11 Khasiat Dan Manfaat Buah Genitri Atau Biji Jenitri/Rudraksha

Manfaat Buah Genitri
Gambar Buah Gnitri/Jenitri/Rudraksha – Sumber : Google.com

Manfaat Buah Genitri | Tanaman Genitri atau Nama latinnya Elaeocarpus ganitrus roxb atau di India disebut genitri rudraksha, dapat dengan mudah kita temui karena tanaman tersebut banyak tumbuh di Indonesia tetapi belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Pemanfaatan tanaman genitri di Indonesia sangatlah beragam diantaranya digunakan pohon pelindung jalan raya dan hutan kota, kayu dari tanaman genitri digunakan untuk pertukangan dan bahan baku alat musik seperti gitar dan piano), selain itu bentuk dan ukuran biji ganitri yang unik dapat menghasilkan berbagai produk perhiasan (gelang, kalung,
tasbih).

Dikutip dari Heyne, 1987. tanaman genitri di India dipergunakan sebagai bahan sesajen pada upacara pembakaran mayat. Di India Biji ganitri digunakan sebagai bahan baku
obat herbal, sedangkan di Indonesia biji ganitri hanya dimanfaatkan sebagai produk perhiasan dan perdagangan. Selain untuk keperluan diatas, ternyata ada manfaat buah genitri atau jenitri untuk kesehatan.

Apa Itu Buah Genitri

Buah genitri atau jenitri atau ganitri berasal dari tanaman yang nama latinnya Elaeocarpus Ganitrus. Dikutip dari Sutarman, 2010. Tanaman genitri merupakan salah satu tanaman kehutanan yang habitat aslinya berasal dari Negara subtropics dengan penyebaran yang cukup luas terutama di beberapa negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Myanmar, dan Thailand.

Selain di kawasan Asia Tenggara, juga dapt kita temukan di Madagaskar, Cina Bagian Selatan, Nepal, Australia, dan kepulauan pasifik. Biasanya orang menjadikan biji genitri sebagai kerajinan, dimana kerajinan jenitri tersebut bahkan sampa di ekspor ke India, Nepal dan Tiongkok.

Biji genitri atau rudraksha bagi umat Hindu dianggap sebagai tetesan air mata dewa Siwa, dimana biji jenitri dengan hasil yang paling baik dan paling terkenal berasal dari daerah Kebumen.

Daerah penyebaran tanaman ganitri di Indonesia meliputi daerah Jawa Tengah, Kalimantan, Bali, dan Timor, dan tempat tumbuh tanaman ganitri berada pada ketinggian 500 sampai 1000 meter diatas permukaan laut bahkan bias tumbuh pada ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut.

Nama Daerah Buah Genitri

Diberbagai daerah di Indonesia, tanaman genitri atau buah jenitri memiliki nama khas yang berbeda beda, seperti Ganitri orang Sunda menyebutnya, Sambung Susu di Jawa, kalau di Bali bernama Biji Mala, di Bogor bernama Katulampa MataSiwa, Klitri di Madura dan Biji Sima di Sulawesi Selatan.

Ciri Ciri Buah Genitri

Buah genitri atau jenitri memiliki ciri ciri sebagai berikut, Buah Genitri berwarna biru dan berbentuk bulat, sedangkan biji genitri memiliki kekhasan sendiri yaitu ornamen berbentuk garis tidak beraturan. Warna biji jenitri berbeda beda tergantung dari kematangan dan bentuk buah, tetapi di domisili oleh warna coklat tua merah.

Kandungan Senyawa Buah Genitri

Dalam buah atau biji genitri terkandung berbagai senyawa yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Kandungan tersebut diantaranya, Karbon, Hidrogen, Nitrogen, oksigen, aluminium,kalsium, klorin dan tembaga, kobalt, nikel, magensium, mangan, fosfor, glikosida, alkaloid, steroid, flavonoid, pitosterol, karbohidrat, protein, asam gallic dan ellagic, quercetin, serta asam lemak termasuk asam palmitat dan asam linoleat.

Manfaat Buah Genitri Untuk Kesehatan

1. Sumber Anti mikroba

Seperti yang telah kita ketahui bahwa negara kita ini merupakan negara yang beriklim tropis dengan kelembaban, curah hujan dan suhu, yang cocok untuk pertumbuhan bakteri serta mikroorganisme. Mikroorganisme sepeti bakteri dapat bersifaat racun atau toksik serta merugiken bagi kesehatan manusia.

Pengendalian terhadap bakteri tersebut biasanya menggunakan antibiotik. Penggunaan antibiotik sangatlah baik, namun bila dalam penggunaanya tidak dalam komposisi yang baik, maka akan menyebabkan munculnya bakteri yang kebal terhadap suatu antibiotik.

Untuk itu anda dapat memanfaatkan buah genitri dalam mengatasi bakteri yang merugikan. Hal tersebut disebabkan karena kombinasi senyawa seperti flavonoid, alkaloid serta tanin dan glikosida berkhasiat sebagai antimikroba.

Hal senada juga diungkapkan oleh penelitian Hasyim As’ari dkk, pada tahun 2016, dimana Ekstrak etanol biji ganitri memilki aktivitas antimicrobial dalam menghambat pertumbuhan bakteri patogen, dengan zona hambat terbesar ditunjukkan oleh konsentrasi 50% sebesar (0,815 – 0,996 cm2) dengan kategori tinggi pada bakteri E. coli.

2. Pewarna Makanan Alami

Bila kita memproduksi makanan, warna dari makanan itu sendiri merupakan salah satu faktor penting yang menraik konsumen terhadap produk pangan anda. Sayangnya, warna pada produk pangan kebanyakan pewarna sintetik, bahkan kadang kadang juga menggunakan pewarna makanan non food grade.

Untuk itu gunakanlah pewarna makanan alami yang tentunya juga lebih aman bila dibandingkan dengan pewarna sintetik, seperti dari kulit buah genitri ini. Dalam buah genitri terkandung atosianidin.

3. Mampu Menyerap Polusi

Ada Manfaat buah genitri yang lainnya, sebagaimana seperti penelitian yang telah dilakukan oleh Dwiarum Setyoningtyas, dalam penelitiannya Ia membandingkan konsentrasi gas sulfur oksida, nitrogen oksida, dan karbon monoksida dalam kotak
kaca berisi tumbuhan ganatri dengan kotak tanpa tumbuhan.

Pada penelitiannya ia menggunakan kedua kotak kaca diembuskan emisi gas buang dari hasil pembakaran tiga
jenis bahan bakar yang memiliki kandungan biodiesel yang berbeda. Pada kesimpulan yang dihasilkan dari penelitiannya biji dari buah genitri bermanfaat untuk menurunkan tingkat polusi atau pencemaran.

Maka dari itu umumnya tanaman genitri digunakan sebagai pohon pelindung dipinggir jalan untuk mengurangi tingkat polusi yang dihasilkan oleh kendaraan yang berlalu lalang.

4. Mampu Menenangkan Saraf Dan Pikiran

Manfaat buah genitri yang selanjutnya untuk kesehatan yakni dapat anda gunakan untuk menenangkan saraf anda. Biji dari buah gentri mampu menghasilkan pikiran positif, dikarenakan sifat kimia yang memberikan efek induksi listrik serta pergerakan elektromagnetik, maka dari itulah biji jenitri mampu mempengaruhi sistem otak disaat menyebarkan rangsangan biolektrokimia.

Hal tersebut disebabkan karena bijigenitri mengandung elemen mukro seperti kalsium, klorin, tembaga, kobalt, mangan, magnesium serta fosfor yang ada didalamnya.

5. Melindugi Paru Paru

Manfaat buah jenitri dapat anda gunakan untuk melindungi kesehatan paru paru dikarenakan sifatnya sebagai antibakteri. Dimana dalam buah dan biji genitri mengandung glikosida, alkaloid serta flavonoid.

Selain untuk melindungi paru paru, bijinya juga dapat melindungi tubuh dari kanker bakteri seta mengurangi tekanan darah tinggi.

6. Anti Peradangan

Biji ganitri dapat anda manfaatkan untuk mengurangi dan menyembuhkan pembengkakan atau inflamasi. Hal senda juga telah diungkapkan dari penelitian yang dilakukan oleh
Singh RK dari Departemen Farmakologi, Banaras Hindu University.

Dalam penelitiannya tersebut, Ia menggunakan berbagai
larutan seperti petroleum eter, benzena, kloroform, asetone, dan etanol untuk melarutkan 200 mg/kg buah ganitri kering. Larutan ganitri hasil perendaman selama 30 hingga 45 menit itu menunjukkan sifat anti pembengkakan radang akut dan nonakut pada tikus uji.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Buah rudraksha selain sebagai antiinflamasi, juga dapat mencegah dan mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dimana seperti yang telah kita ketahui bahwa hipertensi dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan, maka dari itu jangan sepelekan tekananan darah tinggi.

Dimana hal senada juga telah diungkapkan oleh peneltian yang dilakukan oleh sahih Singh RK dari depertemen Farmakologi. Dalam penelititiannya ia merendam biji genitri semalaman dan diminum sebelum memakan apa apa atau saat perut masih kosong, dan meminum airnya dapat meredam hipertensi bila diminum secara rutin selama seminggu.

Selain meminum rebusan airnya juga dapat dibarengi mengalungkan biji genitri kering pada leher, maka tubuh pun akan terhindar dari pembengkakan, bakteri sampai penyakit kanker.

8. Mengurangi Stress

Manfaat buah genitri terutama pada bagian biji rudraksha baik untuk mengurangi dan mencegah stress serta depresi. Pada umumnya orang yang mengalami stress akan cenderung merasa geisah dan sulit untuk menjalani kegiatan sehari hari secaa normal.

Nah untuk itu anda dapat memanfaatkan biji jenitri untuk membantu menghilangkan stress. Hal tersebut bukannya hanya mitos belaka, karena seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa sebuah penelitian membuktikan bahwa biji henitri mampu menginduksi listrik serta gelombang elektromagnetik, sehingga akan memepengaruhi sistem otak pusat, mengatur aktivitas serta kesehatan otak, dan terakhir akan memeberikan efek tenang atau rileks lewat gelombang elektromagnetik tadi.

9. Meningkatkan Kerja Jantung

Sinyal elektromagnetik dalam bii henitri mampu memberikan sinyal elektromagnetik positif kepada organ dalam tubuh kita. Caranya pun cukup mudah, tinggal buat kalung atau gelang ataupun aksesoris apapun yang terbuah dari buah dan biji genitri.

Efek yang ditimbulkan dari menggunakan aksesoris biji genitri akan mengoptimalkan serta meningkatkan kerja organ jangtung. Jika jantung normal maka tubuh akan terasa lebih segar dan sehat, daya tahan tubuh terjaga sehingga tidak mudah terserang penyakit, memperkecil peluang terkena serangan jantung koroner serta dapat mencegah stroke.

Manfaat Buah Genitri Untuk Kecantikan

1. Mampu Menghancurkan Lemak

Manfaat buah ganitri untuk kecantikan yang pertama dapat anda gunakan untuk meluruhkan lemak yang menumpuk didalam tubuh. Mengapa buah genitri mampu mengatasi lemak berlebih?.

Buah gentri terutama pada bagian bijinya mengandung senyawa alkaloid pseudoepi-isoelaeocarpilin, rudrakine, elaeocarpine, isoelaeocarpine, dan elaeocarpiline

Dalam penelitian yang dilakukan oleh A B. Ray dari Department of Medicinal Chemistry, Banaras Hindu University, India, ia melakukan penelitian dengan cara, 25 gram buah Elaeocarpus ganitrus kering, dicuci dan direbus dalam 1 gelas air sampai air rebusan tersisa separuh. Setelah air rebusan dingin, saring, lalu minum sekaligus .Buah genitri berkhasiat untuk peluruh lemak badan.

Harga Biji Genitri

Nah untuk anda yang ingin membuat aksesoris biji genitri, sedikit kami jabarkan harga biji jenitri dari perkilogramnya dan perbijinya, dimana harga perbiji jenitri antara Rp 25 sampai Rp 35 dan perkilonya sekitar Rp 17k.

Sedikit info bahwa petani jenitri di Kebumen biasanya mendadak kaya saat panen buah jenitri, karena sekali panen bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan juta rupiah, hal tersbeut disebabkan karena kualitas dan permintaan ekspor ke India, Tiongkok dan Nepal dari biji jenitri sangatlah banyak.

Bahkan seorag pembeli dari India berani membeli buah genitri yang masih berada diaatas pohon alias belum dipanen dengan harga hingga 1 Miliar rupiah untuk satu pohon,karena ia tahu bijinya bakalan bagus.

Harga Biji rudraksha atau genitri tahun 2019 berbeda beda, tergantung dari banyak dan sedikitnya mukhis dari biji jenitri, misal Mukhis nya berjumlah sepuluh maka harganya sekitar 150k rupiah.

Baca Juga : Manfaat Daun Keji Beling

Cara Mengolah Buah dan Biji Genitri

Untuk saat ini setahu kami, cara mengolah biji dan buah jenitri dengan cara direbus lalu diminum airnya, atau dengan cara membuatnya menjadi aksesoris, seperti gelang dan kalung.

Nah itulah sedikit arikel mengenai manfaat buah genitri dan harga jenitri, jenitri selain digunakan sebagai aksesoris ternyata juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan saat menggunakannya sebagai aksesoris.

Tanaman disekitar kita memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, selayaknya manfaat daun jarak pagar

Tinggalkan komentar