15 Manfaat Buah Langsat Untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Kesehatan

Manfaat Buah Langsat
Gambar Buah Langsat (Lansium domesticum L) – Sumber: Google.com

Manfaat Buah Langsat | Langsat atau duku termasuk jenis buah tropis yang dikenal di Indonesia, sangat digemari karena rasanya yang manis dan aromanya yang enak. Selain memiliki rasa yang khas, yaitu manis sedikit asam, buah langsat juga memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Di wilayah Asia, tumbuhan langsat mempunyai penyebaran yang cukup luas.

Saat ini langsat memiliki pasar yang luas dari pasar tradisional sampai pasar modern dengan harga yang cukup bersaing dengan buah jenis lainnya, bahkan termasuk salah satu buah ekspor. Namun reproduksi langsat atau duku sangat lambat, yakni 10 hingga 15 tahun, bahkan ada yang berumur 25 tahun baru berbuah. Dibalik pertumbuhannya yang lambat, ternyata banyak manfaat buah langsat bagi kesehatan. Namun buah langsat memiliki umur simpang yang singkat, dimana akan berawarna coklat setelah 4 hari penyimpanan dengan suhu ruang.

Langsat tersebar dari bagian semenanjung dari Thailand dan kawasan Malaysia. Di kawasan Malesia, individu alami dan liar ditemukan di kawasan Sumatra, Semenanjung Malaya, Jawa dan Borneo. Sementara itu, di Filipina, Sulawesi, Maluku serta Nugini.

Apa Itu Langsat

Dikutip dari Coronel & Verheij, 1992 Tanaman langsat dapat tumbuh dengan baik terutama pada tanah bertekstur sedang, kaya akan bahan organik dan sedikit asam.

Proses awal reproduksi duku lambat, umumnya 10 sampai 15 tahun, bahkan ada yang baru berbuah pada umur 25 tahun, dari mulai benih disemaikan, tetapi dengan pemeliharaan yang memadai tanaman ini dapat mulai berbuah pada umur 7 hingga 8 tahun, sedangkan tanaman yang berasal dari sambungan hanya memerlukan 5 sampai 6 tahun.

Ciri Ciri Tanaman Langsat

1. Ciri Ciri Batang Langsat

Duku memiliki batang yang bercabang, kulit batang tipis berwarna coklat atau keabuan dan agak sukar dilepas dari kayunya. Batang menghasilkan cairan seperti susu, sepanjang kulit batang terdapat celah-celah dangkal yang memanjang.

2. Ciri Ciri Daun Langsat

Daun tanaman duku berselang bersirip ganjil dengan 5 hingga 7 anak daun. Panjang rachis 30 sampai 50 cm dan pangkal membesar. Helaian daun bertangkai berbentuk elips, bulat panjang atau lonjong. Pangkal daun sempit, agak meruncing dan tidak simetris.

Warna helaian daun sisi atas hijau tua dan mengkilat sedangkan sisi bawah daun tidak mengkilat berwarna hijau muda, kedua permukaan daun licin. Panjang helaian daun antara 12 hingga 15 cm dan lebar daun 7 sampai 12,5 cm. Panjang tangkai daun berkisar antara 0,8 hingga 1,2 cm dan membesar pada pangkalnya.

3. Ciri Ciri Bunga Langsat

Langsat memiliki bunga di dalam tandan berbentuk spiciform, menempel pada batang, cabang dan dahan yang sudah tua. Bunga dapat soliter atau bergerombol, berukuran kecil, bertangkai, berkelamin dua. Kelopak berbentuk cawan bercuping 5, berdaging,

Warna bunga langsat kuning pucat, putih atau kuning kehijauan, ukuran 2 sampai 3 mm. Mahkota bundar telur, tegak, berdaging, dengan ukuran 2 sampai 3 mm× 4 hingga 5 mm, putih hingga kuning pucat.

4. Ciri Ciri Buah Langsat

Buah langsat berbentuk bulat telur, tandan buah panjang, padat berisi 15 sampai 25 butir buah pertandan dan berukuran besar. Kulit buah berwarna hijau dan matang berwarna kuning.

Buah memiliki kulit tipis, daging buahnya banyak berair, bergetah sampai buah masak dan rasanya asam menyegarkan. Pada umumnya langsat tidak dapat bertahan lama karena lebih mudah menghitam setelah dipetik dari pohonnya.

Nama Daerah dan Nama Asing Buah Langsat

Tanaman langsat memiliki nama yang berbeda beda diberbagai negara, seperti diIndonesia dikenal dengan nama duku, kokosan, langsat. di Filipina langsat disebut dengan Filipino lanzone, lanzon, lansones, lansone buahan.

Langsat in English adalah duku, langsat, sedangkan dinegara Malaysia dikenal dengan nama langseh, langsep dan lansa. Orang Thailand menamainya dengan duku, longkong dan langsa, di Vietnam bernama bon bon.

Di Sulawesi Utara, langsat dikenal dengan nama Lanset, lasat, losot, lansot, dansot, lantat, sedangkan di Jawa, langsat dikenal dengan nama Duku, kokosan, langsat, celoreng.

Klasifikasi Tanaman Langsat

Dikutip dari Simbala 2004, langsat memiliki klasifikasi sebagai berikut:

  • Regnum : Plantae
  • Sub regnum : Tracheobionta
  • Super divisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Class : Magnoliopsida
  • Sub class : Rosidae
  • Ordo : Sapindales
  • Familia : Maliaceae
  • Genus : Lansium
  • Spesies : Lansium domesticum L.

Kandungan Buah Langsat

Dikutip dari berbagai sumber, setiap 100 gram buah langsat mengandung 63 kkal energi, 1 g protein, 0,2 g lemak, 16,1 g karbohidrat, 18 mg kalsium, 9 mg fosfor, 0,9 mg zat besi, 0,05 mg vitamin B1, 9 mg vitamin C dan 82 g air. Selain itu dalam buah langsat juga terkandung pro vitamin B5.

Manfaat Duku Atau Langsat Menurut Beberapa Penelitian

1. Supriatna 2009

Manfaat Buah duku atau langsat diantaranya apa memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon, dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

2. Loekitowati dan Hermansjah 2000

Kulit kayu dari tumbuhan langsat telah banyak dimanfaatkan di Indonesia sebagai obat disentri, diare, malaria dan sebagai antidote untuk racun kalajengking.

Selain itu, penelitian di Thailand menyebutkan esktrak tanaman duku atau langsat mempunyai efek antikanker, antiproliferasi sel, dan antioksidan dan mampu mencegah kerusakan DNA akibat radikal bebas

Manfaat Buah Langsat Untuk Kesehatan

Indonesia merupakan negara yang kaya tanaman yang berpotensi memiliki khasiat sebagai obat. Akhir akhir ini penggunaan tanaman sebagai obat semakin dikembangkan. Keunggulan pengobatan ini terletak pada bahan dasarnya yang alami sehingga efek sampingnya dapat ditekan seminimal mungkin. Salah satu tanaman yang semakin banyak diteliti mengenai manfaatnya untuk kesehatan adalah tanaman langsat. Berikut beberapa manfaat langsat.

1. Mencegah dan Mengatasi Batu Ginjal

Ginjal memiliki banyak fungsi seperti pengaturkeseimbangan air, konsentrasi garam dalam darah, keseimbangan asam basa darah, ekskresi bahan buangan dan kelebihan garam.

Akan tetapi banyak juga masalah yang mungkin terjadi pada ginjal seperti urolithiasis. Urolithiasis sendiri adalah pembentukan batu saluran kemih. Batu saluran kemih menurut tempatnya digolongkan menjadi batu ginjal dan batu kandung kemih.

Batu ginjal terbentuk karena beberapa faktor antara lain minum air putih yang terlalu sedikit, kurang olahraga, keturunan, makan makanan yang mengandung asam urat tinggi, mengkonsumsi vitamin yang berlebihan.

Penggunaan ekstrak etanol kulit batang langsat terbukti melarutkan batu ginjal kalsium dengan cukup baik pada konsentrasi 1,5%. Hal ini juga menunjukkan bahwa senyawa aktif yang ada dalam kulit batang langsat dapat melarutkan batu ginjal kalsium yang salah satunya adalah flavonoid.

Cara kerjanya yakni flavonoid dapat membentuk senyawa kompleks dengan kalsium pada batu ginjal. Senyawa kompleks ini diduga lebih mudah larut dalam air, sehingga air yang ada dalam urin akan membantu kelarutan batu ginjal tersebut.

2. Menghambat Petumbuhan Bakteri Merugikan

Manfaat kulit buah langsat mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Hal tersebut telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Lawalata 2012.

Dalam penelitian tersebut semua jenis ekstrak kasar kulit buah langsat dari pelarut heksana, etil asetat, dan etanol dengan berbagai konsentrasi mempunyai kemampuan untuk menghambat bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

3. Berpotensi Sebagai Antioksidan

Langsat atau duku secara empiris telah diyakini masyarakat memiliki banyak khasiat, salah satunya memiliki potensi sebagai antioksidan.

Penelitian yang dilakukan oleh Subandrate dkk 2016, membuktikan Ekstrak biji duku memiliki potensi sebagai antioksidan. Ekstrak biji duku mampu meningkatkan kadar Glutation darah tikus yang diinduksi alkohol.

Ekstrak biji duku mampu menurunkan kadar Malondialdehid darah tikus yang diinduksi alkohol. Dalam penelitian ini, dosis optimum ekstrak biji duku sebagai antioksidan adalah 100mg/kg berat badan tikus.

4. Anti Demam

Langsat memiliki banyak manfaat dan kegunaan, semua bagian dari tumbuhan ini hampir seluruhnya dapat digunakan, biji langsat yang telah dihaluskan dapat digunakan sebagai febrifuge atau anti demam, vermifuge atau anti cacing dan anti diare.

Biji buah langsat secara empiris telah diyakini masyarakat Kalimantan memiliki khasiat menurunkan demam. Penelitian yang dilakukan oleh Andriyanto 2006, Pengujian ekstrak etanol biji buah duku dengan dosis 3,15 mg/kg BB, 15,74 mg/kg BB, 31,48mg/kg BB, dan 47,21 mg/kg BB terhadap 30 ekor tikus putih jantan yang telah didemamkan dengan penyuntikan vaksin DTP dosis 0,08 ml/100 g BB

Dalam penelitian tersebut menunjukan ekstrak biji buah langsat mampu mencegah kenaikan suhu tubuh tikus putih jantan. Potensi antipiretik ekstrak etanol biji buah duku berbeda nyata dengan kontrol terdapat pada dosis 47,21 mg/kg BB pada 0,5 sampai 2 jam setelah pemberian.

5. Mengobati Peradangan Mata

Peradangan pada mata tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari hari, untuk itu anda dapat mencoba rebusan daun langsat. Air hasil perasan atau sari daun langsat digunakan sebagai obat tetes mata untuk menghilangkan peradangan pada mata.

6. Mengobati Sakit Perut

Tahukah anda bahwa sakit perut dapat diobati dengan rebusan kulit kayu langsat, Air hasil perasan atau sari daun langsat digunakan sebagai obat tetes mata untuk menghilangkan peradangan pada mata.

Walau rasanya pahit, manfaat ekstrak biji buah duku dapat digunakan untuk mengobati cacing bagi anak-anak, penolak demam, dan obat diare (dikutip dari Verheij dan Coronel 1997).

Manfaat buah langsat untuk menghentikan diare disebabkan karena kandungan resin didalamnya yang mampu menghentikan kejang pada perut dan diare.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kencing manis atau diabtes merupakan keadaan glikosuria atau glukosa dalam urin yang diakibatkan karena menumpuknya glukosa dalam darah sehingga dikeluarkan bersama urin.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan produksi insulin atau enzim menurun sehingga metabolisme terganggu. Hal ini menyebabkan glukosa darah meningkat. Timbunan glukosa tersebut tidak dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi dan akhirnya dibuang bersama urin.

Untuk mengobati kadar glukosa yang berlebih secara tradisional anda dapat memanfaatkan ekstrak langsat, manfaat buah langsat tersebut telah dibuktikan oleh penelitian Alimuddin 2010.

Dalam penelitian tersebut diambil kesimpulan bahwa ekstrak metanol daun langsat mempunyai efek penurunan kadar glukosa darah pada mencit. Efek penurunan kadar glukosa darah tertinggi di tunjukkan olek ekstrak daun langsat pada konsentrasi 120 mg/ 30 g berat badan.

8. Menghambat Parasit Penyebab Malaria

Dikutip dari Yapp dan Yap 2003, ekstrak dari kulit batang, daun, kulit buah, dan biji duku telah diteliti secara in vitro dapat menghambat siklus hidup salah satu parasit penyebab penyakit malaria yaitu Plasmodium falciparum.

Selain itu Omar et al 2003. melaporkan L. domesticum mengandung senyawa yang memiliki aktivitas antimalaria.

9. Bahan Obat Pembunuh Nyamuk

Orang zaman dahulu memakai cara tradisional untuk mengusir nyamuk yaitu dengan membakar kulit langsat. Asap yang dihasilkan dapat meracuni nyamuk. Keuntungan obat pembunuh nyamuk dari kulit buah langsat ini betul betul alami sehingga tidak mengganggu pernapasan.

Selain aman bagi pernafasan, limbah dari kulit langsat sama sekali tidak mencemari lingkungan, bahkan nyamuk jenis Aedes aegypti dapat dibunuh dengan obat nyamuk dari kulit langsat tersebut.

Pemanfaatan kulit buah langsat untuk obat nyamuk sekarang telah berkembang menjadi obat nyamuk elektrik. Penelitian yang dilakukan oleh Mirnawaty dkk 2012, ‘menunjukkan bahwa anti nyamuk elektrik yang dibuat dari ekstrak kulit buah langsat dengan beberapa konsentrasi ternyata mampu untuk membunuh nyamuk Aedes aegypti.

Konsentrasi ekstrak kulit langsat yang paling efektif membunuh nyamuk Aedes aegypti adalah 25% dibandingkan dengan konsentrasi yang lain.

10. Manfaat Buah Langsat Untuk Mencegah Kanker

Buah langsat secara umum diyakini masyarakat mempunyai banyak manfaat dan khasiat, manfaat buah langsat tersebut ada karena kandungan beberapa senyawa dalam buah langsat seperti glikosida, flavanoid, alkaloid, terpenoid, asam lansid, dukunolid dan asam lansiosida.

Salah satu khasiat buah langsat adalah sebagai antioksidan. Hal tersebut telah disebutkan oleh beberapa penelitian di Thailand, dimana esktrak tanaman duku mempunyai efek antikanker, antiproliferasi sel, dan antioksidan dan mampu mencegah kerusakan DNA akibat radikal bebas.

11. Insektisida Alami

Kecoa merupakan organisme yang seringkali mengganggu kenyamanan dengan meninggalkan bau yang tidak sedap,menyebarkan berbagai patogen penyakit, menimbulkan alergi, dan mengotori peralatan dirumah.

Untuk mengatasi kecoa tersebut anda dapat memanfaatkan insektisida alami dari langsat, tentunya insektisida tersebut lebih aman.

keampuhan langsat dalam membasmi kecoa telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Erviana dan Nukmal 2014, Kulit buah duku berpotensi sebagai insektisida nabati untuk mematikan kecoa amerika dewasa. Semakin tinggi konsentrasi pellet kulit buah duku yang diberikan (100%), maka semakin tinggi pula tingkat mortalitas.

12. Anti Jamur

Kulit buah langsat yang dipandang sebelah mata, Kulit buah biasanya langsung dibuang menjadi sampah, padahal bagian tersebut berpotensi mengandung senyawa aktif anti Jamur candida albicans.

Manfaat kulit buah langsat sebagai antijamur disebabkan karena kandungan terpenoid dan senyawa metabolit sekunder lainnya pada kulit buah langsat, sehingga menciptakan potensi antijamur terhadap jamur candida albicans.

Penelitian yang dilakukan oleh Ni’mah 2016 menunjukkan bahwa ekstrak kulit buah langsat memiliki kemampuan sebagai antijamur terhadap jamur Candida Albicans.

Manfaat Buah Langsat Untuk Kecantikan

1. Mencegah Munculnya Penuaan Dini

Aktivitas sehari hari diluar ruangan pastinya terkena paparan sinar UV, asap rokok, dan debu, hal tersebut dapat menyebabkan radikal bebas, sehingga dapat menyebabkan penuaan dini, tentunya berdampak buruk untuk kecantikan wajah serta kesehatan kulit anda.

Seperti yang telah kami jabarkan diatas, bahwa ekstrak buah langsat mengandung senyawa antioksidan alami, antioksidan tersebut akan mencegah penuaan dini yang diakibatkan oleh radikal bebas, itulah mengapa ada manfaat buah langsat untuk menjaga kecantikan kulit wajah.

2. Membantu Mencerahkan Kulit

Penyebab dari kulit wajah gelap adalah pigmentasi yang disebabkan oleh kerja enzim tyrosinase, Vitamin C telah terbukti mampu menghambat kerja enzim tyrosinase penyebab kulit gelap tersebut.

Nah dalam buah langsat terkandung vitamin C yang cukup untuk mencegah kerja enzim tersebut, maka dari itulah ada manfaat buah langsat untuk membantu mencerahkan kulit wajah.

3. Menjaga Kulit Wajah Agar Tetap Lembab

Provitamin B5 bermanfaat dalam menjaga kelembaban kulit, provitamin B tersebut dapat kita temukan dalam buah langsat, maka dari itulah ada manfaat buah langsat untuk menghidrasi kulit agar tampak glowing dan kenyal.

Baca Juga : Manfaat keladi Tikus

Buah yang kita kenal karena rasanya yang enak, manis sedikit asam ternyata memiliki banyak manfaat, manfaat buah langsat cukup banyak sampai bagian lain dari tanaman langsat seperti batang, biji serta kulit buah langsat juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Itulah sebabnya kita harus sering mengonsumsi buah buahan dan sayuran yang kaya akan manfaat, seperti manfaat daun mangkokan.

Tinggalkan komentar