11 Manfaat Daun Dan Bunga Serai (Sereh) Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Serai
Bunga Serai – Sumber : Google.com

Manfaat Bunga Serai | Seperti yang telah kita ketahui bahwa di Indonesia banyak terdapat tanaman yang berkhasiat sebagai obat obatan dalam menangani berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan. Tumbuhan dan tanaman obat ini telah dijadikan obat herbal yang turun temurun karena obat alami tersebut memiliki banyak kelebihan. Salah satu tanaman yang sering dipakai dan populer untuk pengobatan adalah tanaman serai.

Nama latin sereh adalah Cymbopogon nardus L, merupakan tanaman yang cukup melimpah di Indonesia. Tanaman ini mudah tumbuh pada berbagai tanah yang memiliki kesuburan cukup serta dalam pertumbuhannya tidak memerlukan perawatan khusus.

Masyarakat di Indonesia biasanya memanfaatkan serai sebatas sebagai bumbu masak, minuman tradisional, bahan tambahan anti nyamuk ataupun bahan tambahan sabun.

Secara tradisional masyarakat umumnya sering menggunakan serai sebagai obat herbal dan juga dipakai untuk kumur serta dapat digunakan untuk peluruh keringat. Pada bahasan kali ini kami akan fokus membahas mengenai manfaat bunga serai dan sedikit membahas mengenai khasiat daun serai.

Apa Itu Tanaman Serai

Bunga serai merupakan bunga yang berasal dari tanaman serai. Nama latin serai sendiri adalah Cymbopogon nardus L. Serai atau sereh adalah tumbuhan sebangsa rumput, yang berumpun besar serta daunnya panjang dan berbentuk mirip dengan pita.

Tanaman serai tersebut banyak kita jumpai dan ditemukan di daerah jawa, yaitu pada dataran rendah yang memiliki ketinggian antara 60 hingga 140 mdpl. Tanaman serai mampu tumbuh hingga 1 sampai 1,5 meter.

Walaupun mudah kita temui, jangan salah karena ada khasiat tanaman serai, salah satunya adalah manfaat bunga serai. yup selain batang serai yang memiliki manfaat untuk kesehatan ternyata bunganya juga memiliki khasiat yang hampir sama.

Ciri Ciri Bunga Serai

Bunga serai merupakan bunga majemuk, berbentuk seperti malai, karangan bunga berseludang, terletak dalam satu tangkai, bulirnya sendiri kecil, dan benang sarinya berlepasan, kepala putik dari bunga serai muncul dari sisi, dan warna bunganya putih.

Klasifikasi Tanaman Serai

Dalam dunia tumbuhan, tanaman serai memiliki klasifikasi sebagai berikut, dikutip dari Cronquist, 1981:

  • Divisi : Magnoliophyta
  • Sub Divisi : Angiospermae
  • Kelas : Liliopsida
  • Bangsa : Cyperales
  • Suku : Poaceae (Graminae)
  • Marga : Cymbopogon
  • Jenis : Cymbopogon nardus (L.) Rendle.

Nama Daerah Bunga Serai

Diberbagai daerah di Indonesia, tanaman serai memiliki nama nama yang berbeda beda, nama tanaman serai tersebut diantaranya.

Sere mongthi orang Aceh menyabutnya, orang Gayo menamainya sere, sedangkan orang batak menamainya sangge sangge, Minangkabau mengenal nama serai dengan nama batawi, Sarae (Lampung), sedangkan orang Sunda menyebutnya sereh dan kedong witu (sumba).

Orang Ambon menamainya serai dan lauwariso orang Seram menyebutnya sedangkan orang Jawa menyebutnya sere. Sedangkan sereh in English adalah Lemongrass.

Nusa Tenggara mengenal serai dengan nama see, nau sina atau bu muke. Sulawesi mengenal nama serai dengan nama tonti atau sare sedangkan di Maluku dikenal dengan nama hisa atau isa. Sedangkan orang Kalimantan mengenal nama serai dengan nama belangkak, senggalau atau salai.

Kandungan Senyawa Bunga Serai

Bunga serai mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol. Dari kadungan senyawa tersebutlah tersimpan banyak manfaat bunga serai untuk kesehatan.

Selain itu, bagian lain dari tanaman serai, yakni pada bagian daunnya mengandung minyak atsiri dari berbagai macam senyawa, sehingga minyak atsiri daun serai memiliki bau khas, sehingga cocok untuk dijadikan penyedap rasa.

Manfaat Sereh Atau Serai Secara Umum

Secara umum tanaman serai digunakan untuk bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Selain digunakan sebagai bumbu daput, serai bermanfaat sebagai anti radang, menghilangkan rasa sakit dan melancarkan sirkulasi darah.

1. Manfaat Daun Serai

Daun serai sendiri memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk disinfektan. Selain bermanfaat untuk kesehatan juga mampu digunakan untuk mengusir nyamuk dan parfum karena baunya yang khas.

2. Manfaat batang serai

Nah selain daunnya ada khasiat batang serai untuk kesehatan, diantaranya untuk meredakan sakit kepala, otot, batuk, nyeri lambung, haid tidak teratur dan bengkak setelah melahirkan.

3. Manfaat Akar Serai

Akar tumbuhan serai dipakai sebagai peluruh air seni, peluruh keringat, peluruh dahak,
bahan untuk kumur, dan penghangat badan.

Selanjutnya minyak sereh banyak digunakan sebagai bahan pewangi sabun, spray, disinfektan, dan bahan pengkilap.

Manfaat Bunga Serai Untuk Kesehatan

Bunga serai memiliki beberapa manfaat sebagai berikut.

1. Campuran Bahan Makanan

Sejak zaman dahulu, bunga seri terutamaa bunga serai merah digunakan secara luas sebagai bahan makanan. Bila ditambahkan bunga serai akan menambahkan cita rasa yang nikmat, sehingga makanan yang dicamputi bunga serai akan lebih sedap dan enak untuk dikonsumsi.

2. Untuk Menghangatkan Tubuh Saat Musim Hujan

Manfaat bunga serai yang selanjutnya adalah dapat anda gunakan untuk membantu anda dalam menghangatkan tubuh dikala musim dingin atau hujan.

Cara mengolahnya pun cukup mudah,siapkan bunga dan daun atau batang tanaman serai, jangan lupa gula merah. Pertama bunga dan daun serai direbus hingga mendidih kemudian masukkan gula merah.

Bila langkah diatas sudah anda lakukanm selanjutnya tuang pada gelas dan minum selagi hangat. Olahan tanaman serai tersebut dapat membantu anda menghangatkan tubuh dikala cuaca sedang turun.

3. Mengobati Diare

Manfaat sereh yang ketiga dapat anda gunakan untuk mengatasi diare. Seperti yang telah anda ketahui, diare merupakan salah satu penyakit yang biasa dialami oleh masyarakat diIndonesia.

Penyebab dari diare sendiri adalah virus dan bakteri yang dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan. Cara mengolah bunga serai untuk mengobati diare hampir samaa dengan cara mengolah nya untuk menghangatkan tubuh, yakni dengan direbus.

4. Mengatasi Gangguan Pada Pencernaan

Khasiat bunga serai bagi kesehatan dapat anda gunakn untuk mengatasi gnagguan pada pencernaan anda. Masalah yan umum dialami adalah sakit perut dan masuk angin, serta kram pada perut.

Dalam bunga serai merah terkandung senyawa yag bermanfaat untuk mengobati diare dan sakit perut. Untuk itu apa salahnya anda mencoba memanfaatkan obat hebal yang satu ini, arena bunga serai dapat mengeluarkan gas dalam lambung serta mengurangi produksi gas dalam lambung.

5. Antikanker

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan, karena dapat merenggut nyawa seseorang penderita.

Dalam bunga serai merah terkandung antioksidan, dimana anti oksidan tersebut berperan dalam pencegahan kanker.

Kegunaan antioksidan sangatlah beragam , salh satunya dapat mencegah penuaan dini dan mencegah timbulnya berbagai penyakit. Dimana hal tersebut dibuktikan dnegan mengkonsumsi bunga serai merah sekitar seratus gram. Diketahui kandungan senyawa bunga serai merah tersbut dapat merusak sel kanker.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Manfaat bunga serai merah yang selajutnya dapat ada gunakan untuk memperbaiki sistem saraf. Dimana minyak esensial dari bunga serai mera dapat meningkatkan serta menguatkan sistem saraf.

aranya tinggal siapkan minyak serai merah dan oleskan pada permukaan tubuh, pengolesan tersebut bertujuan untuk menghangatan dan melemaskan otot otot.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi disebabkan oleh berabagai faktor, untuk mengatasinya dapat anda gunakan bunga serai merah yang cukup ampuh dalam menurunkan tekanan darah serta menjaga sirkulasi darah.

Dengan rutin mengkonsumsi olahan teh bunga serai merah, cukup membantu anda dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Meredakan Nyeri

Selain berguna untuk menurunkan tekanan darah, bunga serai diketahui memilliki sifat analgesic, dimana bunga serai tersebut dapat membantu anda mereedkan berbagai jenis nyeri dan peradangan serta sakit akibat nyeri.

Peradangan dan nyeri tersebut diantaranya, sakit gigi, nyeri sendi, nyeri lutut serta nyeri otot. Dengan menggunakan serai dan jeruk anda dapat mengatasi berbagai nyeri dalam tubuh karena adanya manfaat serai dan jeruk untuk mengatasi nyeri.

9. Detoks Racun

Nah sedikit info untuk anda, bahwa bunga serai merah diketahui memiliki manaat untuk detoks racun. Manfaat tersebut dihasilkan karena kandungan senyawa didalamnya. Selain iitu bunga serai merah dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil.

Bila racun dalam tubuh di detoks, maka akan membuat organ seperti hati, ginjal serta kandung kemih bersih dan terhindar dari berbagai zat beracun.

10. Membantu Mengusir Nyamuk

Dalam bunga serai terkandung senyawa citronella, dimana senyawa tersebut memiliki bau yang bergitu khas. Maka dari itu diolahlah bunga serai tersebut menjadi minyak wangi yang umumnya digunakan pada bayi untuk mengusir nyamuk. Selain berguna untuk mengusir nyamuk, bunga serai juga dapat menghangatkan tubuh bayi.

Manfaat Bunga Serai Merah

1. Untuk Menjaga Keindahan Kulit

Manfaat serai terutama ada bagian bunganya ialah mampu anda gunakan untuk menjaga kesehatan, kecantikan serta keidahan kulit.

Selain itu bunga serai sering dimanfaatkan untuk mengurangi jerawat karena sifatnya yang menyegarkan. Khasiat lain dari serai merah adalah minyak seai dapat anda balurkan keseluruh bagian tubuh anda agar tubuh terasa lebih hangat saat musim dingin.

Cara Mengolah Bunga Serai

1. Cara Membuat Teh Serai

Siapkan beberapa bahan berikut, seperti dua batang serai, madu, kayu manis, dan air sekitar 100 hingga 300 ml. Pertama cuci semua bahan hingga bersih. Pipihkan batang serai tadi dengan cara ditumbuk.

Bila langkah diatas sudah anda lakukan rebus semua bahan diaas ddengan air kurang lebih selama 20 menitan. Jika sudah anda dapat menyaring rebusan tadi, uusahkan minum dalam keadaan hangat.

Nah itulah beberapa rangkuman mengenai manfaat dari bunga serai, selain berguna untuk kesehatan ternyata bunga serai digunakan oleh masyarakat untuk ilmu ghaib.

Baca Juga : Manfaat musim Hujan

Bunga serai memang sulit untuk didapatkan, karena tanaman serai cukup langka dalam berbunga, maka dari itu ketimbang memanfaatkan bunganya yang sulit dicari, sebaiknya gunakan daun atau batangnya saja, karena banyak manfaat daun dan batang serai untuk keshatan.

Sekian dulu artikel dari kami megenai tanaman serai, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda. Jangan lupa simak berbagai khasiat dari tanaman untuk keseahatan anda, seperti manfaat daun kopasanda

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here