17 Manfaat Buah Dewandaru Dan Daunnya Penangkal Radikal Bebas

Manfaat Buah Dewandaru
Gambar Buah Dewandaru Eugenia uniflora. Sumber : Google.com

Manfaat Buah Dewandaru | Indonesia dengan ribuan pulaunya menyimpan segudang kekayaan sumber daya hayati, terutama tumbuhan tropis yang menghasilkan buah tropika. Tidak kurang dari 329 jenis buah-buahan, baik yang merupakan
jenis asli Indonesia maupun dari luar Indonesia, dapat ditemukan di Indonesia.

Buah buahan asli Indonesia terdapat 266 jenis yang sebagian besar tumbuh liar di hutan dan hanya sebagian kecil yang telah dibudidayakan. Dimana tujuan dari pembudidayaan tersebut agar dapat diambil manfaatnya seperti membudidayakan pohon dewandaru, karena terdapat manfaat buah dewandaru bagi kesehatan.

Bagi Penggemar cerita pewayangan klasik tentunya tidak asing lagi dengan nama pohon yang satu ini ini, karena dikisahkan pohon ini memiliki semacam “kesaktian” yang bisa dimanfaatkan oleh para tokoh pewayangan tersebut.

Apa Itu Buah Dewandaru

Buah dewandaru dihasilkan dari tanaman yang memiliki nama latin Eugenia uniflora L. anaman dewandaru tersebar luas di Amerika Selatan terutama di Brasil, Argentina, Uruguay, dan Paraguay.

Di Indonesia, tanaman dewandaru terdapat di Sumatera dan Jawa.Pohon dewandaru sendiri merupakan pohon yang berbentuk perdu yang tumbuh secara tahunan dengan tinggi lebih dari 5 meter.

Tanaman dewandaru dapat tumbuh mulai dari dataran rendah sampai ketinggian tempat 1.800 meter diatas permukaan laut dengan cahaya matahari penuh dan curah hujan sedang, mampu bertahan pada musim kering yang panjang.

Dengan Batang tegak berkayu, bentuk batangnya bulat serta berwarna coklat. Daun dari pohon dewandaru berwarna hijau serta merupakan daun tunggal tersebar berbentuk lonjong dengan ujung runcing dan pangkal meruncing. Tepi dari daunnya rata, dengan pertulangan menyirip dengan panjang lebih dari 5 cm dan lebar kurang lebih 4 cm.

Ciri Ciri Buah Dewandaru

Buah dewandaru berupa buah dengan bentuk buni bulat dengan diameter kurang lebih 1,5 cm, warna buah dewandaru adalah merah, dimana bijinya keras, berwarna coklat, dan kecil. Buah dewandaru juga biasa disebut dengan ceremai belanda.

Nama Daerah Buah Dewandaru

Disetiap daerah diIndonesia, nama buah dewandaru berbeda beda, seperti Cereme asem orang Melayu menyebutnya, sedangkan orang jawa menamai dewandaru dengan asem selong, belimbing londo, dan dewandaru.

Klasifikasi Pohon Dewandaru

Menurut Hutapea, 1994, sistematika dari tumbuhan dewandaru sendiri adalah.

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub divisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledoneae
  • Bangsa : Myrtales
  • Suku : Myrtaceac
  • Marga : Eugenia
  • Jenis

Manfaat Buah Dewandaru Untuk Kesehatan

1. Sumber Antioksidan

Manfaat buah dewandaru bagi kesehatan yang pertama adalah mampu mencegah munculnya kanker. Dimana Warna merah buah dewandaru yang kecil dan lucu ini menunjukkan kandungan senyawa Karotenoid, senyawa tersebut merupakan senyawa penghasil antioksidan.

Selain pada buahnya, pada daun Pada daun dewandaru ditemukan senyawa fenolik. Karotenoid dan fenolik berkhasiat sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Buah dewandaru sangat bermanfaat, terutama bagi kita yang memiliki tempat tinggal yang dipenuhi dengan polusi, asap rokok, serta sering mengkonsumsi makana dan minuman yang mengandung banyak bahan kimai tambahan, berakibat menguatnya radikal bebas hingga dapat menurunkan daya tahan tubuh kita.

Maka dari itu, dengan mengkonsumsi buah dan daun dewandaru ini secara rutin dapat membantu kita dalam melawan radikal bebas pada tubuh, dimana efek radikal bebas yang paling mengerikan aalah munculnya kanker.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tahukah anda bahawa buah dewandaru mampu menurunkan hipertensi?. Hal tersebut disebabkan karena Buah dan daun dewandaru dapat meningkatkan kualitas astringent dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu dikutip dari Brazilian folk medicine, buah dewandaru digunakan sebagai antidiare, diuretik, antirematik, antifebrile, dan antidiabetik.

3. Menjaga Organ Hati Dari Penyakit Hepatitis

Hati atau Hepar memiliki fungsi yang vital bagi tubuh anda, terutama untuk metabolisme tubuh, dan salah satu penyakit yang paling sering menyerang hepar adalah hepatitis.

Dikutip dari Sujono Hadi, 2002 Hepatitis merupakan suatu peradangan difus pada jaringan hepar yang dapat disebabkan oleh berbagai sebab seperti virus, bakteri, parasit, zat – zat kimia, dan obat – obatan dengan manifestasi klinis yang serupa.

Untuk mengatasi masalah pada organ hati tersebut anda dapat memanfaatkan buah dewandaru. Hal tersebut didukung oleh penelitian yang telah dilakukan oleh Puguh Sntoso, dkk pada tahun 2016, gambaran histopatologi hati mencit yang diinduksi karbontetraklorida dan diberikan ekstrak etil asetat buah dewandaru dapat mengurangi degenerasi melemak dengan memperkecil vakuola-vakuola lemak didalam sitoplasma sel hati.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Tentunya jika daya tahan tubuh sehat pastinya akan membuat kesehatan tubuh anda tetap terjaga dengan baik, tapi seiring dengan perkembangan waktu, banyaknya kegiatan dan polusi di sekitar, membuat daya tahan tubuh anda bisa drop, jika anda tidak panda menjaga kesehatan tubuh.

Nah untuk itu anda jangan khawatir, anda dapat mengambil manfaat buah dewandaru untuk menjaga daya tahan tubuh anda bila daya tahan tubuh sudah berada pada titik terendah, disamping itu anda juga harus rajin berolahraga.

5. Penangkal Radikal Bebas

Ternyata selain bekhasiat mencegah hepatitis, buah dewandaru juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dengan cara mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh proses dai radikal bebas.

Sebenarnya manusia dapat mencegah radikal bebas dengan antioksidan dalam tubuh manusia, namun dalam skala kecil. Untuk membantu mencegah radikal bebas tersebut anda dapat mengkonsumsi buah dewandaru, selain itu buah dewandaru diketahui dapat mencegah munculnya sel tumor.

Buah dewandaru memiliki kemampuan mencegah radikal bebas karena senyawa kartenoid yang dikandungnya berperan sebagai antioksidan , selain dalam buahnya, kartenid juga dapat kita temukan pada daun dewandaru.

6. Sumber Antibakteri

Dalam biji dari buah dewandaru terkandung manfaa untuk mengatasi masalah padapencernaan yang disebabkan oleh bakteri, misalnya diare. Lantas mengapa biji dewandaru bermanfaat untuk membasmi bakteri?.

Hal tersebut disebabkan karena dalam biji buah dewandaru terkandung protein yang bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman dalam tubuh, terutama bakteri yang menyebabkan diare seperti bakteri E.coli.

7. Mengatasi Diare

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa biji dewandaru yang kecil bentuknya bermanfaat untuk mencegah berkembangnya bakteri. Penyebab dari diare sendiri adalah bakteri yang menyerang usus sehingga membuat usus menjadi terinfeksi.

Biji dari buah dewandaru sendiri memiliki manfaat antibakteri yang mampu membasmi bakteri penyebab diare pada usus sehingga usus bekerja dengan normal kembali.

Cara mengolahnya pun cukup mudah, yakni dengan cara memakan bijinya, tapi jangan sampai lupa untuk mencuci bijinya hingga benar benar bersih sehingga bakteri dari luar tidak ikut masuk kedalam tubuh kita.

8. Mengobati Nyeri

Selain buahnya, ada manfaat daun dewandaru untuk mengobati nyeri karena daun dewandaru tersebut mempunyai kandungan minyak atsiri yang mampu berperan dalam mengurangi rasa nyeri pada tulang dan otot seperti penyakit rematik.

Dalam hal ini, minyak atsiri dalam daun dewandaru dikatakan berperan sebagai penghilang rasa sakit atau analgesik. Cara mengolah daun dewandaru untuk mengatasi rematik cukup mudah. siapkan sekitar 10 hingga 15 lembar daun dewandaru cuci terlebih dahulu.

Setelah langkah diatas sudah anda lakukan, rebus daunnya dengan tiga gelas air, tunggu hingga mendidih dan sisakan airnya sekitar segelas saja. Konsumsi rebusan daun dewandaru tadi pada pagi dan sore hari secara rutin untuk hasil yang maksimal.

9. Sumber Astringent

Astringent sendiri adalah zat yang bermanfaat dalam mengurangi pembengkakan yang terjadi dalam tubuh seseorang, zat astringent sendiri bekerja dengan cara memperkecil selaput lendir pada pembengkakan.

Astringent yang tekandung dalam buah dewandaru tidak mengandung alkohol, sehingga aman bila digunakan untuk produk kosmetik, selain itu astringent juga berkhasiat dalam menghilangkan iritasi pada kulit yang disebabakan oleh serangga dan jamur.

10. Mengobati Sariawan

Khasiat buah dewandaru juga dapat anda gunakan untuk menjaga kesehatan mulut, karena buah dewandaru dapat mencegah dan mengobati sariawan yang menyebabkan mulut anda terasa tidak nyaman dan sudah tentu akan terasa sulit untuk menelan dan mengunyah makanan, disebabkan rasa ngilu.

11. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang telah kita ketahui bahwa jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh seorang manusia, maka dari itu anda harus senantiasa menjaga kesehatan jantung anda.

Selain dengan menerapakan pola hidup sehat, menjaga jantung agar tetap sehat dengan mengkonsumsi makanan yang rendah lemak, dibarengi dengan mengkonsumsi makanan dari olahan buah dewandaru.

12. Menjaga Pembuluh Darah Dari Kerusakan

Pembuluh darah adalah saluran dimana tempat bagi darah untuk mengalir. Bila terjadi kerusakan seperti kebocoran atau penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah maka hal tersebut akan berpengaruh pada kelancaran aliran darah keseluruh tubuh.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa setiap bagian organ tubuh membutuhkan pasokan darah yang lancar tanpa ada gangguan secara terus menerus. Maka dari itu anda dapat memanfaatkan buah dewandaru sebagai obat alami.

13. Mencegah Pengeroposan Tulang

Nah ada penyakit lain yang dapat anda cegah dengan rutin mengkonsumsi buah dewandaru, yakni osteoporosis atau pengeroposan pada tulang.

Jangan anda anggap sepele, jika penyakit tersebut hanya dialami oleh orang lansia atau lanjut usia, namun ada juga yang menyerang orang yang masih muda. Karena bisa saja kepadatan tulang menurun dikala usia tidak begitu tua.

Oleh karena itu anda dapat memanfaatkan buah dewandaru, karena diketahui didalamnya terkandung kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang.

Manfaat Buah Dewandaru untuk Kecantikan

1. Menurunkan Kadar Kolestrol Dalam Tubuh

Di zaman yang serba modern, pola makan serta gaya hidup yag tidak sehat, banyak indvidu yang dengan mudah terserang kolestrol tinggi, kolestrol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung akibat tekanan darah meningkat. Selain itu kelebihan kadar kolestrol akan menyebabkan penyakit lain mudah masuk kedalam tubuh.

Namun anda tak perlu khawatir, selain menerapkan pola hidup yang sehat, anda juga dapat memanfaatkan buah dewandaru untuk mengatasi kolstrol dan tekanan darah tinggi.

2. Mencegah Munculnya Penuaan Dini

Diketahui dalam buah dewandaru terkandung vitamin C dan kaya antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari penuaan dini dan radikal bebas, selain itu vitamin C juga bermanfaat untuk kecantikan karena mampu memelihara kesehatan kulit.

Maka dari itu. mengkonsumsi buah dewandaru yang kaya akan vitamin C sangat dianjurkan untuk menmelihara kesehatan dan merawat kecantkan kulit.

3. Dapat Dijadikan Menu Diet

Bila anda sedang dalam program penurunan berat badan, jangan lupa untuk menambahkan buah dewandaru dalam menu diet anda. Buah dewandaru bermanfaat untuk menjaga kestabilan berat badan anda, sehingga program diet akan berhasil dirandai tubuh terlihat ideal.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah dewandaru yang selanjutnya dapat anda gunakan sehari hari untuk menjaga kesehatan kulit anda, dimana buah dewandaru berpengaruh bagi kecantikan, terutama kecantikan kulit.

Cara menggunakan buah dewandaru untuk mengatasi masalah yang satu ini, anda cukup mengkonsumsi secaa rutin buah ini, tapi jangan berlebihan agar kulit terlihat lebih sehat dan segar.

5. Mencegah keriput Pada Kulit

Dalam bidang kecantikan, buah dewandaru selain dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini, juga dapat anda manaat untuk membuat kulit anda lebih cerah dan mengatasi kerutan ang da seingga keruput yang bermunculan sehingga anda tampak lebih muda.

Pohon dewandaru pada cerita pewayangan memang diyakini merupakan pohon yang mempunyai semacam kesaktian, namun dibalik cerita tersebut nyatanya pohon dewandaru memiliki banyak khasiat. Mulai dari manfaat buah dewandaru untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti yang telah kami jabarkan diatas, dan manfaat daun dewandaru untuk berbagai macam keluhan kesehatan.

Jika kita mengetahui berbagai macam khasiat dari berbagai tanaman yang tumbuh di Indonesia, mungkin kita akan lebih memilih memanfaatkan tanaman tersebut untuk mengatasi berbagai macam masalah mengenai kesehatan, selain harganya yang murah, juga dapat dengan mudah kita tanam sendiri dipekarangan rumah, seperti manfaat daun jarak

Sekian dulu artikel kali ini, jangan lupa simak beberapa artikel lainnya tentang berbagai macam manfaat obat herbal dari tumbuhan seperti manfaat buah kolang kaling

Tinggalkan komentar