25 Khasiat Manfaat Daun Handeuleum Atau Daun Ungu Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Handeuleum
Manfaat Daun Handeuleum – Sumber : Google.com

Manfaat Daun Handeuleum | Indonesia sangat kaya akan keanekaragaman hayati, berbagai macam tumbuhan mampu tumbuh di negara kita ini dikarenakan tanahnya yang subur. Tujuan dari penanaman yang biasanya dilakukan oleh penduduk sebagai bahan pangan, tanaman hias, tanaman obaat.

Diketahui 30.000 spesies tanaman dan 940 species di Indonesia diantaranya diketahui berkhasiat sebagai obat. Walaupun banyak memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah, namun sebagian besar belum diketahui manfaatnya sebagai tanaman obat.

Tanaman yang digunakan sebagai obat dapat di budidayakan, dikemangbiakkan dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan obat sendiri agar kesehatan tubuh tetap terjaga, Salah satunya adalah manfaat daun handeuleum atau daun ungu.

Tanaman handeuleum ini dapat dengan mudah kita jumpai dan temukan disekitar kita, tumbuh dipinggir – pinggir jalan atau juga sengaja ditanam orang di halaman rumah atau pekarangan.

Apa Itu Daun Handeuleum

Daun handeuleum atau daun ungu merupakan salah satu tanaman penghasil bahan baku obat. Daunnya dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk mengobati wasir, batu empedu, dan penyakit hati.

Daun handeuleum merupakan daun yang berasal dari tanaman yang nama latinna adalah Graptophyllum Pictum L. Griff. Tanaman tersebut merupakan tanaman Perdu, ukuranya kecil dengan tinggi kurang lebih 2 m.

Tanaman handeuleum berasal dari Irian dan Polynesia, dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.250 meter diatas permukaan air laut. Merupakan pohon Perdu atau pohon kecil.

Merupakan tanaman yang tegak dan ciri batangnya yakni Berkayu, beruas, permukaan licin, ungu kehijauan. Tumbuhan handeuleum biasanya tumbuh liar di pedesaan atau ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman obat.

Nama Daerah dan Asing Tanaman handeuleum

Orang Sumatra menyebutnya Pudin (Simalur), sedangkan orang Jawa menyebutnya Daun ungu (Jawa Tengah) Handeleum (Sunda) Karaton (Madura), tumbuhan handeuleum di Bali dikenal dengan Temen.

Daun handeuleum in english Caricature plant (Inggris), sedangkan di jerman dinamai Gertenschriftblatt, Di Maluku dinamai Kadi – kadi (Ternate) dan Dongo – dongo (Tidore).

Ciri Ciri Daun Handeuleum

Setelah membahas nama daerahnya, selanjutnya adalah ciri ciri dari daun handeuleum, dimana daun dari tanaman tersebut merupakan daun Tunggal, struktur posisi daun saling berhadap hadapan.

Bentuk dari daunnya bulat telur, dengan ujung runcing, serta pangkalnya yang meruncing, tepi rata, pertulangan menyirip, permukaan atas mengkilat, dengan memiliki panjang 15 hingga 25 cm, serta lebarny 5 – 11 cm, berwarna ungu, ungu tua.

Klasifikasi Tanaman Handeuleum

  • Divisi : Spermatophyta
  • Subdivisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Bangsa : Solanales
  • Suku : Acanthaceae
  • Marga : Graptophyllum
  • Jenis : Graptophyllum pictum Griff.

Kandungan Senyawa Daun Handeuleum

Dalam daun handeuleum terkandung beberapa senyawa yang berkhasiat baik bagi kesehatan, senyawa tersebut diantaranya.

senyawa flavonoid, tanin, dan saponin, alkaloid non toksik, flavonoid, glikosida, steroid, saponin, tanin, calsium oksalat, asam format dan lemak.

Manfaat Daun Handeuleum Untuk Kesehatan

1. Mengatasi Nyeri (Analgesik)

Dalam daun handeuleum terkandung fraksi alkaloid dari ekstrak handeuleum memiliki efek analgesik atau anti inflamasi.

Selain itu khasiat dari daun handeuleum juga telah dibuktikan oleh Penelitian yang dilakukan oleh Kalsum, 2008, bahwa Efek analgesik ditunjukkan dengan penurunan nilai ambang nyeri setelah pemberian ekstrak alkaloid handeuleum pada hewan uji.

2. Mengatasi Wasir dan Sembelit

Diketahui selain bermanfaat untuk mengatasi nyeri, ternyata ada manfaat daun handeuleum, yakni mampu untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar.Manfaat lainnya yakni Rebusan daun wungu dapat menghilangkan gejala hemorrhoids atau wasir.

3. Mengatasi Nyeri

Tentu penyakit Nyeri merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia, karena menimbulkan penderitaan,maka dari itu nyeri mengganggu aktivitas kita.

Masyarakat di Indonesia sudah sejak lama secara turun temurun memakai tumbuhan obat untuk terapi berbagai macam penyakit, antara lain untuk menghilangkan rasa nyeri. Salah satu tanaman obat yang telah digunakan untuk terapi berbagai penyakit yaitu daun handeuleum.

Kandungan alkaloid dalam daun Handeuleum mempunyai kemampuan sebagai antiinflamasi dan juga sebagai analgesik (pereda nyeri).

4. Mengobati Wasir

Manfaat daun handeuleum selain mampu mengatasi nyeri juga mampu untuk mengobati wasir. Berkat daun ungu, penderita ambeien tidak perlu lagi mengkonsumsi obat-obatan sejenis phlebodinamic seperti radium dan daflon.

Obat jenis itu umum diresepkan dokter untuk melancarkan sirkulasi darah di daerah anus serta menghilangkan
bengkak, tonjola dan pendarahan.

Hal senada juga telah diutarakan oleh Dr JM Sugiarto memberikan bukti, bahwa dengan mengKonsumsi segelas daun ungu yang telah direbus, dan dilakukan selama dua bulan berturut turut secara rutin ternyata mampu menyembuhkan pengidap gangguan wasir.

5. Anti Inflmasi Dan Analgesik

Dikutip dari penelitian yang dilakukan oleh Dr drg Nur Permatasi MS, dkk menyimpulkan bahwa efek analgesik pada daun handeuleum atau daun ungu ditunjukkan dengan terjadinya penurunan nilai ambang nyeri
setelah pemberian ekstrak alkaloid pada dosis 1,3,5 serta 6 mg/kg.

Menurut penelitian tersebut kemampuan efek analgesik dan antiinflamasi fraksi alkaloid dari ekstrak etanol daun handeuleum ampuh menurunkan nilai ambang nyeri pada dosis 3mg/kg bobot tubuh. Itu setara dengan pemberian aspirin dengan dosis 125 mg/kg bobot tubuh. Hal ini berkat kemampuan alkaloid daun handeuleum dalam
menghambat pembentukan prostaglandin. P.

Jadi kesimpulannya menurut penelitian tersebut bahwa kandungan alkaloid dalam daun ungu mempunyai kemampuan sebagai antiinflamasi dan juga sebagai analgesik pada hewan uji.

6. Kaya Akan Antioksidan

Secara fisik penampilan daun handeleum dapat dilihat dari warna pada daun yaitu warna ungu. Warna ungu merupakan salah satu jenis warna dari senyawa golongan fenol (antosianin).

Dikutip dari penelitian Kwartiningsih, 2016, bahwa Antosianin merupakan salah satu jenis senyawa turunan fenol yang bertanggung jawab untuk kebanyakan warna merah, biru, dan ungu pada banyak buah dan sayuran sehingga banyak dimanfaatkan sebagai pewarna alami. Selain sebagai pewarna alami antosianin merupakan sumber antioksidan yang baik dalam menangkal radikal bebas.

Jadi kesimpulannya karena daun handeuleum berwarna ungu, maka daun handeuleum bermanfaat sebagai sumber antioksidan yang mampu menjaga tubuh dari paaparan radikal bebas.

7. Anti Inflamasi Dan Anti Jamur

Sejak zaman dahulu, masyarakat Indonesia banyak memanfaatkan tanaman untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya yakni untuk mengatasi jamur dan peradangan pada tubuh yang amat menggganggudengan meggunakan daun handeuleum atau daun ungu.

Selain kaya akan antioksidan, ternyata senyawa daun handeuleum bermanfaat untuk mengatasi peradangan serta mampu membasi jamur.

8. Mengatasi Diabetes

Karena kandungan ekstrak etanol daun wungu atau daun handeuleum secara in vitro menunjukkan adanya senyawa alkaloid dan flavanoid yang memiliki potensi untuk menurunkan penyakit diabetes mellitus.

Manfaat daun handeuleum untuk mengatasi diabetes juga telah dibuktikan oleh penelitian dari Roro Theresia KA pada tahun 2012 .

Dari penelitian tersebut menghasilkan fakta berpa,Analisis uji in vivo ekstrak daun handeuleum menunjukkan bahwa kadar ekstrak daun handeuleum yang efektif digunakan untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah adalah 50 mg/kg bb. Pemberian ekstrak daun wungu atau handeuleum dengan dosis yang berlebih dapat menyebabkan meningkatnya kadar glukosa dalam darah.

9. Menyembuhkan Maag

Bila anda mengalami penyakit asam lambung atau maag, manfaatkanlah daun handeuleum untuk mengatasinya, dengan menyiapkan beberapa helai daun handeuleum dan cuci terlebih dahulum, lalu kunyah, telan air sari daunnya saja dan buang sisa ampasnya.

Manfaat Daun Handeuleum Untuk Kecantikan

1. Mengatasi Bisul Penyakit Kulit

Bila anda mengalami bisul atau penyakit pada kulit dan ingin cepat menyembuhkan penyakit tersebut, manfaatkanlah daun handeuleum.

Karena dalam daun handeuleum terkandung senyawa flavonoid, tanin, dan saponin, dimana ketiga senyawa tersebut berperan sebagai anti inflamasi, sehingga luka atau penyakit pada kulit tidak akan semakin parah.

Selain itu luka juga akan lebih cepat sembuh karena kandungan tanin pada ekstrak daun Handeuleum yang berfungsi sebagai astringent. Astringent sendiri merupakan bahan pengencang yang mempunyai daya untuk mengerutkan dan menciutkan jaringan kulit, sehingga pendarahan pada luka dapat berhenti dengan cepat, dan luka lebih cepat mengering.

2. Menurunkan Kadar Kolestrol

Penelitian yang dilakukan oleh Mu’minah, 2007, menghasilkan bahwa kstrak etanol daun handeuleum dapat menurunkan kadar total lipid serum darah dari 564 mg/dl menjadi 483 mg/dl dan menurunkan kadar kolesterol LDL serum darah dari 35.4 mg/dl menjadi 24.4 mg/dl.

Hal senada juga diungkapkan oleh penelitian yang dilakukan oleh Kumuma pada tahun 2006 ekstrak etanol daun handeuleum mampu menurunkan kadar kolesterol dan berat badan mencit. Jadi manfaatkan lah daun handeuleum untuk dimasukkan pada program diet karena mampu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh.

3. Memercepat Penyembuhan Luka

Daun wungu Pada pengobatan herbal tradisional digunakan untuk pengobatan terhadap luka, bengkak, borok, bisul, penyakit kulit. Selain itu daun wungu juga telah terbukti berkhasiat menghambat pembengkakan dan menurunkan permeabilitas membran.

Dikutip dari penelitian yang dilakukan oleh Rita Andiyani dkk, pada tahun 2005 mendapatkan hasil bahwa efektivitas ekstrak daun wungu 5%, 10% dan 15% mampu memberikan efek penyembuhan luka pada tikus. Hasil menunjukkan bahwa pemberian konsentrasi ekstrak daun wungu 10% dan 15% memberikan efek penyembuhan terhadap luka yang paling berefek baik.

Maka dari itu bila anda mengalami luka akibat terkena sayatan benda tajam atau terbentur, segera tangani dengan obat herbal salah satunya dengan daun handeuleum ini.

Cara Mengolah Daun Handeuleum

1. Direbus

Cara yang satu ini dapat anda terapkan untuk mengobati wasi dan sembelit atau penyakit dalam lainnya, simak cara berikut ini.

Pertama siapkan terlebih dahulu daun handeuleum sebanyak 10 hingga 15 gram, usahakan yang masih segar, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas, minum rebusan tadi pada pagi dan sore hari.

2. Dioles

Umumnya pemanfaatan daun handeuleum yang satu ini dipakai untuk menutup bisul, borok, luka, sakit telinga, payudara bengkak karena bendungan asi atau bagian tubuh yang mengalami memar akibat terbentur benda keras atau terpukul.

3. Untuk Mengatasi Sembelit

Cara yang dapat anda terapkan untuk mengatasi sembelit adalah dengan merebus 7 helai daun handeuleum dengan dua gelas air, sisakan hingga setengah gelas saja. Setelah air rebusan tadi dingin, saring dan minum sekaligus pada pagi hari secara rutin hingga sembelit hilang.

4. Mengobati Ambien

Untuk mengobati ambeien, cara yang dapat anda tempuh sebagai berikut. Siapkan beberapa bahan seperti berikut, lima belas helai daun handeuleum, kunyit besarnya seibu jari, gula aren sedikit saja.

Jka langkah diatas sudah anda tempuh, lalu bahan diatas direbus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal dua gelas saja. Saring terlebih dahulu, lalu minum dua kali sehari.

5. Mengobati wasir

Pertama anda dapat menyiapkan sekitar sepuluh gram daun handeuleum segar dicuci bersih lalu direbus dalam dua gelas air, Tunggu hingga sisa rebusan tinggal segela s saja. Bila sudah dingin, saring dan minum air rebusan pagi dan sore masing- masing setengah gelas.

6. Mengatasi Bisul

Untuk mengatasi bisul yang dapat mengganggu aktivitas sehari hari anda, terapkan cara berikut ini, dengan manfaat daun ungu untuk mengatasi bisul. Siapkan beberapa helai daun handeuleum dicuci lalu ditumbuk halus.

Bila sudah halus anda dapat mengoleskan pada bisul. atau bisa juga dengan mengoleskan 2 lembar daun ungu dengan minyak kelapa secukupnya, anda dapat memmanggangnya di atas api dan tempelkan pada bisul selagi masih hangat.

7. Demam Dikarenan Pencernaan yang kotor

Nah bila terkena deman dikarenakan perut anda kotor, terapkan cara berikut ini, pertama siapkan tujuh helai daun handeuleum, temulawak sekitar direbus dengan satu gelas air. Anda dapat menyaring terlebih dahulu sebelum diminum sekali sehari.

8. Mengobati Batu Empedu

Jika orang disekitar anda terkenda batu empedu, coba terapkan cara berikut ini, dengan menyiapkan sekitar tujuh helai daun handeuleum.

Selain daun handeuleum, siapkan juga beberapa helai daun urat, kedua bahan tadi direbus dengan dua gelas air sampai airnya tinggal segelas saja. Minum ramuan tadi dua kali dalam sehari.

9. Mengatasi Haid Tidak Lancar

Bila anda sedang mengalami haid, dan haid tersebut tidak lancar, anda jangan khawatir, atasi saja dengan obat herbal yakni daun handeuleum.

Caranya dengan menyiapkan segenggam daun handeuleum yang masih kuncup, dikeringkan terlebih dahulu lalu direbus dengan empat gelas air hingga tersisa satu gelas air rebusan.

Bila sudah, racik seperti kita membuat teh dan minum seperti kita minum teh tiga kali sehari. Sedikit saran sebaiknya minum waktu belum haid.

10. Bengkak Karena Benturan

Setiap anda mengalami kecelakaan akibat benturan dan menyebabkan bengkak, maka Siapkan Kulit batang handeuleum ditumbuk halus lalu letakkan di bagian yang bengkak. Setelah itu olesan tadi dapat anda balut dan sebaiknya ganti dua kali sehari.

11. Mengatasi Rematik

Penyakit rematik atau encok dapat diatasi dengan daun handeuleum. Siapkan segenggam daun handeuleum dicuci lalu tumbuk daun tersebut. jika telah halus oleskan pasta daun handeuleum tersebut pada bagian yang sakit.

12. Mengobati Memar Pada Kulit

Bila anda sedang mengalami memar yang diakibatkan karena kecelakaan, segera siapkan kulit batang ungu, dibersihkan lalu ditumbuk halus kemudian dibalurkan.

Setelah itu anda dapat membalutnya dengan perban pada daerah yang memar. Sedikit saran sebaiknya ganti dua kali sehari

13. Melancarkan Buang Air Kecil

Nah cara satu ini dapat anda terapkan bila sedang mengalami masalah susah buang ait kecil. Dengan menyiapkan satu hingga dua genggam daun Handeuleum atau daun ungu dan adas pulowaras.

Cara mengolahnya ditumbuk bersama kedua bahan tadi sampai halus, kemudian dapat anda oleskan pada bagian perut seperti sedangn mengoleskan param.

14. Mencegah Dan Mengobati Bisul Pada Payudara

Anda dapat mengambil manfaat daun ungu untuk mengatasi masalah yang satu ini. Sediakan daun handeuleum segar dan dicuci terlebih dahulul lalu oleskan santan kelapa.

Kedua bahan tersebut kemudian dapat anda layukan di atas api. Letakkan di atas payudara yang bisulan dalam keadaan olahan tadi masih hangat hangat.

Efek Samping Pemakaian Daun Handeuleum

Sebenarnya daun handeuleum jarang memiliki efek negatif bila dikonsumsi dalam batas wajar, namun bila anda mengkonsumsi berlebihan maka akibat yang timbul yakni berupa gatal pada kulit, panas demam, anemia, turunnya nafsu makan dan susah untuk tidur.

Umumnya pada saat ini penggunaan tanaman sebagai sarana pengobatan mulai digantikan oleh pengobatan kimia. Pengobatan kimia mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit dalam waktu yang singkat.

Akan tetapi, pengobatan kimia menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia dan membutuhkan biaya yang tidak murah. Maka dari itu sebaiknya gunakanlah obat herbal alami dari tanaman, selain murah dan mudah diteukan juga tentunya minim efek samping.

Baca Juga : Manfaat Daun murbei 

Maka dari itu mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat dan rajin mengkonsumsi tanaman herbal serta menggunakan obat tradisional yang relatif murah dan mudah ditemukan disekitar kita.

Sekian dulu artikel mengenai manfaat daun handeuleum dan khasiat daun ungu pada kesempatan kali ini, obat herbal memang memiliki banyak khasiat yang bagus untuk kesehatan bila diulaas secara menyeluruh. Jangan lupa simak artikel lain pada blog ini, dan terimakasih atas kunjungannya.

Simak Juga : Manfaat Daun dewandaru

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here