Tak Disangka 27 Manfaat Daun Ciplukan Dan Buahnya Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Ciplukan
Daun Ciplukan – Sumber :Google.com

Manfaat Daun Ciplukan | Di Indonesia Pemakaian obat tradisional atau tanaman obat sudah berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu sebelum obat modern ditemukan dan dipasarkan. Obat tradisional ini digunakan untuk meningkatkan kesehatan, memulihkan kesehatan, pencegahan penyakit dan penyembuhan oleh masyarakat secara turun temurun. Salah satu obat tradisional tersebut adalah tanaman ciplukan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, terutama manfaat daun ciplukan untuk payudara.

Apa Itu Daun Ciplukan

Tanaman ciplukan cocok tumbuh di tanah yang subur, gembur, dan tidak tergenang air. Kondisi lapisan tanah bagian atas sangat berpengaruh terhadap kesuburan ceplukan. Ciri ciri daun ciplukan adalah daunnya tunggal, bertangkai, bagian bawah tersebar.

Kondisi daun yang atas berpasangan, helaian berbentuk bulat telur-bulat memanjang-lanset dengan ujung runcing, ujung tidak sama (runcing-tumpul-membulat-meruncing), bertepi rata atau bergelombang-bergigi, panjang 5 hingga 15 dan memiliki lebar 2,5 hingga 10,5 cm. Bunga tunggal, di ujung daun, simetris dan banyak.

Ciplukan tumbuh ditanah yang kosong, ciplukan yang tumbuh liar biasanya bersama dengan tanaman lain seperti ditempat yang ditanami kacang tanah, kedelai, atau tanaman jagung yang masih muda.

Kadangkala ceplukan ditemukan tumbuh di tepi hutan, pingir persawahan, tepi selokan dan beberapa tempat lain. Tumbuhan ciplukan mudah dan banyak ditemukan pada musim hujan. Oleh karena itu tanaman ceplukan cocok dibudidayakan di daerah yang agak basah atau lindung.

Ciplukan dapat hidup di dataran rendah hingga dataran dengan ketinggian sekitar 1.500 m dari permukaan laut. Jenis Physalis minima lebih menyukai tumbuh didataran tinggi yang sejuk, dengan suhu berkisar 15-300C dengan curah hujan hampir merata dan tanah cukup basah.

Tanaman ciplukan dapat ditanam di semua negara dengan iklim tropis terutama di Afrika, Asia, dan Amerika Tanaman ciplukan keberadaanya kerap kali dianggap sebagai tanaman hama, terutama di daerah persawahan dan sering kali dicabuti karena mengganggu tanaman sawah.

Padahal jika mengetahui khasiat ciplukan terutama daun ciplukan dan buahnya pasti malahan akan membiarkan tanaman tersebut tumbuh dan tidak menganggapnya sebagai tanaman liar.

Cara Menanam Ciplukan

Terapkan cara menanam ciplukan berikut untuk membudidayakan tanaman ini, yakni dengan cara perbanyakan tanaman secara generative yaitu dengan biji.

Biji disemai kemudian bibit dipindahkan ketempat penanaman. Pemeliharaan tanaman ini mudah, seperti tanaman lain dibutuhkan cukup air dengan penyiraman atau dengan menjaga kelembabab tanah. Disamping itu juga dibutuhkan pemupukan terutama pupuk dasar.

Klasifikasi Tanaman Ciplukan

Tanaman ciplukan atau nama latinnya Physalis angulata, memiliki klasigfikasi sebagai berikut:
Kingdom : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Sub divisio : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Bangsa : Solanales
Suku : Solanaceae
Marga : Physalis
Spesies : Physalis minima L.
Sinonim : Halicacabus indicus Rumphius.

Ciplukan Nama Latin, Nama Daerah dan Asing

Nama latin tanaman ciplukan adalah Physalis angulata L. Sedangkan Buah ciplukan in english dikenal sebagai cutleaf groundcherry, wild tomato, camapu, dan winter cherry.

Sedangkan untuk nama daerah tanaman ciplukan adalah keceplokan, ciplukan (Jawa), nyornyoran, yoryoran, (Madura), cecendet, cecendetan, cecenetan (Sunda), kopok-kopokan, kaceplokan, angket (Bali), leletep (sebagian Sumatra), leletokan (Minahasa), Kenampok, dedes (Sasak), lapunonat (Tanimbar, Seram), daun kopo-kopi, daun loto-loto, padang rase, dagameme, angket, dededes, daun boba.

Kandungan Senyawa Kimia Daun Ciplukan

Tanaman Ciplukan mengandung asam sitrat, Physalin terpen/ sterol, saponin, flavonoid dan alkaloid. Flavonoid, Fisalin B, Fisalin D, Fisalin, alkaloid dan terpenoid. Dari kandungan tersebutlah daun ciplukan berkhaisat untuk kesehatan termasuk untuk stroke.

1001 Khasiat Buah Ciplukan

Menurut Sediarso, Sunaryo H dan Amalia N tahun 2013, Manfaat buah ciplukan diantaranya dapat memperbaiki pencernaan, antiinflamasi, desinfektan, asma, batuk rejan, bronkitis, orkitis, bisul, borok, kanker, tumor, leukemia dan kencing manis.

Famili Solaneceae yang memiliki banyak efek farmakologi seperti hepatoprotective, immunomodulatory, antibacterial, antifungal, antiinflammatory, antitumor, cytotoxic activity, insect-antifeedant dan insectrepellent activities.

Manfaat buah ciplukan untuk kecantikan yakni aktivitas anti bakteri untuk mengatasi bakteri yang menyebabkan peradangan, peradangan tersebut merupakan penyebab munculnya jerawat serta bisul yang tentunya mengganggu kecantikan kulit wajah anda.

Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kesehatan

1. Antioksidan

Salah satu manfaat dari daun ciplukan karena khasiatnya yang dapat berperan sebagai Antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang mampu melindungi sel melawan kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

Antioksidan dapat bermanfaat untuk kesehatan diantaranya yakni Menguatkan kekebalan tubuh agar tahan terhadap flu, virus, dan infeksi, mengurangi munculnya berbagai jenis kanker, Anti-penuaan dari sel dan keseluruhan tubuh, mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh. Salah satu cara pembuatan obatnya pun tidaklah suit yakni:

Siapkan daun, buah serta batang ciplukan dan seliter air.
Bersihkan terlebih dahulu, lalu potong kecil kecil.
Rebus semua bahan tadi hingga tersisa setengah liter saja.
Saring terlebih dahulu dan konsumsi air hasil rebusan secara rutin pagi dan sore hari.

2. Untuk Diabetes

Tidak hanya dapat mengobati Antioksidan saja, namun daun ciplukan bahkan dapat menjadi obat untuk diabetes yang menjadi salah satu penyakit mematikan.

Penleitian yang dilakukan Sunaryo dkk (2012) menyimpulkan bahwa senyawa aktif dari fraksi kloroform herba ciplukan pada mencit memiliki efek antidiabetes serta dapat memperbaiki jumlah sel langerhans pankreas sebanding dengan glibenklamid.

Jadi bisa diambil kesimpulan manfaat daun ciplukan untuk diabetes karena senyawa aktif dari kloroform memiliki efek encegah diabetes. Cukup dengan mengkonsumsi air rebusan dari daun ciplukan ini untuk mengatasi diabetes, Khasiat untuk mengatasi diabetes juga dapat anda temui pada.

3. Mengatasi Penyakit Tifus

Daun ciplukan pun terbukti dapat menjadi obat bagi orang yang mengalami penyakit tifus. Penyebab tifus adalah bakteri Salmonella typhimurium yang ditandai dengan demam, mual, muntah, diare dan hilangnya nafsu makan. Kandungan antibakteri dalam daun ciplukan dapat meredakan batuk ini secara alami secara bertahap.

4. manfaat daun ciplukan untuk payudara

Jangan anggap Remeh Kanker payudara, karena meruapakan salah satu penyakit mematikan. Kandungan antioksidan dalam ciplukan seperti yang telah kami jelaskan diatas dapat mengurangi munculnya beberapa jenis kanker. Seperti salah satunya yakni kanker payudara.

Cara yang dapat anda terapkan untuk mencegah payudara yakni dengan dioles ke payudara, siapkann beberapa bahan seperti pucuk daun ciplukan masih muda, tnas kunyit serta parutan kelapa. Semua bahan tadi dibersihkan lalu dicampur , setelah itu lumatkan hingga halus. Tempelkan pada bagian payudara secara rutin.

5. Mengatasi Gondongan

Sebagai antiradang atau inflamasi yang berkhasiat, oleh karena itu daun ciplukan memiliki manfaat seperti masalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan yakni gondongan.

Gondongan adalah keadaan dimana kelenjar bagian bawah leher memebengkak dan menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Konsumsi rebusan daun ciplukan untuk mengatasi masalah tersebut.

6. Manfaat Daun Ciplukan Untuk Stroke

Ternyata tersimpan khasiat daun ciplukan untuk stroke selain dapat mengatasi penyakit lainnya seperti kanker. Stroke sendiri merupakan salah satu penyakit menakutkan bagi semua orang yang kadang keadiannya pun tiba tiba.

Penyebab stroke adalah aliran darah tidak lancar karena tersumbat oleh kolestrol, , Ikuti cara dibawah ini untuk merasakan khasitanya dalam mengatasi stroke.

siapkan beberapa lembar daun ciplukan dan bersihkan terlebih dahulu. nda daat menghaluskannya dengan blender dan tambahkan sedikit madu. Selain itu anda dapat memakannya langsung.

7. Mempercepat Penyembuhan Borok

Apakah anda sering mengalami borok karena disebabkan berbagai kecelakaan atau menggaruk kulit terlalu sering karena gatal. bagi anda yang seirng mengalami borok daat diatasai dengan daun ciplukan.

Anda dapat menerapkan cara berikut yakni tumbuk beberapa heali daun ciplukan lalu tambahkan sedikit air. Anda dapat mengoleskannya pada borok. Lakukan secara rutin agar borok cepat mengering.

8. Mengatasi Sariawan

Tentunya jika anda terkena sariawan terasa sakit dan mengganggu bukan, bagian mulut yang terkena sariawan terasa tidak nyaman. Sariawan disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C.

Untuk mengatasinya daun ciplukan mengandung vitamin C yang cukup banyak, jadi manfaa daun ciplukan ampuh untukmengatasi sariawan dengan rajin mengkonsumsi rebusan daun ciplukan atau menempelkan daun ciplukan dibagian sariawan.

9. Mencegah Penyakit Jantung

Dengan megkonsumsi secara rutin daun dan buah ciplukan akan memperlancar peredaran darah, dan mencegah enumpukan kolestrol yang dapat menyebabkan penyakit jantung, sehingga dapat terhidar dari penyakit jantung.

10. Mengatasi Masalah Kolestrol

Seperti yang telah kita ketahui bahwa keebihankolestrol dalam tubuh dapat berdampak kurang baik. Jika kelebihan kadar klestrol dalam tubuh akan menyebabkan peredaran darah itdak lancar lagi sehingga akan memicu munculnya enyakit stroke dan jantung yang mematikan.

Ternayata ada manfaat daun ciplukan untuk kolestrol jahat yang berbahaya. Dengan rajin mengkonsumsi rebusan daun ciplukan secara rutin akan menjadikan aliran darah lancar arena kadar kolestrol terkurangi.

11. Untuk Rematik

Tentunya bila seseorang mengalami masalah rematik, tubuh rsanya tidak mengenakkan, tanda tanda reamitk yakni rasa pegal pada anggota tubuh. Gejala rematik pada setiap orang tentunya berbeda beda, bergantung pada anggota tubuh mana yang diserang.

Sama seperti cara mengatasi jerawat, kita tinggal menghaluskan daun ciplukan hingga lembut, lalu tambahkan sedikit kapur sirih dan oleskan pada bagian yang terasa pegal.

12. Mencegah Paru Paru Basah

Kegunaan daun ciplukan sangatlah banyak seperti pada buahnya, dimana daun ciplukan berkhasiat untuk mengatasi masalah kesehatan pada organ paru paru, terutama paru paru basah agar enderita dapat menurunkan resiko kambuh lagi.

Konsumsi rebusan daun ciplukan dengan meminumnya secara rutin agar dapat mencegah kambuhnya penyakit paru paru basah.

13. Mengatasi Flu

Bila seseorang mengalami flu atau batuk tentunya sangat mengganggu, baik itu saat melakukakn kegiatan sehari hari sperti bekerja hingga kita mau beristirahpun terganggu.

Dalam daun ciplukan terkandung vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga batukpun dapat dihindari. Umumnya kita mengenal jeruk sebagai sumber vitamin C, namun anda dapat merasakan manfaat vitamin C yang ada pada daun ciplukan dengan cara merebusnya. Rebusan air daun ciplukan tadi dapat anda minum sehari harinya secara rutin agar terhindar dari flu yang bisa menyerang kapan saja.

14. Manfaat Daun Ciplukan Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seperti yang telah kita bahas diatas, bahwa dalam daun ciplukan terkandung efek antioksidan, antibakteri, Flavonoid serta kandungan Vitamin C.

Dimana semua senyawa dan efek tersebut saling bersinergi dalam menjaga daya tahan tubuh kita supaya tetap normal dan terhindar dari berbagai penyakit.

15. Mencegah Asma

Selain flu dan batuk biasa , daun ciplukan juga bermanfaat unutk menyembuhkan gangguan pada organ pernafasan seperti asma. Dengan merebus kombinasi daun dan batang tanaman ciplukan lalu konsumsi secara rutin dan rasakan manfaatnya.

Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kecantikan

1. Daun Ciplukan Untuk Mengatasi Jerawat Dan Bisul

Khasiat daun Ciplukan yang pertama untuk kecantikan yakni dapat mengatasi masalah jerawat dan bisul. Kandungan Antibakteri dan anti peradangan atau antiinflamasi dalam daun ceplukan membantu kulit dalam proses melawan bakteri dan peradangan sehingga kulit terhindar dari jerawat.

Selain itu kandungan antioksdan dalam daun ini uga berepran dalam mencegah munculnya jerawat dan bisul. Ada cara yang ampuh yang dapat anda tempuh, dengan menyiapkan beberapa daun ciplukan, bersihkan terlebih dahulu. Tumbuk hingga halus, anda apat mengoleskannya pada kulit yang terkena bisul.

2. Mencegah Penuaan Dini

Semua wanita tentunya tidak ingin terjadi penuaan dini pada kulitnya bukan. Nah kali ini ada manfaat daun ciplukan untuk mencegah penuaan dini.

Hal tersebut dikarenakan dalam daun ciplukan terkandung antioksidan yang akan melawan radikal bebas baik itu dari polusi atau sinar matahatri yang dapat menyebabkan penuaan dini. untuk itu manfaatkanlah obat alami seperti daun ciplukan gar terhindar dari penuaan dini.

Khasiat Lain Daun Ciplukan
Selain kegunaan diatas, daun ciplukan juga berguna untuk mengatasi masalah kesaehatan, diantaranya.

  • Mengatasi batu pada kandung kemih
  • Mencegah penyakit kanker
  • Sebagai Detoks tubuh
  • Mengobati vertigo
  • Mengatasi Batuk rejan atau pertusis
  • Mengatasi gangguan kelenjar getah bening.
  • Mencegah infeksi saluran kemih
  • Membantu melancarkan buang air kecil
  • Mampu menetralkan racun
  • Mencegah kerusakan sel tubuh.

Banyak sekali manfaat buah ciplukan dan daunnya bukan?. Untuk itu jangan ragu lagi dalam menggunakan obat herbal dalam mengatasi dan menyembuhkan berbagai masalah penyakit, baik itu penyakit luar maupun dalam

Bahaya Ciplukan

Sebenarnya daun ciplukan tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi dalam batas wajar. Munculnya bahaya cilukan bila kita mengkonsumsinya secara berlebihan seperti rasa mual terutama yang belum terbiasa karena rasanya, selainmual efek lain yaitu pusing.

Cara Mengolah

Sebenanrya masyarakat Indonesia umumnya mengolah daun ciplukan dengan dua cara, tergantung pada penyakit apa yang diobatinya. Jika direbus, lalu diminum air rebusannya untuk mengataasi penyakit dalam seperti untuk mengatasi stroke.

Namun bila cara megolahnya denganjalan dihaluskan lalu dioleskan ada bagian yang sakit, biasanya untuk mengatasi penyakit luar sperti untuk bisul dan jerawat.

Baca Juga: Manfaat Jambu Air

Itulah beberapa manfaat daun ciplukan untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat kami rangkum. Khasita obat herbal memang tidak diragukan lagi, selain mudah ditemukan dan murah,obat herbal juga memiliki efek samp;ing yang sedikit dibanding dengan obat kimia.

Begitu banyak khasiat tanaman ciplukan, termasuk manfaat buah ciplukanyang baik untuk kesehatan juga, khasiat obt herbal sangatlah banyak jika kita ulas karena kandungan senyawa dalam terutama daun ciplukan untuk stroke dan kanker payudara. Perhatikan pula dalam mengkonsumsinya agar tidak timbul bahaya ciplukan bagi tubuh.

Sekian dan terimakasaih atas kunjungannya, dan ucapan terimakasih kepada penulis jurnal penelitian yang telah dimuat dalam artikel ini. Jangan lupa seimak juga beberapa artikel mengenai tumbuhan, nutrisi dan kesehatan dalam blog ini.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here