17 Manfaat Daun Afrika Untuk Kecantikan Kulit Wajah Dan Kesehatan

Manfaat Daun Afrika
Gambar Daun Afrika – Sumber : Google.om

Manfaat Daun Afrika | Seperti yang telah kita ketahui bahwa tanaman obat dapat menjadi salah satu sumber terbaik untuk menghasilkan berbagai macam obat. Tanaman obat sendiri merupakan tumbuhan yang salah satu ataupun lebih, dari bagian bagiannya mengandung zat yang yang bisa dipakai untuk tujuan pengobatan.

Pengobatan herbal di negara Indonesia semakin berkembang, salah satu faktor pendukungnya adalah banyaknya temuan obat herbal terbaru yang dapat menyembuhkan penyakit. Selain itu Meningkatnya pemakaian obat herbal dikarenakan penggunaan obat dari bahan kimia yang dapat menimbulkan efek samping.

Apa Itu Daun Afrika

Daun afrika berasal dari tanaman yang memiliki nama latin Vernonia amygdalina Delile. Daun tersbut umumnya dikenal dengan daun yang pahit. Tumbuhan afrika berupa semak yang tinggi puncaknya sekitar 3 meter. Tumbuh di beberapa negara di benua Afrika, termasuk daerah tropis.

Manfaat Daun Afrika ternyata sudah dikenal sejak zaman dahulu oleh masyarakat di negara Cina sebagai tanaman obat yang sangat mujarab. Mereka menyebut tanaman afrika sebagi Nan Fei Shu, ada juga sebagian di daratan Cina menyebutnya Nan Hui Ye. Konon tanaman ini digunakan oleh kalangan petinggi di lingkungan kekaisaran Cina sebagai obat untuk berbagai penyakit.

Ciri Ciri Tanaman Afrika

Tanaman Afrika biasanya dimanfaatkan untuk mengobati diabetes mellitus, tanaman tersebut memiliki ciri ciri sebagai berikut.

  • Kulit batang dari tanaman Afrika berwarna abu-abu atau
    coklat, kulitnya agak kasar dan memanjang secara longitudinal.
  • Selain itu bentuk daunnya lanceolate sampai oblong , rentang ukuran daun 28 cm kali 10 cm namun umumnya 10 hingga 15 cm kali 4 hingga 5 cm. Daun Afrika berwarna hijau sedang sampai hijau tua dengan rambut halus dengan bagian tepi bergerigi halus.
  • Kepala bunga yang kecil berwarna putih atau putih keunguan, bentuknya seperti thistle berukuran 9 mm dan membentuk seperti tandan dengan diameter 15 cm dan mengeluarkan bau harum pada malam hari.
  • Bunga mulai muncul antara bulan Desember hingga Maret dan di bulan Juli sampai Agustus kemudian buah matang pada bulan April-Mei dan Agustus sampai September. Buah Afrika sendiri berwarna coklat sampai hitam dengan panjang 1,5-3,5 mm.

Klasifikasi Tanaman Afrika

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi      : Angiospermae
  • Ordo       : Asterales
  • Famili     : Asteraceae
  • Genus    : Vernonia
  • Spesies  : Vernonia amygdalina.

Kandungan senyawa Daun Afrika

Pada daun Afrika terkandung beberapa senyawa seperti. golongan saponin, flavonoid, sesquiterpen lakton, dan glikosida steroid, sesquiterpen lakton seperti vernodalin dan vernoamygdalin dan glikosida steroid seperti vernonioside B1 dan vernoniol B1.

Dalam duan afrika juga terkandung senyawa tanin vernoniosida A1, A2, A3, A4, B1, B2, B3, flavonoid, luteolin, luteolin 7-O-ß-glucoronisida, luteolin 7-O-ß-glukosida, terpen, kumarin, asam fenol, lignan, xanthon, anthrakuinon, edotida, peptida.

Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

1. Mampu Membunuh Bakteri Yang Merugikan

Manfaat daun afrika yang pertama bagi kesehatan tubuh dapat digunakan untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri jahat yang merugikan.

Diketahui dari ekstrak etanol daun tanaman afrika (Vernonia amygdalina Delile) memiliki daya hambat terhadap bakteri Eserchia Coli atau disingkat E.Coli. Dimana dikutip dari Krisnaningsih dkk. Dalam penelitian Krisnaningsih tersebut bakteri Escherichia coli adalah bakteri Gram negatif dari golongan enterobacteria, banyak ditemukan dalam pencernaan manusia, hewan, tanah, air, dan udara.

Kemmapuan daun afrika dalam menghambat bakteri telah dibuktikan oleh beberapa penelitian diantaranya.

  • Penelitian pertama dikutip dari Penelitian yang dilakukan oleh Oboh dan Masodjie (2009), dimana dalam penelitiannya dibuktikan bahwa ekstrak air daun Afrika mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus serta Escherichia coli dengan zona hambat sekitar 0,8 cm.
  • Penelitian Kedua yang dilakukan oleh Ijeh and Ejike (2010). Penelitian tersebut menjelaskan daun taanaman afrika mengandung beberapa senyawa yang berkhasiat dan berguna untuk bahan baku obat sepertisaponin, flavonoid, tannin, alkaloid, niacin, anthraquinones, sesquiterpen lakton dan glikosida yang dapat berfungsi sebagai antibakterial.
  • Udochukwu dkk, 2015. dalam penelitiannya menjelaskan Daun afrika memiliki efek antibakteri pada beberapa bakteri yang resisten terhadap obat bahkan
    jamur.

2. Mencegah Penyakit Kardiovaskuler

Perlu anda ketahui bahwa menurut WHO, Penyakit kardiovaskuler telah menjadi penyebab kematian nomor satu secara global. Banyak orang yang meninggal dunia setiap tahunnya disebabkan karena penyakit kardiovaskular jika dibandingkan penyebab lainnya. Sekitar 17,3 juta orang meninggal akibat penyakit kardiovaskular pada tahun 2008, jumlah kematian yang diakibatkan kardiovaskular tersebut mencapai 30% dari total kematian manusia didunia saat itu.

Kardiovaskular atau gagal jantung merupakan suatu kondisi dimana fungsi jantung yang yang tidak normal, dimana jantung gagal memompakan darah secara adekuat untuk memenuhi kebutuhan metabolisme jaringan tubuh.

Untuk mengatasi maslaah gagal jatung tersebut dibutuhkan beberapa obat yang memiliki efek terapi terhadap gagal jantung yang bersifat inotropik positif. Nah untuk itu anda dapat memanfaatkan daun Afrika karena ekstrak etanol daun Afrika memiliki efek efek inotropik dan kronotropik positif yang dapat meningkatkan kontraksi dan denyut jantung secara bermakna jika dibandingkan dengan kontrol negatif.

Dimana hal tersebut telah diperkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh Ijeh dan Chukwunonso (2010), dalam daun Afrika terkandung senyawa vernonioside yang memiliki kemiripan struktur dengan digoksin, sehingga diduga daun Afrika memiliki khasiat inotropik dan kronotropik.

3. Mengatasi Diabetes

Manfaat daun Afrika untuk mengobati diabetes mellitus telah banyak dikuatkan oleh berbagai penelitian, diantaranya.

Akah dk, 2009. Dalam penelitiannya tersebut Daun afrika sebagai agen hipolipidemik yang mampu menormalisasi kelainan biokimia dan hematologi yang berkaitan dengan Diabetes Melitus sehingga dapat
dijadikan sebagai tambahan terapi diet dan terapi utama untuk Diabetes Melitus.

Selain itu menurut Owolabi dkk. (2013) menerangkan bahwa sejumlah pasien penderita diabetes dan hipertensi di negara Nigeria memanfaatkan herbal antidiabetes daun Afrika yang mengandung flavonoid.

Aktifitas antidiabetes tanaman Afrika tersebut disebabkan adanya kandungan senyawa flavonoid, dimana senyawa tersebut dapat merangsang sekresi atau penegeluaran insulin.

4. Anti Peradangan

Radang atau nyeri sering diartikan sebagai penderitaan yang disebabkan dari persepsi rangsangan yang menyakitkan. Nyeri sendiri bukan penyakit, namun nyeri adalah gejala yang umum serta menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dalam tubuh kita.

Ternyata daun Afrika memiliki efek analgesik atau antiperadangan, Hal tersebut juga diperkuat dengan penelitian yang dilakukan Ibrahim, 2009, dalam penelitiannya ekstrak etanol daun afrika yang diujikan pada tikus memberikan efek analgetik atau antiperadangan dengan hasil yang signifikan yaitu p<0,05 dengan takaran pemberian 100mg/kg secara intraperitonial.

5. Mengurangi Kadar Kolestrol Dalam Tubuh

Penyempitan dalam pembuluj darah arteri disebabkan oleh beberap faktor. faktor tersebut salah satunya menumpuknya kadar kolestrol jahat atau LDL didalam tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Vascullar health And Risk Management. dalam studi tersebut terbukti bahwa daun Afrika bermnafaat menurunkna jumlak lemak LDL sampai sebanyak 50%.

6. Mengobati dan Mencegah Asam Urat

Jika kerabat anda atau teman anda atau bahka anda sendiri mengidap asa urat, maka terapkan salah satu cara mengatasi asam urat tersebut dengan mengambil beberapa daun Afrika, karen daun Afrika dipercaya dapaat merangsang pembuangan asam urat lewat urin.

7. Mampu Menurunkan Berat Badan

Jika anda sedang dalam program diet, maka hal ini merupakan kabar baik bagi anda, pasalnya daun Afrika bermanfaat untuk diet. Beberapa orang mengalami berat badan berlebih disebabkan knsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak, serta kurangnya berolahraga serta metabolisme tubuh tudak lancar.

Untuk membantu menurunkan berat badan anda, cobalah pakai rebusan dari daun Afrika kering, dengan meminum air rebusan tai, membantu mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh, selian itu anda juga harus berolahraga secara teratur. Dengan menerapkan caara tersebut, maka berat badan dapat turun dengan cepat.

8. Membuat Tidur Lebih Berkualitas

Nah bila kamu menagalami masalah tidur, yakni tidur tidak nyenyak dan bekualitas, maka cobalah dengan memanfaatkan daun Afrika untuk mengatasi masalah tersebut.

Dengan cara mengkonsumsi rebusan teh daun Afrika kering, lalu minum segelas sebelum tidur, maka tidur akan lebih berkualitas, hal itu desebabkan karena kandungan senyawa yang ada apada daun Afrika mampu mengendalikan kerja otask, agar dapat beristirahat dengan baik.

9. Mengatasi Susah Buang Air Kecil

Susah buang air kecil atau diuretik merupakan gangguan yang kerap kali dialami oleh orang yang telah lanjut usia, untuk itu anda dapat membuatkan ramuan herbal dari daun Afrika untuk kerabat terdekat anda yang telah lansia.

Bagi lansia, mengkonsumsi rebusan daun Afrika segar, mampu mengurangi penyakit diuretik, tapi bila telah sembuh, sebaiknya hentikan mengkonsumsi rebusan daun Afrika.

10. Mengobati Penyakit Malaria

Penyakit malaria merupakan salah satu penyakit yang mematikan bila tidak segera ditangani, penyakit malaria ditularkan melalui gigitan nyamuk. Gejala penyakit tersebut seperti flu pada umumya, gejala yang lebih parah lagi menurunnya nafsu makan serta rasa menggigil.

Ada banyak tanaman herbal yang dapat digunakan Untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Selain memanfaatkan daun pepaya, anda juga dapat menggunakan daun afrika. Perta rebus daun afrika yang telah dikeringkan terlebih dahulu dengan lima gelas air, sisakan hingga segelas saja, lalu minum, jika terlalu pahit anda dapat menambahkan madu.

11. Menormalkan Kerja Organ Paru Paru

Selain mampu mengobati penyakit malaria, manfaat daun afrika yang selanjutnya dapat digunakan untuk menoralkan kerja organ paru paru, dengan mengkonsumsi daun afrika secara rutin, maka racun dalam tubuh hilang serta kerja paru paru enjadi lancar.

12. Mengatasi Kesemutan

Apakah kamu sering mengalami kesemutan?, jika iya, maka hal tersebut merupakan pertanda bahwa aliran darah anda idak lacar karena mengalami penyumbatan. Namun taukah kamu bahwa kesemutan sebetulnya tidak berbahaya bagi kesehatan, namun bila terjadi secara terus menerus, mungkin hal itu adalah pertanda kamu mengalami penyakit yang lebih serius.

Manfaat daun afrika dapat membantu mengurangi serta meredakan kesemutan, bahkan jika kamu mengkonsumsi secara rutin, maka geala kesemutan dapat sembuh secara total.

13. Menurunkan Serta Mengobati Demam

Jika kamu sedang mengalami demam atau panas tinggi, manfaatkan daun afrika untuk menurunkan bahkan mengobati demam panas tadi. Dengan menyeduh daun afrika lalu minum secara rutin hingga sembuh.

Ambil daun afrika yang masih segar lalu cuci hingga bersih terlebih dahulu, rebusan tersebut dapat diminum oleh segala usia, dari anak anak, remaja hingga orang dewasa.

14. Mengobati Infeksi Pada Tenggorokan

Selain mampu menurunkan demam, ternyata ada manfaa daun afrika yang lainnya, yakni mampu mengobati infeksi atau peradangan pada tenggorokan, dalam daun afrika terkandung berbagai zat yang berguna untuk membunuh kuman serta virus yang menyababkan infeksi pada tenggorokan.

Caranya pun cukup mudah, tinggal minum rebusan daun afrika secara rutin pada pagi dan sore hari, hingga peradangannya sembuh.

15. Membantu Menyembuhkan Sakit Kepala

Ternyata sakit kepala adapat diobati dengan daun afrika, dimana dengan merebus daun afrika dengan dua gelas air. lalu meminum rebusan tadi setelah dingin, maka sakit kepala dengan mudah akan sembuh.

16. Membantu Meningkatkan Kesuburan Pria Dan Wanita

Meskipun belum dibuktikan oleh penelitian ilmiah yang kuat, namun daun afrika dipercaya mampu meningkatkan tingkat kesuburan baik itu bagi kaum pria ataupun wanita.

Dimana, jika pria mengkonsumsi daun tersebut secara rutin diklaim mampu memperbaiki kualitas spermanya. Jika dikonsumsi wanita, maka daun afrika mampu mencegah timbulnya kista pada rahim.

17. Merawat Serta Menjaga Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat daun afrika untuk kecantikan dapat digunakan untuk menjaga kecanikan, dimana kecantikan kulit merupakan hal yang sangat diperhatikan oleh kaum hawa, dari sekian banyak cara untuk merawat serta menjaga kecantikan wajah, cobalah memakai daun afrika.

Daun afrika bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit karena didalamnya terkandung senyawa androfoli dan andrografin, dimana kedua senyawa tersebut efektif dalam mencegah serta mengurangi terjadinya penuaan dini serta infeksi kulit.

Segudang Manfaat Daun Afrika

walaupun terkenal akan rasanya yang pahit, sehingga daun tersebut juga disebut sebagai bittel leaf, tapi jangan salah sangka, karena melihat dari besarnya dan banyaknya manfaat daun tersebut, tidak menjadikan alasan bagi kamu untuk tidak mengkonsumsi tanaman obat herbal tersebut.

Banyak sekali bukan manfaat dari daun afrika, sama halnya dengan manfaat buah apel merah. Untuk itu manfaatkanlah obat herbal alami dalam mengobati berbagai penyakit, karena selain mudah ditemui disekitar kita, juga minim efek samping.

Sekian dulu artikel kali ini, jangan lupa simak artikel lainnya pada blog ini, seperti manfaat daun jarak

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here