18 Khasiat Dan Manfaat Daun Adas Untuk Kesehatan Dan Ibu Menyusui

Manfaat Daun Adas
Daun Adas – Sumber : Google.com

Manfaat Daun Adas | Kekayaan dan keanekaragaman hayati di Indonesia sangat lah banyak, masyarakatnya pun memanfaatkannya untuk kebutuhan hidupnya sehari hari, mulai dari dimanfaatkan kayunya untuk meubel, dimakan buahnya hingga untuk pengobatan tradisional.

Salah satu tanaman yang digunakan untuk obat herbal adalah tanaman adas. Adas atau nama latinnya Foeniculum vulgare Mill, merupakan salah satu komoditi yang banyak diperdagangkan di dunia untuk pengobatan herbal dan bumbu masak. Tinggi tanaman adas yang telah berbunga mencapai 2 m.

Apa Itu Daun Adas

Daun adas berasal dari tanaman adas dan nama latinnya adalah Foeniculum vulgare L, Tanaman tersbeut banyak ditanam di Indonesia, India, Eropa dan Jepang karena mempunyai banyak manfaat dan khasiat.

Sebenarnya tanaman adas berasal dari dari Eropa Selatan dan Asia, dan merupakan tanaman tahunan. Tanaman ini tumbuh subur di daerah dengan ketinggian 10 hinngga 1800 meter di atas permukaan laut dan dapat tumbuh juga di dataran rendah. Adas akan tumbuh baik pada tanah berlempung, tanah yang cukup subur dan berdrainase baik, berpasir.

Menurut Albert-Puleo, tahun 1980, menyatakan bahwa flavonoid pada tanaman adas dianggap dapat memicu sekresi susu pada kelenjar mammae, menstruasi, dan memudahkan proses kelahiran.

Ciri Ciri Daun Adas

Daun adas memiliki ciri sebagai berikut, Daun tanaman adas bentuknya jarum yang tersebar, warna daunnya hijau sampai biru dan panjangnya 1 hingga 14 cm, pelepah daun berbentuk silinder terbuka dengan panjang 2 sampai 15 cm.

Kandungan Senyawa Daun Adas

Dalam daun adas terkandung beberapa senyawa yang berperan baik dalam menjaga kesehatan tubuh, senyawa tersebut seperti alkaloid, saponin, tanin, flavanoid, kolin, lutein, zeaxantin, anetol, asam rosmarinic, asam klorogenik, terpen, triterpenoid dan glikosida.

Selain itu adas juga mengandung beberapa mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, mineral tersebut diantaranya, kalsium, zat besi, seng, fosform, natrium, potasium, selenium, magnesium, sodium.

Dalam adas juga terkandung beberapa vitamin yang cukup kompleks, seperti vitamin A, vitamin B, Vitamin C1 dan vitamin B1, B2, B3, B5, vitamin E serta vitamin K.

Khasiat Tanaman Adas

Umumnya tanaman adas berguna untuk mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan tubuh seperti penyakit dada, ginjal, punggung, kanker usus, perut kejang, gangguan pencernaan, radang usus,masalah susah tidur, menambah bobot, dan gangguan pernafasan.

Manfaat Daun Adas Untuk Kesehatan

1. Mampu Meningkatkan Produksi ASI

Khasiat daun adas yang pertama yakni mampu membantu ibu ibu yang sedang menyusui buah hatinya. Selain mampu meningkatkan sekresi ASI, dalam daun adas banyak sekali kandungan gizi yang baik untuk perkembangan bayi.

Daun adas dikenal oleh masyarakat sekitar lereng pegunungan merbabu untuk dimanfaatkan sebagai salah satu sayuran yang mampu melancarkan, meningkatkan produksi dan sekresi air susu ibu. Jika sekresi air susu tersebut meningkat maka akan berpengaruh baik kepada proses tumbuh kembang anak pada awal kehidupan.

Dikutip dari Partodihardjo, 1992 Tanaman adas mengandung bahan aktif bersifat estrogenik yang berperan mengembangkan saluran-saluran susu dalam kelenjar pada hampir semua spesies. Hormon estrogen juga dapat merangsang pertumbuhan saluran susu dan alveoli kelenjar air susu.

2. Baik Untuk Tumbuh Kembang Anak

Pemberian Air susu bukan hanya untuk menambah berat badan, namun berperan juga untuk memberi gizi kepada otak, menstimulasi otak secara otomatis untuk mencukupi kebutuhan perkembangan keterampilan, kecerdasan, mental, emosi dan sosial anak.

Bila sekresi air susu ibu cukup baik, maka hal tersebut akan berdampak baik pada tumbuh kembang anak pada tahap kehidupan awal, karena anak tersebut mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Dikutip dari penelitian yang telah dilakukan oleh Dwi Yovi Yana, tahun 2017, bahwa pemberian infusa daun adas sebanyak 1 ml setiap 2 kali perhari di pagi dan sore hari selama 15 hari pada induk tikus putih (Rattus sp.) dapat meningkatkan berat badan dan panjang tubuh anakan tikus putih.

3. Mengobati Infeksi

Penyakit infeksi merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak diderita oleh penduduk di Indonesia. Dikutip dari Gibson, 1996, Salah satu penyebab penyakit infeksi yaitu bakteri. Bakteri yang sering kalo menyebabkan Infeksi adalah bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli atau E.Coli.

Maka dari itu, untuk menghambat pertumbuhan bakteri tersebut dibutuhkan antibiotik, salah satu antibiotik alami dapat kita temukan pada daun adas.

Dikutip dari penelitian Indah Nur Fitriana, 2013, menyimpulkan bahwa terdapat aktivitas antibakteri ekstrak etanol daun adas (Foeniculum vulgare Mill.) terhadap pertumbuhan Staphylococcus aureus ATCC 6538 dan Eschericia coli ATCC 11229 secara in vitro dimulai dari konsentrasi 20%, 40%, 60%, 80%, 100%b/v.

4. Menjaga Kesehatan Kandung Kemih Dari Infeksi

Infeksi kuman Staphylococcus saprophyticus biasanya menyebabkan infeksi saluran kemih pada wanita, oleh karena itu daun adas bermanfaat untuk menjaga kesehatan kandung kemih dari infeksi yang disebabkan oleh bakteri tersebut.

5. Sumber Antioksidan

Daun dan buah adas terkandung beberapa senyawa yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan suatu senyawa yang mampu menangkal radikal bebas.

Senyawa tersebut yang berperan sebagai antioksidan diantaranya flavonoid dan minyak atsiri. Namun kandungan antioksidan dalam daun adas jauh lebih sedikit ketimbang pada bagian tumbuhan adas yang lainnya.

6. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Nah selain bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas karena terkandung antioksidan, daun adas dan buahnya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Hal tersebut bukan semata mata hanya mitos, karena dalam daun adas terkandung zat dan senyawa yang berperan baik untuk menjaga jantung agar tetap sehat, senyawa tersebut diantaranya, kalium, serat, vit C serta asam folat.

Selain itu kandungan gizi seperti yang telah kami jabarkan diatas mampu menurunkan trigliserida, dan juga mampu menurunkan kolestrol LDL.

7. Meregenerasi Sel Sel Pada Pembuluh Darah

Jika sel sel pembuluh darah yang rusak bisa segera meregenerasi, maka hal tersebut akan berdampak baik untuk kesehatan janntung.

Maka dari itu, agar regenerasi pembuluh darah dapat berjalan dengan baik dan cepat, maka manfaatkan daun adas. Selain berkhasiat meregenarai pembuluh darah, dalam daun adas juga terkandung vitamin B, dimana vitamin B tersebut mampu mencegah kerusakan pembuluh darah.

8. Mampu Mempertajam Penglihatan

Seperti yang telah anda ketahui, bahwa mata merupakan salah satu organ terpenting, mata merupakan salah satu indra untuk melihat. Semakin bertambahnya usia, kesehatan dan ketajaman mata pun berkurang karena berabgai faktor.

Untuk itu anda memerlukan vitamin A, supaya kesehatan mata tetap terjaga, Umumnya orang mengenal vitamin A bersumber dari wortel, namun tahukaha anda dalam daun adas terkandung vitamin A yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi daun adas dan buahnya secara rutin dapat membantu indra penglihatan kira lebih tajam.

9. Membantu Sistem Pencernaan

Manfaat daun adas yang selanjutnya adalah dapat kita gunakan untuk melancarkan sistem pencernaan. Bila sistem pencernaan berjalan dengan baik, maka tubuh akan cukup memperoleh asupan gizi.

Anda dapat mengolah daun adas dengan cara merebusnya lalu meminum rebusan tersebut, cukup dengan minum secara rutin seminggu sekali. Dalam daun adas terkandunga cukup serat, dan serat tersebut otomatis akan melancarkan sistem pencernaan.

10. Mampu Mengobati Reumatik

Bila anda ingin terhindar dari reumatik, maka anda dapat mengkonsumsi tanaman herbal seperti buah dan daun adas. Dalam daun adas terkandung cukup gizi untuk mencegah dan mengatasi reumatik.

Cara mengolah daun adas pun cukup mudah, hanya dengan menyiapkan beberapa helai daun adas, lalu cuci terlebih dahulu, dan campurkan dengan 2 gelas air, setelah itu rebus hingga mendidih, bila telah dingin konsumsi ramuan tadi pada pagi atau sore hari.

11. Mampu Menambah Nafsu Makan

Bila nafsu makan berkurang otomatis tubuh akan menjadi kurus dan kekurangan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, untuk itu anda perlu mengkonsumsi daun adas.

Dengan memanfaatkan daun adas untuk meningkatkan nafsu makan, maka cara tersebut minim efek samping karena berasal dari tanaman herbal alami.

12. Membantu Memperbaiki Metabolisme Tubuh

Daun adas diduga mampu berperan untuk memperabiki metabolisme tubuh, hal tersebut bukan tanpa sebab, karena mengkonsumsi daun adas mampu melancarkan sistem pencernaan yang berkaitan dengan berat badan pada tubuh seseorang.

13. Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat daun adas berikutnya adalah dapat anda gunakan supaya tekanan darah dapat tetap terkonterol. Kandungan kalium serta kalium lah yang berperan penting terhadap tekanan darah pada tubuh manusia.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, karena berbagai penelitian telah membuktikan bahwa kandungan kalium dapat membantu meningkatkan kontraksi pada pembuluh darah. Selain itu kandungan natrium berperan untuk tekanan darah menjadi turun.

14. Mencegah kanker

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa dalam adas dan daunnya tekandung antioksidan, serta selenium yang menjadikan tumbuhan adas mampu mencegah munculnya kanker.

15. Meningkatkan Imun Tubuh

Kekebalan tubuh atau daya tahan tubuh perlu kita jaga, agar kedepannya tubuh tidak mudah terserang penyakit. Kandungan seperti antioksidan, selenium dan zat zat lainnya dalam daun adas, mampu memacu tubuh untuk meningkatkan produksi dan jumlah sel T,

Sel T sendiri dapat mencegah serta membasmi zat zat dari luar yang mampu menyebabkan suatu penyakit.

16. Anti Peradangan

Nah umumnya kita pernah merasakan sakit atau nyeri yang diakibatkan oleh infeksi ataupun peradangan. Maka dari itu anda dapat menggunakan daun adas untuk melawan infeksi serta peradangan tersebut yang mampu mengganggu aktivitas kita akibat rasa sakit dan nyeri.

Diketahui dalam daun adas terkandung senyawa seperti kolin serta anetol yang berperan sebagai antiinflamasi atau anti peradangan. Selain daun, bagian lain dari tanaman adas mampu mencegah reaksei alergi serta radang.

17. Anti Bakteri

Dalam daun adas terkandung berbagia zat yang berperan sebagai antibakeri, zat atau kandungan senyawa dalam daun adas telah terbukti mampu melawan dan membasmi bakteri berbahaya seperti salmonella dan bakteri E.Coli.

18. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain berperan sebagai antibakteri, diketahui dalam daun adas terkandung zat besi, kalsium dan mangan, yang menjadikan tulang kita semakin kokoh dan terhindar dari penegeroposan tulang.

Selain kandungan senyawa diatas, dalam daun adas dan buahnya terkandung vitamin K, dimana vitamin K tersebut berperan dalam membantu tubuh untuk menyerap kalsium yang diperlukan oleh tulang.

Cara Menanam Tumbuhan Adas

Tanaman adas dibudidayakan secara generatif atau benih. Benih dipanen dari buah yang sudah masak dengan kriteria berwarna hijau terang.

Cara Mengolah Daun Adas

1. Dengan direbus

Umumnya orang Indonesia memanfatkan daun adas untuk mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan dengan cara direbus.

Untuk cara merebus daun adas pun cukup mudah, ada berbagai cara yang dapat anda terapkan sendiri selain dengan cara direbus, yakni diolah menjadi garnis, lalap, salad, atau olahan sayur.

Sekian dulu artikel kali ini mengenai khasiat dan manfaat daun adas yang baik untuk kesehatan dan ibu menyusui yang telah terbukti oleh banyak peenelitian ilmiah. Tanaman herbal memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, namun karena kurang atau minimnya informasi mengenai manfaat tanaman tersebut, maka masyarakat jarang menggunakannya untuk obat herbal dan disepelekan begitu saja.

Jangan Lupa simak beberapa artikel lainnya yang berkaitan dengan manfaat obat herbal yang berasal dari tanaman disekitar kita, seperti manfaat daun ekor naga

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here