Sedikit Yang Mengetahui, 20 Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Kenanga
Gambar bunga kenanga (Cananga odorata (Lamk.) – Sumber : Google.com

Manfaat Bunga kenanga | Negara Indonesia merupakan negara yang termasuk beriklim tropis kaya akan beraneka ragam flora, berbagai jenis tanaman yang mempunyai banyak manfaat dapat tumbuh dengan mudah, salah satu diantaranya adalah tanaman yang dapat menghasilkan minyak atsiri. Tanaman kenanga merupakan salah satu jenis tanaman penghasil minyak atsiri.  Maka dari itu ada banyak manfaat bunga kenanga bagi kesehatan karena kandungan minyak atsiri didalamnya.

Ada banyak jenis tanaman kenanga didunia ini, seperti jenis Cananga odorata, Cananga latifolia, Cananga scorthecini King, dan Cananga brandisanum Safford. Namun di Indonesia, hanya ada dua jenis yakni kenanga biasa atau Cananga odorata macrophylla dan kenanga Filipina atau cananga odorata forma. Tanaman kenanga sendiri adalah tanaman pohon atau perdu yang pada umumnya bagian bunganya dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan minyak atsiri.

Apa Itu Kenanga

Tanaman bunga Kenanga termasuk dalam family Anonaceae,tanaman tersebut dapat tumbuh subur di Asia tenggara khususnya di wilayah Indonesia dengan ketinggian daerah di bawah 1.200 m dpl (Pujiarti dkk, 2015). Di Indonesia sendiri ada dua jenis tanaman kenanga, yakni marophylla yang dikenal sebagai kenanga biasa dan genuine dikenal sebagai kenanga Filipina atau ylang ylang.

Dikutip dari Yuna 2008, pada umumnya tanaman kenanga mempunyai tinggi mencapai lebih dari 25 meter dengan diameter antara 70 hingga 100 cm. Tanaman kenanga merupakan tanaman hias dalam pot biasanya memiliki ketinggian maksimal 3 meter dan bertajuk lebar.

Kedua jenis kenanga yang ada di memiliki perbedaan, diantaranya Kenanga jenis macrophylla umumnya gemuk, batang besar yang kokoh, cabang agak rapat sehingga daunnya tampak rimbun, sedangkan kenanga jenis genuine memiliki ciri yang lebih ramping, batang relatif kecil, cabang cabang agak jarang sehingga daunnya kurang rimbun.

Manfaat bunga kenanga yang biasanya ditemukan di Banyumas Jawa Tengah adalah ekstrak bunga kenanga kering banyak dipakai sebagai obat Malaria.

Ciri Ciri Tanaman Kenanga

a. Ciri Ciri Batang Tanaman Kenanga

Ciri ciri batang dari tumbuhan kenanga pada umumnya memiliki diameter 70 cm hingga 100 cm dengan tinggi mencapai 25 meter lebih, sedangkan kenanga perdu memiliki ketinggian maksimal 3 meter dan bertajuk lebar.

b. Ciri Ciri Daun Tanaman Kenanga

Dikutip daria Yuna 2008, ciri daun kenanga yakni merupakan daun tunggal tunggal setangkai, dengan bentuk bulat telur memanjang dengan pangkal daun dan ujung daun runcing. Panjang daun dapat mencapai 10 hingga 23 cm dengan lebar 4,5 sampai 14 cm.

c. Ciri Ciri Bunga Kenanga

Dikutip dari Yuniarti 2008, bentuk dari bunga kenanga menyerupai bintang berwarna hijau pada waktu masih muda dan berwarna kuning setelah tua. Bunga kenanga akan muncul pada tangkai bunga dengan jumlah tunggal atau berkelompok 3 hingga 4 kuntum.

Kelopak bunga berjumlah 3 berbentuk lidah yang bertaut pada dasar, sebuah bunga memiliki 6 kadang 8 sampai 9 lembar mahkota berbentuk pita, berdaging, terlepas satu sama lain dan tersusun dalam 2 lingkaran yang masing masing biasanya berjumlah 3.

Dasar dari bunga kenanga berbentuk bundar pipih dan mengembung, benang sari berjumlah banyak, tangkai pendek dan tersusun dalam gulungan spiral.

Nama Daerah Bunga kenanga

Di setiap daerah di Indonesia, bunga kenanga memiliki nama yang berbeda beda, seperti di Aceh deikenal dengan selanga, semanga, tenanga, di Nias dikenal dengan ngana ngana, sedangkan masyarakat Ambon mengenalnya dengan kananga wangi, di Minangkabau namanya inanga atau kananga.

Selain nama diatas, bunga kenanga dikenal masyarakat Sunda dengan kananaga, Bali : sadat atau sandat kananga, Sulawesi utara: lilingiran atau koringidan, Gorontalo: Wanggalita, di pulau Roti dikenal dengan buka kasik, dan tentunya di Jawa dikenal dengan nama kenanga.

Klasifikasi Tanaman Kenanga

Klasifikasi darai tanaman bunga kenanga sebagai berikut:

  • kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Magnoliales
  • Famili : Annonaceae
  • Genus : Cananga
  • Spesies : Cananga odorata.

Kandungan Senyawa Dalam Bunga Kenanga

Dikutip dari Depkes RI 2000, dalam bunga kenanga terkandung saponin, flavonoid, minyak atsiri, asam format, asetat valerat, benzoat, terpenoid, linalool, nerol, farnesol dan polienol. Bahan kimia yang terkandung di dalam minyak atsiri bunga kenanga adalah Benzyl benzoat.

Selain senyawa kimia diatas, minyak atsiri bunga kenanga juga mengandung Cadinine, Cincol, Eugenol, Farnesol, Geraniol, Isosafrole, Safrole, Limonen, Linalool ester dan Methyl salicylate, Metil benzonate, Ylangol, Terpenes Safrol, Benzyl Acetate, Pinene dan campuran Acyd Bensoik, Formik, Acetik, dan Valerik.

Manfaat Bunga Kenanga Menurut Beberapa Penelitian

a. Dustria dkk 2016

Manfaat bunga kenanga dikutip dari penelitian Dustria sangatlah banyak, antara lain sebagai obat penyakit kulit, asma, anti nyamuk, antibakteri, dan antioksidan.

b. Ratnasari 2014

Bunga kenanga memiliki banyak manfaat, seperti di daerah Ujung pandang dan Jawa, bunga kenanga diolah menjadi minyak rambut dengan cara memaskan bunga kenanga dengan minyak kelapa sehingga minyak tersebut beraroma kenanga.

Sedangkan di daerah pulau Bali bunga kenanga segar digunakan para wanita untuk mengharumkan rambut, pakaian dan tempat tidurnya.

c. Kusuma 2004

Dalam penelitiannya tersebut diungkapkan beberapa manfaat bunga kenanga, terutama karena kandungan minyak atsiri, khasiat tersebut diantaranya dimanfaatkan sebagai sumber obat tradisional seperti reumatik, demam nifas, penyakit kulit seperti kudis dan gigitan serangga.

Masih dalam penelitian yang sama, khasiat bunga kenanga juga dapat mengobati sakit kepala, malaria, asma, bronchitis, sesak nafas, mencegah dan mengobati bau badan serta keputihan, mencegah dan mengobati hepatitis, radang saluran kencing.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Kusuma tersebut, ada juga manfaat bunga kenanga untuk kecantikan, biasanya digunakan sebagai bahan untuk produk kecantikan seperti parfum, sabun, masker dan lulur serta dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

d. Tan dkk 2015

Menurut penelitian tersebut, manfaat ekstrak bunga kenanga memiliki efek sebagai antioksidan, antimikroba, antibiofilm, anti inflamasi, antivektor, repellent, antidiabetes, antifertilitas dan antimelanogenesis.

Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan

1. Mengandung Minyak Atsiri

Minyak atsiri merupakan zat berbau yang ada didalam tanaman, atau disebut juga sebagai minyak eteris, minyak menguap, atau minyak esensial, hal tersebut disebabkan pada suhu kamar atau suhu biasa dan dalam udara terbuka mudah menguap.

Bunga kenanga dapat diambil minyak atsirinya dengan cara penyulingan. Minyak atsiri ini memiliki nilai ekonomi tinggi dan sudah sejak lama menjadi komoditi ekspor.

Indonesia merupakan salah satu dari negara-negara berkembang yang potensial mengekspor minyak atsiri ke Benua Eropa dan Amerika. Di negara-negara pengimpor, minyak atsiri bunga kenanga digunakan sebagai bahan baku industri parfum, kosmetik dan sabun mandi.

Dikutip dari Hatta 1993, Minyak atsiri bunga kenanga merupakan komoditi ekspor dengan nama ylang ylang untuk produksi dari Filipina dan Kepulauan Reunion, dan Java Cananga Oil untuk produk dari Indonesia yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

2. Memiliki Aktivitas Antioksidan

Antioksidan memiliki fungsi utama dalam menangkap radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan oksidasi asam nukleat, protein, lipid, DNA, dan dapat menginisiasi penyakit degeneratif. Senyawa antioksidan yang memiliki sifat sebagai antiradikal dapat ditemukan pada minyak atsiri dan dapat ditemukan pada minyak kenanga.

Dalam bunga kenanga terkanudng minyak atsiri yang cukup baik, memiliki kandungan kimia yang kompleks serta memiliki aktivitas alami yang bervariasi, minyak kenanga mengandung senyawa senyawa aktif yang dapat memerangkap radikal bebas seperti hidroksil, peroksil, dan alkil.

Selain senyawa diatas, dalam bunga kenanga terkadung benzil benzoat yang mempunyai seifat sebagai anti radikal dan berperan sebagai antioksidan. Hal senada diungkapkan dari penelitian Pujiarti dkk 2015, dalam penelitiannya tersebut mengindikasikan adanya potensi dari minyak kenanga sebagai antioksidan alami.

3. Menjaga kesehatan Organ Hati

Hati sebagai organ metabolisme merupakan tempat utama untuk memetabolisme obat dan senyawa kimia toksik yakni radikal bebas, dimana hasil akhir reaksi ini menjadi senyawa yang tidak aktif dan lebih larut dalam air, sehingga dapat dikeluarkan melalui empedu atau urine.

Jika organ hati mengalami paparan zat racun secara berlebih zat racun tersebut seperti senyawa kimia, obat, alkohol, maka keracunan atau kerusakan pada hati cenderung terjadi, dengan gejala awal hepatotoksik ditandai dengan peningkatan enzim transaminase dalam serum.

Bunga kenanga mempunyai aktivitas sebagia pelindung berdasarkan kemampuannya sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Mekanisme bunga kenanga dalam mengatasi kerusakan hati adalah dengan menstabilkan radikal bebas yang merupakan salah satu faktor yang berperan dalam kerusakan jaringan hati.

Hal senada diungkap dalam penelitian, dimana ekstrak etanol bunga kenanga bali mempunyai aktivitas sebagai hepatoprotektor dapat dibuktikan dari penurunan kadar Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase dan Serum Glutamic Pyruvic Transaminase pada tikus putih jantan yang dinduksi karbon tetraklorida.

4. Anti Jamur

Kandidiasis merupakan penyakit jamur yang disebabkan oleh adanya jamur, biasanya disebabkan oleh spesies jamur candida albicans, jamur tersebut biasanya ditemukan pada mulut, kuku, vagina, paru paru dan bronki.

Untuk mengatasi jamur tersebut, manfaatkan bunga kenanga, karena dalam bunga kenanga terkandung minyak atsiri untuk menghambat pertumbuhan jamur.

Hal senada diungkapkan dalam penelitian Sukarini 2001, dimana minyak atsiri bunga kenanga memiliki daya antifungi terhadap candida albicans secara in vitro, terbukti bahwa minyak atsiri dari bunga kenanga memiliki daya hambat yang besar terhadap jamur candida albicans.

Selain penelitian tersebut, manfaat bunga kenanga sebagai anti jamur dibuktikan oleh penelitian Iswahyui 2003, dimana campuran minyak atsiri rimpang jahe merah dan minyak atsiri bunga kenanga dengan perbandingan 75% banding 25% mempunyai aktivitas antijamur.

5. Mencegah Gigitan Nyamuk

Keberadaan serangga seperti nyamuk dan lalat tentunya menimbulkan gangguan bagi manusia. Keberadaan kedua serangga sering mengganggu aktifitas di lingkungan karena dapat menimbulkan efek yang merugikan bagi manusia.

Dimana nyamuk aedes aegepty dapat menyebabkan demam berdarah dan lalat jika hinggap di makanan akan menyebabkan sakit perut dan diare. Untuk menghindari dan mengusir kedua serangga tersebut anda dapat memanfaatkan minyak atsiri dari bunga kenanga.

Dikutip dari penelitian Supartono 2014, dapat dikatakan bahwa minyak kenanga yang diaplikasikan dalam lotion dapat digunakan sebagai repellent atau penolak serangga, namun
belum efektif.

6. Antibakteri

Kandungan minyak atsiri didalam bunga kenanga selain berperan sebagai antioksidan, juga berkhasiat sebagai antibakteri. Minyak kenanga dapat digunakan sebagai antibakteri karena mengandung gugus fungsi hidroksil (-OH) dan karbonil.

7. Memperbaiki Kualitas Tidur

Salah satu masalah yang terjadi jika telah lanjut usia adalah insomnia, untuk mengatasi insomnia tersebut biasanya diterpakan beberapa terapi yang bertujuan meningkatkan kualitas tidur pada lansia.

Insomnia sendiri merupakan keadaan yang ditandai dengan idak mampuan untuk mengawali tidur, mempertahanakan tidur, serta bangun terlalu dini dan bangun tiduk malahan tidak menyegarkan, jika seseorang kebutuhan tidurnya kurang terpenuhi maka akan menyebabkan terganggunya fungsi sistem saraf.

Salah satu aromaterapi yang digunakan untuk terapi insomnia adalah minyak atsiri bunga kenanga, manfaat bunga kenanga untuk mengatasi insomnia tersebut disebabkan karena kandungan kimia seperti geraniol, eugeol, kadinen dan linalool. Dikutip dari penelitian Fauziah 2018, menyimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian minyak esensial aromaterapi dari bunga kenanga terhadap kualitas tidur lanjut usia.

8. Aromatheraphy

Manfaat bunga kenanga yang paling utama adalah digunakan sebagai aromateraphy, cara kerja minyak bunga kenanga sebagai aromateraphy adalah dengan mengatur aliran kelenjar andrenalin dalam sistim syaraf sehingga menimbulkan perasaan senang, tenang, menghilangkan rasa gelisah, marah, dan panik.

9. Mengobati Sakit Kuning

Menurut para ahli pengobatan tradisional mengatakan bahwa dengan menggunakan ramuan kenaga dapat digunakan untuk mengobati dan menyembuhkan penyakit kuning.

Cara mengolah bunga kenanga untuk mengatasi penyakit kuning adalah dengan menyiapkan tiga kumtum bunga kenanga, lalu masukkan kedalam segelas air panas, tutup gelas tersebut hingga dingin, anda dapat meminumnya tiga kali sehari.

Menurut R. Broto Sudibyo, Pengembang Kesehatan Masyarakat di RS Bethesda, Yogyakarta. mengatakan bila diolah secara utuh dan tidak diekstrak, ramuan kenanga ini hampir tidak memiliki efek samping. Penggunaan secara empiris, katanya, setidaknya sudah membuktikannya.

Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kecantikan

1. Mencegah Bau Badan

Dikutip dari Siskawat dkk 2014, bau badan adalah keadaan kronis yang ditandai dengan bau berlebihan yang dikeluarkan oleh kulit, hal ini terjadi karena hasil sekresi kelenjar apokrin dan kelenjar ekrin.

Kelenjar apokrin merupakan kelenjar keringat yang aktif setelah masa pubertas, hal ini terjadi karena adanya hubungan perubahan hormonal yang terjadi saat pubertas. Hasil sekresi kelenjar apokrin apabila diuraikan oleh bakteri maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Bakteri yang menyebabkan proses pembusukkan antara lain Staphylococcus epidermidis, Corynebacterium acne, dan Pseudomonas aerugenosa, dalam bunga kenanga terdapat senyawa yang berperan sebagai antibakteri penyebab bau badan, maka dari itulah mengapa ada manfaat bunga kenanga untuk mencegah bau badan.

2. Membantu Merawat Kulit

Manfaat bunga kenanga untuk kecantikan selain dapat mencegah bau badan, juga dapat membantu mencerahkan kulit. Dikutip dari Thomas 1992 Bunga kenanga mengandung senyawa kimia dalam seperti benzoic, farnesol, geraniol, linalool, benzyl acetate, eugenol, safrol, cadinene dan pinene yang berfungsi sebagai kecerahan kulit tubuh.

Selain penelitian diatasm menurut Primadiati 2002, untuk merawat kulit, minyak bunga kenanga dipakai untuk mengoabti atau menghilangkan bercak hitam serta beberapa penyakit kulit ringan.

3. Mengecilkan Pori Pori dan Menjaga Kelembaban Kulit

Penelitian yang dilakukan dikutipRiata Rita 2010, mengatakan dalam pembuatan lulur berasal dari bahan alam. Bahan bahan yang digunakan berupa bunga kenanga berfungsi mengecilkan poripori, kulit bersisik, dan menjaga kelembaban kulit tubuh.

Selain kandungan diatas, bunga kenanga, memiliki kandungan senyawa kimia adalah minyak atsri, benzoic, farnesol, geraniol, linalool, benzyl acetate, eugenol, safrol, cadinene dan pinene sebagai kehalusan dan keharuman kulit tubuh.

4. Bahan Baku Pembuatan Kosmetik

Menurut Taryono Kepala Badan Penelitian Tanaman Rempah dan Obat di bogor, dalam bunga kenanga terkandung minyak atsiri yang baik untuk bahan pembuat parfum. Di samping itu minyak bunga kenanga dapat memperkuat dan merangsang pertumbuhan rambut. Sedang untuk urusan kecantikan, minyak kenanga dipakai dalam campuran masker dan lulur.

Selain itu ekstrak bunga kenanga yang berwarna berwarna kuning kecoklatan, jika dipakai untuk sabun akan mempunyai efek penyeimbang untuk kulit berminyak maupun kulit kering. Di samping itu minyaknya dapat memperkuat dan merangsang pertumbuhan rambut. Sedang untuk urusan kecantikan, minyak kenanga dipakai dalam campuran masker dan lulur.

Cara Mengolah Bunga Kenanga

1. Mengatasi Demam Nifas

Cara mengolah bunga kenanga untuk mengatasi demam nifas sediakan lima kuntum bunga turi merah, rimpang kunyit, kencur, temu hitam masing masing 10 gram, dan 25 gram asam, semua bahan tersebut ditumbuk hingga benar benar halus.

Jika sudah tambahkan sedikit garam dan air bersih, lalu digosokkan pada bagian punggung atau sebagai tapal pada perut. untuk hasil yang maksimal, lakukan sebanyak dua kali sehari.

2. Mengatasi Encok

Manfaat bunga kenanga juga dapat mengatasi encok, cukp siapkan 12 bunga kenanga, usahakan yang masih kuntum atau belum mekar, 30 gram daun sirkaya, 20 gram daun ketapang, 8 butir meica, dan 20 gram jahe.

Jika bahannya telah anda dapatkan, langkah selanjutnya cuci dan tumbuk hingga halus, setelah itu tambahkan sedikit kapur sirih dan air secukupnya, aduk terlebih dahulu lalu gosokkan pada badan yang sakit, untuk hasil maksimal, lakukan 2 kali sehari.

3. Mengatasi Sakit Kepala

Cara mengolah bunga kenanga untuk mengatasi sakit kepala cukup mudah, pertama siapkan 15 gram bunga kenanga dan 15 gram jahe yang telah diiris, rebus dengan air sekitar 400 cc dan tunggu hingga tersisia 200 cc, sebaiknya minum airnya selagi hangat.

4. Mengurangi Perasaan Gelisah

Selain mampu mengatasi sakit kepala, manfaat bunga kenanga juga dapat mengurangi perasaan gelisah, dengan menyiapkan 15 gram bunga kenanga lalu 30 gram kim cim, rebus dengan 600 cc air dan tunggu hingga tesisia 300 cc, minum airnya selagi masih hangat.

5. Meringankan Penyakit Asma

Bunga kenanga ternyata juga dapat meringankan penyakit asma, caranya siapkan terlebih dahulu 20 gram bunga kenanga, dan gula pasir sebanyak 1,5 sendok teh, kemudian rebus dengan 200 cc air, tunggu hingga tersisa 100 cc saja, untuk hasil yang maksimal, minum rebusan tadi dua kali sehari.

6. Mengurangi Bronchitis

Bronchitis atau peradangan pada saluran pernafasan dapat dikurangi dengan memanfaatkan 15 gram bunga kenanga dan 10 gram umbi bunga lili kering, rebus dengan 300 cc air tunggu hingga tersisa hingga setengahnya, saring terlebih dahulu sebelum diminum, minum selagi hangat dan lakukan sebanyak 2 kali sehari.

7. Mengurangi Bau Badan

Jika kita mengalami bau badan berlebih hal tersebut dapat mengurangi rasa percaya diri kita, untuk mengatasinya cukup dengan dengan 15 gram bunga kenanga dan gula batu secukupnya, rebus kedua bahan tersebut dengan air sebanya 600 cc, tunggu hingga tersisa setengahnya.

8. Mencegah Keputihan

Bagi sebagian wanita, keputihan merupakan salah satu masalah yang cukup serius, untuk mengatasinya cukup dengan mengambil sekitar 32 gram bunga kenanga dan 30 gram kulit delima, rebus kedua bahan tersebut dengan 600 cc air, tunggu hingga tersisa 300 cc, jika sudah dingin saring terlebih dahulu sebelum diminum.

9. Mengobati Peradangan Saluran Kencing

Manfaat bunga kenanga untuk mengobati peradangan saluran kencing dapat anda dapatkan jika menerapkan cara mengolah yang benar, cara mengolah bunga kenanga untuk mengatasi penyakit yang satu ini dengan menyiapkan 20 gram bunga kenanga, daun kumis kucing segar, daun sendok segar dan sambiloto segar, masing masing sebanyak 30 gram.

Jika sudah anda siapkan semua bahannya lalu cuci hingga bersih, rebus dengan seliter air, tunggu hingga air tersebut tersisa sekitar 500 cc, minum air rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari.

Baca Juga : Manfaat rumput teki

Nah itulah beberapa manfaat bunga kenanga untuk kesehatan, bunga yang mudah kita temui disekitar lingkungan kita, ternyata memiliki banyak khasiat, manfaat tersebut juga bisa kita dapat pada tanaman temu ireng

Tinggalkan komentar