15 Manfaat Buah Parijoto Untuk Kesehatan, Kesuburan dan Kehamilan

Manfaat Buah Parijoto
Gambar Buah Parijoto – Sumber: Google.com

Manfaat Buah Parijoto | Seperti yang telah kita ketahui, bahwa negara kita Indonesia ini merupakan nergara tropis yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi. Banyak dari tanaman tersebut yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mencukupi berbagai kebutuhan hidupnya, salah satunya untuk bidang kesehatan.

Dalam bidang kesehatan, tanaman yang biasanya dimanfaatkan adalah tanaman parijoto, karena ada manfaat buah parijoto untuk kesehatan. Tanaman parijoto tumbuh di lereng-lereng gunung. Tanaman parijoto yang unggul dihasilkan di kabupaten Kudus, terutama dilereng gunung Muria Oleh masyarakat setempat, buah Parijoto digunakan secara turun temurun untuk terapi kesuburan bagi pasangan suami istri yang menginginkan keturunan.

Dikutip dari penelitian Wibowo dkk, 2012. Masyarakat sekitar lereng pegunungan Muria percaya bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi buah parijoto ini anak yang dilahirkan akan terlihat cakap jika laki-laki dan cantik jika perempuan. Selain itu Karena keindahan buahnya, sekarang ini tanaman parijoto sudah dibudidayakan sebagai tanaman hias.

Apa Itu Tanaman Parijoto

Parijoto atau nama latinnya Medinilla speciosa Blume merupakan tanaman perdu khas, daunnya melengkung, tunggal, dan bersilang berhadapan, buah tanaman parijoto berwarna merah muda keunguan dan rasanya asam dan sepat.

Secara tradisional, buah parijoto biasa digunakan sebagai obat sariawan sedangkan daunnya dapat digunakan sebagai obat antiradang. dikutip dari Wibowo dkk, 2012. Parijoto dapat tumbuh subur di lereng gunung pada ketinggian 800 hingga 2.300 meter diatas permukaan laut.

Tumbuh baik pada tanah yang berhumus tinggi dan lembab. Tanaman ini banyak terdapat di lereng Pegunungan Muria, Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Kadang dibudidayakan sebagai tanaman hias.

Ciri Ciri Tanaman Parijoto

Tanaman yang memiliki nama latin Medinilla speciosa Blume, merupakan tanaman perdu dengan tinggi 1 hingga 2 meter. Batang dari tanaman tersebut berbentuk bulat, kulit mempunyai lapisan gabus bila sudah tua, bergerigi, kasar, dan warnanya putih kecoklatan.

Dikutip dari Lukluatun Niswah, 2014, daun dari tanaman parijoto berupa daun tunggal, bersilang berhadapan, tangkai pendek, bulat, lunak, warna ungu kemerahan, helai daun berbentuk lonjong, pangkal dan ujung daun runcing, tepi rata

Panjang daunnya sekitar 10 hingga 20cm, dengan lebar 5 sampai 15cm, pertulangan dari daunnyas melengkung, serta permukaan atas licin, berwarna hijau, permukaan bawah kasar, dan warnanya hijau kelabu.

Bunganya sendiri merupakan bunga majemuk, terletak di ketiak daun, bunga sempurna, kelopak bunga terdiri 5 helai, ujung runcing, pangkal berlekatan, panjang 3 hingga 8 mm, benang sari 2 kali lipat jumlah mahkota, kepala sari berupa kuncup membengkok.

Kepala putik duduk di atas bakal buah, biji berbentuk bulat, ukurannya kecil, berjumlah banyak, berwarna putih; akar berupa akar serabut, berwarna putih kotor.

Klasifikasi Tanaman Parijoto

Tanaman parijoto menurut GBIF, 2013 memiliki klasifikasi sebagai berikut.

  • Kingdom : Plantae
  • Filum : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Myrtales
  • Famili : Melastomataceae
  • Genus : Medinilla
  • Spesies : Medinilla speciosa Blume.

Kandungan Senyawa

Dalam buah parijoto terkandung berbagai senyawa yang baik bagi kesehatan, senyawa tersebut diantaranya tanin, flavonoid, fenol, saponin, terpenoid, nobotatil, polifenol, alkaloid, kardenolin, vitamin C dan glikosida.

Manfaat Buah Parijoto

Tanaman Parijoto atau nama latinnya Medinilla speciosa, merupakan tanaman tropis yang dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Buah ini mengandung banyak senyawa bioaktif. Manfaat tersebut diantaranya.

1. Kaya Akan Antioksidan

Manfaat buah parijoto yang pertama adalah, Parijoto terbukti mengandung senyawa fenol dan memiliki aktivitas antioksidan.

Hal tersebut telah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Ameliawati, 2018. Dalam penelitian tersebut Kandungan ekstrak kasar buah parijoto mencapai 408 mg GAE/g. Ketika berumur 3 bulah setelah penyerbukan memiliki kandungan fenol mencapai 266,79 mg GAE/g.

Selain itu menurut Wachidah, 2013. Didalam penelitiannya membuktikan aktivitas antioksidan ekstrak kasar ditunjukkan dengan nilai IC50 48,24 µg/ml. Sedangkan ketika buah matang berumur 3 bulan nilai IC50 mencapai 30,51 µg/ml. Kadar flavonoid yang tinggi dalam buah parijoto juga menyebabkan tingginya aktivitas antioksidan buah tersebut

2. Anti Bakteri

Buah parijoto mampu membasmi berbagai bakteri yang merugikan bagi kesehatan kita, salah satunya bakteri E. coli dan S. aureus. Dimana kandungan Flavonoid menyebabkan denaturasi protein dinding sel sehingga mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri.

Menurut Anyasor dkk, 201, menyatakan bahwa aktivitas antibakteri dari ekstrak tanaman kemungkinan disebabkan oleh adanya senyawa tanin dan flavonoid yang berikatan dengan dinding sel bakteri dan menghambat biosintesisnya.

Hal senada juga telah diungkapkan dari peneitian yang dilakukan oleh Lukluatun Niswah, 2014. Kesimpulannya ekstrak etil asetat buah parijoto mempunyai potensi aktivitas antibakteri tertinggi daripada ekstrak metanol dan n-heksana terhadap bakteri E. coli dan S. aureus.

Selain itu dalam daun parijoto juga terkandung etil asetat dan metanol daun parijoto. Dimana kedua senyawa tersebut memiliki aktivitas antibakteri terhadap Escherichia coli dan Staphylococcus aureus.

3. Mengobati Sakit Perut

Manfaat buah parijoto selain kaya antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini, juga bermanfaat untuk mengobati diare. Karena beberapa jenis tanaman dari genus Medinilla, salah satunya parijoto biasanya digunakan sebagai obat astringent.

Hal senada juga diungkapkan oleh Isaza dkk., 2004. Dimana Beberapa jenis tanaman anggota genus Medinilla juga digunakan sebagai obat astringent, sakit perut, diare, dan disentri di negara-negara tropis dan subtropis di Asia. Kemampuan tersebut dimiliki oleh sebagian besar tanaman dalam genus Medinilla karena kandungannya berupa nobotanin dan polifenol.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kelebihan kadar gula dalam darah atau diabetes, merupakan suatu kondisi dimana kadar gula dalam darah melebihi batas normal. Perlunya kita menerapkan pola hidup sehat dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung gula.

Selain menerapkan pola hidup sehat tersebut, anda juga dapat mengkonsumsi buah parijoto, karena ada khasiat dari parijoto untuk menurunkan kadar gula dalam darah, disebabkan karena kandungan etanolik dalam buah tersebut mampu mengurangi gula dalam darah.

5. Meningkatkan Kesuburan

Bila seorang terkena diabetes atau meningkatnya kadar gula dalam darah dalam jangka waktu yang lama dapat mempengaruhi fungsi seksual di antaranya merusak spermatogenesis dan fungsi afrodisiak. Singkatnya diabetes mampu mengurangi kesuburan seseorang.

Bagi anda pasangan suami istri yang belum dikaruniai keturuan, karena mengalami gangguan kesuburan, ada baiknya anda menggunakan buah parijoto, karena ada manfaat buah parijoto untuk program kehamilan, agar cepat hamil.

Parijoto adalah salah satu spesies dari keluarga Melastomataceae, merupakan salah satu tanaman khas dari Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Oleh masyarakat setempat, buah Parijoto digunakan secara turun temurun untuk terapi kesuburan bagi pasutri yang menginginkan keturunan, Rina Wijayanti dkk, 2018.

Dimana menurut penelitian yang dilakukan oleh Rina Wijayanti ddk, 2018, dalam penelitiannya terbukti bahwa Ekstrak Etanolik Buah Parijoto memiliki efektivitas penurunan kadar glukosa darah, efektivitas afrodisiak dan kualitas spermatozoa pada tikus jantan galur wistar model diabetes melitus kronik.

6. Pewarna Makanan Alami Yang Lebih Aman

Kebanyakan penggunaan pewarna makanan yang sekarang beredar merupakan pewarna makanan sintetik atau buatan, padahal jika kita menggunakan pewarna makanan alami itu jauh lebih baik, salah satu pewarna makanan alami tersebut adalah buah parijoto.

Dalam buah parijoto terkandung antosianin. Dimana Antosianin adalah kelompok pigmen yang berwarna merah sampai biru yang tersebar dalam tanaman.

Antosianin biasanya digunakan luas sebagai bahan pewarna pada makanan dengan harapan dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit penyakit seperti penyakit degeneratif yang mematikan, seperti kardiovaskuler, kolesterol dan kanker.

7. Mencegah Kanker Payudara

Mungkin sebagian dari anda telah mengetahui bahwa Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita wanita di seluruh dunia. Penyebab dari kanker tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal seperti makanan dan lingkungan.

Namun anda tak perlu khawatir, karena ada manfaat buah parijoto untuk mencegah kanker, karena didalamnya terkandung saponin. Dimana senyawa saponin tersebut memiliki aktivitas sebagai antitumor.

8. Mencegah Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang telah kami paparkan diatas, bahwa dalam buah parijoto terkandung berbagai senyawa yang berperan sebagai antioksidan.

Karena antioksidan didalamnya, yang lantas membuat adanya khasiat buah parijoto untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai penyakit.

Sistem kekbalan tubuh merupakan pertahanan terdepan melawan berbagai bakteri jahat, tentunya sistem kekebalan tubuh tersebut harus berada pada kondisi yang sehat, supaya berbagai mikroorganisme yang merugikan tubuh tidak mudah masuk dalam tubuh dan menginfeksi tubuh sehingga tubuh terserang berbagai penyakit.

9. Mencegah dan Mengobati Sariawan

Diketahui dalam buah parijoto selain terkandung antoksidan, juga kaya akan berbagai vitamin, salah satu vitamin tersebut adalah vitamin C.

Dari vitamin tersebutlah ada manfaat buah parijoto untuk mencegah sariawan. Dengan olahan obat kumur dari buah parijoto, maka sariawan akan segera sembuh, cara mengolah buah parijoto sebagai obat kumur sebagai berikut.

Siapkan buah parijoto secukupnya lalu bersihkan terlebih dahulu sebelum diolah. Jika sudah halsukan buah parioto, dan larutkan kedalam segelas air. Gunakan ampuran tersebut untuk kumur, sebaiknya dalam sehari 2 kali kumur hingga sariawan hilang.

10. Mengobati Sakit Perut

Umumnya bila kita terserang sakit perut, kebanyakan obat yang dipakai merupakan obat lautan oralit, tapi selain dengan larutan oralit juga bisa dengan parijot, dimana ada manfaat buah parijoto untuk mengobati diare.

Jika anda sedang diare, sebaiknya buat ramuan herbal alami yang terbuat dari buah parijoto, dengan cara mengolahnya sebagai berikut.

Siapkan buah serta daun parijoto sekitar kurang lebih 17 gram. Rebus buah tersebut dalam 500 ml air mendidih, waktu perebusan kurang lebih 20 menitan.

Jika langkah diatas sudah anda lakukan, angkat rebusan tadi kemudian saring terlebih dahulu. Minum rebusan buah parijoto tersebut saat telah mendingin, ukup dengan meminumnya secara rutin dua kali sehari, maka diare akan segera sembuh.

11. Sumber Energi Yang Tinggi

Jika seorang ibu sedang hamil, maka harus menjaga sistem kekebalan tubuh, agar terhindar dari resiko terserang berbagai penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan sang ibu. Selain mengkonsumsi makanan yang penuh dengan asam fola untuk memenuhi kebutuhan akan asam folat, juga membutuhkan energi supaya dapat melakukan kegiata sehari harinya.

Nah, maka dari itu ada manfaat buah parijoto sebagai sumber energi yang baik serta aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan mengkonsumsi buah tersebut, maka bagi ibu hamil, masalah yang berkaitan dengan rasa lelah dan kurang berenergi akan segera teratasi.

12. Mengurangi Resiko Keguguran

Selain manfaat buah parijoto untuk kesuburan, ada manfaat lain dari buah parijoto untuk kehamilan. Pada terimester pertama merupakan waktu kehamilan yang rentan akan keguguran, karena janin didalmanya masih sangat lemah.

Untuk mengatasinya, sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Dimana antioksidan tersebut dapat menangkala racun dan radikal bebas yang dapat membahayakan sang bayi.

13. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Kandungan vitamin C dalam buah parijoto selain bermanfaat untuk mengatasi sariawan, juga bermanfaat dan efektif untuk mengurangi dan mencegah penyakit jantung yang mematikan.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakti yang mematikan, maka kita haru mencegahnya sedini mungkin. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah parijoto, kareana khasiat buah parijoto baik untuk menjaga kesehatan organ jantung.

Manfaat Buah Parijoto Untuk Kecantikan

1. Dapat Diolah Menjadi Tabir Surya

Nah selain digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit, ternyata buah parijoto juga bermanfaat untuk kecantikan, salah satunya dibuat menjadi tabir surya.

Tabir surya sendiri merupakan salah satu kosmetik yang dipakai untuk mencegah serta mengurangi dampak dari paparan sinar matahari, dimana didalamnya terkandung zat aktif untuk menyerap serta menyebarkan gelombang ultravioler dan inframerah dari sinar matahari.

Krim tabir surya yang berasal dari buah parijoto telah memenuhi sifat fisik krim yang baik. Hasil uji nilai SPF in vitro krim ekstrak buah Medinilla cream tabir surya adalah 6,66%. Hal tersebut dikategorikan sebagai perlindungan ekstra. Elsa Tamara Geraldine dkk, 2018.

2. Membuat Wajah Bayi Cantik Dan Tampan

Menurut mitos yang beredar dikalangan masyarakat Kudus, khususnya di pegunungan Muria[, bahwa saat ibu sedang mengandung dan mengkonsumsi buah parijoto, maka kelak akan melahirkan keturunan yang cantik atau tampan rupawan.

Namun berlum ada bukti ilmiah maupun medis yang mendukung terkait dengan manfaat buah parijoto mengenai fisik yang rupawan.

Baca Juga : Manfaat tanaman pinang

Segudang manfaat tanaman parijoto tersebut memang tidak diragukan lagi, kecuali pada bagian yang membuat wajah bayi menjadi rupawan, karena belum terbukti secara ilmiah.

Manfaat buah parijoto cukup banyak, salah satunya untuk menjaga kesuburan wanita. Untuk itu sering seringlah menggunakan obat herbal alami, karena selain mudah ditemukan disekitar kita, juga minim akan efek samping yang ditimbulkan.

Jangan lupa simak berbagai artikel lainnya pada blog ini, seperti manfaat akar kuning

Tinggalkan komentar