan Anda akan terpenuhi.

Dapat Meyembuhkan Panas Dalam

Khasiat air putih yang sering diketahui adalah digunakan sebagai menghilang panas dalam. Sebab itulah air sering dipakai untuk menghilangkan panas dalam. Secara umum penjelasan mengenai manfaatnya adalah karena air dapat memunculkan kesegaran dalam tubuh sehingga cocok sekali untuk penyebuh panas dalam tanpa obat. Kemurnian air juga bisa membersihkan tenggorokan kita dari kotoran atau zat yang tidak diperlukan dalam tubuh manusia.

Mengatasi Sariawan

Sariawan memang berkaitan dengan panas dalam, sariawan sendiri memang kerap muncul akibat kekurangan cairan dalam tubuh. Selain itu, sariawan juga timbul akibat adanya kuman dalam mulut. Cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan meminum air putih secara optimal. Sengan meminum air putih, kuman dalam mulut bisa terbawa dan bisa berkurang. Untuk mencegah terjadinya sariawan, sebaiknya kita perlu minum air putih lebih banyak, apalagi dicuaca panas.

Air Dapat Melancarkan Peredaran Darah

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa sebenarnya air putih bisa bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Sebenarnya air putih memiliki mafaat utama dalam proses transportasi ditubuh manusia. Selain itu, air putih juga berguna dalam transport darah sehingga cocok sekali untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Penyembuh Demam Secara Berkala

Manfaat meminum air putih selanjutnya adalah sebagai penyembuh demam. Hal ini memang dikaitkan dengan meminum air putih yang bertujuan untuk bisa sering buang air kecil. Ketika sudah sering buang air kecil maka kotoran dalam tubuh dan sumber penyakit akan ikut keluar. Hal inilah yang telah dibuktikan sebagai penurun demam. Cara tersebut memang sangat disarankan dibanding mengonsumsi obat-obatan yang memiliki dampak negatif terutama lambung.

Air Putih Berguna Untuk Memaksimalkan Kinerja Otak

Mungkin bagi pekerja kantor atau yang aktivitasnya berkaitan dengan kejenuhan tentu akan merasa mudah kehilangan konsentrasi sehingga berdampak pada penurunan produktivitas Anda. Solusi paling tepat bagi yang sering merasa bermasalah dengan hilangnya fokus dan konsentrasi adalah dengan meminum air putih. Dengan meminum air putih maka dapat meningkatkan konsentrasi otak sehingga berdampak pada pemaksimalan kinerja otak.

Dapat Mempercepat Metabolisme Dalam Tubuh

Manfaat air putih selanjutnya adalah untuk mempercepat metabolisme dalam tubuh. Untuk memperoleh manfaat tersebut memang disarankan untuk seseorang meminum air putih secara rutin dipagi hari dalam keadaan perut kosong. Memang hal ini bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh sekitar 20% tergantung jumlah air yang diminum. Selain itu, dengan meningkatnya metabolisme dalam tubuh maka berdampak pada penurunan berat badan. Sebab itulah cara sehat ini sering dilakukan oleh orang-orang yang sedang menjalani diet.

Dapat Meningkatkan Sistem Imum

Imunitas atau kekebalan dalam tubuh memang diperlukan manusia agar terhindar dari serangan berbagai jenis penyakit. Namun, tidak semua orang memiliki sistem imun yang baik, nah solusi paling tepat adalah dengan memperbanyak meminum air putih. Apa manfaatnya ? ternyata air putih bisa mengurangi resiko terserang penyakit dengan cara melawan penyakit dan infekasi yang ada dalam tubuh. Air putih juga bisa membersihkan tubuh kita dari berbagai penyakit sehingga berdampak pada peningkatan sistem imun.

Air Putih Digunakan Untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Bagaimana bisa air putih dipakai untuk meningkatkan nafsu makan, padahal air putih hanya memiliki kandungan unsur sederhana. Penjelasannya bahwa meminum air putih dapat berguna untuk melancarkan pencernaan manusia. Dengan pencernaan yang lancar maka manusia akan lebih cepat buang air. Hal itu berdampak pada munculnya rasa lapar kembali / peningkatan nafsu makan secara sederhana.

Dapat Mencegah Kanker Usus Besar

Tahukah anda bahwa air putih ternyata punya manfaat besar dalam usus ? ternyata air putih memiliki kegunaan yang luas biasa didalam usus besar yakni sebagai pembersih usus besar. Selain itu, air putih juga bisa mengangkut kotoran yang menempel (membersihkannya). Dengan begitu maka kotoran dalam usus akan berkurang dan mencegah terjadinya kanker usus besar atau yang disebut kolon.

Mencegah Rambut Terasa Kusut

Rambut yang terasa kering dan kusut merupakan dampak dari kurangnya cairan dalam tubuh, selian itu dengan terpaparnya kulit dengan sinar matahari dapat membuat rambut menjadi kering. Karena itulah untuk menjaga rambut tetap halus dan lembab maka anda perlu memperbanyak minum air putih terutama ketika siang hari. penyebab paling utama rambut menjadi kusut memang karena dehidrasi ringan.

Nah, itulah beberapa manfaat air putih bagi kesehatan tubuh yang belum banyak diketahui. Memang air putih sering dianggap sebagai penghilang haus saja, ternyata jika diungkap, akan banyak manfaat yang bisa ditemukan. Pada intinya kita bisa mengambil khasiat air putih secara maksimal yakni dengan memperbanyak minum air putih. Nah, kita jangan lagi meremehkan manfaat minum air putih, karena ternyata punya manfaat yang luar biasa. Oke, sampai disini dulu artikel kali ini, jangan lupa simak artikel menarik lainnya dari manfaatku.

Simak Juga : Manfaat Air Kelapa