13 Manfaat Buah Apel Merah dan Kulitnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah Apel Merah
Gambar buah Apel Merah (Malus domestica ‘red delicious’) – Sumber: Google.com

Manfaat Buah Apel Merah | Apel di Indonesia dapat tumbuh dan berbuah baik di dataran tinggi dan beriklim sub tropis, khususnya di Malang (Batu dan Poncokusumo) dan Pasuruan (Nongkojajar), Jawa Timur.Apel Merah adalah buah yang kaya akan serat serta antioksidan yang tinggi. Kulitnya yang berwarna merah atau hijau memiliki kandungan quercetin yang bisa membantu melindungi dari penyakit jantung dan alergi.

Sejak zaman dahulu, buah apel dipercaya memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, manfaat buah apel tersebut juga telah didukung oleh berbagai penelitian, yang menyatakan buah apel dapat mengurangi, mencegah serta mengobatai berbagai macam penyakit, bahkan penyakit mematikan seperti stroke yang diakibatkan oleh penumpukan kolestrol.

Diberbagai belahan dunia, apel memiliki berbagai macam jenis, salah satunya adalah apel merah ataun nama latinnya Malus domestica ‘Red Delicious’, memiliki rasa asam manis serta beraroma wangi dan segar bila dimakan ataupun dioleh menjadi jus buah apel.

Kandungan Buah Apel Merah

Dalam setiap 100 gram apel merah terkandung berbagai zat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya.

  • kalsium 6 gram
  • energi 58 kal
  • protein 0,3 gram
  • lemak 0,4 gram
  • karbohidrat 14,9 gram
  • fosfor, natrium
  • magnesium
  • zat besi
  • vit. A
  • vit.B kompleks
  • vit.C
  • serat kasar (pektin)
  • asam felonik, kalium
  • flavonoid
  • zat fitokimia.
  • Quercetin.

Klasifikasi Apel Merah

  • Kingdom : Plantae
  • Divisio : Spermatophyta
  • Class : Dicotyledoneae
  • Ordo : Rosales
  • Famili : Rosaceae
  • Genus : Malus
  • Spesies : Malus domestica ‘Red Delicious’.

Manfaat Buah Apel Merah Untuk Kesehatan

1. Kulit Buahnya Bermanfaat Sebagai Antioksidan

Bagian dari tumbuhan atau buah sampai sekarang belum dimanfaatkan dengan baik, termasuk salah satunya kulit buah apel. Tahukah anda, bahwa ekstrak etanol dari kulit buah apel mengandung antioksidan, bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Dimana Kulit apel mengandung kuersetin, yakni zat yang dibutuhkan guna meningkatkan kadar antioksidan, dapat mencegah berbagai macam
penyakit.

Buah yang mengandung zat kuertesin setara dengan buah yang didalamnya mampu menyediakan antioksidan dari vitamin C sebanyak 1500 mg. Hal tersebut juga telah dibuktikan secara ilmiah.

Dikutip dari Pertiwi, dkk., (2016). Dimana Dari hasil penelitian uji aktivitas antioksidan ekstrak etanol limbah kulit buah apel yang berdasarkan pada nilai Inhibition Concentration 50% (IC50) yaitu sebesar
87.795 ppm dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol limbah kulit buah apel memilki aktivitas antioksidan terhadap radikal bebas DPPH (2,2-Diphenyl-1-Picrylhydrazil).

2. Mencegah Stroke

Manfaat buah apel merah selain mengandung antioksidan, juga meminimalkan serta mencegah terkena penyakit stroke. Hal tersebut diungkapkan oleh beberapa penelitian, diantaranya.

Dikutip dari penelitian Sufrida, dkk., (2004). Dalam penelitiannya menyebutkan bahwa laki-laki dan perempuan yang makan satu apel setiap harinya beresiko lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang jarang mengkonsumsi apel.

Mereka menyatakan penilitian yang pernah dilakukan terhadap lebih dari 9000 orang sehat, baik pria maupun wanita yang berumur 15 tahun, menunjukkan pria yang makan lebih dari 54 g apel per hari dan wanita yang makan apel 71 g apel per hari beresiko lebih rendah terkena stroke dibandingkan mereka yang sedikit makan apel.

Buah apel memiliki khasiat mencegah stroke, dikarenakan dalam buah tersebut terkandung asam fenolik yang berfungsi memperlancar peredaran darah ke otak. Nah asam fenolik tadi bertugas membasmi radikal bebas dalam darah dan menghindari penyumbatan dalam pembuluh darah. Namun jangan lupa, dibarengi dengan berolahraga rutin serta menerapkan pola hidup sehat.

3. Mengatur Kadar Kolestrol Dalam Tubuh

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa Kolesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak. Dimana lemak tersebut merupakan zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita disamping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

Lemak sendiri adalah salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Lemak khususnya kolestrol merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh. Kadar kolesterol normal dalam tubuh berkisar antara 0 hingga 100 mg/dl.

Jika kadar kolestrol terlalu tinggi, maka akan memicu stroke, namun anda jangan khawatir, karena ada manfaat buah apel merah untuk mencegah kolestrol berlebih. seseorang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi dalam tubuhnya dapat memakan apel satu buah perhari dimana dapat menurunkan resiko terkena stroke 36-45%. Hal tersebut bsia terjadi disebabkan karena kandungan quercetin pada buah apel merah membantu mencegah terjadinya proses oksidasi lemak/kolesterol di dalam pembuluh darah.

4. Menurunkan Kadar Gula Dalam Tubuh

Bagi penderita Diabetes Mellitus dianjurkan untuk mengkonsumsi diet rendah kalori, diet bebas gula dan diet kaya serat. Selain itu penderita diabetes diperlukan asupan serat, terutama serat larut air, agar dapat mengontrol gula darah.

Pada pasien Diabetes Mellitus untuk meningkatkan diet serat larut air salah satunya dengan mengkonsumsi buah apel. Kandungan serat larut air (pektin) pada buah apel lebih besar dibandingkan kandungan serat larut air pada buah pisang yaitu 24%
(0,7 gr) (Moehyi, 1999).

Buah apel juga mempunyai nilai indeks glikemik yang rendah Hal ini berarti bahwa kadar gula yang terdapat secara alami pada apel tidak akan memacu kecepatan
naiknya gula darah.

Selain itu, dikutip dari (Khomsan, 2006).Pemberian buah apel pada pasien Diabetes Mellitus sebaiknya diberikan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore secara rutin.

5. Memiliki Aktivitas Anti Jamur

Selain buah apel, ada manfaat kulit apel, yakni bersifat Antibakteri, dimana kulit apel bermanfaat untuk mencegah pertumbuahan jamur yang dapat mengganngu kesehatan tubuh, terutama bakteri candida .

Jamur candida sendiri merupakan jenis jamur yang dapat kita temui pada rongga mulut, jamur tersebut dapat menjadi mikroorganisme parasit pada kondisi orang orang yang mengalami penurunan kekebalan tubuh.

Jenis dari jamur candida pada mulut bermacam macam diantaranya Candida albicans, Candida parapsilosis, Candida tropicalis, Candida glabrata, dan Candida guillermondii.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi, merupakan suatu kondsi dimana tekanan darah pada pembuluh pada arteri meningkat serta berlangsung secara terus menerus dan terjadi dalam waktu yang cukup lama. Hipertensi juga diberi julukan “The Silent disease” karena pada umumnya penderita tidak mengetahui mengalami hipertensi sebelum memeriksakan tekanan darahnya.

Tekanan darah tinggi tersebut umumnya dialami oleh mereka yang lanjut usia, tapi tidak menutup kemungkinan, yang berusia muda juga dapat terkena tekanan darah tinggi, akibat dari pola hidup yang kurang sehat, serta kurang berolahraga.

Dalam kondisi tersebut dapat diatasi dengan dua cara, yakni dengan farmakologi atau dengan menggunakan obat, atau dengan non farmakologi dengan memanfaatkan olahan jus apel secara rutin.

Mengapa ada manfaat buah apel merah untuk mengatasi hipertensi?. Diketahui dalam buah apel merah terkandung vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, dan vitamin C. dan Terdapat pula sejumlah mineral seperti Kalium, magnesium, kalsium, zat besi, zinc. unsur lainnya seperti fitokimian, tanin, serat, baron, asam tartar sangat baik untuk mengobati Hipertensi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Khoiroh, dkk., 2017. Dalam penelitiannya Pada kelompok intervensi dapat diketahui bahwa rata-rata tekanan darah sistolik sebelum mengkonsumsi jus apel adalah 174 mmHg, dan rata-rata tekanan darah diastolik sebelum mengkonsumsi jus apel adalah 118,67 mmHg. sedangkan rata-rata tekanan darah sistolik sesudah mengkonsumsi jus apel adalah 148,67 mmHg, dan rata-rata tekanan darah diastolik sesudah mengkonsumsi jus apel adalah 102,67 mmHg.

7. Meminimalisir Resiko Terkena Penyakit Jantung

Manfaat buah apel merah selanjutnya dapat mengurangi resiko terkena penyakit mematikan, yakni penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi buah apel secara rutin satau maupun 2 buah apel sehati dipecaya mampu mengurangi penyumbatan serta peradangan dinding pembuluh darah arteri.

Buah apel memiliki manfaat tersebut disebabkan karena kandungan serat lemak didalamnya, serat lemak tersebut diantaranya fitonutrein atau nutrisi nabati, antiokksidan dan pektin yang bermanfaat untuk mencegah penumpukan kolestrol yang terjadi pada lapisan dinding pembuluh darah.

8. Melancarkan BAB

Diketahui dalam buah apel kaya akan serat tidak larut serta serat larut yang mampu melancarkan proses BAB atau buang air besar. Agar mendapatkan manfaat apel merah ini, seaiknya bila mengkonsumsi apel harus dengan kulitnya, karena didalam kulit apel tersebut terkandung banyak serat serta antioksidan.

Kandungan pektin dalam apel juga berperan dalam membantu melancarkan BAB, karena pektin tersebut memberi suplai nutrisi pada bakteri baik, sehingga pencernaan anda berjalan dengan lancar.

9. Membantu Mengobati Penyakit Asma

Manfaat buah apel merah selain mampu menurunkan resiko kanker, juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit pada saluran pernafasan atau asma.

Dikeahui alam buah apel merah terkandung uqertecin yang tingi, sehingga quertecin tersebut bertindak sebagai antihistamin serta antioksidan dalam mengurangi penyakit asma.

10. Membantu Mencegah Katarak

Katarak sendiri adalah suatu keadaan dimana penglihatan menjadi kabur dan tidak jelas, penyakit katarak tersebut umum terjadi, terutama pada lansia.

Ada manfaat buah apel merah untuk mengataso katarak, yang telah dibuktikan oleh peneleitian jangka panjang, dimana orang yang mengkonsumsi makanan kauya akan antioksidan seperti buah apel merah ini, mampu menurunkan resiko katarak, sekitar 10 hingga 15 persen.

11. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyebab penyakit jantung adalah munculnya plak dalam pembuluh arteri, jika plak tersebut terlalu banyak, maka aliran darah akan terhambaat, sehingga menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner. Untuk mencegahnya anda dapat memanfaatkan kulit dari buah apel.

Dalam kulit buah apel, diketahui terkandung senyawa feSenyawa terseut mampu mencegaj terjadinya peningkatan kadar kolestrol, dengan cara memperkuat pembuluh arteri atau nadi serta mencegah terjadi pembentukan plak didalam arteri. Maka dari itulah mengapa kulit dari buah apel bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung.

12. Menurunkan Resiko Batu Empedu

Penyebab dari penyakit batu empedu adalah penumpukan kolestrol yang terjadi dalam saluran empedi, sebaiknya penderita batu empedu harus makan makanan dengan kadar serat yang tinggi dan diet rendah kolestrol agar kondisi kesehatannya semakin membaik.

Salah satu buah yang mampu mengatasi masalah yang satu ini adalah buah apel yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi buah apel secara rutin, dapat membantu memperbaiki kondisi tubuh supaya penyakit tersebut tidak semakin memburuk.

Manfaat Buah Apel Merah Untuk Kecantikan

1. Mencegah Keriput Pada Kulit

Ada Manfaat buah apel merah untuk kulit, yang disebabkan karena kandungan antioksidan didalamnya, sehingga dengan mengkonsumsi apel secara rutin, maka antioksidan dalam buah apel dapat menghilangkan radikal bebas yang memicu munculnya keriput serta penuaan dini.

Sekian banyak manfaat serta khasiat dari buah apel merah, buah yang sehari hari biasa kita konsumsi ternyata memiliki banyak kegunaan dan manfaat yang baik bagi kesehatan serta kecantikan tubuh kita.

Simak Juga : Manfaat Daun Meniran

Untuk memaksimalkan manfaat buah apel merah bagi tubuh, tentunya harus dibarengi dengan pola hidup sehat dan rajin berolah raga, dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah apel, apalagi biji apel, karena dikawatirkan akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Itulah beberapa rangkuman mengenai khasiat dari buah serta kulit apel yang bisa kami rangkum, sekian dulu artikel kali ini, jangan lupa simak beberapa artikel lainnya dalam blog ini, seperti manfaat kulit apel

Tinggalkan komentar