16 Khasiat Dan Manfaat Buah Kolang Kaling Untuk Diabetes, Ibu Hamil

Manfaat Buah Kolang Kaling
Gambar Kolang Kaling – Sumber : Google.com

Manfaat Buah Kolang Kaling | Masyarakat Indonesia umumnya memanfaatkan kolang kaling dengan diolah menjadi beberapa produk makanan seperti manisan, permen jelly, dan yang paling sering digunakan oleh masyarakat adalah untuk campuran es buah serta minuman segar lainnya, sehingga kolang kaling akan dengan mudah kita temui saat bulan puasa.

Selain diolah untuk campuran minuman yang menyegarkan dan dijadikan manisan, ternyata ada manfaat buah kolang kaling untuk kesehatan, yang tentunya ada berbagai khasiat yang baik untuk tubuh.

Apa Itu Buah Kolang Kaling

Buah Kolang kaling merupakan produk olahan yang berasal dari pohon aren atau nama latinnya Arenga pinnata. Kolang kaling diperoleh dari buah aren setengah matang dengan cara membakar atau merebus.

Buah aren yang diolah menjadi koalng kaling sebaiknya tidak boleh terlalu tua, karena akan mempengaruhi kualitas dari kolang kaling yang dihasilkan. dimana jika Buah yang semakin tua, ketika diolah maka teksturnya semakin keras dan apabila terlalu muda maka teksturnya akan semakin lunak sehingga sulit untuk diolah lebih lanjut.

Pohon buah kolang kaling atau pohon aren tumbuh dan tersebar hampir di seluruh wilayah nusantara, khususnya di daerah-daerah perbukitan yang lembab, dan tumbuh secara individu maupun secara berkelompok. Aren sering tumbuh mulai dari permukaan laut sampai ketinggian 1.300 m di permukaan laut.

Kandungan Senyawa Buah Kolang Kaling

Dalam buah kolang kaling sendiri terdapat beberapa senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh., dalam setiap 100 gram kolang-kaling yaitu energi 27 kkal, protein 0,4 gram, kandungan lemak 0,2 gram, karbohidrat 6 gram, serat 1,6 gram, kalsium 91 mg, fosfor 243 mg dan zat besi 0,5 mg serta kadar air mencapai 94%.

Dikutip dari Julianto, 2014, Tingginya kandungan mineral seperti kalsium, besi dan fosfor sangat berkhasiat menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Selain itu, juga mengandung vitamin A, vitamin B dan vitamin C .

Selain itu Dikutip dari penelitian Lempang, 2012, kandungan potasium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan gelatin yang dapat dicerna oleh tubuh berfungsi untuk mensintesa kolagen. Kolang kaling juga mengandung albumin hingga 60% dan kadar abu sekitar 1 g dan serat kasar 0,95 gram.

Menurut Tarigan dan Kaban, 2009, dalam buah kolang kaling mempunyai kadar air sangat tinggi mencapai 93,6% disamping juga mengandung protein 2,344%, karbohidrat 56,571% serat kasar 10,524%.

Ciri Ciri Buah Kolang Kaling Atau Buah Aren

Dikutip dari Sunanto, 1993. Buah aren yang tepat untuk dijadikan kolang kaling adalah setengah matang dengan ciri-ciri kulit biji buahnya tipis, lembek dan berwarna kuning, inti biji warnanya putih agak bening dan kenyal, inti biji inilah yang diolah menjadi kolang kaling.

Untuk mendapatkan inti biji supaya didapatkan kolang kaling perlu dilakukan beberapa cara pengolahan, yaitu buah dibakar atau direbus untuk menghilangkan getah.

Manfaat Buah Kolang Kaling Untuk Kesehatan

1. Mampu Memperkuat Tulang

Manfaat buah aren yang pertama dapat anda gunakan untuk memperkuat tulang anda. Kekuatan tulang perlu kita jaga sejak dini, agar kelak dihari tua nanti pengeroposan tulang dapat kita minimalisir.

Nah untuk menjaga kekuatan serta kesehatan tulang, kita membutuhkan yang namanya kalsium, kalsium tersebut selain berasal dari susu juga dapat anda temukan dalam buah kolang kaling.

Diketahui dalam buah kolang kaling terkandung kalsium sebanyak 91 mg per 100 gram kolang kaling, kandungan kalsium dalam kolang kaling tersebut cukup banyak.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan

Jika kita mengalami sembelit atau susah buang air besar maka perut terasa tidak nyaman dan rasanya perut terasa penuh, sehingga kadang kadang aktivitas kita menjadi terganggu.

Untuk mengatasi masalah tersebut, anda dapat memanfaatkan buah dari pohon aren, karena ada manfaat buah kolang kaling untuk memperlancar sistem pencernaan.

Buah kolang kaling dapat memperlancar sistem pencernaan bukan tanpa sebab, karena seperti yang telah kami jelaskan diatas, dimana dalam kolang kaling mengandung banyak sera. Cukup dengan mengkonsumsi sekitar 10 buah kolang kaling setiap hari maka anda terhindar dari sembelit.

3. Mengatasi Peradangan Sendi

Khasiat buah kolang kaling dapat mengurangi radang yang terjadi pada sendi. Diketahui dalam buah kolan gkaling tersebut mengandung zat galaktomanan yang mampu meredaan nyeri pada sendi.

Hal senada juga ada dalam penelitian yang dilakukan Castro et al. (2007), galaktomanan sintetis (Hylan G-F 20) yang disuntikkan ke dalam persendian kaki tikus ternyata dapat berfungsi sebagai analgesik, yaitu dapat mengurangi rasa sakit.

Untuk mengatasi masalah radang sendi serta untuk menjaga kesehatan sendi, secara rutin anda dapat mengkonsumsi minimal sekitar seratus gram setiap hari, Cara mengolah buah kolang kaling yakni dengan cara merebusnya tanpa harus menambahkan gula maupun pewarna.,

4. Mengaatasi Gatal Gatal Pada Kulit

Tahukah anda, selain digunakan sebagai campuran es atau jelly, ternyata buah kolang kaling dapat anda gunakan untuk mengatasi gatal gatal.

Caraya pun cukup mudah, yakni dengan mengambil getah kolang kaling secukupnya, lalu oleskan pada bagian yang mengalami gatal gatal pada kulit, jika sudah bila dengan air bersih.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah aren yang satu ini memang tidak diragukan lagi, hal tersebut disebabkan karena dalam kolang kaling terdapat banyak serat dan kadar air yang cukup tinggi.

Serat kolang-kaling yang masuk ke tubuh menyebabkan proses pembuangan air besar teratur sehingga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan.

6. Sumber Berbagai Vitamin

Dalam kolang kaling sendiri terdapat berbagai kandungan vitamin, seperti Vitamin A yang telah terbukti baik untuk menjaga dan memperkuat penglihatan alias organ mata.

Vitamin C juga terdapat dalam kolang kaling, dimana vitamin tersebut bermanfaaat untuk mencegah sariawan, menguatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang flu. dan terakhit vitamin B yang telah terbukti baik untuk menjaga sel sel tubuh dan kulit serta bagian tubuh lainnnya.

7. Meningkatkan Kebugaran dan Stamina Tubuh

Manfaat buah aren yang satu ini patut anda coba, dimana olahan buah aren ini berkhasiat bagi tubuh, yakni stamina serta kebugarannya dapat tetap terjaga dengan rutin mengkonsumsi buah kolang kaling.

Dalam buah kolang kaling terkandunga berbagai jenis mineral . Mineral mineral tersebut diantaranya kalsium, besi dan fosfor. Tingginya berbagai macam kandungan mineral dalam kolang kaling inilah yang menyebabkan kolang kaling bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan stamina dalam tubuh.

8. Mencegah Penyakit Anemia

Nah tahukah anda bahwa ada manfaat buah kolang kaling dalam mencegah anemia?. Memang benar, dalam buah kolang kaling terkandun mineral yakni zat bersi yang merupakan komponen pembentuk darah merah atau hemoglobin.

Hemoglobin tersebut bertanggung jawab dalam menyuplai kebutuhan oksigen berbagai jaringan tubuh lewat peredaran darah. Jika kebutuhan akan zat besi dalam tubuh tercukupi, maka otomatis tubuh tidak mudah terserang anemia atau kekurangan sel darah merah.

9. Mencegah Dehidrasi Atau Kekurangan Cairan

Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi sebaiknya jangan dianggap sepele, karena akan berakibat fatal. Untuk itu selain rajin mengkonsumsi air putih secara rutin, ternyata dengan mengkonsumsi air putih.

Kolang kaling kaya akaan serat serta kandungan air, sehingga membuat kolang kaling membantu tubuh dalam memenuhi kebutuhan cairannya sehingga terhindar dari dehidrasi dan terasa menyegarkan saat mengkonsumsi bua kolang kaling.

10. Membantu Menjaga Metabolisme Tubuh

Seperti yang telah kami jabarkan diatas, bahwa dalam kolang kaling terkandung berbagai maam mineral, seperti zink, kalium zat besi serta kalsium yang mampu membantu metabolisme sel sel dalam tubuh.

11. Baik Bagi Penderita Diabetes

Dalam biji kolang kaling terkandung senyawa yang mampu menstimulasi tubuh untuk menghasilkan hormon insulin, dimana hormon insulin tersebut bertugas untuk menjaga agar kadar gula dalam darah tetap stabil.

12. Baik Untuk Perkembangan Janin

Manfaat kolang kaling untuk ibu hamil bagus untuk perkembangan janin, hal tersebut disebabkan karena zat besi dalam buah kolang kaling mampu memenuhi kebutuhan ibu hamil, sehingga perkembangan janin akan berjalan lebih optimal karena kebutuhan akan zat besi terpenuhi

Manfaat Buah Kolang Kaling Untuk Kecantikan

1. Mencegah Kegemukan

Tentunya kegemukan merupakan momok yang menakutkan bagi wanita, selain kurang percaya diri, obesitas juga dapat memicu munculnya berbagai masalah kesehatan yang tidak kita inginkan.

Anda tak perlu khawatir karena ada Manfaat kolang-kaling untuk kecantikan yang dapat anda gunakan untuk menurunkan kelebihan berat badan.

Dalam buah kolang kaling terkandung Serat kolang-kaling dan serat dari bahan makanan lain, dimana serat yang masuk ke dalam tubuh dapat melancarkan proses pembuangan air besar teratur sehingga dapat mencegah kegemukan atau biasanya disebut obesitas, penyakit jantung koroner, kanker usus, dan penyakit kencing manis.

2. Membantu Program Diet

Khasiat dari buah kolang kaling bagi kecantikan sangatlah beragam, selain dapat digunakan untuk mencegah kegemukan atau obesitas, ternyata buah kolang kaling juga dapat membantu anda ketika diet.

Dalam kolang kaling ada kandungan karbohidrat dapat memberikan rasa kenyang bagi yang mengkonsumsinya dan menghentikan nafsu makan atau konsumsi makanan jadi menurun, sehingga dapat dikonsumsi sebagai makanan diet.

Selain itu Kolang kaling bisa mengenyangkan tubuh dalam waktu yang lama dikarenakan buah yang berasal dari pohon enau ini mempunyai kandungan minuman dan gelatin dalam jumlah yang banyak.

3. Menurunkan Kadar Kolestrol Dalam Tubuh

Dikutip dari Pratama et al. 2013. Kadar galaktomanan dalam buah kolang kaling, selain bermanfaat mengatasi nyeri persendian juga dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh dengan cara mengikat kolesterol dalam usus halus sebelum kolesterol itu diserap kembali di perbatasan antara usus halus dan usus besar, sehingga pengikatan
kolesterol itu akan mengakibatkan dikeluarkan dalam feses dan menyebabkan pemutusan siklus perputaran kolesterol.

4. Menjaga Keremajaan Kulit

Selain adanya Manfaat buah kolang kaling bagi kesehatan, ternyata ada manfaat laing kolang kaling, yakni untuk kecantikan, dimana kolang kaling bermanfaat dalam meremajakan kulit anda.

Diketahui dalam buah kolang kaling terkandung kolagen yang cukup tingi, dimana kolagen tersebut dapat mengganti sel sel kulit yang rusak, mencegah keriput dan meremajakan kulit, sehingga cocok bagi anda yang ingin terlihat awet muda.

Cara Mengolah Kolang Kaling

1. Manisan Dari Buah Kolang Kaling

Pertama cuci dan rendam kolang kaling selama kurang lebih 25 hingga 30 menit, perendaman dengan air cucian beras, setelah direndam cuci lagi hingga bersih. Rebus terlebih dahulu sekitar 500 ml air dan campur dengan gula secukupnya,s ertakan juga, daun jeruk, daun pandan, garam, kayu manis dan pasta pandan. Bila gula sudah larut maka segeralah masukkan kolang kaling, dan aduk hingga airnya meresap dalam kolang kaling dan kolang kalingnya agak menyusut.

Bila langkah diatas sudah anda lakukan, masuk ke langkah berikutnya yakni angkat kolang kalingnya, biarkan hingga dingin setelah itu masukkan kedalam kulkas, dan manisan dari buah kolang kaling siap untuk disajikan.

Hampir lupa, bahan untuk membuat manisan kolang kaling yakni setengah kilogram kolang kaling, 750 mililiter air cucian beras, 250 gram gula pasir, dua sendok makan pasta pandan, dau lembar daun pandan, tiga daun jeruk, garam secukupnya, satu kayu manis, dan air secukupnya.

2. Kolak Pisang Kolang Kaling

Didihkan sekitar seliter air, masukkan 125 gram gula pasir, 50 gram gula merah, dua buah kayu manis, sau daun sereh, masukkan 8 buah pisang kepok dan kolang kaling, lima butir cengkeh.

Bila langkah diatas sudah anda lakukan, masak dan tunggu hingga matang, jika sudah matang anda dapat menyajikannya dalam keadaan hangat maupun dalam keadaan dingin.

Efek Samping Buah Kolang Kaling

Sejauh ini setahu kami belum ada penelitian yang berkaitan dengan efek samping dari kolang kaling, namun alangkah baiknya dengan tidak mengkonsumsi buah kolang kaling secara berlebihan, karena yang berlebihan tidak baik.

Baca Juga: Manfaat buah Genitri

Olahan dari buah aren ini biasanya dapat dengan mudah kita jumpai di bulan puasa, biasanya diolah menjadi campuran es yang segar saat berbuka puasa dan manisan kolang kaling.

Namun dibalik olahan olahan tersebut ternyata banyak manfaat buah kolang kaling untuk kesehatan, memang alam ini menyediakan berbagai macam tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan bila kita mengetahuinya.

Sekian dulu artikel kali ini. Jangan lupa simak beberapa artikel lainnya dalam blog ini, seperti manfaat daun meniran

Tinggalkan komentar