18 Manfaat Daun Cengkeh Untuk Kesehatan Serta Masalah Kulit Wajah

Manfaat Daun Cengkeh
Daun Cengkeh – Sumber : Google.com

Manfaat Daun Cengkeh | Negara Indonesia sudah sejak zaman dulu terkenal akan kekayaan sumber daya alamnya yag melimpah. Sumber daya alam tersebut meliputi flora atau dunia tumbuhan ,aupun fauna atau dunia hewan. Indonesia memiliki kekayaan akan keanekaragaman hayati yang diperkirakan ada 40000 jenis tumbuhan.

Tumbuhan tersebut meiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk salah satunya adalah tumbuhan cengkeh. Dimana bagian dari tumbuhan tersebut bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan, terutama pada bagian daun dan buah cengkehnya.

Tumbuh tumbuhan bermanfaaat dalam bidang kesehatan,pertanian, perkebunan, bahan industri serta obat obatan. Salah satu bahan alami tersebut yang digunakan sebagi obat obatan adalah tanaman cengkeh.

Pengertian dari Tanaman cengkeh atau dalam bahasa latinnya Syzigium aromaticum adalah jenis rempah rempah yang dapat ditemukan di Indonesia dan digunakan sebagai obat obatan dan pada industri rokok.

Kebanyakan pada jaman dulu daun cengkeh hanya dibarkan berjatuhan begitu saja. Hanya dianggap sebagai limbah, tapi sekarang orang sudah banyak yang sadar bahwa ada manfaat daun cengkeh untuk kesehatan. Untuk mengambil manfaat dari daun cengkeh tersebut, biasanya melewati proses penyulingan.

Klasifikasi Tanaman Cengkeh

Tanaman cengkeh adalah tanaman banyak ditemukan dikawasan timur Indonesia seperti di Sulawesi Utara. Tanaman tersebut tergolong dalam family Myrtaceae. Tanaman cengkeh hidupp di dataran rendah, dengan ketinggian antara 200 hingga 900 meter diatas permukaan laut. Tanaman cengkeh sendiri tingginya mencapai lima hingga sepuluh meter.

Sifat khas dari tanaman cengkeh adalah semua bagian pohonya mengandung minyak atsiri. Termasuk pada bagian daunnya mengandung minyak atsiri yang bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut Tjitrosoepomo (2005) Tanaman cengkeh (Syzigium aromaticum) dalam sistematika tumbuhan (taksonomi) diklasifikasikan sebagai berikut:

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Maglionopsida
  • Ordo : Myrtales
  • Famili : Myrtaceae
  • Genus : Syzigium
  • Spesies : Syzigium aromaticum

Ciri dari daun cengkeh dapat dengan mudah dibedakan dengan daun tanaman lainnya. Ciri cirinya yakni daunnya kaku, berwarna hijau atau hijau kemerahan, daun yang masih muda berwarna kuning kehijauan bercampur dengan warna kemerah-merahan dan mengilap, berbentuk elips yang ujungnya runcing sedangkan sebelah bawah berwarna hijau suram.

Daun tunggal dan duduk berhadapan. Simpul ketiak daun cabang pertama tumbuh tunas-tunas yang menjadi cabang kedua, begitu pula selanjutnya sehingga tumbuh ranting-ranting (Najiyanti & Danarti, 2003).

Kandungan Daun Cengkeh

  1. Daun cengkeh mengandung komponen fenolik yang tinggi yaitu senyawa eugenol 70-80% senyawa ini bersifat antioksidan. Eugenol mempunyai sifat sebagai stimulan, anestetik lokal, karminatif, antiseptik dan antispasmodik (Nurdjannah, 2004).
  2. Senyawa eugenol merupakan komponen utama yang terkandung dalam minyak atsiri cengkeh. Eugenol mengandung senyawa aktif seperti saponin, flavonoid, tannin, dan minyak atsiri (Rorong, 2008).
  3. Daun cengkeh memiliki kandungan minyak atsiri 1-4%, dimana kandungan daun cengkeh tersebut bermanfaat untuk kesehatan dan dijadikan obat.
  4. Selain itu daun cengkeh mengandung saponin, alkaloid, flavonoid, glikosida, tannin dan minyak atsiri yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.
  5. Dalam daun cengkeh juga mengandung serat, vitamin K, vitamin C, mangan dan kalori.

Manfaat Daun Cengkeh Untuk Kesehatan

1. Sebagai Antioksidan

khasiat daun cengkeh yang pertama adalah sebagai anti oksidan. Komponen fenolik yang terkandung dalam daun cengkeh merupakan penghasil antioksidan alami. Antioksidan sendiri adalah zat yang dibutuhkan dan penting untuk tubuh dalam perannya untuk mendukung kegiatan sehari hari.

Kandungan senyawa antioksidan adalah salah satu senyawa yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, yang telah terbukti sebagi pelindung dai efek berbahaya yang diakibatkan dari radikal bebas.

Selain itu antioksidan diketahui dapat menurukan resiko kanker, obat sakit gigi, stroke, penyakit jantung dan lain lain. Sumber dari radikal bebas tersebut dapat berasal dari, asap rokok, asap yang dihasilkan kendaraan berbahan bakar fosil, Sinar matahari tengah hari yang menyengat, dan pembuangan sisa atau limbah hasil industri.

Bila dalam tubuh terdapat banyak kandungan radikal bebas, maka dapat dipastikan akan menimbulkan berbagai macam penyakit, apalagi orang yang memiliki antibodi yang lemah. Efek atau penyakit yang umum disebabkan oleh radikal bebas adalah kanker. Jadi karena hal tersebutlah manusia memerlukan yang namanya zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Kandungan antioksidan tersebut sering ditemukan pada bahan makanan yang alami atau berasal dari alami seperti sayur dan buah. Salah satu bahan alami tersebut yang mengandung antioksidan adalah daun cengkeh.

2. Melindungi Tubuh dari Kanker

Manfaat kedua dari daun cengkeh adalah dapat melindungi dari kanker. Seperti yang telah kami jabarkan pada poin pertama dari manfaat daun cengkeh diatas, bahwa kandungan antioksidan berperan untuk melawan radikal bebas.

Kandungan antioksidan paling utama yang dihasilkan dari senyawa eugenol yang bermanfaat menangkal radikal bebas. Kandungan dari vitamin C dalam daun cengkeh juga berperan sebagi penetralisir radikal bebas.

Selain dari kandungan eugenol dalam cengkeh, bahkan kandungan antioksidan dalam cengkeh 5 kali lebih efektif dibandingkan dengan jenis antioksidan lainnya dan vitamin E.

Radikal bebas dapat menyebabkan penyakit berbahaya karena jika radikal bebas tertumpuk dalam tubuh maka akan menyebabkan stres oksidatif dan dapat merusak kode DNA. Kedua hal tersebut dapat memicu berbagai penyakit kronis dan berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi dan lain lain.

3. Menjaga Kepadatan Tulang

Pengeroposan tulang umumnya dialami oleh orang yang telah lanjut usia, namun pada era sekarang orang yang masih muda pun ada yang mengalami perngeroposan tulang. Pengeroposan tulang bisa meningkatkan prosentase akan resiko osteoporosis.

Namun anda dapat mengatasinya dengan daun cengkeh. Kandungan mangan dalam daun cengkeh membantu proses pembentukan tulang . Jadi pada daun cengkeh memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan tulang.

Hal tersebut diperkuat dengan sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan dimana penelitian tersebut menghasilkan sebuah fakta bahwa senyawa aktif dalam daun cengkeh terbukti meningkatkan dan menjaga kepadatan tulang.

Selain itu senyawa fenolik seperti eugenol dalam daun cengkeh juga bermafaat untuk menguatkan tulang. senyawa tersebut didapatkan dari ekstrak hidrokarbon yang sangat membantu dalam kepadatan tulang dan kandungan mineral tulang.

4. Meningkatkan Sistem Immun Tubuh

Selanjutnya Daun cengkeh dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Daun cengkeh mampu membersihkan tubuh dari racun yang bebahaya dan mikroba. Dengan emngkonsumsi ekstrak daun cengkeh, maka hasilnya kesehatan tubuh akan meningkat.

Hal tersebut disebakan oleh kandungan senyawa yang membantu dalam meningkatkan seisten kekebalan tubuh dengan jalan meningkatkan jumlah sel darah putih untuk kekebalan tubuh.

5. Sebagai Antibakteri

Manfaat daun cengkeh untuk kesehatan yang kelima adalah sebagai anti bakteri. Kandungan flavonoid berperan dalam hal ini. Flavonoid merupakan senyawa polifenol yang memiliki fungsi sebagai senyawa antibakteri dengan cara membentuk senyawa kompleks terhadap protein ekstraseluler yang mengganggu integritas membran sel bakteri.

6. Mengurangi Efek Sakit Kepala

Daun cengkeh memiliki manfaat untuk menyembuhkan sakit kepala Anda dapat menerapkan cara berikut, pertama buat pasta mengunakan daun cengkeh. Selanjutnya anda dapat menambahkan sedikit garam batu dan tambahkan dengan segelas susu. Disarankan dengan air hangat. Jika sudah anda dapat meminumnya guna menyembuhkan rasa sakit kepala.

7. Mampu Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Selain bermanfaat untuk mengatasi sakit kepala, daun cengkeh juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Bila dikonsumsi, daun cengkeh dapat memperbaiki sistem pencernaan dengan cara merangsang enzim pencernaan.

Dengan mengkonsumsi daun tersebut maka berbagai macam masalah pencernaan misal iritasi lambung, disepsia, perut kembung dan penyakit perut lainnya dapat disembuhkan.

8. Melindungi Organ Hati

Kandungan antioksidan eugenol dalam daun cengkeh yang sangat itnggi baik untuk melindungi organ vital dalam tubuh dari efek radikal bebas dari luar. Organ yang terlindungi tersebut khususnya hati. Manfaat daun cengkeh untuk organ hati adalah untuk mengurangi radikal bebas dan meningkatkan antioksidan.

9. Mengontrol Kadar Gula Dalam Tubuh

Kelebihan gula darah atau diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan yang dapat memicu infeksi pada luka luar, sehingga luka tersebut sulit untuk sembuh, malah menyebabkan pembusukan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan pada daun cengkeh mampu mengendalikan kadar gula darah.

Dalam penelitian lain, ekstrak cengkeh baik pada sel otot manusia penderita diabetes. Mengapa daun cengkeh dapat mengendalikan kadaar gula?. Karena Dalam daun cengkeh dan nigecirin mampu meningkatkan penyerapan gula dari darah kedalam sel, meningkatkan sekresi insulin, serta meningkatkan fungsi sel sel yang memproduksi insulin. Dimana insulin adalah hormon yang berperan untuk memindahkan jumlah gula dari darah manusia ke sel.

Namun jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat dan diet supaya manfaat cengkeh bisa membantu menjaga kadar gula dalam tubuh secara maksimal.

10. Menyembuhkan Sinusitis

Sinusitis sendiri adalah peradangan atau inflamasi yang terjadi pada dinding sinus. Dinding sinus adalah rongga kecil yang isinya udara dibelakan tulang dahi dan pipi. Kandungan senyawa aktif yang ditemukan pada daun cengkeh mampu menyembuhkan penyakit sinusitis. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil ayang maksimal dai pengobatan alami ini.

11. Mengobati Batuk

Tahukah anda jika batuk merupakan sebuah respon alami tubuh sebagai upaya mempertahankan saluran pernafasan bila ada gangguan atau debu dati luar. Respon tersebut beguna untuk membersihkan penyebab iritasi seperti debu atau asap polusi dari luar yang masuk dalam tubuh agar dapat keluar dari paru paru.

Anda dapat mengobati penyakit batuk anda dengan bahan alami seperti daun cengkeh. Caranya yakni siapkan dan bersihkan beberapa lembar daun cengkeh. Lalu anda dapat menyeduhnya dengan air panas. Tunggu hingga agak dingin dan konsumsi selagi masih hangat supaya dapat mengeluarkan penyebab iritasi pada saluran pernafasan anda.

12. Menyembuhkan Luka Bengkak

Pembengkakan merupakan pembesaran yang terjadi pada tubuh bagian luar. Gejala yang ditimbulkan akibat pembengkakan yakni dapat menimbulkan rasa sakit, panas, warna kemerahan dan serta disfungsi.

Penyebab bengkak biasanya karena benturan, penyebab lain karena radang, neoplastik dan traumatik. Anda dapat menyembuhkan bengkak tersebut dengan mengkonsumsi seduhan daun cengkeh secara rutin dan teratur.

13. Daun Cengkeh Sebagai Anti septik Alami

Seperti yang telah kami jelaskan pada poin poin sebelumnya, jika daun cengkeh memiliki sifat antseptik yang digunakan utnuk mencegah infeksi. Caranya yakni dengan megoleskan ekstrak daun cengkeh ke bagian tubuh yang memar dan luka. Supaya tidak memicu munculnya iritasi anda dapat mencampurkannya dengan air.

14. Meredakan Stres

Aroma menenangkan pada daunsirih yang menenangkan sudah sejak zaman dahulu digunakan sebagai bahan terapi relaksasi. Karena aroma tersebut dapat mengurangi stres. Selain itu kandungagn eugenol yang ada pada daun cengkeh bermanfaat untuk merilekskan otot otot tubuh yang tegang yang diakibatkan dari stres.

Manfaat Daun Cengkeh Untuk Kecantikan

1. Daun Cengkeh Mampu Menyembuhkan Luka Kulit

Manfaat daun cengkeh yang pertama adalah dapat menyembuhkan luka luar pada kulit. Hal tersebut disebabkan karena dalam daun cengkeh mengandung komponen fenolik yang tinggi. Senyaa enolik tersebut yaitu senyawa eougenol sekitar 70 hingga 8o persen.

Eugenol mempunyai sifat stimulan dan antiseptik. Eugenol mengandung senyawa aktif seperti saponin, flavonoid, tannin, dan minyak atsiri.

Dimana Saponin yang berguna memicu pembentukan kolagen yang berperan dalam proses penyembuhan luka yaitu struktur protein yang berperan dalam proses penyembuhan luka.

Senyawa lain dalam cengkeh yakni Flavonoid merupakan senyawa polifenol yang memiliki fungsi sebagai senyawa antibakteri dengan cara membentuk senyawa kompleks terhadap protein ekstraseluler yang mengganggu integritas membran sel bakteri.

Flavonoid mempunyai sifat anti inflamasi dimana sifat tersebut dapat mengurangi peradangan serta membantu mengurangi rasa sakit, bila terjadi pendarahan atau pembengkakan pada luka.

Tannin bersifat antibakteri dan antioksidan serta mampu meningkatkan kerja sistem imun karena leukosit sebagai pemakan antigen lebih cepat diaktifkan. Minyak atsiri berguna mempercepat penggumpalan darah melalui proses penbentukan protein fenol menyebabkan presipitasi pada kulit yang terluka (Ruswanti, 2014).

2. Mengharumkan Pakaian

Selain untuk kesehatan, daun cengkeh juga bermanfaat dan dapat digunakan sebagai minyak pakaian untuk mengharumkan pakaian anda secara alami. Caranya yakni dengan mengeringkannya dan mengekstrakna menjadi minyak.

3. Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat dari daun cengkeh untuk kecantikan yang ketiga adalah untuk menghilangkan bekas hitam jerawat, Kebanyakan remaja putri kurang pede atau merasa terganggu penampilannya bila ada noda bekas jerawat.

Salah satu cara alaminya adalah dengan daun cengkeh. Daun cengkeh dapat menghilangkan noda bekas jerawat dikarenakan kandungan antiseptiknya yang sangat tinggi. Bila digunakan secara teratur, maka noda tersebut dapat hilang sampai kulit bersih kembali.

4. Manfaat Cengkeh Untuk  Gigi

Selain itu cengkeh juga bermanfaat untuk penyembuhan sakit gigi dan radang gusi, walaupun beberapa pihak masih meragukannya.

Manfaat Cengkeh Untuk Masakan

Selain beberapa manfaat diatas. Cengkeh pada umumnya digunakan untuk bumbu masak dikarenakan rasanya yang sedikit pedas dan memiliki aroma yang sedap. Orang eropa pada zaman dahulu ke Indonesia salah satunya untuk mengambil dan mengeksploitasi cengkeh.

Efek Samping Penggunaan Daun Cengkeh

Efek samping yang kami bahas pada kesempatan kali ini adalah efek sampig yang disebabkan karena mengkonsumsinya dengan dimakan atau diminum. Kebanyakan penggunaan cengkeh dalam makanan serta minuman masih dianggap aman. Namun perlu diketahui, jika mengkonsumsi daun cengkeh berlebihan maka akan menimbulkan beberapa yang tidak baik untuk kesehatan. Jika minyak daun cengkeh tidak sengaja tertelan, maka efek saming yang timbul diantaranya:

  1. Sakit perut
  2. Rasa perih pada tenggorokan dan hidung.
  3. Diare
  4. Sesak Nafas.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat daun Cengkeh yang luar biasa jika benar dalam pemakaiannya. Daun cengkeh memang mengandung banyak nutrisi yang berperan besar dalam menunjang kesehatan, mencegah penyakit, hingga bagus untuk kecantikan tubuh. Mungkin anda juga perlu menyimak manfaat daun jambu biji yang memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan dan kecantikan seperti halnya daun cengkeh.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan jika ada saran silahkan masukkan pada kolom komentar di bawah. Jangan lupa simak berbagai macam artikel mengenai manfaat alami, tumbuhan, daging, sayur, hingga nutrisi.

Simak Juga : Manfaat Daun nangka