Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan, Wajah, Bayi dan Efek Samping

Manfaat Bunga Telang
Gambar Bunga Telang atau Kembang Telang (Clitoria ternatea) – Sumber: Google.com

Manfaat Bunga Telang | Sudah sejak dahulu, negara Indonesia dikenal sebagai negara yang mempunyai keanekaragaman tumbuhan terbesar didunia, ada sekitar 90.000 lebih jenis tumbuhan yang dapat tumbuh di Indonesia. Akhir akhir ini di Indonesia semakin populer mengenai manfaat bunga telang atau nama latinnya clitoria ternatea, khasiat tanaman telang, terutama bagian bunganya untuk menjaga kesehatan sangat banyak.

Meskipun nama ilmiahnya clitoria ternatea, bukan berarti tanaman telang berasal dari pulau Ternate, Maluku Utara, sampai sekarang bunga telang belum dapat dipastikan berasal dari daerah mana. Kembang telang termasuk tanaman yang dapat dengan mudah tumbuh tanpa patokan suhu, ketinggian tanah dan curah hujan tertentu

Apa Itu Tanaman Telang

Tumbuhan telang tumbuh menyebar di berbagai belahan dunia beriklim tropis dan subtropis di benua Asia dan Pasifik, Amerika dan Karibia, Afrika, dan Australia. Untuk asal muasal tanaman telang tidak dapat dipastikan kebenarannya, menurut salah satu versi, tanaman tersebut berasal dari wilayah Asia yang beriklim tropis.

Versi lain menyebutkan tanaman telang berasal dari Asia Tenggara, dan ada juga veri yang menyebutkan bahwa tanaman telang berasal dari Karibia, Amerika tengah dan Meksiko.

Tumbuhan kembang telang dapat tumbuh dengan cepat, mampu tumbuh diberbagai tempat dengan berbagai suhu, curah hujan dan ketinggian. Tanaman telang tumbuhnya merambat dan dapat tumbuh dengan cepat. Dapat tumbuh ditanah liat maupun berpasir.

Nama Daerah Bunga Telang

Disetiap daerah di Indonesia, bunga telang mempunyai nama yang berbeda beda, seperti di Jawa disebut kembang teleng, menteleng, di Sulawesi disebut bunga talang, bunga temen raleng, dan di Maluku disebut bisi, seyamagulele, sedangkan di daerah Sumatera disebut bunga biru, bunga kelentit, bunga telang.

Ciri Ciri Kembang Telang

a. Ciri Ciri Batang Tanaman Telang

Batang kembang telang agak menanjak atau tegak dan memanjat dengan tinggi antara 20 hingga 90 cm, terdapat bulu halus pada batangnya. Tanaman telang termasuk tanaman merambat.

b. Ciri Ciri Daun Tanaman Telang

Dalam tanaman telang, tiap batangnya berdaun tiga hinga lima, anak daun berbentuk lonjong, dengan permukaan atas daun tidak berbulu dan permukaan bawah daun terdapat bulu yang tersebar, panjang tangkai daun hingga 4 cm, kelopak daun berwarna ungu hingga hampir putih.

Daun telang berwarna hijau dengan tepi rata dan pangkal meruncing, kisaran panjang daunnya yakni 2 hingga 7 cm dengan lebar antara 1 hingga 4 cm.

c. Ciri Ciri Akar Kembang Telang

Akar pada tanaman telang termasuk akar tunggang dan berwarna putih kotor. Struktur dari akar bunga telang yaitu leher akar, batang akar atau akar utama, ujung akar, serabut akar.

d. Ciri Ciri Bunga Telang

Bunga telang termasuk kedalam bunga tunggal, bentuknya mirip dengan klitoris atau salah satu bagian dari genital perempuan, buahnya sendiri berbentuk pipih memanjang dan tidak terdapat bulu, berwarna biru nila dengan warna putih atau kekuningan dibagian tengah.

Taksonomi Bunga Telang

Dikutip dari Budiasih 2017, taksonomi tumbuhan telang sebagia berikut:

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Tracheophyta
  • Infrodivisi : Angiospermae
  • Kelas : Mangnoliopsida
  • Ordo : Fabales
  • Familia : Fabacea
  • Genus : Clitoria L
  • Spesies : Clitoria ternatea

Kandungan Senyawa Bunga Telang

Dalam tanaman kembang telang terkandung senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh, senyawa tersebut diantaranya flavonol glikosida, antosianin, flavon, flavonol, asam fenolat, senyawa senyawa terpenoid dan alkaloid, serta senyawa senyawa peptida siklik atau siklotida.

Manfaat Bunga Telang Menurut Beberapa Penelitian

1. Budiasih 2007

Dalam penelitian yang dilakukan Budiasih 2007 terdapat banyak sekali manfaat bunga telang, seperti berperan sebagai antioksidan, antibakteri, anti inflamasi dan analgesik, antiparasit dan antisida, antidiabetes, antikanker, antihistamin, immunomodulator, dan potensi berperan dalam susunan syaraf pusat.

2. Suarna 2005

Dalam kembang telang terkandung senyawa antioksidan yang tinggi, namun pada umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai obat mata, obat untuk menghilangkan dahak pada bronkitis kronis, menurunkan demam, serta iritasi kandungan kemih dan saluran kencing.

Manfaat Bunga Telang Menurut Tradisi India

Dalam pengobatan tradisional India, disebutkan beberapa manfaat telang bagi kesehatan, diantaranya :

  • insomnia, epilepsi, disentri, keputihan, gonorrhea, rematik, bronkhitis, asma, maag, tuberkulosis paru, demam, sakit telinga
  • Berbagai penyakit kulit seperti eksim, impetigo, dan prurigo, sendi bengkak, kolik, sembelit, infeksi kandung kemih, membantu memperlancar menstruasi, melawan racun ular dan sengatan kalajengking.
  • Khasiat bunga telang menurut pengobatan herbal India juga dapat mengobati obat cacing, pencahar, diuretan, pendingin, dan juga daoat berperan sebagai antiperiodik atau obat untuk mencegah terulangnya penyakit kambuhan seperti malaria.
  • Selain itu, bunga telang juga disebutkan dalam kitab Ayuverda, peran bunga dalam kitab tersebut adalah sebagai campuran herbal yang dipercaya berkhasiat untuk meremajakan otak, menyembuhkan gangguan neurologis, meningkatkan serta mempertahankan kecerdasan.

Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan

1. Manfaat Bunga Telang Untuk Bayi

Keberadaan bunga telang di Indonesia, khususnya masyarakat Betawi memanfaatkannya mengobati mata bayi, yakni bunga telang dipakai untuk menjernihkan mata bayi. Selain itu di negara Myanmar campuran jus bunga telang dan susu digunakan untuk menyembuhkan sakit mata.

2. Baik Untuk Organ Hati

Manfaat kembang telang yang selanjutnya dapat menjaga kesehatan organ hatiDikutip dari Al-Asmari dkk 2014, menjelaskan bahwa semua bagian bunga telang, mulai dari daun, biji hingga bunga telang dimanfaatkan oleh masyarakat Arab saudi untuk mengobati penyakit hati atua liver.

3. Meredakan Nyeri Sendi

Dikutip dari Juan dkk 2003, bahwa manfaat bunga telang dan daunnya yang biasa digunakan oleh masyarakat Madagaskar adalah untuk meredakan dan mengobati nyeri pada sendi.

4. Terdapat Antioksidan

Meningkatnya sterss oksidatif sangat berperan pada terjadinya berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit kanker, untuk mencegahnya dibutuhkan antioksidan. Menurut sejumlah penelitian, asupan antioksidan mampu mencegah terjadinya penyakit yang berhubungan dengan stres oksidatif.

Mekanisme atau cara kerja antioksidan untuk mencegah stress oksidatif pada makhluk hidup berlangsung melalui berbagai mekanisme, seperti penangkapan radikal bebas, penghambatan enzim oksidatif, sebagai pengkelat ion logam, dan sebagai kofaktor enzim antioksidan.

Dalam bunga telang terkandung senyawa antioksidan, maka dari itulah mengapa ada manfaat bunga telang untuk mencegah kanker, dimana hal tersebut telah dibuktikan oleh studi yang dilakukan oleh Vankar dan Srivastava 2010, dimana ada aktivitas antioksidan dari 15 jenis bunga menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang merupakan salah satu dari bunga yang memiliki aktivitas antioksidasi paling tinggi.

5. Meringankan Diabetes

DM atau diabetes mellitu adalah gangguan metabolik ditandai dengan terjadinya gula dalam darah yang tinggi atau hiperglikemia, gangguan metabolisme lipoprotein dan terjadinya metabolisme protein yang abnormal, disebabkan karena terganggunya kerja dan sekresi insulin.

Mekanisme atau cara kerja ekstrak bunga telang sebagai antidiabetes diperkirakan melalui peningkatan sekresi insulin, dimana mekanisme tersebut mirip dengan glibencamide atau obat diabetes komersial.

Manfaat bunga telang khususnya ekstrak bunga telang sebagai antidiabetes suda dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Chusak dkk 2018, dimana pemberian ekstrak air bunga telang secara oral sebanyak 400 mg/kg berat badan kepada tikus uji mampu menurunkan glukosa serum dan glikosilasi hemoglobin, serta meningkatkan insulin serum, glikogen otot hati dan tulang.

Selain penelitian tersebut, manfaat telang sebagai hipoglikemia juga dibuktikan oleh penelitian Borikar dkk, 2018, dimana Campuran bunga telang dan buah delima mampu menghasilkan aktivitas antidiabetes setara dengan obat diabetes jenis metformin.

6. Antikanker

Untuk melawan sel kanker, setidaknya ada empat langkah dari suatu komponen zat untuk melawan kanker, seperti aktivitas antipoliferasi atau mencegah dan menghambat sle kanker menyebar, menghambat angiogenesis atau terbentuknya pembuluh darah baru, induksi apoptosis atau sel kanker melakukan bunuh diri dan mencegah metastasis.

Didalam bunga telang terdapat aktivitas suatu komponen zat untuk melawan kanker, yakni aktivitas antiproliferasi, Manfaat bunga telang sebagai antikanker telah dibuktikan oleh penelitian Neda dkk 2013, dimana dalam penelitian tersebut melaporkan bahwa ektrak bunga telang memiliki potensi dalam menghambat lini sel kanker payudara MCF 7.

Selain itu aktivitas antiproliferatif ekstrak hidrofilik dan lipofilik ekstrak bunga telang tehadap sel kanker laring juga telah diteliti oleh Shen dkk 2016.

7. AntiPeradangan

Radang atau inflamasi merupakan usaha perlindungan yang dilakukan tubuh untuk menghilangkan rangsangan berbagaya, seprti sel yang rusak, bakteri, iritasi dan mulai proses penyembuhan suatu luka.

Untuk mengatasi peradangan, dibutuhkan bahan antiperadangan yang mempunyai kemampuan analgesik yang dapat mempengaruhi sistem saraf untuk mengurangi dan bahkan menghambat sinyal nyeri ke otak.

Manfaat bunga telang atau kembagn telang sebagai antiinflamasi telah diteliti oleh Suganya dkk 2014, dimana terdapat aktivitas antiperadangan secara in vitro dari ekstrak etanol bunga telang, dalam penelitian tersebut menunjukkan bahawa kinerja dari ekstrak bunga telang setara dengan aspirin.

8. Menyembuhkan Asma

Pengertian asma adalah gangguan peradangan kronis pada saluran pernafasan yang membuat pendertianya mengaami batuk serta sesak nafas. Manfaat bunga telang dalam pengobatan tradisional India dipercaya mampu meredakan batuk dan anti asma.

Penelitian mengenai khasiat bunga telang sebagai anti asma akhir akhir ini telah diterbitkan, seperti dikutip dari penelitian Singh dkk 2018, dalam penelitiannya dilaporkan bahwa pemberian ekstrak bunga telang dengan dosis 100 hingga 400 mg/kg berat badan hewan uji dapat mengobati asma akut serta kronik dan meredakan batuk.

Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ekstrak bunga telang yang terstandar berpotensi sebagai terapi alternatif dalam penanganan asma yang diinduksi oleh alergi.

9. Anti Bakteri

Terdapat banyak bakteri merugikan yang biasanya menempati beberapa organ tubuh kita, seperti bakteri Escherchia coli, Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus, Streptococcus mutans, Lactobacillus casei, dan Salmonella typhimirium. Bakteri bakteri tersebut tentunya menimbulkan masalah yakni dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Terdapat manfaat bunga telang sebagai antibakteri yang disebabkan karena ekstrak methanol dari bunga tersebut yang dapat menghambat berbagai jenis bakteri, salah satunya salmonella typhi.

Aktivitas antibakteri dari bunga telang telah dilaporkan oleh beberapa penelitian, seperti penelitian yang dilakukan oleh kamilla dkk 2009, Uma dkk 2009, dan Mahmad dkk 2018, bahwasannya eskterak etanol bunga telang mempu menghambat pertumbuhan tiga bakteri patogen yang paling banyak ditemukan pada permukaan, yakni Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus and Escherichia coli.

10. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Manfaat bunga telang juga memiliki efek heparoprotektif atua mencegah kerusakan organ hati, dalam penelitian yang dilaporkan oleh Nithianantham dkk 2013 bahwa tikus uji dinduksi asetaminofen secara berlebihan yang menyebabkan rusaknya organ hati.

Dalam percobaan tersebut menunjukkan bahwa tikus yang diberi ekstrak bunga telang sebanyak 200 mg/kg, mengalami penurunan kadar keempat senyawa indikator kerusakan hati.

11. Pewarna Makanan Alami

Sejak dahulu, selain dianggap sebagai tanaman hias tumbuhan telang terutama bunganya dikenal secara tradisional sebagai obat untuk mata dan pewarna makanan yang memberikan warna biru.

Warna biru dari bunga telang menunjukkan keberadaan dari antosianin. Antosianin adalah zat warna alami yang bersifat sebagai antioksidan yang terdapat dalam tumbuh tumbuhan. Jadi selain sebagai pewarna alami, bunga telang yang mengandung antosianin juga memberikan manfaat sebagai antioksidan.

12. Mencegah Depresi

Pengertian dari depresi sendiri adalah sebuah penyakit mental yang mampu mempengaruhi kesehatan fisik, perilaku serta perasaan. Depresi mampu menyebabkan gangguan kesehatan dan emosional pada penderitanya.

Selain ada manfaat bunga telang untuk kesehatan, juga ada manfaat akar telang bagi kesehatan, salah satunya sebagai antidepresi, khasiat akar telang tersebut disebabkan karena kandungan saponin, alkaloid, flavonoid, asam lemak, triglukosida, fenol dan betasitosterol didalamnya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Rai dkk 2002, menyatakan bahwa akar telang mampu berperan sebagai antidepresan karena terbukti dapat meningkatkan jumlah asetikolin dan aktivitas asetilkolinesterase pada otak.

13. Mengatasi Cacingan

Menurut data dari departemen kesehatan Republik Indonesia tahun 2008, infeksi cacing di Indonesia sangat tinggi yaitu berkisar antara 45% hingga 80%. Untuk mengatasi cacing tersebut, diperlukan obat antelmintik, yakni obat yang mampu bekerja secara lokal untuk mengeluarkan cacing dari saluran gastrointestinal dan membasmi cacing dewasa.

Manfaat kembang telang terutama bagian daunnya dapat membasmi cacing atau antelmintik, menurut studi yang dilakukan oleh Salhan dkk 2011, ia menguji khasiat daun kembang telang sebagai antelmintik dengan menggunakan etanol dan air pada dosis 100 mg / ml.

Selain itu, menurut studi yang dilakukan Nirmal dkk, membuktikan bahwa akar telang mengandung kandungan antelmintik tertinggi karena waktu yang dibutuhkan untuk
mematikan cacing sangat singkat.

14. Anti Katarak

Penyakit katarak sendiri merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kebutaan pada seseorang. Dalam bunga telang terkandung aktivitas antioksidan yang tinggi, dimana senyawa antioksidan tersebut sangat efektif untuk mengurangi pembentukan katarak.

Antioksidan dalam bunga telang disebabkan karena didalamnya terkandung senyawa antosianin yang cukup tingi bila dibandingkan antosianin dari bunga lain, maka dari itulah mengapa ada manfaat bunga telang untuk mengurangi katarak.

Penelitian yang dilakukan oleh Kusrini dkk 2017, membuktikan bahwa manfaat ekstraksi bunga katarak sebagai antikatarak dengan konsentrasi 5% berpotensi untuk meluruhkan katarak.

15. Melancarkan Buang Air Kecil

Cara konsumsi bunga telang untuk memperlancar buang air kecil cukup mudah, tinggal rebus sekitar 0,3 gram akar telang yang sudah di keringkan terlebih dahulu, rebus dengan empat gelas air, tungu hingga tersisa dua gelas saja. Jika sudah,, diamkan hingga dingin lalu konsumsi dua kali sehari masing masing segelas.

16. Mempercepat Penyembuhan Luka

Dalam ekstrak bunga telang terkandung flavonol glikosida dan senyawa fenolik, maka dari itulah mengapa ada manfaat kembang telang untuk merawat dan mempercepat penyembuhan lukanya.

Manfaat Bunga Telang Untuk Kecantikan

Ada beberapa khasiat bunga telang bagi kecantikan, salah satunya untuk wajah, selain untuk wajah, ada juga manfaat bunga telang yang lainnya, diantaranya.

1. Memperlambat Penuaan Dini

Selain khasiatnya untuk kesehatan, ternyata ada manfaat bunga telang untuk wajah, dimana bunga telang biasanya dipakai untuk campuran kosmetika, hal tersebut disebabkan karena aktivitas antioksidna yang mampu mencegah penuaan dini.

Manfaat telang tersebut telah dibuktikan oleh penelitian Zakaria 2018, dimana ekstrak bunga telang melindungi sel-sel kulit dari tekanan oksidatif yang diinduksi oleh hidrogen peroksida dan sinar ultraviolet, yang membuatnya mampu mencegah penuaan dini, seperti dapat memperlambat kulit keriput.

2. Mencegah Kegemukan

Kegemukan atau obesitas merupakan suatu hal yang berkaitan dengan pembentukan jaringan lemak, untuk mencegah kegemukan dibutuhkan sebuah bahan aktif yang mempunyai kemampuan untuk menghambat adipogenesis atau pembentukan jaringan lemak.

konsumsi bunga telang secara rutin terutama teh bunga telang dapat mencegah obesitas. manfaat teh bunga telang cocok untuk diet dengan bahan herbal.

Dalam bunga telang terkandung senyawa yang berperan sebagai anti adipogenesis, maka dari itulah mengapa ada manfaat bunga telang untuk mencegah obesitas, dimana aktivitas anti pembentukan jaringan lemak dari bunga telang telah dilaporkan dalam penelitian Chayaratanasin dkk 2019.

3. Mencegah Keputihan

Keputihan merupakan salah satu masalah yang biasanya dialami oleh kaum hawa, dimana penyebab dari keputihan tersebut salah satunya adalah adanya jamur candida albicans.

Dalam bunga telang terkandung senyawa antijamur, maka dari itulah mengapa ada manfaat bunga telang untuk mengatasi keputihan, dimana sebuah studi yang dilakukan oleh kamilla dkk 2009, menunjukkan bahwa ekstrak metanol bunga telang dapat menghambat pertumbuhan jamur candida albicans.

4. Mengobati Bisul dan Jerawat

Manfaat bunga telang untuk wajah yang selanjutnya adalah mampu mencegah jerawat dan bisul, cara mengolah bunga telang untuk mengatasi masalah yang satu ini cukup mudah.

Cara pertama tumbuk beberapa bunga telang dengan gula jawa, pakai hasil tumbukan tadi sebagai obat balur di daerah kulit yang terkena bisul, sedangkan untuk mengatasi jerawat cukup haluskan akar, bunga atau daun telang lalu oleskan pada bagian jerawat.

Manfaat Teh Bunga Telang

1. Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Manfaat teh bunga telang mampu membasmi racun dalam tubuh dan pencernaan. Cara konsumsi bunga telang cukup mudah, pertama seduh bunga telang kering sebanyak lima kuntum dengan air panas, tunggu beberapa menit dan jangan lupa tambahkan lemon atau madu didalamnya.

Cara Mengeringkan Bunga Telang

Dikutip dari Mulangsri 2019, cara mengeringkan bunga telang dapat dikeringkan dengan matahari langsung atau dengan menggunakan oven. Cara mengeringkan terlebih dahulu pilih bunga yang masih utuh, cuci dengan air mengalir dan tiriskan.

Setelah ditiriskan, hamparkan bunga telang diatas kertas lalu anda dapat menjemur dan mengeringkannya langsung dibawah sinar matahari langsung tanpa harus ditutupi dengan kain hitam. Pengeringan dimulai pada jam 8 pagi hingga jam 12 siang, lakukan peneringan bunga telang dengan sinar matahari selama 2 hari berturut turut jika cuaca cerah.

Cara mengeringkan bunga telang yang selanjutnya dengan menggunakan oen pada suhu 50 derajat celsius, lakukan selama dua jam. Jika sudah dikeringkan, simpang bunga telang kering dalam wadah plastik dengan rapat, karena walau sudah kering, sifat bunga telang akan kembali menjadi layu.

Cara Menanam Bunga Telang

Seperti yang telah kami jabarkan diatas, bahwa kembang telang dapat hidup diberbagai tempat, ketinggian, suhu, curah hujan, dan dapat tumbuh dengan cepat atau fast growth, maka dari itu cara menanam bunga telang cukup mudah yani dengan menabur biji.

Cara menanam kembang telang dengan menabur biji cukup dengan menyemai bijinya atau bisa langsung disebar kelahan yang akan dipakai untuk menanam kembang telang.

Karena sifat tumbuhnya bunga telang sangat cepat sekali tumbuh, maka kita hanya perlu menyiraminya secara rutin, terutama saat proses percambahan sekitar lima hari jangan biarkan tanah tempat tumbuhnya mengering. tanaman telang akan tumbuh baik dibawah sinar matahari penuh.

Efek Samping Kembang Telang

Untuk Efek samping kembang telang sendiri sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikannya, namun sebaiknya jangan berlebihan dalam mengonsumsi bunga telang karena dapa menyebabkan muntah.

Namun bagian lain dari tanaman kembang telang, yakni pada bagian akarnya memiliki efek sampign yakni jika berlebihan dapat menyebabkan sakit perut, kolik, dalam dosis berlebih dapat menyebabkan turunnya kesadaran dan kehilangan daya ingat disertai dengan rasa gelisah.

Apa Ada Bahaya Bunga Telang Untuk Mata Bayi

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa bunga telang dimanfaatkan oleh orang Indonesia, terutama masyarakat Betawi unutk merawat mata bayi, namun alangkah baiknya kita tetap berhati hati dalam menggunakan bunga telang.

Dalam menggunakan bunga telang untuk mata bayi sebaiknya kita berhati hati dengan cara bersihkan hingga benar benar bersih bunga telang yang akan digunakan hingga konsultasikan terlebih dahulu pada ahlinya, agar kita tidak perlu takut mengenai efek samping bunga telang.

Simak Juga: Manfaat Purwaceng

Nah sekarang sudah agak mengerti bukan mengenai manfaat bunga telang dan efek samping kembang telang untuk kesehatan tubuh kita, jangan lupa simak artikel lainnya pada blog ini, seperti manfaat buah maja

Tinggalkan komentar