12 Manfaat Buah Mentimun Untuk Kesehatan Serta Efek Sampingnya

Manfaat Buah Mentimun
Gambar Buah Mentimun (Cucumis sativus) – Sumber: Google.com

Manfaat Buah Mentimun | Seperti yang telah kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara agraris yang sangat kaya akan tanaman obat serta pangan. Tanaman tersebut tersebar dari Sabang sampai Merauke terdapat bermacam macam jenis tanaman yang khas dari daerah masing masing. Ada sayuran serta buah buahan yang baik bagi kesehatan, terutama sayuran yang serta buah yang warnanya hijau.

Buah serta sayur hijau memiliki kandungan vitamin yang cukup kompleks, kaya akan serat yang baik bagi kesehatan bila dikonsumsi secara rutin dan teratur. Salah satu buah buahan tersebut adalah mentimun. Mentimun sendiri umumnya hanya dimanfaatkan sebagai sejenis lalapan saja, namun sebenarnya ada banyak sekali manfaat buah mentimun yang akan kami ulas dalam kesempatan kali ini.

Apa Itu Tanaman Mentimun

Mentimun memiliki nama ilmiah Cucumis Sativus L merupakan salah satu sayuran buah yang banyak dikonsumsi segar oleh masyarakat Indonesia. Sebagai bahan pangan, buah timun mengandung zat-zat gizi yang cukup lengkap.

Tumbuhan mentimun dapat dapat tumbuh pada ketinggian 0 hingga 1000 meter diatas permukaan laut. Buah mentimun rendah kalori, kaya akan air, dan merupakan sumber vitamin C dengan kandungan yang cukup tinggi, juga mengandung flavonoid.

Ciri Ciri Tanaman Serta Buah Mentimun

Dikutip dari Imdad dan Nawangsih, 2001. Tanaman mentimun memiliki ciri ciri sebagai berikut. Buah mentimun sendiri menggantung dan dapat berbentuk bulat, kotak, lonjong ataupun memanjang dengan ukuran yang berbeda beda.

Warna kulit buah juga beragam dari hijau pucat hingga hijau sangat gelap dan agak tebal, daging bagian dalam berwarna putih hingga putih kekuningan. Biji matang berbentuk pipih dan berwarna putih.

Batang mentimun berupa batang lunak dan berair, berbentuk pipih, berambut halus, berbuku-buku, dan berwarna hijau segar. Diameter dari batang mentimun berkisar antara 10 hingga 15 mm

Klasifikasi Mentimun

Tanaman mentimun atau nama latinnya Cucumis Sativus L diklasifikasikan sebagai berikut.

  • Divisi: Spermatophyta
  • Subdivisio: Angiospermae
  • Kelas: Dicotyledonae
  • Ordo: Cucurbitales
  • Famili: Cucurbitaceae
  • Genus: Cucumis
  • Spesies: Cucumis sativus L.

Kandungan Buah Mentimun

Dalam buah mentimun terkandung beberapa vitamin serta kandungan lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya. protein, lemak, karbohidrat sebanyak, kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, niasin, karoten, asetilkolin, serat, saponin, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C.

Dikutip dari Rukmana (1994), setiap 100 gram buah mentimun terkandung.

  • Energi (kalori) 120,00 cal
  • Protein 0,60 gr
  • Lemak 0,20 gr
  • Karbohidrat 2,40 gr
  • Serat 0,50 gr
  • Abu 0,40 gr
  • Kalsium 19,00 gr
  • Fosfor 12,00 gr
  • Kalium 122,00 mg
  • Zat Besi 0,40 mg
  • Natrium 5,00 mg
  • Vitamin A 0 S.I
  • Vitamin B1 0,02 mg
  • Vitamin B2 0,02 mg
  • Niacin 0,10 mg
  • Vitamin C 0,10 mg.

Manfaat Buah Mentimun Untuk kesehatan

1. Mengatasi Hipertensi

Walaupun hipertensi bukan termasuk pembunuh sejati.Tetapi penyakit ini digolongkan sebagai the silent killer atau pembunuh diam diam.Hipertensi merupakan penyakit yang mendapat perhatian dari semua kalangan masyarakat, mengingat dampak yang ditimbulkannya baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi sendiri terjadi ketika tekanan darah berada diatas ambang normanl yakni tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg. Untuk mengatasi tekanan darah tinggi tersebut anda dapat memanfaatkan buah mentimun, karena manfaat mentimun untuk hipertensi telah terbukti secara ilmiah.

Hal tersebut juga disebabkan karena kandungan kalium didalamnya dapat menghambat penurunan pembuangan aldosteron, sehingga terjadi penurunan reabsorpsi natrium dan air di tubulus ginjal, maka dari itu terjadi peningkatan diuresis yang menyebabkan berkurangnya volume darah, sehingga tekanan darah pun menjadi turun (Tjiptaningrum dkk, 2016).

Hal senada juga diungkapkan dalam penelitian Fauziah 2010. bahwa setelah mengkonsumsi jus mentimu dilakukan selama tujuh hari, dengan mengkonsumsi dua kali sehari, oleh pasien rawat jalan penderita hipertenis, tekanan darahnya dapat menurun.

2. Antioksidan Pencegah Radikal Bebas

Manfaat buah mentimun yang selanjutnya adalah dapat menangkal radikal bebas, karena sifatnya sebagai antioksidan yang berasal dari vitamin C serta Flavonoid didalamnya.

Selain vitamin C serta falvonoid ditemukan senyawa lain seperti Quertecin, apigenin, luteolin, kaempferol serta beta karoten yang berguna sebagai antioksidan.

Kedua kandungan tersebut mempunyai efek sebagai antioksidan yang dapat memutus reaksi radikal bebas yang sangat reaktif dan dapat menciptakan bentuk radikal bebas yang baru, salah satunya adalah asap rokok yang mampu merusak pembran sel.

Dikutip dari Kuncoro puguh Santoso, 2018. Kerusakan membran sel ditandai dengan meningkatnya kadar MDA. Penurunan kadar MDA ini diduga karena zat beta karoten yang terkandung di dalam buah mentimun. Beta karoten telah diketahui dapat berperan sebagai chain breaking antioxidant yang dapat memutus rantai terdapat terbentuknya oksidan di dalam sel.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat buah mentimun dapat juga digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Anda dapat mengambil manfaat mentimun tersebut dengan mengolahnya menjadi jus mentimun.

Dalam jus mentimun terkandung senyawa kalium yang juga dapat kita temukan pada buah pisang, juga serat serta magnesium yang baik bila dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi. Dimana keseimbangan kalium diluar maupun didalam selsel tubuh sangatlah penting, yakni supaya tekanan darah dalam tubuh terkontrol dengan baik.

Penjelasan secara ilmiah, dimana kalium merupakan ion yang memiliki muatan positif yang harus dijaaga dalam jumlah atau konsentrasi tertentu, dalam rangka menjalankan fungsi kalium. Hal tersebut meliputi interaksi elektrolit terhadapa sodium, supaya membantu perpindahan implus kontrol saraf, fungsi jantung serta konstraksi otot.

4. Menjaga Kesehatan Gusi Serta Gigi

Tahukah anda, bahwa dengan mengunyah mentimun secara rutin dapat merangsang produksi air liur lebih banyak, sehingga mengurangi asam pada ronga mulut yang berakibat mudahnya bakteri untuk tumbuh pada gusi serta gigi.

Selain penyakit gusi yang disebabkan oleh bakteri, ada penyakit gusi lain yang dapat diobati dengan buah mentimun, karena juga ada manfaat buah mentimun untuk mengatasi penyakit gusi seprti pyorrea.

5. Mengobati Gejala Asam Urat

Manfaat mentimun yang selanjutnya dapat digunakan untuk menyembuhkan gejala yang disebabkan oleh asam urat. Dimana dalam buah mentimun terkandung vitamin A dan B, kalium, magnesium serta folat,

Caranya campur mentimun dan wortel secukupnya, kemudian blender untuk dibuat menjadi jus, selanjutnya minum jus tersebut untuk mengurangi serta meredakan asam urat serta nyeri astritis.

6. Anti Peradangan

Selain dapat mengobati gejala asam urat, buah mentimun juga berkhasiat untuk mengatasi nyeri dan peradangan.

Dengan mengkonsumsi buah timun secara rutin, dipercaya dapat menurunkan rasa nyeri akibat peradangan, caranya dengan dibuat jus dengan mencampur sirup maupun buah buahan lainnya, atau bisa dengan cara mengkonsumsinya secara langsung.

7. Menurunkan Kadar Gula Dalam Tubuh

Manfaat mentimun jika dioleh menjadi jus mentimun akan berkhasia bak bagi penderita diabetes atau kelebihan kadar gula dalam tubuh.

Diketahui dalam mentimun terkandung sel sel pankreas untuk memproduksi hormon insulin, dimana insulin bertugas yang akan merubah gula menjadi energi, dan menyerap gula dalam tubuh.

8. Mampu Bertindak Sebagai Diuretik

Dalam buah mentimun terkandungn cucurbitin, dimana cucurbitin tesebut mampu bertindak sebagai diuretik.

Diuretic mendorong pengeluaran limbah dari tubuh lewat buang air kecil. Dengan mengkonsumsi buah mentimun secara rutin, teratur, serta tidak berlebihan dapaat membantu tubuh untuk melarutkan batu ginjal serta kandung kemih.

9. Mampu Mencegah Sembelit

Kadang aktivitas sehari hari yang kita lakukan, terasa tidak nyaman bila sedang sembelit atau susah buang air besar. Untuk mengatasi masalah tersebut, cobalah mengkonsumsi buah mentimun.

Dalam buah mentimun terkandung air yang cukup banyak, serta serat yang tidak larut pada bagian kulit buah mentimun.

10. Mampu Merangsang Pertumbuhan Rambut

Dalam buah mentimun terkandung silikon serta sulfur, dimana kedua senyawa tersebut dapat membantu agar pertumbuhan rambut dapat meningkat.

Dengan mengkonsumsi buah mentimun secaa teratur, dapat mempercepat pertumbuhan rambut agar tetap sehat. Cukup dengan mencampurkan mentimun, wortel, selada serta bayam, lalu dibuat jus dan diminum secara rutin.

Manfaat Buah Mentimun Untuk Kecantikan

1. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa buah mentimun jumlah kalorinya rendah, yang mirip dengan buah apel. Misal dengan membuat camilan yang isinya satu cangkir mentimun hanya terkandung sekitar 16 kalori.

Selain itu serat larut yang terkandung didalamnya memiliki tekstur mirip gel dalam usus kita, yang mampu membantu kita supaya pencernaan sedikit terlambat, maka efeknya kita akan terasa kenyang lebih lama. Maka dari itulah alasan mengapa makanan kaya serat dapat mengontrol berat badan, salah satunya mentimun tadi.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat timun untuk wajah biasanya digunakan untuk mengatasi jerawat yang sering muncul. Caranya dengan mengolah mentimun menjadi masker mentimun.

Khasiat buah mentimun untuk wajah disebabkan karena kandungan vitamin B5 didalmnya, vitamin B5 tersebut umumnya dipakai untuk membasmi jerawat.

Efek Samping Mentimun

Meskipun ada banyak sekali manfaat mentimun, namun bila buah tersebut jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan bahaya timun bagi kesehatan tubuh, seperti.

1. Menyebabkan Cairan Tubuh Hilang Secara Berlebihan

Tahukah anda bahwa biji dari buah mentimun memliki efek diuretik, dimana efek diuretik tersebut ringan, namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan efek samping mentimun yang tidak baik bagi kesehatan.

Dalam biji mentimun terkandung senyawa cucurbitin yang memiliki sifat diuretik bawaan. Ketika mengkonsumsi biji mentimun dalam jumlah banyak, maka bahan diuretik tersebut menciptakan pengeluaran cairan dalam tubuh yang berlebihan.

Seperti yang telah anda ketahui, bahwa jika seseorang kehilangan cairan berlebihan maka keseimbangan elektroli terhambat, dan menyebabkan dehidrasi.

2. Membuat Perut Menjadi Kembung

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa mentimun terkandung senyawa cucurbitin, yang memiliki efek diuretik, jika dikonsumsi berlebihan selain menyebabkan dehidrasi, juga dpaat memicu gangguan pencernaan, terutama bagi mereka yang perutnya sensitif.

Gangguan pencernaan tersebut biasanya berupa perut kembung yang tentunya membuat kita menjadi tidak nyaman. Perut kembung disebabkan karena gas dalam tubuh berproduksi secara berlebihan.

3. Kelebihan Vitamin C

Efek samping mentimun yang selanjutnya yakni dapat menyebabkan kelebihan vitamin C. Vitamin C sendiri dikenal sebagai zat pentign dalam menjaga kesehatan tubuh.

Akan tetapi bila kita mengkonsumsi mentimun secara berlebihan, dimana mentimun memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, akan menyebabkan kelebihan atau overdosis vitamin C.

Efek samping yang ditimbulkan jika mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan adalah dapat memicu radikal bebas menyebar dalma tubuh.

4. Tidak Baik Bagi Kesehatan Jantung

Bahaya timun selain dapat menimulkan dehidrasi, juga dapat mengganggu kesehatan jantung. Dimana dalam mentimun terkandung 90 persen air, jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan dapat menyababkan asupan air berlebihan.

Asupan air yang berlebihan mengakibatkan volume darah meningkat, sehingga tekanan pembuluh darah serta jantung meningkat, yang berakibat pembuluh darah mengalami kerusakan.

Selain efek samping mentimun diatas, jika kita mengkonsumsi mentimun berlebihan akan meningkatkan kadar air dalam tubuh, sehingga kadar elektrolit dalam darah menjadi tidak seimbang. Akhirnya menyebabkan sakit kepala.

Baca Juga : Manfaat buah parijoto

Siapa sangka, buah yang biasanya kita manfaatkan sebagai lalapan, memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan. Untuk itulah sering sering mengkonsumsi buah dan kurangi makanan yang mengandung kolestrol serta gula.

Banyak sekali buah buahan yang kita konsumsi sehari hari, tidak kita sadari bahwa buah tersebut memiliki khasiat, seperti manfaat buah mentimun tersebut bagi kesehatan serta wajah. Namun perlu juga di perhatikan dalam mengkonsumsinya, karena bila berlebihan akan menimbulkan bahaya serta efek samping mentimun yang telah kami sebutkan diatas.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk menyimak berbagai artikel lainnya seperti manfaat buah pinang

Tinggalkan komentar