12 Khasiat Dan Manfaat Daun Ekor Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Ekor Naga
Daun Ekor Naga — Sumber : Google.com

Manfaat Daun Ekor Naga | Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman tumbuh tumbuhan, tumbuhan tersebut umumnya dipakai dan dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari hari. Selain untuk kebutuhan sehari hari, masyarakat Indonesia juga telah memakai tumbuhan tersebut sebagai obat herbal, salah satunya adalah daun ekor naga.

Dikutip dari beberapa penelitian dan jurnal seperti Heyne, 1987; Lemmens and Bunyapraphatsara, 2003; serta jurnal dari Neldawati dan Gusnaedi, 2013, bahwa pada umumnya masyarakat mengambul manfaat daun ekor naga sebagai pengobatan herbal dengan cara meminum rebusan air daun tersebut.

Dengan meminum air rebusan ekor naga berguna untuk mengobati penyakit kanker, menurunkan lemak tubuh, anti hipertensi reumatik, salah urat (terkilir), batuk dan terapi stroke.

Apa Itu Daun Ekor Naga

Daun ekor naga berasal dari tanaman yang memiliki nama latin Rhaphidophora pinnata (L. f) Schot, merupakan tanaman berasal dari himalaya, merupakan tumbuhan herba, epifit, tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan merambat dengan melekat pada tumpuannya seperti tembok atau pohon dan juga memiliki akar gantung, memanjat dengan tinggi 5 hingga 20 meter.

Tanaman ekor naga habitat yang tersebar luas di Asia selatan hingga Australia. Batang tanaman ekor naga berwarna hijau dan berbentuk bulat dan mempunyai akar pelekat dan akar gantung yang panjang bergantungan seperti ular yang meliliti pohon

Di Indonesia, bagian dalam dari batang tumbuhan ekor naga digunakan sebagai minyak gosok untuk keseleo. Sedangkan di negara Vietnam, tanaman ini beemanfaat untuk mengobati batuk, paralisis, antidotum dan konjugtivitis.

Nama Daerah Tanaman Ekor Naga

Pada umumnya tanaman ekor naga diIndonesia bernama Tapanawa tairis, sedangkan orang Sunda menamainya Lolo munding dan Lolo tali, dan diJawa dinamai Jalu mampang, Sulang, orang Bali menamai ekor naga adalah Samblung, Sumatera Utara Daun ekor naga

Ciri Ciri Daun Ekor Naga

Tanaman ekor naga memiliki daun yang berwarna hijau, seperti bercabang cabang dan bertoreh serta ujung daunnya meruncing. Dengan bentuk bulat memanjang. Spatha berbentuk seperti kano, berwarna hijau dan spadic berbentuk silindris.

Daunnya berbentuk hampir mirip dengan ekor naga, maka dari itu tanaman tersebut diberi nama tanaman ekor naga.

Klasifikasi Tanaman Ekor Naga

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Kelas : Monocotyledoneae
  • Bangsa : Arales
  • Famili : Araceae
  • Genus : Rhaphidophora
  • Spesies : Rhaphidophora pinnata (L.f.) Schott
  • Sinonim :Epipremnum pinnatum (L.).

Kandungan Senyawa Daun Ekor Naga

Dalam daun ekor naga terkandung beberapa senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan, kandungan tersebut diantaranya:

senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, Asam panstotenant, fosfor, magnesium, zat besi tanin, triterpenoida/steroida, natrium, kalium, mineral, tanin, alkaloid, dan Saponin.

Karena kandungan senyawa yang dimiliki daun tersebut cukup kompleks, maka apa saja manfaat dan khasiat daun ekor naga untuk kesehatan?. Simak pemaparan berikut.

Manfaat Daun Ekor Naga Untuk Kesehatan

1. Menjaga Sel Sel Tubuh

Dalam daun ekor naga terkandung cukup mineral, tidak dipungkiri lagi bahwa mineral merupakan Unsur yang memegang peranan penting dalam pemeliharaan fungsi tubuh, baik pada tingkat sel, jaringan, organ maupun fungsi tubuh secara keseluruhan.

2. Mampu Melawan Sel Kanker

Manfaat daun ekor naga yang kedua adalah dapat digunakan untuk mengatasi kanker dengan melawan sel sel kanker dalam tubuh. Seperti yang telah anda ketahui bahwa kanker merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak didunia.

Dikutip dan N. Bunyapraphatsara, pada tahun 2003, menemukan bukti bahwa Ekstrak daun ekor naga menunjukkan aktivitas sitotoksis melawan sel kanker secara in vitro. Alkaloid polihidroksi ada pada daun ekor naga ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh penelitian Sujatmoko, tahun 2002, pada penelitian tersebut Flavonoid merupakan golongan senyawa yang dapat menyebabkan penghambatan pembelahan sel melalui penghambatan dan pembentukan membran sel, khususnya penghambatan pembentukan protein yang mengandung tirosin sehingga sering digunakan untuk pengobatan kanker.

3. Mengobati Batuk

Tentunya bila anda terkena batuk aktivitas sehari hari anda terganggu bukan?, dan pada umumnya orang akan langsung mengobatinya dengan obat buatan yang mengandung parasetamol. Namun alangkah baiknya anda coba menggunakan obat alami seperti daun ekor naga.

Daun ekor naga sering kali dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk mengatasi batuk yang mengganggu tersebut. Dapat anda lakukan dengan cara merebus daunnya sampai mendidih, dan campurkan dengan jahe, setelah itu minum selagi hangat.

4. Mengatasi Anemia

Daun ekor naga juga berkhasiat untuk mengatasi anemia atau kekurangan sel darah merah. Gejala yang ditimbulkan dari anemia adalah badan terasa lemas, letih, lesu, lunglai, serta lemah, tubuh mudah terserang penyakit, turunnya semangat dalam beraktivitas.

Mungkin dari anda telah mengetahui bahwa zat besi lah yang mampu mengobati anemia, maka dari itu mengapa daun tersebut berguna untuk mengatasi anemia, karena zat besi didalamnya dapat menambah jumlah sel darah merag pada tubuh.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Banyak sekali penyebab dari luka pada kulit, misalnya terkena panas, tersayat maupun terbentur. Nah untuk mempercepat penyembuhannya manfaatkan daun ekor naga.

Khasiat dan manfaat daun tersebut untuk penyembuhan luka dapat anda coba dirumah sendiri. Dengan menumbuk daun ekor naga lalu oleskan pada bagian luka, maka luka tersebut pendarahannya akan cepat terhenti dan membuat lukanya cepat mengering.

6. Mengobati Nyeri

Manfaat daun ekor naga yang selanjutnya adalah dapat anda gunakan untuk mengatasi nyeri, penyakit nyeri biasa dirasakan ada bagian pinggang. Dengan mengkonsumsi daun ekor naga secara rutin, maka nyeri akan sedikit tertasi dan mencegah datangnya kembali nyeri tersebut yang menyerang tubuh.

Hal tersebut disebabkan karena dalam daun tersebut terkandung banyak senyawa untuk mengatasi nyeri terutama nyeri pada sendi dan pinggang.

7. Anti Inflamasi Atau Anti Peradangan

Selain bermanfaat sebagai antikanker, khasiat lain daun ekor naga adalah sebagai anti inflamasi atau mampu mengatasi radang pada tubuh.

Peradangan sendiri merupakan suatu kondisi atau respon alami, dimana tubuh sendang berusaha untuk memerangi suatu penyakit yang dapat mengganggu kesehatan tubuh anda.

8. Mengobati Kelumpuhan

Kelumpuhan atau dalam dunia medis disebut dengan paralys merupakan suatu kondisi dimana badan mengalami kelumpuhan.

Masyarakat di negara Vietnamu umumnya memanfaatkan daun ekor naga untuk mengobati paralys. Dengan mengkonsumsi rebusan daun ekor naga, maka penderita penyakit kelumpuhan akan cepat sembuh dari penykaitnya tersebut.

9. Mengobati Dan Mencegah Rematik

Khasiat dari daun ekor naga juga telah banyak dipakai untuk mengobati dan mengatasi masalah reumatik. Jika seseorang sedagn mengalami rematik pada bagian tulang dan otot akan terasa sakit. Kebanyakan orang akan langsung mengkonsumsi obat buatan untuk mengatasi reumatik.

Namun apa salahnya anda dapat mencoba rebusan daun ekor naga. Dimana rebusan daun tersebut dikonsumsi dengan cara membuat teh daun ekor naga. Teh tersebut dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat dari reumatik.

Perlu diingat pula, selain rutin dalam mengkonsumsi teh daun ekor naga, anda juga harus beristirahat yang cukup, agar badan anda terasa lebih santai dan rileks, jika badan rileks maka reumatik akan cepat hilang.

10. Baik Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat daun ekor naga yang lainnya adalah mampu untuk menjaga kesehatan tulang. Hal tersebut dikarenakan dalam daun ekor naga terkandung cukup kalsium.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kalsium mampu menjaga kesehatan tulang, membantu pertumbuhan tulang agar tubuh lebih tinggi, mencegah tulang keropos atau osteoporosis seta membantu dalam mengobati patah tulang.

11. Mencegah Tumor

Nah selain mampu mencegah kanker karena kandungan antioksidan didalamya, ternyata daun ekor naga juga bermanfaat untuk mengatasi tumor. Tumor sendiri merupakan suatu kondisi dimana pada bagian tubuhnya muncul pembengkakan, pembengkakan tersebut dapat muncul diarea tubuh mana saja.

Tapi anda tak perlu khawatir, karena dengan mengkonsumsi rebusan air ekor naga, maka tumor dapat dicegah kemunculannya, selain itu juga dapat menghambat pertumbuhan tumor agar tidak semakin membesar, yang dapat mengganggu fungsi organ tubuh penderitanya.

Sebagai catatan, sebaiknya konsultasikan pada ahlinya terlebih dahulu, agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Karena rebusan daun tersebut merupakan sebagaii bentuk tambahan pada pengobatan tumor.

Manfaat Daun Ekor Naga Untuk Kecantikan

1. Mampu Mencegah Berbagai Jenis Peradangan Kulit

Kondisi kesehatan kulit pada setiap orang tidaklah sama, ada beberapa orang yang sering mengalami masalah peradangan maupun infeksi pada kulit, Macam macam radang pada kulit seperti:

  • Jerawat
  • Bisul
  • Kadas Kurap
  • Kutu Air
  • Ruam mapun bintik bintik

Kesemua masalah pada kulit tersebut dapat anda obati dengan memanfaatkan daun ekor naga, Pengobatan dengan daun ekor naga merupakan jenis pengobatan luar.

Cara Mengolah Daun Ekor Naga

a. Untuk Mengobati Masalah Pada Kulit

Langkah langkah berikut dapat anda terapkan sendiri dirumah dan terbilang cukup mudah untuk memanfaatkan daun ekor naga dalam membantu mengatasi berbagai macam masalah pada kulit, terutama pada kulit wajah.

Langkah pertama siapkan sekitar seratus gram daun ekor naga, setelah itu anda dapat memotongnya kecil kecil. letakkan atau tempelkan pada area kulit yang sengan bermasalah.

Jika anda mampu mengompres cacahan daun tersebut pada kulit yang bermasalah rutin selama beberapa hari, maka hal itu akan menyebabkan peradangan pada kulit akan cepat sembuh dan supaya hasilnya lebih maksimal.

Efek Samping Daun Ekor Naga

Selain adanya manfaat daun ekor naga bagi kesehatan, juga ada efek sampingnya bila dikonsumsi secara berlebihan.

Sebenarnya daun ekor naga aman aman saja bila dikonsumsi dalam batas normal, namun bila dikonsumsi secara berlebihan, daun ekor naga malahan akan menimbulkan asam urat, dikarenakan kandungan senyawa asam didalamnya yang cukup tinggi.

Selain dapat menyebabkan asam urat, diketahui bahwa kandungan asam panstotenant dalam daun ekor naga, bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan diare atau mencret. Selain itu bila kita mengkonsumsinya secara berlebihan maka akan memicu munculnya penyakit maag.

Untuk itu kita sebaiknya jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, karena hal yang berlebihan itu tidak baik. Ok sekian dulu artikel kali ini mengenai manfaat dan khasiat daun ekor naga untuk kecantikan, serta cara mengolah dan efek samping daun ekor naga yang harus diperhatikan.

Jangan lupa simak beberapa artikel lainnya yakni manfaat daun sambung nyawa atau daun tapak dewa serta manfaat daun tapak liman

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here