16 Khasiat dan Manfaat Daun Dadap Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Dadap
Gambar Daun Dadap (Erythrina subumbrans) – Sumber: Google.com

Manfaat daun dadap | Indonesia adalah negara tropis yang kaya akan berbagai macam tanaman obat. Tanaman obat ini banyak dimanfaatkan untuk pengobatan herbal tradisional. Pengobatan tradisional di negara Indonesia telah di kenal masyarakat jauh sebelum ditemukannya obat obatan modern. Indonesia memiliki banyak spesies tanaman yang mempunyai khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan beberapa khasiat lainnya yang berguna bagi kesehatan manusia. Salah satunya adalah manfaat daun dadap yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

Khasiat daun dadap untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Maka dari itu simak baik baik beberapa manfaat dari daun dadap berikut ini.

Apa Itu Daun Dadap Serep

Dadap serep banyak ditemukan di Indonesia sampai Filipina. Tanaman dadap serep tumbuh pada tempat terbuka dan cukup air. Tumbuh didaerah pegunungan dengan ketinggian 1500 m diatas permukaan laut. Tumbuhan dadap semak berbentuk semak atau pohon yang tumbuh di daerah tropis dan sub tropis di seluruh dunia.

Sumber lain mengatakan bahawa Tumbuhan dadap serep berasal dari Asia tenggara dan banyak tersebar di Nusantara termasuk pulau Jawa. Tanaman dadap dapat tumbuh secara baik pada pelbagai keadaan tanah, sedikit berpasir dan berdrainase baik.

Kandungan Daun Dadap

Daun dadap mengandung beberapa senyawa yang baik bagi kesehatan, diantaranya:

  • Saponin
  • Flavonoida
  • Polifenol
  • Alkaloida Payudara
  • Tannin.

Ciri Ciri Dadap Serep

a. Ciri Ciri Batang Dadap Serep

Dadap serep merupakan tumbuhan berkayu dan ketinggian pohon mencapai 15 hngga 22 meter dengan diameter batang antara 40 hingga 100 cm. Batangnya tegak, bulat, percabangan simpodial, licin, berwana hijau berbintik bintik putih dan cabang tumbuh lurus.

b. Ciri Ciri Daun Dadap Serep

Ciri daun dadap merupakan daun majemuk, segi tiga, tepi rata, ujung meruncing, pangkal membulat hampir rata, bertangkai silindris, panjang daun antara 9 hingga 19 cm, dengan lebar daun 6 hingga 17 cm.

Warna daun dadap adalah hijau, beranak tiga helai daun, pertulangan menyirip dan jika diremas terasa lunak di tangan. Daun bagian atas lebih besar daripada kedua daun penumpu.

3. Ciri Ciri Bunga Dadap

Bunga dadap serep termasuk bunga majemuk, bentuk tandan, berada di ketiak daun, tangkai silindris, daun mahkota bunganya berwarna merah kekuningan, berbentuk terompet, benang sari halus, tangkai putik silindris, dan kepala putik bulat meruncing.

Klasifikasi Tumbuhan Dadap Serep

Menurut USDA 2011, tanaman dadap serep memiliki klasifikasi sebagai berikut:

  • Kingdom : Plantae
  • Subkingdom : Tracheobionta
  • Superdivision : Spermatophyta
  • Division : Magnoliophyta
  • Class : Magnoliopsida
  • Subclass : Rosidae
  • Order : Fabales
  • Family : Fabaceae
  • Genus : Erythrina
  • Species : Erythrina subumbrans.

Nama Latin Dan Daerah Dadap Serep

Dadap serep mempunyai nama latin yaitu Erythrina subumbrans, sedangkan nama sinonim yaitu Erythrina lithosperma Miq., Erythrina hypophorus Boerl, dan Eryhtrina secundiflora.

Diberbagai daerah, dadap serep mempunyai nama yang berbeda beda, seperti dijawa dikenal dadap serep, Masyarakat Melayu mengenalnya sebagai dadap minyak, Di Sunda dikenal dengan dadap cangkring, di Jawa tengah dikenal dengan dadap lenagan dan godong towo, sedangkan masyarakat Madura mengealnya dengan dhadahak cangkring.

Manfaat Daun Dadap Menurut Beberapa Penelitian

1. Desianti 2007

Khasiat daun dadap menurut penelitian tersebut diantaranya adalah sebagai antimikroba, antiinflamasi, antipiretik, dan antimalaria. Khasiat tersebut disebabkan karena kandungan senyawa saponin, tanin, flavonoid, polifenol dan alkaloid yang ada didalamnya.

2. Revisika 2011

Manfaat daun dadap serep diantaranya berkhasiat sebagai obat demam bagi wanita atau demam nifas, memperlancar ASI, perdarahan bagian dalam, sakit perut, mencegah keguguran, sedangkan kulit batangnya dapat digunakan sebagai pengencer dahak.

Manfaat Daun Dadap Untuk Kesehatan

1. AntiPeradangan

Peradangan atau inflamasi merupakan tindakan perlindungan yang berperan dalam melawan agen penyebab jejas sel dengan cara melarutkan, menghancurkan, atau menetralkan agen patologis. Rasa tidak nyaman dan nyeri dirasakan oleh orang yang mengalami peradangan.

Gejala dari proses terjadinya peradangan diantaranya rubor, kalor, tumor, dolor, dan functio laesa. Rubor, kalor, dan tumor pada peradangan akut terjadi karena peningkatan aliran darah dan edema.

Salah satu obat untuk mengatasi peradangan adalah daun dadap ayam, Karena kandungan alkaloida yang sifatnya mendinginkan. Manfaat daun dadap untuk mengobati peradangan telah dipakai masyarakat daerah Marabahan. Selain itu pengobatan herbal India dan China menggunakan daun dadap untuk mengobati nyeri sendi, biasanya dibuat menjadi jus daun dadap.

Studi yang dilakukan oleh Anwar dkk 2013, menyimpulkan bahwa infusa daun dadap ayam mempunyai aktivitas antiinflamasi pada mencit yang diinduksi karagenin. Infusa daun dadap ayam mempunyai kemampuan penghambatan radang dibanding kontrol negatif sebesar 54,72%.

2. Antibakteri

Manfaat daun dadap yang selanjutnya adalah dapat bertindak sebagai antibakteri, daun dadap mampu membasmi bakteri merugikan karena kandungan senyawa saponin dan senyawa Alkaloid yang ada didalamnya.

Dikutip dari Liana 2010, senyawa alkaloid pada tumbuhan berperan sebagai antibakteri karena dapat mengganggu pembentukan penyusunan peptidoglikan pada sel bakteri, sehingga lapisan dinding sel tidak terbentuk secara utuh dan menyebabkan kematian.

Khasiat daun dadap serep sebagai antibakteri telah dibuktikan oleh penelitian, dimana Ekstrak Etanol Daun Dadap Serep mempunyai efektivitas antibakteri terhadap pertumbuhan bakteri Salmonella typhi. Kadar hambat minimum yakni terjadi pada konsentrasi 50.000 ppm.

Selain penelitian diatas, khasiat daun dadap serep untuk membasmi bakteri juga telah dibuktikan oleh penelitian Rahman dkk 2018, dimana Ekstrak etanol daun dadap serep memiliki aktivitas antibakteri terhadap Escherichia coli.

3. Mengatasi Demam Tifoid

Pengertian dari demam tifoid adalah infeksi seisetemik akut, penyebabnya adalah bakteri salmoella entericaserotype typhi. Menurut data dari WHO, setiap tahunnya diperkirakan terdapat 21 juta kasus dengan 1-4 % kasus berakhit dengan kematian atau sekitar 216.00 kematian setiap tahunnya.

Manfaat daun dadap serep untuk mengatasi demam tifoid disebabkan karena khasiatnya yang berperan sebagai antibakteri yang dapat membunuh bakteri salmonella entericaseritype typhi.

4. Mampu Menurunkan Demam Anak

Demam sendiri adalah salah satu gangguan kesehatan yang hampir pernah dirasakan oleh setiap orang. Demam ditandai dengan kenaikan suhu tubuh di atas suhu tubuh normal yaitu 36 hingga 37 derajat celcius. Gejalanya adalah tubuh menggigil dan terjadi kemerahan pada permukaan kulit. Infeksi virus dan bakteri adalah penyebab utama dari demam.

Tumbuhan yang mempunyai aktivitas antipiretik atau antidemam adalah tumbuhan yang bermanfaat untuk menurunkan panas. Salah satu tanaman yang berkhasiat sebagai antipiretik adalah daun dadap, manfaat daun dadap sebagai penurun demam anak disebabkan karena terdapat kandungan flavonoid didalamnya.

5. Membantu Menyuburkan Pria

Spermatozoa adalah sel kelamin jantan yang memiliki bulu cambuk dan dihasilkan dalam spermatogenesis. Untuk dapat membuahi sel telur, syarat yang harus dipenuhi spermatozoa adalah bahwa kualitas spermatozoa harus baik. Kualitas spermatozoa adalah salah satu unsur penting untuk tingkat kesuburan pria.

Manfaat daun dadap ayam untuk pria adalah mampu membantu kesuburan pria, seperti yang dikutip dari penelitian Tjiphanata 2017, menyimpulkan bahwa dari hasil penelitiannya didapat bahwa ekstrak daun Dadap Ayam secara statistik dapat mempengaruhi bentuk morfologi spermatozoa secara signifikan.

6. Sumber Antioksidan

Seperti yang kita ketahui, bahwa radikal bebas merupakan penyebab dari penyakit mematikan yakni kanker, tekanan oksidatif yang berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan produksi radikal bebas dalam tubuh meningkat.

Hal tersebut berkibat dibutuhkannya tambahan antioksidan yang cukup untuk menanggulangi tekanan oksidatif yang tinggi sehingga dampak dari kerusakan sel sebagai akibat dari reaksi radikal bebas dapat diturunkan. Senyawa flaonoid dapat berperan sebagai antioksidan.

Flavonoid adalah golongan polifenol terbesar dan sangat efektif digunakan sebagai antioksidan. Potensi flavonoid sebagai antioksidan dikarenakan adanya gugus hidroksil yang dimiliki flavonoid akan terikat pada cincin aromatik yang menyebabkan adanya penangkapan radikal bebas dari reaksi pengoksidasi lemak.

Dalam daun dadap terdapat senyawa flavonoid, itulah mengapa ada manfaat daun dadap sebagai antioksidan, seperti yang telah dibuktikan oleh penelitian Chotimah 2019, Total kadar flavonoid ekstrak etanol daun dadap sebanhak 70%.

7. Membasmi Bakteri Merugikan

Manfaat daun dadap yang selanjutnya adalah mampu bertindak sebagai antibakteri, salah satu bakteri yang dapat dicegah dengan ekstrak etanol daun dadap adalah bakteri Escherichia Coli, dimana bakteri tersebut dapat menyebabkan diare.

Dikutip dari penelitian Rahman dkk 2018, bahwa ekstrak etanol daun dadap serep atau nama latinnya Erythrina lithosperma mempunyai aktivitas antibakteri terhadap Escherichia coli.

8. Mengatasi Asam Urat

Asam urat sendiri adarah hasil pembuangan dari pemecahan purin yang terkandung dalam DNA dari sel sel tubuh yang rusak dan diet protein, asam urat larut dalam air dan dikeluarkan oleh ginjal. Jika produksi berlebih serta kurangnya penegeluaran asam urat maka akan menyebabkan hiperurisemia.

Selain itu asam urat disebabkan oleh enzim xantin oksidae yang berperan mengkatalisi oksidasi hipoxantin dan menjadi asam urat, dalam daun dadap terkandung senyawa yang mampu menghambat encim xantin oksidae, maka dari itulah mengapa ada manfaat daun dadap untuk asam urat.

9. Anti Kanker Payudara

Kanker adalah penyakit yang menempati peringkat kedua sebagai penyebab kematian. Penderita kanker di Indonesia dari tahun ke tahun meningkat dan kanker payudara merupakan hal yang menakutkan bagi wanita.

Manfaat daun dadap untuk payudara dapat berperan untuk mencegah kanker payudara, karena seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa dalam daun dadap serep terkandung senyawa ntioksidan yang berperan sebagai antikanker.

Menurut penelitian Herlina dkk 2012, dalam daun dadap terkandung senyawa isoflavonoid dan steroid yang menunjukan aktivitas antikanker terhadap sel kanker payudara T47D secara in vitro.

10. Antimalaria

Setiap tahunnya lebih dari satu juta manusia di seluruh dunia meninggal akibat terinfeksi malaria dan diperkirakan hampir setengah dari populasi dunia berisiko terinfeksi malaria, dengan tingkat kematian tertinggi antara lain terjadi pada anak anak di bawah umur lima tahun.

Tumbuhan dadap ayam terutama daun dan batangnya telah lama dipercaya masyarakat Indonesia untuk mengatasi malaria. Manfaat daun dadap ayam sebagai anti malaria telah dibuktikan oleh penelitian Herlina dkk 2008, dimana dalam penelitian tersebut diisolasi senyawa triterpenoid pentasiklik daun dadap ayam, dan terbukti memiliki aktivitas antimalaria.

Dalam penelitian lanjutan oleh Herlina dkk 2012, juga menyebutkan bahwa senyawa turunan triterpenoid pentasikliki glikosida dari daun dadap ayam menunjukkan aktivitas sebagai antimalaria.

  • Manfaat daun dadap yang lainnya yakni:

  • Baik Untuk Ibu Hamil Dan Kandungan

  • Baik untuk Menjaga Kesehatan Bayi

  • Baik Bagi Lambung

Manfaat Daun Dadap Untuk Kecantikan

1. Mencegah Penuaan Dini

Penyebab proses penuaan dan penyakit degeneratif adalah pembentukan radikal bebas dan reaksi oksidasi pada biomolekul yang berlangsung sepanjang hidup, penyebabnya adalah paparan polusi, radiasi dan cahaya ultraviolet.

Dalam daun dadap terkandung senyawa yang bertindak sebagai antioksidan, antioksidan tersebut dapat mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini. Karena alasan tersebutlah mengapa ada manfaat daun dadap untuk wajah yakni mencegah penuaan dini.

Cara Mengolah Daun Dadap

1. Mengatasi Demam

Untuk mengatasi demam dengan manfaat daun dadap, pertama siapkan beberapa gram kulit serta cabang muda dadap serep diremas atua bisa juga ditumbuk, sedikit adas dan pulosari, seduh semua bahan tersebut dengan segelas air. Minum ramuan ini 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

2. Obat Nyeri Haid

Manfaat daun dadap serep untuk mengobati nyeri haid bisa didapatkan dengan cara mengolahnya sebagai berikut. Pertama siapkan sekitar 15 gram daun dadap, kemudian cuci terlebih dahulu lalu tumbuk. Pakai tumbukan tadi sebagai param pada bagian perut yang sakit kemudian dibalut.

Baca Juga: Manfaat purwaceng

Nah itulah beberapa manfaat daun dadap serep untuk kesehatan dan kecantikan, cara mengolahnya dan kandungan seyawa yang ada didalamnya, jangan lupa simak beberapa artikel lainnya pada blog ini yang berkaitan dengan manfaat tumbuhan, seperti manfaat daun telang

Tinggalkan komentar