44 Manfaat Buah Bit, Tidak Hanya Untuk Kesehatan!

Manfaat Buah Bit
Buah Bit – sumber : google.com

Manfaat Buah Bit | Buah bit merupakan salah satu jenis umbi yang memiliki bentuk bulat dengan warna ungu dan kemerah-merahan. Di Indonesia memang buah ini belum dikenal luas karena buah bit mulanya berasal dari amerika utara. Buah bit adalah tanaman yang termasuk golongan Amaranthaceae Chenopodiaceae dan termasuk dalam buah yang mirip seperti lobak dan sebagainya.

Secara umum, buah bit merupakn akar atau disebut sebagai buah yang berasal dari umbi atau nama lainnya Beta Vulgaris. Buah ini memang mengandung segudang manfaat mulai dari daun hingga akar. Namun, yang paling banyak diambil manfaatnya memang dari akarnya (umbi) karena memiliki daging yang kaya akan nutrisi.

Buah bit dikenal sebagai obat herbal karena sudah sejak lama buah ini dijadikan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Pada mulanya, buah bit dikenal sebagai maknan konsumsi di Afrika dan ternyata kaya akan manfaat.

Sebab itulah buah bit menjadi terkenal dan banyak dibudidayakan, selain itu, banyak juga pedagang yang menjual buah ini hingga menyebar ke Asia dan Eropa. Di Indonesia sendiri, buah bit memang jarang ditemukan karena masyarakat belum mengenal kandungan dan manfaat buah ini.

Buah bit dapat diolah dengan berbagai macam olahan lain seperti salad, jus, hingga es krim. Berbagai macam kandungan buah bit sudah diteliti dan dinyatakan memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan.

Selain itu, kandungan warna ungu kemerah-merahan buah bit sering dipakai untuk pewarna alami. Pewarna tersebut sering digunakan sebagai campuran berbagai jenis makanan dan minuman seperti teh dan kue.

Nah, jika anda ingin tahu lebih lengkap apasih manfaat buah bit bagi kesehatan dan kecantikan. Lalu bagaimana cara mengonsumsi atau mengolahnya menjadi makanan enak, silahkan simak artikel berikut ini .

Daftar Isi

Kandungan Buah Bit Serta Manfaatnya

Jika membahas mengenai nutrisi, mineral, hingga vitamin mungkin kita mengira bahwa umbi ini hanya memiliki gizi yang sedikit. Padahal sebenarnya buah ini mengandung segudang nutrisi yang bagus dan baik untuk kesehatan kita.

Jika kita ingin memperoleh nutrisi secara maksimal, alangkah baiknya buah ini diolah dengan benar sehingga nutrisinya tidak banyak terbuang. Untuk pembahasan pertama, akan saya jabarkan lebih lengkap apa saja nutrisi yang terkandung di dalam buah bit serta khasiatnya. Karena kandungan senyawa tersebutlah tersimpan segudang manfaat buah bit untuk kesehatan serta kecantikan.

1. Mengandung Fosfor

Pada buah bit terdapat kandungan mineral yaitu berupa fosfor, mineral yan satu ini memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Fosfor memiliki fungsi sebagai pembentuk tulang dan gigi ketika bekerja dengan kalsium.

Kekurangan mineral berupa fosfor memang bisa berakibat pada penyakit tulang yakni rapuh, osteoporosis hingga gigi mudah rusak. Dengan kepadatan tulang yang menurun, kita bisa mengatasinya dengan memakan berbagai mancam makanan yang mengandung fosfor dan kalsium.

2. Terdapat Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki manfaat besar dalam menjaga tubuh ketika berada diluar rumah. Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebas bisa mengancam siapa saja karena radikal bebas bisa berupa asam motor, pabrik hingga rokok.

Sebab itulah jika kita sering bepergian, beraktivitas diluar rumah dan sebagainya sebaiknya kita mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin C. Ada banyak buah yang bagus untuk memenuhi kebutuhan C anda seperi jambu biji merah, jeruk dan buah bit walaupun tidak banyak.

3. Mengandung Seng

Seng merupakan salah satu mineral yang termasuk dalam logam. Pada buah bit juga mengandung mineral yang satu ini. Jangan salah ya, sebenarnya kekurangan mineral ini bisa berdampak pada gejala mual, muntah dan juga demam ringan.

Selain itu, seng ternyata berguna untuk membantu dalam pertumbuhan jaringan. Kebutuhan seng memang bisa berasal dari berbagai jenis buah dan sayur termasuk buah bit. Pada buah bit ternyata mengandung mineral yang lebih lengkap bukan hanya seng dan fosfor saja.

4. Mengandung Vitamin B1 (Thiamine)

Vitamin B1 atau yang sering disebut tiamin merupakan salah satu vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Tiamin memiliki fungsi dalam menjaga kesehatan sistem saraf agar tetap sehat.

Selain itu, vitamin B1 juga bermanfaat untuk membantu mengubah makanan menjadi energi. Untuk kebutuhan tiamin pada wanita adalah 0,8 mg dan pria 1 mg. Untuk itu kita bisa memperoleh sumber vitamin B1 dari buah bit. Nah, dengan begitu maka kita tidak perlu lagi mengonsumsi suplemen untuk kebutuhan energi tubuh.

5. Mengandung Vitamin B2 (Riboflavin)

Kandungan buah bit yang tidak kalah penting lainnya adalah riboflavin. Vitamin yang satu ini memiliki fungsi dalam menyehatkan kulit, menjaga mata tetap sehat hingga bagus untuk menjaga sistem saraf.

Dengan mengonsumsi beberapa buah bit, kebutuhan vitamin kompleks kita bisa terpenuhi. Perlu diketahui bahwa vitamin B2 juga berguna dalam pencernaan protein, lemak dan karbohidrat. Jadi bisa disimpulakan bahwa vitamin B2 memang bagus untuk saraf, kulit, mata dan pencernaan.

6. Mengandung Vitamin B3 (Niacin)

Vitamin B3 banyak ditemukan pada kacang-kacangan, umbi-umbian, susu, daging serta ikan. Kebutuhan vitamin B kompleks yang satu ini juga terdapat dalam buah bit dengan kadar yang tidak terlalu banyak.

Niacin memiliki manfaat yang bagus dalam menjaga kesehatan kulit kita. Selain itu, niacin juga bermanfaat sama seperti vitamin B kompleks lainnya yakni menjaga sistem saraf dan juga membantu mengubah makanan menjadi sumber energi tubuh.

7. Mengandung Vitamin B5 (Pantothenic Acid)

Asam pantotenat atau vitamin B5 merupakan kandungan yang terdapat pada daging, telur, nasi merah dan termasuk buah bit. Kandungan vitamin B kompleks dalam buah bit memang tidak banyak namun memiliki vitamin B kompleks yang lengkap.

Untuk asam pentotenat sendiri memiliki manfat yang bagus dalam membantu pembentukan hormon, tentunya fungsi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh apalagi dalam pembentukan hormon penting seperti hormon pertumbuhan. Nah, kita bisa mengonsumsi buah bit untuk memperoleh vitamin B5.

8. Mengandung Vitamin B6 (Pyridoxine)

Vitamin B6 juga tidak mau kalah khasiatnya dengan B kompleks yang lain. Vitamin B6 memiliki fungsi penting dalam membantu pembentukan hemoglobin.

Seperti yang kita ketahui bahwa hemoglobin memiliki fungsi penting dalam peredaran darah. Selain itu, vitamin B6 juga berguna dalam menjaga sistem imun sehingga tubuh kita tidak mudah terserang penyakit.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, kita bisa mengonsumsi umbi-umbian, sayuran, daging, hingga pisang.

9. Mengandung Vitamin B9 (Folic Acid)

Kandungan vitamin B kompleks dalam buah bit terakhir adalah folat atau vitamin B9. Vitamin yang satu ini sangat bagus untuk ibu hamil karena bisa mengurangi resiko cacat pada bayi yang akan dilahirkan.

Selain itu, folat juga bagus untuk kesehatan DNA dan sel-sel dalam tubuh. Secara umum, vitamin B9 jika bekerja sama dengan B12 akan berguna untuk membantu memproduksi sel darah merah.

Untuk memenuhi kebutuhan folat, kita bisa mengonsumsi kacang-kacangan, brokoli, bayam, sereal termasuk umbi bit.

10. Mengandung Kalium

Dalam buah bit juga mengandung mineral kalium yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan kita. Jika kekurangan kalium maka bisa mengakibatkan kinerja otot turun dan terganggunya organ jantung, artinya ini dapat memicu penyakit mematikan yakni gagal jantung.

Nah, jangan takut karena kita bisa memenuhi kebutuhan kalium kita dengan mengonsumsi berbagai buah dan sayur termasuk umbi bit. Manfaat buah bit memang bagus untuk kesehatan saraf, otot hingga mengatasi gangguan pada organ jantung.

11. Mengandung Zat Besi

Kandungan mineral pada buah bit yang tidak kalah penting lainnya adalah Zat Besi. Mineral yang satu ini memang berguna dalam tumbuh kembang janin dalam kandungan. Secara umum, zat besi memiliki tugas dalam membantu pengangkutan oksigen yang dijalankan oleh darah untuk kemudian diedarkan ke seluruh tubuh.

Kita bisa memenuhi kebutuhan mineral ini dari kacang-kacangan, daging, sayuran, buah-buahan termasuk umbi bit. Untuk memperoleh khasiat maksimal, kita bisa mengonsumsinya secara rutin.

12. Mengandung Magnesium

Magnesium merupakan sumber mineral yang dibutuhkan oleh tubuh yang berkaitan dengan tenaga untuk beraktivitas. Magnesium memiliki tugas dalam memaksimalkan sistem otot dan juga membantu dalam proses produksi tenaga.

Kebutuhan magnesium juga bagus untuk pemadatan tulang sehingga tulang menjadi lebih kuat dan tidak mudah keropos. Untuk memenuhi kebutuhan magnesium kita bisa memperolehnya dari umbi-umbian, biji-bijian, susu, pisang dan lainnya.

13. Mengandung Serat

Serat bisa ditemukan juga pada buah bit dengan kadar yang lumayan untuk memenuhi kebutuhan kita. Seperti yang kita ketahui bahwa serat memang bagus untuk memperlancar pencernaan dan bagus untuk mencegah sembelit atau susah BAB.

Serat memiliki tugas dalam membantu penyerapan air pada usus besar sehingga maknanan tidak akan memadat sehingga tidak akan terjadi sembelit. Sebab itulah kita harus memenuhi kebutuhan serat harian kita dengan berbagai macam buah maupun sayur.

14. Mengandung Gula

Yang membuat buah ini terasa sedikit manis adalah kandungan gula didalamnya. Gula memang menjadi kebutuhan kita dalam hal energi. Kadar gula yang terkandung dalam buah bit juga tidak terlalu banyak dan hanya untuk memenuhi kebutuhan saja.

Sebab itulah beberapa olahan buah ini lebih baik jangan ditambah gula atau sebagainya jika ingin menjaga kadar gula darah Anda. Disarankan juga jika membuat jus, kita dapat menambahkan gula seperlunya saja.

Kadar Dan Persen Gizi Buah Bit Setiap 100 Gram

Untuk mengetahui berapa persen atau kadar dari gizi buah ini biasanya menggunakan patokan dari ukuran atau berat buah. Buah ini memang berukuran sedang seperti kepalan tangan, karena itulah dipakai patokan gizi per 100 gram.

Sebenarnya jika dijabarkan lebih lengkap tidak hanya 13 saja nutrisi yang terkandung. Sebab masih banyak lagi yang belum bisa dibahas. Nah, untuk mengetahui kadarnya silahkan simak pembahasan berikut ini.

  • Sodium ( persen kadar 5% sebanyak 77 mg )
  • Seng ( persen kadar 4% sebanyak 0,35 mg )
  • Kalium ( persen kadar 6% Sebanyak 3065 mg )
  • Mangan ( persen kadar 14% sebanyak 0,3 mg )
  • Magnesium ( persen kadar 6% sebanyak 0,79 mg )
  • Fosfor ( persen kadar 5% sebanyak 38 mg )
  • Kalsium ( persen kadar 2% sebanyak 16 mg )
  • Zat Besi ( persen kadar 6% sebanyak 0,79 mg )
  • Vitamin B Kompleks ( B1, B2, B3, B5, B6, dan B9 )
  • Vitamin A ( persen kadar 0% sebanyak 2 mg )
  • Vitamin C ( persen kadar 4% sebanyak 3,5 mg )
  • Energi ( sebanyak 180 kJ )
  • Karbohidrat ( sebanyak 9,96 g )
  • Serat ( sebanyak 2 g )
  • Lemak ( sebanyak 0,18 g )
  • Protein ( Sebanyak 1,68 g )
  • Gula ( sebanyak 7,96 g )

Khasiat Dan Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

1. Sebagai Penurun Kolesterol

Pada buah bit mengandung khasiat yang begitu besar yakni untuk membantu menurunkan kolesterol. Seperti yang kita ketahui bahwa kolesterol jika tidak ditangani maka bisa berakibat buruk bagi kesehatan kita. Unutuk mencegah kolesterol, kita bisa mengonsumsi makanan yang tidak memiliki lemak jenuh tinggi.

Sebab, lemak jenuh dapat memicu timbulnya kolesterol yang semakin parah. Disarankan juga untuk pencegahan dan penurunan kolesterol, kita memerlukan asupan vitamin dan nutrisi yang salah satunya terkandung dalam buah bit.

Seperti data diatas, sudah diketahui bahwa nutrisi buah bit tidak bisa diremehkan lagi kerena didalamnya terdapat vitamin lengkap dan banyak mineral.

2. Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang tidak boleh diabaikan. Hal ini karena tekanan darah tinggi bisa berakibat buruk bagi kesehatan bahkan sangat membahayakan.

Untuk mengatur tekanan darah, kita bisa mengonsumsi umbi bit karena didalamnya terkandung nitrat cukup banyak. Kandungan inilah yang dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah.

Untuk memperoleh manfaat buah bit yang satu ini, kita bisa membuat salad atau dibuat menjadi jus. Intinya kita bisa mengambil nutrisi secara maksimal jika tidak melalui banyak proses dalam memasak seperti merebus terlalu lama.

3. Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Khasiat buah bit yang sangat besar adalah dapat mencegah berbagai macam penyakit termasuk kanker. Seperti yang kita ketahui bahwa kanker merupakan salah satu penyakit yang harus dicegah dan jangan sampai muncul pertumbuhan sel kanker.

Untuk mengatasinya kita bisa mengonsumsi buah bit karena mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker.

Tentunya radikal bebas ini sulit kita hindari, apalagi yang beraktivitas diluar rumah. Radikal bebas bisa berupa asap kendaraan, pabrik hingga asap rokok. Jadi lakukan lah pencegahan jika memang anda tidak bisa menghindari radikal bebas dengan memakan buah / sayur yang mengandung antioksidan tinggi seperti umbi bit.

4. Bagus Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Nutrisi pada buah bit yang bagus untuk kesehatan mata adalah kandungan vitamin A. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan mata dan meningkatkan penglihatan.

Selain itu, kandungan lain yang luar biasa untuk kesehatan mata adalah betakaroten. Betakaroten ini memang dijumpai pada buah yang berwarna cerah mencolok seperti umbi bit.

Masih ada kandungan lain yang bagus untuk mata yakni lutein dan zeaxanthin. Keduanya memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan retina mata. Sebab itulah manfaat umbi bit untuk kesehatan mata tidak bisa diremehkan.

5. Dapat Meningkatkan Imunitas

Sistem imum merupakan faktor yang sangat penting dan perlu ditingkatkan agar tidak mudah terserang penyakit. Untuk meningkatkan sistem imun, kita bisa mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak nutrisi dan tentunya mengandung vitamin C.

Vitamin C memiliki peran penting dalam mencegah masuknya radikal bebas sehingga tubuh akan lebih aman dari serangan penyakit. Kandungan nutrisi yang begitu banyak pada buah ini juga bisa mempengaruhi kekebalan tubuh kita dari ancaman virus dan bakteri.

6. Dapat Mengatasi Anemia

Kekurangan darah atau anemia memang sering terjadi pada wanita, tidak jarang para pria juga mengalami hal yang sama. Kekurangan darah dalam tubuh memang bisa menyebabkan tubuh terasa lemas dan terlihat agak pucat.

Untuk mengatasi anemia kita bisa mengonsumsi buah bit secara rutin atau sampai gejalanya hilang. Manfaat buah bit untuk mengatasi anemia memang berasal dari kandungan mineral berupa zat besi. Zat besi memiliki peran penting dalam membantu pengangkutan oksigen oleh darah untuk dibawa ke seluruh tubuh.

Selain itu, mineral ini memiliki fungsi dalam meregenerasi sel darah merah dan bagus untuk menjaga kesehatan sel darah merah. Jadi, bila Anda ingin mencegah anemia bisa dengan cara alami yakni memakan buah bit atau membuatnya menjadi jus.

7. Pembersih Racun Pada Hati Dan Ginjal

Organ ginjal dan hati sebenarnya bisa melakukan pembuangan racun sendiri melalui proses alami. Organ ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk menyaring darah, tentunya akan terkumpul kotoran pada ginjal yang perlu dikeluarkan.

Sedangkan hati memiliki fungsi dalam pembuangan racun dalam darah. Kedua organ tersebut dapat melakukan detoks secara maksimal dengan bantuan buah bit. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian pada tikus yang sudah mengalami kerusakan sel. Setelah diberi makan buah bit secara rutin ternyata hasilnya tikus tersebut semakin sehat.

Sebab itulah untuk memperoleh manfaat buah bit yang satu ini, kita bia mengonsumsi secara rutin buah bit. Sayangnya buah ini masih jarang ditemui di pasar tradisional.

8. Bagus Untuk Meningkatkan Tenaga

Melakukan aktivitas sehari-hari memang membutuhkan tubuh yang bertenaga dan vit. Timbulnya rasa lelah yang cepat merupakan akibat dari kekurangan nitrat sehingga pembakaran oksigen ketika beraktivitas meningkat.

Karena itu, disarankan bagi yang memiliki aktivitas berat, olahraga, maupun atlet untuk mengonsumsi jus buah bit. Hal ini karena kandungan nitrat dalam buat bit akan menurunkan rasa capek dan juga mencegah pembakaran oksigen terlalu cepat. Khasiat yang satu ini bisa kita dapatkan dengan meminum jus umbi bit sebelum beraktivitas berat.

9. Untuk Memperlancar Pencernaan

Dalam buah bit sudah diteliti mengandung serat yang cukup banyak. Serat sendiri memiliki fungsi yang sangat bagus untuk proses pencernaan. Serat memiliki peran dalam membantu pergerakan makanan di usus, melunakkan tinja, hingga memperlancar BAB.

Sebab itulah jika sedang bermasalah dengan pencernaan atau bermasalah susah BAB, disarankan untuk memakan buah dan sayur yang kaya akan serat. Buah bit sendiri memiliki kandungan serat cukup banyak sekitar 7 gram untuk porsi gelas sedang. Masalah pencernaan lainnya yang bisa diatasi adalah wasir, infeksi pencernaan, hingga asam lambung.

10. Bagus Unruk Program Diet

Manfaat buah bit selanjutnya yang tidak kalah penting adalah bisa menurunkan berat badan. Banyak orang yang memiliki masalah dengan kepercayaan diri karena mungkin memiliki tubuh yang gemuk.

Biasanya orang memilih melakukan program diet dengan cara alami. Salah satu cara yang bagus adalah dengan mengonsumsi jus atau olahan dari buah bit. Sebab umbi bit mengandung lemak yang sangat rendah dan kandungan seratnya cukup tinggi.

Hal inilah yang membuat perut terasa lebih kenyang sehingga kita bisa mengurangi porsi makan sehari-hari. Anda bisa melihat hasilnya secara maksimal jika melakukan ini dengan rutin.

11. Dapat Mencegah Peradangan

Khasiat yang bisa ditemukan pada buah bit lainnya adalah berguna dalam mencegah terjadinya peradangan. Peradangan bisa diatasi dengan mengonsumsi buah atau sayur yang mengandung zat kolin yang salah satunya terkandung pada buah bit.

Walaupun tidak terlalu banyak, namun kandungan ini memiliki manfaat bagus dalam mempertahankan struktur membran sel dan juga dapat mengatasi terjadinya peradangan kronis. Selain itu, kolin juga berguna untuk meningkatkan kekuatan otot dengan cara membantu pemaksimalan gerak pada otot manusia.

12. Untuk Pengobatan Diabetes

Panyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya yang diakibatkan karena kadar gula darah dalam tubuh sangat tinggi. Untuk mengatasi penyakit ini, kita bisa mengonsumsi buah bit secara rutin karena memiliki kegunaan dalam meningkatkan produksi insulin.

Kandungan asal Alpha Lipoic dalam buah bit juga bagus dalam membantu menurunkan kadar gula darah. Kita bisa mengambil manfaat buah bit ini dengan cara menjadikannya jus segar. Disarankan untuk penderita diabetes atau yang belum terkena untuk rutin mengonsumsi buah bit.

13. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu mineral yang terkandung pada buah bit adalah kalium. Jika kita kekurangan mineral kalium maka bisa terjadi penurunan kinerja otot dan terganggunya organ jantung. Untuk itulah kebutuhan kalium harian kita bisa berasal dari buah dan sayur termasuk umbi bit. Kalium sendiri memiliki fungsi penting dalam menekan senyawa homosistein.

Senyawa inilah yang menjadi penyebab kinerja jantung kita terganggu. Sebenarnya buah ini masih mengandung banyak sekali mineral yang dibutuhkan tubuh termasuk mangan dan magnesium.

14. Bagus Untuk Kesehatan Otak

Bicara masalah kesehatan otak memang tidak terlepas dari peredaran darah yang memasok oksigen ke otak. Jadi untuk menjaga kesehatan otak kita bisa memanfaatkan kandungan nitrat yang diubah menjadi nitrit dalam buah bit.

Nitrit memiliki kegunaan utama dalam melebarkan pembuluh darah, hasilnya peredaran darah akan lacar dan peredaran darah menuju otak akan lebih maksimal dalam mengangkut oksigen. Kebutuhan oksigen dalam otak memang penting untuk menjaga fokus, konsentrasi dan agar tidak mudah lupa.

15. Mengatasi Alergi Dan Iritasi

Biasanya orang mengalami alergi karena bersentuhan langsung, memakan, atau meminum sesuatu. Alergi juga bisa diakibatkan oleh radikal bebas yang bisa menimbulkan gejala iritasi pada kulit, mata, dan lainnya.

Hal ini memang perlu diatasi dengan memakan buah atau sayur yang banyak mengandung antioksidan. Kita bisa memakan buah bit secara rutin karena mengandung antioksidan tinggi yang bagus untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, pada umbi bit juga terkandung zat anti inflamasi yang baik untuk tubuh kita.

16. Bagus Untuk Ibu Hamil Dan Janinnya

Manfaat Buah Bit Untuk ibu hamil dikarenakan Kandungan vitamin B kompleks yang ada pada buah bit memang memiliki khasiat yang besar bagi ibu hamil. Terutama kandungan folat atau vitamin B9 pada buah bit. Folat memiliki kegunaan untuk mencegah resiko cacat pada bayi yang akan dilahirkan.

Folat juga bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh dan juga DNA. Manfaat buah bit ini memang bagus untuk ibu hamil karena bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan juga janinnya. Namun, perlu diketahui bahwa mengonsumsi buah ini pada ibu hamil tidak boleh terlalu banyak.

Simak : manfaat jambu air untuk kesehatan dan kecantikan

17. Bagus Untuk Pertumbuhan Tulang Dan Gigi

Pada buah bit terkandung mieral fosfor dan juga kalsium yang bekerja sama untuk menjalankan fungsi pembantu pertumbuhan tulang. Kandungan fosfor ini memang dibutuhkan anak-anak yang masi dalam masa pertumbuhan.

Nah, untuk memperoleh manfaat maksimal, kita bisa mencampurkan susu asli yang mengandung banyak kalsium karena akan bekerja sama dengan fosfor dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Jadi, olahan yang paling tepat adalah es buah ataupun jus.

18. Bagus Untuk Otot

Kandungan mineral berupa magnesium dalam buah bit memiliki fungsi besar dalam menjaga kinerja otot. Magnesium yang terkandung juga lumayan untuk diambil manfaatnya dalam membantu memproduksi tenaga.

Selain itu, magnesium juga berguna dalam menjaga kepadatan tulang, hasilnya tulang tidak akan mudah keropos atau osteoporosis. Mineral lain yang ada pada buah bit juga bagus untuk otot sehingga cocok dikonsumsi semua kalangan.

19. Untuk Pencegahan Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mudah mengancam jika kandungan kolesterol dalam tubuh tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa stroke bisa terjadi akibat penumpukan kolesterol pada pembuluh darah, hal ini disebabkan karena pembuluh darah yang menyempit sehingga kolesterol menumpuk dan pembuluh darah pecah.

Untuk itu, kita perlu mengatasinya dengan memakan makanan yang mengandug kalium. Sebab kalium dapat berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah akan lancar. Salah satu buah yang mengandung kalium adalah umbi bit, kita bisa mengambil khasiat buah bit yang satu ini dengan meminum setidaknya satu cangkir jus bit secara rutin.

20. Mengatasi Demam Dan Mual

Buah bit juga bisa digunakan untuk mengatasi demam dan mual yang diakibatkan karena tubuh kekurangan mineral merupa seng. Nah, kebutuhan mineral ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, daging hingga susu.

Perlu diketahui bahwa seng juga memiliki khasiat yang bagus dalam perkembangan jaringan di dalam tubuh. Untuk cara mengatasi mual dan demam, kita disarankan untuk meminum jus bit karena berfungsi juga untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan rasa mual.

21. Membantu Pembentukan Hormon

Manfaat selanjutnya dari buah bit yang sangat bagus untuk semua kalangan adalah dapat membantu pembentukan hormon. Pada buah bit terkandung vitamin B kompleks yang cukup lengkap termasuk vitamin B5.

Vitamin ini memiliki kegunaan yang bagus dalam membantu pembentukan hormon yang diperlukan untuk tubuh manusia. Kandungan vitamin B5 pada buah bit dapat kita ambil secara maksmial dengan mengolahnya menjadi jus atau memakannya secara langsung. Selain B5, masih ada nutrisi lainnya yang memiliki fungsi bagus dalam membantu pembentukan hormon.

22. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Sistem saraf memang salah satu faktor peting yang harus dijaga untuk memperoleh tubuh yang sehat dan tanoa gangguan. Pada bua bit terkandung viamin B kompleks mulai dari B1, B2, hingga B9 yang memiliki manfaat penting dalam menjaga sistem saraf.

Secara umum, buah bit kaya akan nutrisi yang dibilang bisa memenuhi kebutuhan gizi harian kita dan mencegah timbulnya penyakit termasuk menjaga sistem saraf. Nah, jangan diragukan lagi khasiat buah bit yang sangat besar ini.

Khasiat Dan Manfaat Buah Bit Untuk Kecantikan

1. Dapat Mengatasi Jerawat

Siapa saja terutama kalangan muda pasti menganggap jerawat merupakan hal yang sangat mengerikan. Ya memang benar karena jerawat dapat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri terhadap umum atau orang lain.

Nah, kita bisa mengatasi jerawat ini secara berkala dengan memakan buah bit secara rutin. Kandungan anti inflamasi pada umbi bit dalam mencegah peradangan kulit atau disebut juga jerawat.

Selain itu, kandungan vitamin C pada buah bit dapat menghilangkan jerawat. Selain dikonsumsi secara langsung, kita juga bisa menjadikannya sebagai masker dengan cara menumbuknya hingga halus lalu menempelkan ke wajah.

2. Untuk Mencerahkan Wajah

Banyak sekali kandungan vitamin, mineral hingga antioksidan yang baik untuk mencerahkan wajah. Radikal bebas yang berupa asap kendaraan, pabrik hingga rokok merupakan penyebab wajah menjadi agak gelap dan kusam.

Sebab itulah dibutuhlan asupan nutrisi dan antioksidan pada wajah untuk membersihkannya. Cara yang paling alami adalah dengan membuat masker buah seperti buah umbi bit. Caranya seperti biasa yakni menumbuk buah bit hingga halus lalu menempelkannya pada wajah dan didiamkan selama 10-20 menit lalu bersihkan dengan air.

3. Mengatasi Mata Berwarna Merah

Penampilan mata memang menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Sebab banyak yang kehilangan kepercayaan ketika sedang melihat orang lain, penyebab utama adalah adanya masalah pada mata sepeti mata berwarna merah.

Cara paling ampuh untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengonsumsi buah bit. Jika ingin memperoleh khasiat buah bit secara maksimal, kita bisa membuat jus umbi bit ditambah dengan wortel. Keduanya kaya akan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata kita dan mengatasi mata memerah.

4. Dapat Mencerahkan Gigi

Gigi menjadi masalah yang juga bisa mengganggu penampilan seseorang. Sebab, setiap orang pasti ingin tersenyum, berbicara maupun menyapa orang lain. Jika terjadi masalah pada gigi, tentunya dapat menurunkan rasa percaya diri terhadap orang lain.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung mineral fosfor dan kalsium. Keduanya terdapat pada buah bit dengan kadar yang lumayan. Untuk memperoleh manfaat buah bit dalam mencerahkan dan menguatkan gigi, kita bisa membuat olahan es buah bit dicampur susu asli.

5. Dapat Menjaga Berat Badan

Sebagian orang yang mengalami peningkatan berat badan pastinya akan merasa malu dan penurunan kepercayaan diri. Sebab itulah banyak orang memilih program diet untuk menurunkan berat badan, banyak yang memakai cara dengan alami memakai buah dan sayur.

Nah, salah satu buah yang bagus untuk menjaga dan menurunkan berat badan adalah buah bit. Buah ini memiliki kandungan serat dan nutrisi yang banyak sehingga bagus untuk menjalankan program diet. Jadi dengan mengonsumsi buah bit secara rutin, kita akan merasa lebih kenyang dan mengurangi porsi makan.

6. Bagus Untuk Kesehatan Rambut

Kepercayaan diri selain dari berat badan juga berasal dari rambut kita. Jika rambut terlihat kusut dan kering, tentu saja bisa membuah kepercayaan diri seseorang menurun. Untuk mengatasinya, kita membutuhkan asupan nutrisi dari buah ataupun sayur seperti buah bit.

Buah bit mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh rambut sehingga dapat membuat rambut menjadi halus dan lebat. Untuk memperoleh khasiat buah bit yang satu ini, kita bisa meminum jus bit secara rutin. Cara yang lebih bagus adalah membuatnya menjadi pelapis rambut dengan memakai air hasil rebusan buah bit.

7. Menghilangkan Ketombe

Selain keindahan rambut, masalah lain yang menurunkan kepercayaan diri adalah adanya ketombe di kepala. Ketombe sendiri dapat mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa gatal yang sulit hilang.

Untuk menghilangkan ketombe, kita memerlukan banyak vitamin yang terkandung dalam buah bit. Cara paling ampuh adalah dengan membuat tumbukan buah bit yang ditempelkan pada rambut. Cara ini bisa anda lakukan dengan waktu 10 menit saja atau sampai nutrisinya banyak yang terserap.

8. Menyegarkan Dan Menenangkan Tubuh

Ketika sedang beraktivitas berat atau memang memiliki kesibukan, tentunya seseorang akan mengalami yang namanya stres. Ketika sedang stres pastinya tubuh kita terasa pucat, lesu dan malas.

Untuk mengatasinya kita bisa meminum jus buah bit setelah beraktivitas padat. Hal ini berguna untuk menghilangkan rasa lelah dan menyegarkan tubuh kita. Kandungan buah bit juga baik untuk relaksasi dan membuah tubuh kita merasa lebih tenang. Hasilnya penampilan Anda akan terjaga dan tidak terjadi pucat ataupun lesu.

Macam Olahan Buah Bit Paling Enak

Olahan Buah Bit Enak
Bentuk Olahan Buah Bit

Biasanya orang memilih berbagai olahanyang unik dan tentunya enak untuk dimakan. Secara umum, banyak orang yang mengonsumsi buah bit dengan cara merebusnya. Selain itu, ternyata masih banyak olahan buah bit yang enak dan menarik.

Berbagai Negara memiliki olahan tersendiri untuk buah ini seperti : Beet Risotto, Beet Hummus, hingga Beet Patties. Untuk olahan buah bit yang lebih mudah adalah olahan salad + tomat, jus bit + wortel, dan selai atau es krim bit. Mungkin untuk tutorialnya Anda bisa mencari sendiri karena saya tidak memiliki resep sendiri.

Efek Samping Buah bit

Bukan hanya manfaat saja yang bisa kita temui pada buah bit ini. Ada juga beberapa dampak negatif bila mengonsumsi buah bit. Perlu di garis bawahi bahwa bahaya buah bit ini bisa muncul akibat terlalu banyak mengonsumsinya.

Efek yang bisa ditimbulkan seperti : pita suara bermasalah, timbul demam, tidak bagus untuk penderita batu ginjal, tekanan darah terlalu turun dan sebagainya. Sebab itulah kita disarankan untuk memakan buah ini secukupnya saja jangan sampai terlalu berlebihan karena bisa memunculkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan kita.

Simak : manfaat jambu biji merah

Nah, itulah pembahasan yang dapat saya sampaikan mengenai kandungan pada buah bit, gizi lengkap, manfaat, khasiat, olahan dan juga efek samping buah bit. Dari pembahasan diatas bisa disimpulkan bahwa buah bit memiliki segudang manfaat yang bagus untuk menjaga kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit.

Buah bit memang masih susah ditemukan di Indonesia, namun sudah banyak yang menanam buah ini untuk dijual secara meluas. Oke, sekian saja pembahasan manfaat buah bit kali ini, silahkan juga simak pembahasan lebih lengkap untuk khasiat apa saja di situs manfaatku.

Simak Juga: Manfaat Kulit Apel