15 Khasiat Daun, Manfaat Bunga Kitolod Untuk Kesehatan Mata Katarak

Manfaat Bunga Kitolod
Gambar daun dan bunga kitolod (Isotoma longiflora p) – Sumber : Google.com

Manfaat Bunga Kitolod | Terdapat banyak jenis tumbuhan di tanah Indonesia yang mempunyai khasiat untuk menyembuhkan suatu penyakit, biasanya tumbuhan tersebut disebut tumbuhan obat, dan banyak yang telah dibudidayakan atau ditanam di halaman rumah sebagai tanaman obat keluarga. Sebagian otrang berlum mengetahu manfaat dan kegunaan dari tumbuhan obat dan sering kali dianggap sebagai tumbuhan liar yang mengganggu.

Dikutip dari penelitian Wardani dan Siska, 2010. Tanaman Kitolod atau nama latinnya Isotoma longiflora merupakan tanaman yang biasa digunakan sebagai tanaman obat oleh masyarakat Indonesia. Pemakaian daun dan bunga kitolod sendiri dapat digunakan dalam bentuk segar seperti tumbukan, perasan, seduhan, dan rebusan, yang oleh masyarakat daun dan manfaat bunga kitolod dipakai sebagai obat glaukoma pada mata.

Sedangkan menurut penelitian bunga kitolod oleh Amaliah, 2014 dan Koller, 2009, khaisat bunga kitolod bagi kesehatan dapat mennyembuhkan katarak , sakit gigi, bronkitis, sifilis, dan asma.

Pembudidayaan tanaman kitolod tergolong mudah, dapat diperbanyak dengan bijinya. Cara pemeliharaannya juga mudah hanya dengan penyiraman yang cukup agar kelembapannya terjaga.

Apa Itu Kitolod

Kitolod adalah salah satu jenis tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Tanaman ini berasal dari Hindia Barat, yang banyak dijumpai di Indonesia serta pembudidayaannya cukup mudah cukup dengan menjaga kelembabannya dengan cara menyiram tanaman ini.

Tumbuhan Kitolod tergolong tanaman semak dan berbatang lurus yang banyak dikenal diberbagai suku dan daerah dengan nama yang berbeda beda.

Dikutip dari Dalimata, 2008. Kitolod biasanya tumbuh di sekitar semak, aliran sungai, atau pada tempat tempat lain yang memiliki kelembaban yang cukup. Kitolod dapat ditemukan dari dataran rendah sampai 1.100 m di atas permukaan laut. Tanaman kitolod merupakan terna tegak, seringkali mulai bercabang pada pangkal batang, tinggi mencapai 60 cm, bercabang dari pangkalnya, bergetah putih yang rasanya tajam.

Dikutip dari Koller 2009 dan Hariana, 2008, bahwa Berdasarkan pengalaman empiris yang beredar di masyarakat, tanaman kitolod memang terbukti dapat digunakan sebagai obat tradisional, antara lain untuk asma, bronkhitis, radang tenggorokan, luka, obat antikanker, obat mata, antineoplastik, antiinflamasi, hemostasis, dan analgesik.

a. Ciri Ciri Bunga Kitolod

Bunga kitolod memiliki ciri yakni bunganya tegak, termasuk bunga tunggal, keluar dari ketiak daun, bunga kitold bertangkai panjang, mahkota bunganya berbentuk seperti bintang berwarna putih.

Bunga kitolod berbentuk lonceng dengan warna putih bersih, mahkota bunga bunga kitolod berbentuk bintang bentuknya mirip dengan bunga melati gambir mirip dengan jenis melati yang sering digunakan sebagai bahan campuran teh. Buahnya berupa buah kotak berbentuk lonceng, merunduk, merekah menjadi dua ruang, berbiji banyak.

b. Ciri Ciri Daun Kitolod

Daun kitolod merupakan daun tunggal, duduk, bentuknya lanset, permukaan daunnya kasar, serta ujungnya runcing, pangkal daun menyempit, bagian tepi melekuk ke dalam, bergigi sampai melekuk menyirip. Panjang daun 5 hingga 17 cm, lebar daunnya antara 2 sampai 3 cm, dan berwarna hijau.

Nama Daerah dan Nama Asing kitolod

Nama tanaman kitolod untuk daerah Melayu adalah lidah payau, Sedangkan di daerah Sunda dikenal dengan nama daun kitolod atau jarojet, di daerah Jawa Tengah dikenal dengan nama kendal atau sangkobak, di Inggris di dikenal dengan Star of Betlehem dan di Cina dikenal dengan tong ban cao, dikutip dari Dalmarta, 2008.

Klasifikasi Tumbuhan Kitolod

Dikutip dari Tjitrosoepomo, 2007, tanaman kotolod memiliki klasifikasi sebagai berikut :

  • Kingdom : Plantae
  • Divisio : Spermatophyta
  • Sub Divisio : Angiospermae
  • Classis : Dicotyledoneae
  • Sub Classis : Sympetalae
  • Ordo : Campanulatae / Asterales / Synandrae
  • Family : Campanulaceae
  • Genus : Isotoma
  • Species : Isotoma longiflora (L.) C. Presl.
  • Sinonim : Hippobroma longiflora (L.) G. Presl
  • Laurentia longiflora (L.) Peterm.

kandungan Senyawa Daun Dan Bunga Kitolod

Dalam bunga kitolod terkandung berbagai senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti alkaloid, saponin, flavonoida, dan tanin. Sedangkan daun kitolod mengandung senyawa tannin, poifenol, triterpenoid alkaloid, saponin, flavonoida, dan polifenol.

Manfaat Bunga Kitolod Untuk Kesehatan

1. Mampu Membasmi Mikroba Bakteri Jahat

Kitolod merupakan tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai tanaman obat oleh masyarakat. Salah satu Manfaat daun dan bunga kitolod memiliki aktivitas sebagai antimokroba. Dikutip dari penelitian Safitri, dkk, 2009. zat antimikroba dalam tanaman kitolod yakni suatu zat yang dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroba seperti bakteri Stapylococcus hominis dan Staphylococcus aureus.

Dikutip dari penelitian yang dilakukan sebelumnya yang dilakukan Ismailova, 2008. bahwa ekstrak seduhan daun kitolod memiliki aktivitas antibakteri pada pasien penderita konjungtivitis lebih besar dibandingkan dengan ekstrak refluks daun kitolod.

Selain itu, menurut Dalimarta 2008. Tanaman Kitolod mengandung zat bioaktif seperti senyawa alkaloid, flavonoid, dan saponin. Zat bioaktif adalah zat yang termasuk metabolit sekunder yang bersifat aktif secara biologis.

Aktivitas dari daun dan bunga kitolod karena senyawa yang tekandung didalmnya antara lain sebagai antimikroba yaitu suatu zat yang dapat membunuh ataun menghambat pertumbuhan mikroba seperti bakteri, khamir, dan kapang.

2. Manfaat Bunga Kitolod Untuk Mencegah Kanker

Dalam daun dan bunga kitolod terkandung senyawa flavonoid, dikutip dari penelitian bunga kitolod oleh Bansal dkk, 2009. Flavonoid merupakan senyawa bahan alam yang diketahui memiliki khasiat sebagai antikanker.

Senyawa flavonoid bekerja secara signifikan dengan mekanisme menghambat p – glycoprotein pada kemoterapi kanker, meningkatkan efikasi obat antikanker dan melawan kerja dari MDR atau multi drug resistance

3. Mencegah dan Mengobati Kanker Payudara

Kanker adalah sekelompok penyakit yang menyebabkan sel-sel dalam tubuh berubah dan tumbuh di luar kendali, kanker merupakan penyebab kematian terbesar ke lima di dunia, khususnya di negara berkembang. Pada tahun 2012 jumlah kematian di Indonesia yang disebabkan oleh kanker mencapai 8.2 juta orang.

Kanker payudara merupakan kanker yang umum terjadi pada wanita selain kanker kulit, Anda dapat menggunakan manfaat bunga kitolod untuk mengatasi kanker, dikutip dari penelitian Magfiroh 2015, membuktikan bahwa fraksi etil asetat dari daun kitolod memiliki kemampuan moderate untuk menghambat sel kanker WiDr dengan nilai IC50 191,74 µg/mL.

Sedangkan menurut hipotesis yang tidak diketahui namanya, menjabarkan hipotesis bahwa Ekstrak etanol, fraksi polar, semipolar, dan nonpolar herba kitolod mempunyai potensi antikanker terhadap sel kanker payudara MCF-7. Jadi ada manfaat kitolod untuk mencegah kanker payudara.

4. Mencegah Tumor

Seperti yang telah kami jabarkan diatas, bahwa daun kitoloid memiliki sejumlah kandungan metabolit sekunder yang terkandung dalam daun kitolod ini antara lain alkaloida (lobelin dan lobelamin), polifenol, flavonoid, glikosida, steroid atau triterpenoid, saponin, tanin dan senyawa turunan flavonoid mampu menunjukan aktivitas sebagai antitumor atau dapat mencegah tumor.

5. Mencegah Gangguan Pada Mata

Manfaat kitolod yang kelima biasanya digunakan masyarakat untuk mengobati dan mencegah gangguan pada organ mata, hal tersebut telah dibuktikan oleh beberapa penelitian.

Dikutip dari penelitian Ali, 2003. Kitolod dari jenis Laurentia longiflora telah banyak di gunakan sebagai obat tradisional khususnya oleh masyarakat Jawa Barat dan Jawa Tengah untuk mengobati gangguan mata, seperti mata gatal, mata merah, bahkan untuk pengobatan katarak.

6. Mengobati konjungtivitis atau Iritasi Pada Mata

Bakteri penyebab penyakit konjungtivitis atau iritasi mata terdiri dari Haemophilus influenzae, Staphylococcus aureus, Streptococcus pneumoniae, dan Pseudomonas aeruginosa. Konjungtivitis bakteri biasanya ditandai dengan mata bengkak, kemerahan, dan jumlah kotoran mata yang banyak, biasanya berwarna kuning atau kehijauan yang dapat mempengaruhi satu atau kedua mata.

Iritasi mata atau Konjungtivitis dapat menyerang bayi maupun orang dewasa. Konjungtivitis lebih banyak pada anak anak dengan gizi kurang atau sering mendapat radang saluran napas, serta dengan kondisi lingkungan yang tidak sehat. Pada orang dewasa juga dapat dijumpai tetapi lebih jarang.

Karena khasiat bunga kitolod dan daunnya sebagai antibakteri, maka manfaat bunga kitolod tersebut mampu berperan untuk mencegah konjungtivitis pada mata yang disebabkan oleh bakteri yang kami sebutkan diatas.

7. Mencegah Karies Gigi

Di negara kita Indonesia Kesehatan gigi dan mulut terutama karies merupakan salah satu masalah dalam bidang kesehatan yang sering ditemukan di rongga mulut. Persentase karies di Indonesia masih menduduki peringkat keenam penyakit yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia.

Kesadaran masyarakat Indonesia akan kesehatan gigi dan mulut masih tergolong rendah. Untuk itu anda dapat mengunakan bunga mauun daun kitolod untuk mengatasi masalah yang satu ini, manfaat bunga kitolod untuk mencegah karies gigi karena adanya senyawa alkaloid dan flavonoid memiliki aktivitas yang tinggi terhadap bakteri penyebab karies gigi.

Hal senada diungkapkan oleh penelitian Fazil, dkk, 2017. Dalam penelitiannya, menyimpulkan bahwa Ekstrak daun kitolod mempunyai aktivitas antibakteri terhadap bakteri Streptococcus mutans dan Enterococcus faecalis (bakteri penyebab karies gigi) pada konsentrasi 10000 ppm sebanyak 9,5 mm; 5000 ppm sebanyak 9,0 mm; dan 2000 ppm sebanyak 6,7 mm.

8. Mencegah Kanker Serviks

Selain ada manfaat bunga kitlod untuk kanker, ada juga khasiat tanaman kitolod mempunyai aktivitas antikanker serviks.

Penelitian Aprilita 2016, Ekstrak etanol 50% daun kitolod Menunjukkan nilai LC50 sebesar 55,78 µg/ml, pada konsentrasi 25 µg/ml, 50 µg/ml, 75 µg/ml, dan 125 µg/ml mempunyai efek sitotoksik terhadap sel kanker serviks (Ca Ski Cell Line) dan pada konsentrasi 125 µg/ml menunjukkan persentase kematian sel Ca Ski yang paling besar, yaitu 72,68%.

9. Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar

Luka bakar merupakan kerusakan atau kehilangan jaringan yang disebabkan oleh kontak dengan sumber panas seperti, api, bahan kimia, dan listrik, untuk mengatasi luka tersebut ada manfaat bunga kitolod dalam mempercepat penyembuhan luka bakar.

Dikutip dari Wardani 2009. Bahwa ekstrak daun kitolod mengandung senyawa saponin, senyawa saponin tersebut dapat mempercepat penyembuhan luka bakar dengan cara memacu pembentukan kolagen, kolagen yakni struktur protein yang berperan dalam proses penyembuhan luka.

Selain kandungan senyawa saponin, dalam daun dan bunga kitolod juga terkandung senyawa laconoid, dimana senyawa flavonoid tersebut seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa senyawa flavonoid memiliki aktivitas sebagai antibakteri yand dapat berperan untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri pada luka, sehingga luka akan semakin cepat sembuh.

10. Melawan Sel Kanker Serviks

Kanker serviks atau karsinoma serviks merupakan jenis kanker kedua terbanyak pada wanita di seluruh dunia setelah kanker payudara. Penyebab kanker serviks yang umum diketahui disebabkan oleh Human Papiloma Virus atau disingkat HPV.

Manfaat bunga kitolod dan daunnya karena adanya kandungan senyawa flvonoid, selain mempercepat penyembuhan luka dan mengatasi kanker payudara juga mampu mengatasi kanker rahim atau serviks.

11. Berperan Sebagai Antijamur

Candida albicans merupakan salah sau jamur yang dapat menginfeksi mata, untuk mengatasi jamur tersebut masyarakat umumnya mengunakan tanaman kitolod yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Dikutip dari penelitian Ebadi (2002: 133-138) menyatakan bahwa tanaman yang mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, tanin dan minyak atsiri diduga berpotensi sebagai daya antijamur.

Selain itu dikutip dari penelitian bunga kitolod oleh Febrian Arbyputra Herdianto, et al. hasil penelitiannya menunjukan bahwa ekstrak herba kitolod memiliki aktivitas antifungi terhadap Candida albicans pada konsentrasi 25%, 50% dan 75% dengan diameter hambat 1,46 mm, 2,61mm dan 3,27mm.Hasil menunjukan kadar abu total 3,0669%, kadar air 11,47%, kadar sari larut air 24,68% dan kadar sari larut etanol 10,94%.

12. Mengatasi Dan Mengobati Katarak

Katarak adalah hilangnya kebeningan dari lensa pengfokus di dalam mata lensa atau kristalin yang terletak tepat dibelakang iris yang berwarna dan hanya bisa dilihat melalui pupil.

Manfaat daun kitolod untuk mengobati katarak disebabkan karena adanya zat aktif dari tanaman kitolod berupa golongan saponins dan flavonoid yang terdiri dari gugus aglikon yakni kuersetin dan glikosida yakni rutin, dimana kandungan dari tanaman
kitolod tersebut dapat memperbaiki jaringan mata.

Selain itu golongan saponin dalam daun kitolod yang memiliki kandungan antioksidan yang dapat memperbaiki pembuluh darah di area mata sehingga proses kekeruhan yang terjadi luas areanya dapat di minimalkan.

Dikutip dari penelitian Mbena, 2015. Hasil penelitiannya menunjukkan menunjukkan bahwa pemberian infus daun kitolod 20% yang diberikan pada tikus katarak dapat menghambat peningkatan jumlah sel radang pada tikus Wistar yang diinduksi Methyl Nitroso Urea.

13. Antiperadangan

Manfaat bunga kitolod juga berperan sebagai anti inflamasi atau anti peradangan, hal tersebut disebabkan karena dalam daun dan bunga kitolod terkandungan senyawa dari golongan flavonoid yang memiliki gugus glikosida yakni sebagai antiinflamasi.

14. Mengatasi Radang Tenggorokan

Salah satu penyebab dari radang tengorokan adalah akibat karena ditimbulkan dari panas dalam. Karena ada manfaat kitolod sebagai anti peradangan, maka dari itu kitolod dipercaya mampu mengatasi peradangan yang terjadi pada tenggorokan.

Manfaat Bunga Kitolod Untuk Kecantikan

1. Mencegah Penuaan Dini

Selain manfaat bunga kitolod untuk kesehatan, ternyata daun dan bunga kitolod berkhasiat untuk menjaga dan mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Khasiat bunga kitolod tersebut disebabkan karena adanya aktivitas antioksidan dari senyawa flavonoid didalamnya.

Cara Mengolah Daun Dan Bunga Kitolod

1. Mengatasi Karies Gigi

Khasiat bunga kitolod dan daunnya seperti yang telah kami jelaskan diatas, yakni mampu melawan karies gigi. Umumnya masyarakat memanfaatkan dan mengolah bunga serta daun kitolod dalam mengatasi karies gigi dengan menumbuk dua lembar daun, setelah itu oleskan pada gigi. Mudah bukan.

2. Mengobati Katarak

Berikut cara mengolah bunga kitolod untuk mengobati katarak, pertama siapkan bunga kitolod yang masih segar dan jangan yang layu, jika ada cari bunga yang baru mekar. Bunga dipisahkan dengan pangkalnya, setelah itu siapkan air hangat.

Jika langkah diatas telah anda siapkan, rendam bunga kitolod selama sepuluh hingga 15 menitan, jika sudah direndam, teteskan ujung bunga tadi ke organ mata, setelah itu kedipkan mata.

Rasa perih akan muncul dan mata akan sedikit perih dan memerah serta mengeluarkan air mata, jika sudah tidak terasa perih, lanjutkan meneteskan ke organ mata yang satunya lagi. Jangan terlalu banyak meneteskan bunga kitolod ke mata, karena akan menimbulkan efek samping bunga kitolod bagi mata. cukup sekali sehari dan dalam seminggu cukup pakai dalam tiga hari.

Efek Samping Bunga Kitolod

Sebenarnya tidak ada bahaya bunga kitolod bagi kesehatan, namun jika dipakai terus menerus tanpa terkendali, maka akan membahayakan kesehatan, terutama jik digunakan untuk tetes mata, efek yang ditimbulkan yakni iritasi. iritasi yang smeakin parah akan menyebabkan timbulnya nanah.

Untuk menghindari efek samping daun kitolod bagi mata, kami telah menjabarkan diatas, yakni pada bagian cara mengolah bunga kitolod untuk mengobati katarak. Sebaiknya jangan gunakan rendaman daun dan bunga kitolod untuk mata bayi, karena belum ada penelitian bunga kitolod untuk bayi.

Simak Juga : Manfaat daun gedi

Banyak sekali bukan manfaat bunga kitolod dan daunnya, terutama untuk mengobati penyakit yang biasanya menyerang mata, selain aman untuk dikonsumsi, tanaman kitolod juga mudah kita temukan disekitar kita.

Banyak manfaat disekitar kita, yang biasanya kita anggap sebagai tumbuhan rumput yang tidak berguna, seperti manfaat daun tempuyung. Jangan lupa Simak beberapa artikel lainnya pada blog ini.

Satu pemikiran pada “15 Khasiat Daun, Manfaat Bunga Kitolod Untuk Kesehatan Mata Katarak”

  1. Terimakasih utk infonya yg berguna bagi masyarakat dibawah,semoga banyak manfaat dari tumbuhan diswkitar kita yg belum diketahui di publikasikan ,Tuhan memberkatimu

Tinggalkan komentar