19 Manfaat Daun Dewandaru Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Manfaat Daun Dewandaru
Daun Dewandaru – Sumber : Google.com

Manfaat Daun Dewandaru | Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang mempunyai keanekaragaman hayati, sehingga masyarakatnya mengolah nya menjadi berbagai macam obat herbal. Pemanfaatan dan pengembangan obat tradisional merupakan warisan turun temurun berdasarkan pengalaman, salah satu olahan obat herbal ada pada manfaat daun dewandaru.

Tumbuhaan Dewandaru juga menyebar ke Indonesia hingga kedaerah Jawa dan Sumatra. Dengan ciri ciri batangnya Batangnya tegak berkayu, berbentuk bulat, dan berwarna coklat.

Tanaman dewandaru atau nama latinnya Eugenia uniflora L merupakan tanaman perdu yang tumbuh menahu dengan dan mampu mencapai tinggi lebih dari 5 meter. tersebar luas di negara-negara Amerika Selatan terutama di Brasil, Argentina, Uruguay, dan Paraguay.

Tanaman Dewandaru merupakan salah satu tumbuhan yang diolah menjadi obat herbal tradisional oleh masyarakat Indonesia yang memiliki manfaat sebagai obat batuk,disentri dan memiliki aktivitas antibakteri.

Ciri Ciri Daun Dewandaru
Daun dewandaru memiliki ciri ciri sebagai berikut, dunnya berwarna hijau, merupakan daun tunggal, tersebar berbentuk lonjong dengan ujung runcing dan pangkal meruncing.

Tepi daun dewandaru rata, pertulangan menyirip dengan panjang lebih dari 5 cm dan lebar kurang lebih 4 cm. Buah dari tanaman dewandaru memiliki ciri yakni buahnya bulat dengan diameter kurang lebih 1,5 cm dan berwarna merah. Bijinya keras, berwarna coklat, dan kecil.

Sedangkan pada bagian bunganya mempunyai ciri khas berbentuk tunggal, berkelamin dua dengan daun pelindung yang kecil berwarna hijau. Kelopak bunga bertaju tiga sampai lima, memiliki banyak benangsari yang berwarna putih. Putik berbentuk silindris, makota bunga berbentuk kuku dan berwarna kuning.

Kandungan Senyawa Daun Dewandaru

Dalam daun dewandaru terdapat banyak kandungan senyawa yang baik untuk kesehatan anda, diantaranya flavonoid, saponin, tanin, flavonol, mirisetrin, senyawa atsiri, sitronela, sineol, terpenin, sesquiterpen, vitamin C, antosianinmirsitrin, kuersetin, kuersitrin katekin, galokatekin

Manfaat Daun Dewandaru Untuk Kesehatan

1. Menangkal Radikal Bebas

Banyaknya kandungan senyawa dalam daun dewandaru, membuat daun tersebut memiliki khasiat dalam menceah radikal bebas. Karena senyawa yang ada didalamnya saling bersinergi dalam mencegah radikal bebas dalam tubuh kita.

Penjelasan secara ilmiahnya karena adanya aktivitas antiradikal yang tinggi pada ekstrak kloroform, etil asetat, dan etanol yang dapat ditemukan pada daun dewandaru.

Selain itu terdapat juga Senyawa kimia yang tergolong dalam kelompok antioksidan dan dapat ditemukan pada daun dewandaru, antara lain berasal dari golongan polifenol, vitamin C, vitamin E, beta karoten, dan katekin.

2. Sebagai Antioksidan Alami

Perlu anda ketahui bahwa sistem antioksidan dalam tubuh kita ini dapat mengalami penurunan yang diakibatkan oleh rendahnya kualitas makanan yang mengandung antioksidan.

Untuk membantu mengatasi masalah ketidakmampuan sistem antioksidan dari dalam tubuh kita, maka seudah seharusnya kita mengkonsumsi tumbuhan yang memiliki senyawa alami yang berperan sebagai antioksidan. Salah satunya ada pada manfaat daun dewandaru.

Daun dewandaru merupakan sumber antioksidan tinggi, karena terdapat senyawa fenol dan polifenol dalam daun dewandaru bertanggung jawab terhadap aktivitas antioksidan.

Selain itu dalam Tanaman dewandaru mengandung flavonoid, saponin dan tanin. Flavonoid dan vitamin C merupakan sumber antioksidan.

3. Berguna Untuk Antibiotik

Manfaat daun dewandaru juga dapat berperan sebagai antibiotik alami. Antibiotik digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi akibat kuman. Antibiotik sendiri merupakan zat zat yang dihasilkan oleh jamur dan bakteri, yang memiliki khasiat mematikan atau menghambat pertumbuhan kuman.

Jadi bila ingin mencegah atau terkena infeksi tinggal tumbuk beberapa helai daun dewandaru, lalu tempelkan pada bagian infeksi maka infeksi pun akan cepat sembuh.

4. Menyehatkan Paru Paru

Salah satu bakteri yang menyebabkan kesehatan organ paru paru manusia adalah streptococcus pneumoniae, bakteri tersebut bersifat patogen terhadap manusia.

Untuk itulah gunakan daun dewandaru untuk menjaga organ paru paru anda tetap sehat, karena kandungan antibakteri dalam daun tersebut bermanfaat untuk membasmi bakteri streptococcus pneumoniae, yang juga telah terbukti secara ilmiah.

5. Mengobati Disentri Basillar

Penyakit Disentri basilar sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Shigella ketika terjadi infeksi pada usus besar. Dengan mengkonsumsi daun dewandaru secara rutin, maka anda telah berusaha dalam mencegah munculnya penyakit disentri.

Hal tersebut disebabkan karena dalam daun dewandaru bemanfaat sebagai antibakteri untuk membasi bakteri shigella penyebab disenteri pada usus besar manusia.

6. Membasmi Sel Tumor

Khasiat daun dewandaru yang selanjutnya yakni dapat anda pakai untuk membasmi tumor. Hal tersebut juga telah diperkuat dengan penelitian ilmiah.

Dalam penelitian yang telah dilakukan oleh Walker et al. (2005),pada penelitian tersebut menemukan fakta bahwa kandungan minyak atsiri dalam daun dewandaru memiliki aktivitas sitotoksik secara invitro terhadap sel tumor manusia.

7. Melindungi Organ Hati

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Hati merupakan organ metabolisme yang terbesar dan terpenting di dalam tubuh. Selain itu orgn hati juga berfungsi untuk menyimpan dan menyaring darah.

Untuk itu kita perlu menjaga kesehatanorgan hati kita dari penyakit hati, penyakit hati sendiri disebabkan oleh 2 faktor yakni dari konsumsi obat obatan terutama yang mengandung parasetamol dan dari mikroorganisme.

Dengan mengkonsumsi daun dewandaru, secara langsung kita telah berusaha dalam menjaga kesehatan organ hati, selain menghindari pemakaian obat obatan secara berlebih.

Hal tersebut disebabkan karena dalam daun dewandaru terdapat ekstrak etanol yang mampu menjaga organ hati. Selain daunnya buah dewandaru juga dapat mencegah penyakit dalam organ hati karena kandungan etil asetat didalamnya

8. Menurunkan Demam

Demam merupakan penyakit yang umum dialami oleh manusia, walaupun bukan penyakit mematikan, namun tentunya bila kita terserang demam akan mengganggu aktivitas sehari hari kita.

Untuk itu manfaatkan daun dewandaru dalam mengatasi demam. Daun dewandaru secara empiris dipakai untuk menurunkan panas serta penyakit perut.

9. Antibakteri

Manfaat daun dewandaru yang paling utama adalah dipakai untuk membasmi bakteri merugikan dalam tubuh (antibakteri).

Daun dewandaru banyak diterapkan untuk mengatasi masalah disentri yang diakibatkan oleh bakteri yang bernama Shigella pada usus besar manusia.

10. Mengobati Penyakit Perut

Umumnya penyakit perut atau diare disebabkan oeh pola hidup yang tidak sehat dan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Nah konsumsilah daun dewandaru secara rutin, maka anda telah berusaha dalam mencegah diare.

11. Mengatasi Rematik

Semakin bertambahnya usia maka fungsi dari organ tubuh otomatis semakin lemah, salah satu penyakit yang muncul akibat bertambahnya usia adalah rematik.

Namun anda tidak perlu khawatir, keadaan tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi ekstrak daun dewandaru dengan merebus dan konsumsi rebusan tadi atau dengan menyeduhnya, agar penyakit rematik teratasi.

12. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat anda cegah dengan daun dewandaru, karena ada manfaat daun dewandaru untuk mengatasi hipertensi.

Dengan mengkonsumsi dewandaru secara teratur setidaknya sehari sekali, maka tekanan dalam darah anda akan kembali normal.

13. Mencegah Stroke

Penyebab dari munculnya penyakit stroke sendiri adalah tekanan darah yang tinggi akibat dari pembuluh darah yang tertutup kolestrol yang menumpuk, sehingga suplai darah ke otak terganggu.

Nah seperti yang telah kami bahas sebelumnya bahwa daun dewandaru bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dan mengendalikan jumlah kolestrol yang terlalu tinggi, sehingga secara langsung dapat mencegah terjadinya penyakit stroke.

14. Menghilangkan Rasa Sakit

Ternyata selain berkhasiat untuk mencegah stroke, ternyata ada manfaat daun dewandaru yang lainnya, yakni mampu ber sifat sebagai obat analgesik.

Obat analgesik merupakan anestesi yang mampu menekan dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan dari berbagai penyakit.

Caranya pun cukup mudah, anda tinggal meminum rebusan daun dewandaru maka anda seperti mengkonsumsi obat yang mengandung asam mefenamat, tapi dengan efek samping daun tersebut yang lebih rendah.

15. Melancarkan Pencernaan

Bila pada bagian perut anda terasa sakit akibat sembelit serta susah dalam Buang Air besar, maka segeralah mengkonsumsi daun dewandaru saat hendak tidur. Dengan mengkonsumsi daun dewandaru pada malam hari diharapkan dapat melancarkan pencernaan ketika anda bangun dipagi harinya.

16. Sebagai Diuretik

Selain bermanfaat melancarkan BAB, daun dewandaru juga berfungsi untuk melancarkan proses buang air kecil, hal tersebut juga telah didukung oleh banyak penelitian ilmiah. Jadi jangan ragu lagi untuk memanfaatkan obat herbal satu ini dalam mengatasi masalah susah buang air kecil.

17. Mencegah Tulang Keropos

Nah seperti yang kita ketahui bahwa osteoporosis atau tulang keropos umumnya dialami oleh orang lanjut usia, namun tidak menutup kemungkinan anak muda pun mengalami osteoporosis akibat faktor keturunan atau lemahnya tubuh dalam menyerap kalsium.

Untuk itu sebaaiknya rutin mengkonsumsi kalsium , kalsium selain dapat ditemukan pada susu sapi, juga dapat kita temukan pada daun dewandaru.

Manfaat Daun Dewandaru

1. Membantu Program Diet

Tahukah anda bahwa daun dewandaru memiliki manfaat untuk membantu program diet, hal tersebut dikarenakan daun deewandaru dapat melancarkan sistem pencernaan anda dan menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh.

2. Mencegah Penuaan Dini

Seperti bahasan diatas, bahwa daun dewandaru mengandung vitamin C dan kaya akan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan, untuk itulah kedua senyawa tersebut saling bersinergi untuk mencegah timbulnya penuaan dini.

Untuk itulh anda dianjurkan mengkonsumsi daun dewandaru dalam rangka menjaga kecantikan. Selain dapat membuat badan menjadi gemuk, kelebihan kolestrol dapat membahayakan tubuh.

3. Mencerahkan Kulit Anda

Nah vitamin C selain berfungsi untuk mencegah penuaan dini, juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit, maka dari itulah terdapat manfaat daun dewandaru untuk mencerahkan kulit anda, termasuk kulit wajah.

Cara Mengolah Daun Dewandaru

1. Di Seduh

Nah cara pertama yang dapat anda terapkan untuk memanfaatkan daun dewandaru dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan adalah dengan cara diseduh.

Caranya pun cukup mudah, tinggal siapkan beberapa lembar daun dewandaru yang masih segar, lalu bersikan dengan air mengalir. Setelah itu potong keci kecil.

Selanjutnya jemur hingga kering, namun disarankan jangan menjemurnya secara langsung karena dikhawatirkan senyawa likopen didalamnya dapat hilang sia sia.

Bila benar benar telah kering, seduh daunnya dengan air hangat, mirip seperti anda saat menyeduh teh, aduk pelan pelan hingga warnanay berubah, agar menambah cita rasa bisa anda tambahkan madu atau gula batu.

Bila anda masih ragu dalam berapa jumlah takaran yang baik untuk mengatasi masalah kesehatan anda, sebaiknya konsultasikan pada ahlinya terlebih dahulu.

2. Dengan Mengukusnya

Mungkin masih asing di telinga anda bahwa ada cara untuk mengukus daun dewandaru, ya dengan mengukus merupakan cara mengolah daun dewandaru paling baik.

Hal tersebut disebabkan karena dengan mengukus, maka kandungan gizinya tidak banyak yang hilang dibandingkan dengan cara mengolah yang lainnya.

Nah itulah berapa artikel mengenai daun dewandaru, yang tidak disangka sangka memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Jangan meremehkan tanaman yang mudah anda temui disekitar anda, karena kebanyakan tanaman di Indonesia meupakan tanaman yang dapat dolah menjadi obat herbal, selain karena murah dan mudah ditemukan, tentunya obat herbal memiliki efek samping yang lebih sedikit.

Namun perlu diiingat jangan terlalu banyak mengkonsumsi daun dewandaru, karena dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping daun dewandaru.

Jadi pada intinya kita kembali menanamkan mindset bahwa dengan mengatasi penyakit menggunakan obat herbal adalah hal kuno, nyatanya telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa tanaman herbal elbih baik dan minim efek samping seperti manfaat daun dewandaru ini.

Simak Juga : Manfaat daun Cocor Bebek

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here