25 Manfaat Buah Delima Putih, Kamu Wajib Tahu!

Manfaat Buah Delima Putih | Delima putih merupakan buah yang dapat tumbuh mulai dari 5-8 meter. Tanaman ini banyak ditemui di China Selatan, Asia Tenggara, Iran, dan sekarang sudah menyebar luas di Indonesia. Delima atau nama latinnya (Punica Granatum) mudah tumbuh di tanah yang gembur, baik itu di dataran rendah maupun tinggi.

Tahukah anda bahwa delima putih juga memiliki berbagai kandungan mulai dari vitamin, mineral, hingga serat yang tidak kalah dengan jenis delima merah dan unggu. Buah yang satu ini selain dapat dijadikan sebagai hiasan juga punya segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Nutrisi lengkap dalam delima putih dinilai bisa menggantikan berbagai macam buah lain seperti jeruk, apel, pisang, hingga mangga.

Bagi anda yang penasaran dengan apa saja khasiat delima putih, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pembahasan lengkap sesuai dengan kandungan didalamnya. Untuk itu, silahkan simak artikel dibawah ini supaya anda tambah tahu.

Manfaat Buah Delima Putih
Delima Putih – sumber : google.com

#Manfaat Buah Delima Putih Bagi Kesehatan

1. Mengatasi Masalah Sering Buang Air

Khasiat buah delima putih yang pertama yaitu dapat mengurangi durasi atau seringnya seseorag buang air kecil. Kandungan serat dan mineral delima putih dapat membantu proses pencernaan serta eksresi sehingga produksi urin menjadi lebih normal. Mengonsumsi buah ini di pagi hari akan membantu memperbaiki masalah buang air anda.

Ada cara lain yang lebih ampuh yakni dengan membuat rebusan daging delima putih yang sudah dipisahkan dari kulitnya. Tambahkan air secukupnya, rebus hingga mendidih dan kadar air berkurang setengahnya. Minum air rebusan delima putih tersebut sehari sekali.

2. Mengatasi Masalah Susah Tidur

Apakah anda penderita insomnia ? cobalah untuk mengonsumsi buah delima putih ini beberapa jam sebelum waktunya tidur. Buah ini dapat membatu menghilangkan rasa stres sehingga menimbulkan efek rileks. Cara lain juga bisa dilakukan dengan meminum air rebusan daging delima putih.

3. Mampu Membunuh Cacing

Bukan hanya buah pahit saja yang bisa mengatasi cacing, delima putih juga mampu mengobati penyakit cacingan secara alami. Jika memang anda tidak suka dengan obat pembunuh cacing, buah ini bisa menjadi pengganti yang tepat. Caranya tinggal mengonsumsi rutin dengan jangka waktu yang terkontrol.

Manfaat buah delima putih ini semakin lengkap jika direbus bersamaan dengan akarnya. Air hasil rebusannya mampu membunuh berbagai macam kuman dan penyakit dalam tubuh serta mengurangi masalah cacingan. Jadi silahkan anda mencobanya sendiri di rumah.

4. Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Apa benar manfaat buah delima putih bisa mencegah kanker ? Dalam sebuah penelian menyebut bahwa mengonsumsi delima putih secara teratur dapat menurunkan resiko terkena kanker secara signifikan. Kandunga nutrisi dan vitamin yang cukup banyak dalam buah ini juga mampu mencegah berbagai penyakit mematikan lainnya.

Buah delima putih berkhasiat untuk memperbaiki sel-sel yang rusak sehingga dapat meregenerasi sel-sel baru yang lebih baik. Selain ini kandungan dalam delima putih dipercaya dapat membunuh bibit sel baru penyebab kanker.

5. Mengontrol Kolesterol

Seperti yang kita ketahui bahwa kelebihan kolesterol dalam tubuh bisa berdampak sangat buruk. Kadar kolesterol yang tinggi mengakibatkan peredaran darah tidak lancar sehingga pada akhirnya memicu berbagai penyakit mematikan. Nah ternyata manfaat delima putih efektif untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi delima putih setiap hari menjadi pilihan alami dalam mengontrol kolesterol dari pada menggunakan obat-obatan.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Apa benar manfaat buah delima putih bisa menurunkan berat badan ? Jawabannya memang benar. Cara memanfaatkannya dengan meminum air sebusan buah ini sesaat sebelum waktunya makan. Rebusan delima putih mampu menurunkan nafsu makan anda sehingga bagus juga untuk membantu program diet.

Perlu anda ketahui, jangan terlalu banyak meminum ramuan herbal tersebut karena bisa menimbulkan masalah lambung. Lebih baik dikonsumsi sebelum makan siang atau sebelum sarapan. Hindari mengonsumsi rebusan ini di malam hati terlebih ketika mau tidur.

7. Mengatasi Penyakit Kuning

Anda perlu tahu bahwa penyakit kuning ini bisa muncul akibat kandungan bilirubin dalam darah yang menumpuk. Cara mengatasinya dapat dengan mengonsumsi buah delima putih secara teratur. Bagusnya lagi dengan meminum air rebusan buah delima putih yang ditambahkan dengan daunnya.

#Manfaat Buah Delima Putih Untuk Kecantikan

1. Mengobati Penyakit Eksema

Penyakit yang satu ini memang cukup memgganggu kulit karena bisa menyebabkan radang lepu yang membuat kulit terlihat kering dan tidak bernutrisi. Ternyata manfaat delima putih juga berperan dalam memberi nutrisi pada kulit. Caranya dengan menggunakan daun delima putih yang sudah dihaluskan kemudian menempelkannya pada kulit yang bermasalah.

Cara tersebut cukup efektif karena kandungan dalam daun delima ternyata bisa meregenarasi sel kulit serta mengatasi beberapa peradangan akibat eksim. Oh ya, untuk lapisan tersebut bisa anda bersihkan setelah mengering / kandungannya sudah meresap ke kulit.

2. Mencegah Kulit Keriput

Apakah manfaat daun delima putih bisa mengatasi kulit keriput ? Jawabanya memang benar. Caranya sedikit berbeda dengan yang diatas. Anda perlu menghaluskan satu genggam daun delima atau secukupnya. Jika sudah, kemudian tambahkan susu dan aduk hingga menjadi seperti pasta, jangan tambahkan air sedikitpun.

Jika adonan tersebut sudah jadi, anda bisa mengoleskan pada kulit mulai dari muka, tangan, hingga kaki. Untuk takaran susu dan daun delima sesuai dengan kebutuhan anda, bisa 1 banding 1 atau 2 banding 1. Oh ya, susu yang digunakan harus alami dan tidak mengandung bahan pemanis.

3. Dapat Melembabkan Kulit

Kelembaban kulit memang sangat penting bagi wanita karena membuat kulit terasa kencang dan halus. Biasanya melembabkan kulit bisa menggunakan lotion kulit yang tidak alami. Jadi anda bisa menggunakan cara yang lebih baik yakni dengan melembutkan daun dan daging delima kemudian ditempelkan pada bagian kulit anda.

#Manfaat Sederhana Buah Delima Putih

1. Meremajakan kulit dan mencerahkannya
2. Membantu melancarkan pencernaan
3. Mengatasi impotensi
4. Mengobati sakit perut
5. Sebagai obat disentri
6. Sebagai obat batuk
7. Mengatasi sariawan
8. Dapat menyembuh sakit telingga
9. Mengatasi gangguan pada mata
10. Melancarkan menstruasi
11. Mengatasi keputihan
12. Menyembuhkan radang gusi
13. Menangkal radikal bebas
14. Meningkatkan daya tahan tubuh
15. Mencegah gejala anemia

Beberapa manfaat yang terkandung dalam buah delima putih diatas terbilang sangat lengkap. Sebuah penelitian juga mendukung bahwa konsumsi buah ini ketika pagi hari ternyata dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Kandungan vitamin serta mineral yang melimpah juga dapat mendukung aktivitas harian anda.

Sebagai penutup, saya sarankan untuk jangan terlalu banyak mengonsumsi delima putih bagi anda yang mengalami masalah lambung karena delima ini memiliki rasa asam. Sekian pembahasan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, silahkan coba tips-tips diatas jika dirasa membantu.

Baca Juga : Manfaat Jambu Biji Merah

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here