10 Manfaat Buah Maja dan Daunnya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Maja
Gambar buah dan daun maja (Aegle marmelos) – Sumber: Google.com

Manfaat Buah Maja | Nama asli dari buah maja adalah buah berenuk tapi karena masyarakat pada umumnya menyebutnya dengan nama buah maja, buah maja dapat dengan mudah kitatemukan di Daerah Mojokerto, maka tidak heran pohon maja telah digunakan sebagai maskot kota Mojokerto sejak zaman hindia Belanda dahulu, selain itu banyak sekali manfaat buah maja untuk kesehatan.

Buah Maja atau nama latinnya Aegle marmelos identik dengan sebuah kerajaan Majapahit yang pernah berjaya pada abad 12 sampai 15 masehi. Ciri khas yang dimiliki buah Maja adalah dagingnya berwarna putih dan kulitnya berwarna hijau muda. Hingga sekarang, buah yang memeiliki rasa manis ini masih banyak dijumpai di daerah Mojokerto, Jawa Timur.

Pohon maja mampu tumbuh di lahan kering maupun ekstrim pada musim kemarau, dapat pula tumbuh di lahan basah seperti rawa rawa. Manfaat tumbuhan maja ini sangat banyak sekali diantaranya yaitu sebagai obat kelainan urinogenital, pereda demam , antitoksik, menghilangkan pembengkakan, muntah, luka teriris, maag, beri beri, diabetes mellitus, diare dan disentri.

Apa Itu Buah Maja

Buah maja merupakan tanaman yang berasal dari suku jeruk jerukan atau rutacuae, tanaman maja menyebar dari dataran rendah hingga ke dataran tinggi dengan ketinggian 500 meter dpl. Tumbuhan maja dapat kita temukan dinegara asia Selatan dan Asia Tengggara antara lain Bangladesh, Burma, India, Malaysia, Pakistan, Srilanka, Thailand dan termasuk di Indonesia.

Pohon maja mampu tumbuh dilahan kering maupun rawa rawa. Tumbuhan maja biasanya di budidayakan dipekarangan rumah tanpa perlu perawatan yang berlebih. Dalam ilmu pengobatan tradisional di negara India dikeanl dengan Ayur vedic, dimana buah maja dipakai sebagai obat penurun demam dan juga untuk mengobati gangguan pencernaan.

Karena buah maja memiliki tempurung yang lebih keras, bahkan dua kali lebih keras dibandingkan dengan tempurung kelapa, membuat buah maja banyak dipakai sebagai peralatan rumah tangga, seperti tempat penyimpanan biji bijin dan gayung air.

Ciri Ciri Tanaman Maja

a. Ciri Ciri Batang Maja

Batang tanaman maja merupakan batang berkayu, berbentuk bilat bercabang, terdpaat duri dan warnanya putih kekuningan, dan coklat kotor, terkadang antara batang saling melintir satu sama lain.

b. Ciri Ciri Daun Maja

Pohon Maja adalah pohon pendek yang tumbuh lurus ke atas. Dahan pohonnya terdapat banyak duri yang tumbuh di ketiak daun dengan panjang 2 hingga 3 cm.

Daun maja memiliki ciri berseling dan beranak masing masing tiga. Daun bertangkai panjang dan beringgit mempunyai titik tembus cahaya. Pohon maja mampu tumbuh tinggi hingga 20 meter dengan tajuknya tumbuh menjulang keatas, serta kayu tanaman maja sangat keras.

c. Ciri Ciri Bunga Maja

Ciri bunga maja yakni bentuk bunganya adalah tandan keluar dari ketiak daun, bergerombol dan kelopak bunga berbentuk segi tiga, berwarna kehijau hijauan hingga putih, baunya wangi. Terdapat 4 sampai 7 bunga yang bergerombol sepanjang cabang muda.

d. Ciri Ciri Buah Maja

Buah maja memiliki ciri sebagai berikut, bentuknya seperti buah pir, warnanya kuning kelabu, Buah buni agak bulat dan berdiameter 5 hingga 12,5. Berbentuk bulat panjang, kulit sangat keras dengan lubang.

Lubang tersebut berisi minyak, banyak mengandung pelengket, dan tembus cahaya juga telah keras. Pada setiap buah terdapat 6 hingga 10 biji yang berada didalam daging buah yang jernih.

Nama Daerah dan Asing Buah Maja

Buah maja biasa juga disebut buah gayung atau buah mojo, tapi di daerah Bali buah maja dikenal dengan nama bila, orang jawa menyebut buah maja dengan maos, didaerah Madura dikenal dengan bola peak, Sumba dikenal Wabila serta di Timor dikenal dengan Dilak.

Klasifikasi dan Taksonomi Tanaman Maja

Dikutip dari badan POM RI, 2008 pohon maja memiliki taksonomi sebagai berikut:

  • Kingdom : Plantae
  • Divisio : Spermatophyta
  • Class : Dicotyledoneae
  • Ordo : Sapindales
  • Family : Rutaceae
  • Genus : Aegle
  • Species : Aegle marmelos (L.) Correa

Kandungan Senyawa Buah Maja

Dalam buah maja terkandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti:

  • marmelosin
  • minyak atsiri
  • pektin
  • saponin
  • triterpenoid
  • Steroid
  • alkaloid
  • glikosida
  • protein
  • serat
  • lemak
  • kalsium
  • zat besi
  • mineral
  • tanin
  • minyak atsiri
  • fenolik
  • inulin
  • furocoumarins psoralen
  • vitamin A
  • vitamin B1
  • vitamin C
  • Riboflavin.

Manfaat Maja Menurut Beberapa Penelitian

1. Agromedia 2008

Menurut penelitian Agromedia tahun 2008, menunjukkan manfaat maja terutama bagian buahnya yakni dapat digunakan sebagai obat obat disentri, diare, penyakit jantung, hipokondria atau muram, melancholia atau murung, sakit usus, koreng,
kudis dan bisul.

2. Hariana 2008

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Hariana mengenai manfaat maja sangatlah kompleks, mulai dari manfaat akar maja untuk mengobati demam. Kulit batang dan akar maja untuk obat nyeri jantung, stomakikum, dan sedatif.

Sedangkan khasiat daun maja menurut penelitian tersebut dapat mengobati borok, kudis, eksim, bisul, abortif, demam, dan radang selaput lendir hidung. Manfaat buah maja dalam penelitian yang dilakukan Hariana adalah mampu mengobati disentri dan diare sedangkan kulit buahnya untuk pewangi.

3. Widyaningrum 2011

Penelitian Widyaningrum 2011 dalam Salempa 2014, mengungkapkan bahwa secara tradisional maja biasanya digunakan sebagai obat untuk mengobati luka, gatal, demam, diare, dan hipokondria.

Manfaat Buah Maja Untuk Kesehatan

Khasiat buah maja atau juga disebut dengan buah berenuk sangatlah banyak, diantaranya:

1. Meringankan Diabetes

Semakin hari, semakin meningkat jumlah penderita diabtes mellitus, peningkatan tersebut terus terjadi setiap tahunnya serta biaya pengobatan diabetes mellitus yang mahal terutama apabila disertai dengan komplikasi klinis, hal tersebut mendorong banyak orang untuk mencoba obat tradisional yang dapat dipakai sebagai alternatif pengobatan.

Salah satu pengobatan tradisional menggunakan bahan herbal adalah buah maja, manfaat buah maja sebagai antidiabetes disebabkan karena adanya aktivitas hipoglikemik. Telah banyak penelitian yang membuktikan khasiat buah maja sebagai obat diabetes, seperti:

  1. Penelitian yang dilakukan oleh kamalakkannan dan Prince 2003, dimana Ekstrak air buah maja dosis 250 mg/Kg pada tikus galur Wistar lebih efektif daripada glibenklamid sebagai obat hipoglikemik.
  2. Penelitian yang dilakukan oleh Kasari dkk 2006, meenunjukkan ekstrak air biji tanaman maja dapat menurunkan kadar glukosa darah pada tikus diabetes menggunakan uji toleransi glukosa pada dosis 250 mg/kgBB setelah 6 jam pemberian.
  3. Menurut Anggraeni 2006, Astringen dapat mengendapkan protein selaput lendir di permukaan usus halus dan membentuk suatu lapisan yang melindungi usus, sehingga menghambat penyerapan glukosa dan laju peningkatan glukosa darah tidak terlalu tinggi, oleh karena itu kadar glukosa darah menurun.

2. Membantu Mencegah DBD

DBD endemik hampir ada di lebih dari 100 negara serta mengancam kesehatan lebih darai 2,5 juta orang didunia. DBD atau demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan
oleh virus dengue dengan empat serotipenya yaitu DEN-1, DEN-2, DEN- 3, DEN-4, penyebab utamanya adalah nyamuk aedes aegypti.

Nyamuk Aedes aegypti berkembang biak dengan baik di air yang menggenang, dapat dengan mudah kita temui di wadah penampungan air bersih yang ada di dalam rumah seperti bak
mandi, vas bunga, bak bak penampung air.

Untuk mencegah DBD tersebut, basmi larva nyamuk aedes aegypti dengan cara mencegah air menggenang atau bisa juga memberi cairan larvasida pembunuh arva nyamuk tersebut, salah satu larvasida yang dapat anda gunakan adalah daun maja.

Manfaat daun maja sebagai larvasida telah dibuktikan melalui penelitian Sari dan Susilowati 2019, dimana tanaman maja terutama daun maja merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan sebagai larvasida alami menggantikan abate.

3. Bersifat Sebagai Antibakteri

Selama ini pencegahan terhadap serangan bakteri pada tubuh manusia pada umumnya dilakukan dengan pemberian antibiotik dari bahan kimia. Akan tetapi, penggunaan antibiotik ternyata dapat menimbulkan efek samping bagi manusia. Salah satu senyawa yang berperan dalam hal ini adalah saponin.

Manfaat buah maja dan daunnya sebagai antibakteri telah dibuktikan melalui penelitian Rinawati, dimana ekstrak daun segar dan kering, kulit batang segar dan kering, serta buah segar majapahit memiliki daya antibakteri terhadap bakteri Vibrio alginolyticus.

Selain itu penelitian oleh Nurhayati 2008, melakukan uji antibakteri menggunakan ekstrak basah buah Majapahit dengan metode dilusi dan hasil uji aktivitas terhadap bakteri Shigella dysenteriae dan Escherichia coli mampu membunuh pada konsentrasi 100%.

4. Mengandung Senyawa Antioksidan

Selain sifatnya sebagai antibakteri, ternyata buah maja juga bersifat sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas penyebab berbagai penyakit mematikan seperti kanker, manfaat buah maja sebagai antioksidan tersebut tidak terlepas dari beberapa kandungan senyawa didalamnya seperti tanin, saponin serta vitamin C.

Khasiat buah maja tersebut telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan Surayya 2018, dimana nilai IC50 aktivitas antioksidan produk minuman kesehatan buah maja yang direbus sebesar 78,361 µg/mL dikatakan kuat karena nilai IC50 50 hingga 100 µg/mL dan nilai IC50 pada produk minuman kesehatan buah maja yang tanpa direbus sebesar 0,107 µg/mL dikatakan sangat kuat karena nilai IC50 = 50 µg/mL.

5. Mengatasi Diare

Selain kandungan dari buah maja yang telah kami sebutkan diatas, didalam buah maja juga mengandung serat yang sangat tinggi, maka dari itulah ada manfaat buah maja untuk meredakan diare.

Tidak perlu mengolah buah maja untuk mengatasi diare, cukup hanya dengan memakannya secara langsung atau bisa dijadikan sebagai jus buah maja.

6. Membantu Meningkatkan Konsentrasi

Khasiat buah maja selain dapat mengatasi diare, juga dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi seseorang, cara mengolah buah maja untuk mengatasi masalah yang satu ini cukup mudah. Simak cara berikut ini

Pertama siapkan buah maja yang telah matang, lalu campurkan dengan gula pasir dan mentega tawar, setelah itu konsumsi sehari hari untuk memperoleh manfaatnya.

7. Mengobati Darah Tinggi

Selain buah maja, ternyata juga ada manfaat daun maja bagi kesehatan, seprti ampuh untuk mengobati penyakit darah tingi, cara mengolahnya pun cukup mudah, tinggal siapkan beberapa lembar duan maja dan tumbuk terlebih dahulu.

Jika sudah halus, tambahkan madu lalu buatlah menjadi jus daun maja. Bila sudah, saring terlebih dahulu dan untuk mendapatkan hasil maksimal, minumlah pada pagi hari. Darah tinggi akan segera sembuh dan jus buah maja tersebut tidak memeiliki efek samping.

8. Meringankan Asma

Selain buahnya, bagian lain dari tanaman maja yang berguna bagi kesehatan yakni pada bagian daunnya, dimana daun maja bermanfaat untuk mengobati asma, namun untuk mengatasi penyakit yang satu ini, daun maja harus dikeringkan terlebih dahulu.

Cara mengolah daun maja untuk mengatasi asma adalah dengan menyiapkan 5 gram daun maja yang telah dikeringkan terlebih dahulu,setelah itu tambahkan madu sebanyak satu sendok teh, untuk mendapatkan hasil maksimal, minum campuran tersebut sebanyak dua kali sehari.

Manfaat Buah Maja Untuk Kecantikan

Setelah membahas khasiat buah maja bagi kesehatan, selanjutnya ada khasiat maja bagi kecantikan, diantaranya:

1. Mengatasi Bisul

Pengertian Bisul adalah infeksi kulit yang terjadi di daerah folikel rambut, kelenjar sebasea, atau kelenjar keringat. Penanganan bisul di era modern saat ini yang banyak digunakan adalah pengobatana dengan memanfaatkan obat obatan sintetik atau buatan.

Seperti kita ketahui bahwa dalam proses pemanfaatan obat sinteis untuk mengatasi bisul jangka panjang akan berdampak pada resistensi terhadap antibiotik sintetik yang digunakan, di samping itu untuk memperloleh obat sintetik terbatas dan kalaupun ada dengan harga jual yang tinggi.

Nah selain obat sintetik, anda juga dapat memanfaatkan buah atau daun maja, karena daun dan buah maja mampu menghambat bahkan membunuh pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus penyebab bisul, hal senada diungkap dalam penelitian Maitimu 2018, dimana ekstrak daun maja memiliki kemampuan aktivitas antibakteri terhadap bakteri Staphylococcus aureus.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Luka merupakan suatu keadaan dimana jaringan luar tubuh mengalami kerusakan, atau bisa juga disebut gangguan pada kulit atau mukosa yang disebabkan karena kerusakan fisik atau perubahan suhu. Kulit serta jaringan bagian dalam yang rusak akan terbentuk infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Dalam daun maja terkandung beberapa senyawa yang dapat bersifat sebagai antibakteri, maka dari itu ada manfaat daun maja untuk mempercepat penyembuhan luka terutama karena infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Baca Juga : Manfaat daun sintrong

Efek Samping Buah Maja

Untuk sepengetahuan kami, belum ada penelitian yang menunjukkan efek samping buah maja, namun alangkah baiknya, kita tetap berhati hati dalam mengonsumsi buah maja, jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi buah yang satu ini.

Nah itulah beberapa manfaat buah maja untuk kesehatan, buah yang banyak ditemukan didaerah Jawa Timur tersebut memang cukup banyak khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Jangan lupa, simak beberapa artikel lainnya pada blog ini, seperti manfaat bunga kenanga

Tinggalkan komentar