12 Manfaat Daun Karet Kebo Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Manfaat Daun Karet Kebo
Daun Karet Kebo – Sumber : Google.com

Manfaat Daun Karet Kebo | Hutan tropis seperti di Indonesia kaya akan berbagai spesies tumbuh tumbuhannya memiliki banyak potensi dan kegunaa. Selain tumbuhannya dapat dimanfaatkan sebagai produksi kayu, dalam beberapa hal secara langsung tumbuhan hutan dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional, seperti pohon karet kebo, dimana terdapat manfaat daun karet kebo yang cukup banyak untuk kesehatan anda.

Tumbuhan karet kebo sendiri termasuk dalam genus Ficus. Banyak spesies Ficus yang dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional beberapa penyakit. Menurut De Padua et al., (1999). spesies Ficus yang dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional beberapa penyakit. Bagian daun, batang, biji, dan getah dimanfaatkan dalam pengobatan rematik, diare, kembung, diabetes, hipertensi, dan bisul.

Apa Itu Daun Karet Kebo

Daun karet kebo berasal dari tanaman karet kerbau atau orang Jawa menamainya karet kebo dan memiliki nama latin Ficus elastica Roxb. Tumbuhan karet kebo merupakan bentuk pohon, berumur panjang atau perenial, tinggi pohon karet kebo bisa mencapai 20 hingga 30 m.

Akar tumbuhan karet kerbau merupakan akar tunggang. Batang berkayu, silindris, warna coklat tua, permukaan halus, percabangan meyebar tak beraturan hingga membentuk pohon yang rindang, keluar akar-akar menggantung dari
batang atau cabang yang sudah besar.

Masyarkat Indonesia uumnya menggunakan tanaman karet kebo sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit, diantaranya obat penurun tekanan darah,
penurun kolesterol, stroke dan pengurang nyeri sendi.

Ciri Ciri Daun Karet Kebo

Daun karet kebo memiliki morfologi sebagai berikut. Pada Pangkal daun Karet kebo meruncing, tepi daun rata, ujung daun runcing, tulang daun Karet kebo menyirip permukaan daun licin, daging daun Karet kebo helaiannya tebal dan kaku berwarna hijau bercampur putih.

Daun Karet kebo sendiri merupakan daun tunggal tidak lengkap yang hanya terdiri dari tangkai daun atau petiolus dan helaian daun atau lamina dan daunnya terletak berseling pada batang. Pada pohon karet kebo yang masih muda panjang daun kurang lebih 35 cm, dan lebar daunnya kurang lebih 15 cm.

Sesudah pohon menjadi dewasa rata-rata panjang daun menjadi lebih kecil dengan panjang kurang lebih 10 hingga 15 cm dan lebar kurang lebih 5 hingga 7 cm, daun muda berwarna merah hati setelah dewasa menjadi hijau tua, kuncup daun muda tertutup dengan selaput bumbung atau ocrea berbentuk kerucut tajam berwarna merah muda.

Klasifikasi Daun Karet Kebo

  • Kingdom : Plantae (Merupakan Tumbuhan)
  • Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua atau biasa disebut dikotil)
  • Sub Kelas : Dilleniidae
  • Ordo : Urticales
  • Famili : Moraceae ( termasuk dalam suku nangka-nangkaan)
  • Genus : Ficus
  • Spesies : Ficus elastica.

Nama Daerah Dan Nama Asing

Manfaat Daun Karet Kebo
Gambar Pohon Karet Kebo – Sumber: Google.com

Daun karet kebo in english adalah assam rubber, Indian rubbertree. Nama pohon karet kebo tiap daerah di Indonesia berbeda beda, seperti di Sumatra dikenal dengan nama kadjai, di Jawa dikenal karet kebo, karet hutan. Sedangkan Orang Melayu menamaai karet kebo dengan nama rambong, pokok getah rambong.

Kandungan Senyawa Daun Karet Kebo

  1. glikosida flavonoid
  2. asam fenolat,
  3. alkaloid
  4. steroid
  5. saponin
  6. kumarin
  7. tannin
  8. triterpenoid.

Manfaat Daun Karet Kebo

1. Membersihkan Polusi Udara

Menurut penelitian Jenis karet kebo memiliki nilai potensi serapan CO2 atau karbondioksida yang relatif lebih baik dibandingkan dengan jenis jenis tanaman yang lain, di mana karet kebo dengan tajuknya yang lebar dipandang efektif menjadi pengisi ruang terbuka hijau atau disingkat RTH.

2. Baik Untuk Pencernaan

Dalam daun karet kebo terkandungn senyawa kimia diantaranya glukosida cacirin dan carpaine. Serta dalam getah daun karet kebo terkandung papain.

Menurut penlitian Dalimartha tahun , bahwa Papain membantu mencerna protein di lambung dan digunakan untuk membantu pencernaan yang kurang baik dan radang lambung.

3. Memiliki Efek AntiBakteri

Manfaat daun karet kebo yang selanjutnya dapat anda gunakan untuk membasmi bakteri jahat pada tubuh seperti bakteri Staphylococcus aureus.

Hal tersebut juga telah didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Saifudin Zukhri dan Rahmi Nurhaini tahun 2019, dimana kesimpulan dari penelitian tersebut bahwa ekstrak etanol daun karet kebo memilki aktifitas antibakteri terhadap Staphylococcus aureus. Pada konsentrasi 10% sampai dengan 40%, ekstrak etanol daun karet kebo.

3. Mengatasi Dan Mencegah Penyakit Stroke

Daun karet kerbau dapat anda gunakan untuk mengatasi dan membantu dalam penyembuhan stroke. karet kebo sebagai tanaman obat memiliki rasa yang pedas serta sifatnya yang netral.

Daun karet kebo diyakini berkhasiat dalam mengatasi penyakit strok karena memiliki kandungan berbagai senyawa yang berguna untuk mengatasi stroke, seperti polifenol, flavonoid dan saponin.

4. Mengobati Maag

Selain mampu mencegah stroke, manfaat daun karet kebo yang lainnya dapat anda gunakan untuk mengobati penyakit maag. Hal tersebut disebabkan karena dalam daun tersebut terkandung senyawa yang mampu menurunkan kadar asam lambung yang meningkat.

Bila asam lambung dapat terkontrol maka otomatis penyakit maag akan segera teratasi sehingga aktivitas sehari hari yang terganggu akibat penyakit maag akan kembali normal.

5. Mencegah Gatal Gatal

Bila terkena gatal gatal kulit akan cenderung berwanrna kemerah merahan serta aktivitas sehari hari kita tergganggu, untuk mengatasi gatal gatal pada kulit akibat peradangan anda dapat mencoba mengunakan daun karet kebo.

Daun karet kebo bermanfaat untuk membantu anda dalam menyembuhkan masalah pada kulit, terutama gatal gatal dan bisul bisul, caranya pun cukup mudah, tinggal oleskan tumbukan daun karet kebo ke bagian kulit yang gatal.

6. Antiinflamasi

Antiinflamasi atau anti peradangan dapat kita temukan pada daun karet kebo, dimana daun yang bentuknya lebar ini memiliki kandungan senyawa yang bertindak sebagai anti inflamasi.

7. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat menimbulkan berbagai penyakit mematikan, seperti serangan jantung.

Selain itu hipertensi ditandai dengan gejala seperti rasa pusing yang kemunculannya secara tiba tiba, terkadang malahan dapat menyebabkan sampai pingsan. Untuk mencegah hipertensi, anda dapat menerapkan pola hidup sehat dan sering mengkonsumsi daun karet kebo.

8. Meningkatkan Kualitas Udara Agara Tetap Bersih

Nah manfaat daun karet kebo yang satu ini tidak langsung diterapkan untuk pengobatan, namun bila kualitas udara disekitar kita tetap terjaga, maka secara otomatis kesehatan tubuh terutama organ paru paru tetap terjaga.

Dikuti dari sebuah jurnal berjudul “Go Green Health Benefits Of Houseplants” dimana daun karet kebo bila and tempatkan dirumah maka akan memberikan manfaat yakni kualitas udara akan meningkat.

9. Menjaga Kesehatan Lingkungan

Kualitas udara yang buruk dapat mengakibatkan kesehatan kita menjadi terganggu, seperti munculnya penyakit asma dan flu, untuk itu ada manfaat dari tanaman karet kebo, dimana daunnya dapat menyerap karbondioksida lebih efektif ketimbang tanaman lainnya.

Selain mampu mengurangi karbondioksida, ternyata daun karet kebo juga berguna untuk mengurangi bakteri dan jamur yang ada diruangan kira kira sebanyak lima puluh hingga enam puluh persen.

10. Membantu Meringankan Gejala Asma Dan Alergi

Dengan kita membudidayakan dan menanam pohon karet kebo dikebun sekitar rumah kita maka akan membantu menegarkan dan menyejukkan udaa dikseitar kita, hal tersebut disebabkan karena daun karet kebo merupakan salah satu daun yang cukup efektif dalam memproduksi oksigen yang kita butuhkan, sehingga otomatis dapat meringankan penyakit seperti asma dan alergi.

Manfaat Daun Karet Kebo Untuk Kecantikan

1. Mengobati Bisul

Manfaat daun karet kerbau dapat anda gunakan untuk obat luar, yakni dapat anda pakai untuk membantu mengatasi dan menyembuhkan bsul, agar bisul pada kulit yang muncul dapat sembuh dengan lebih cepat.

2. Mengatasi Keputihan

Nah masalah yang satu ini akan menjadi suatu momok bila seorang wanita mengalaminya, namun sebenarnya masalah tersebut bersifat alamiah, dimana setiap wanita dewasa akan mengalaminya.

Bila masalah keputihan tersebut menimbulkan suatu gejala yang menyebabkan suatu masalah atau penyakit seperti menimbulkan bau yang sangat tidak sedap, serta jumlahnya yang terlalu banyak, maka masalah keputihan tadi bukan lagi menjadi masalah yang normal, namun juga menjadi gejala penyakit serius, dimana harus diatasi dengan tepat.

Bila keputihan tidak lagi dalam batas wajar maka anda dapat mencoba salah satu cara dengan bahan alamiah seperti daun karet kebo, karena daun tersebut dipercaya berkhasiat mampu mengurangi keputihan yang berlebihan dan menjaga kesehatan pada area kewanitaan anda.

Efek Samping Daun Karet Kebo

Seperti yang kita ketahui bahwa obat herbal memiliki efek samaping yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan obat buatan. Namun tidak lantas kita mengkonsumsi obat herbal tersebut secara berlebihan, efek samping daun karet kebo bila dikonsumsi secara berlebihan diantaranya.

1. Penderita Penyakit Liver dan Jantung

Efek samping karet kebo yang pertama adalah bila kita mengkonsumsi daun karet kebo secara berlebihan akan memicu penyakit jantung.

Hal senada juga diungkapkan dalam jurnal yang berjudul The Michigan Journal Of Medicine, 2012, bahwa terdapat gejala berupa efek samping yang diakibatkan oleh mengkonsumsi daun karet kebo, efek samping tersebut yakni menyebabkan masalah pada organ hati dan jantung.

2. Menyebabkan Tulang Keropos Serta Diare

Dikutip dari jurnal International Journal Of Food Science and Nutrition, 2013, bila mengkonsumsi karet kebo pada jumlah yang berlebih dapat merusak jaringan sel-sel tulang sehingga dapat menyebabkan tulang mudah keropos.

Hal tersebut disebabkan karena kandungan asam pantotenat serta betai yang terdapat pada tanaman karet kebo yang cukup banyak, sehingga dapat menyebabkan osteoporosis atau tulang keropos dan dapat juga menyebabkan diare.

3. Tidak Baik Bagi Penderita Stroke Dan Vertigo

Konsumsi daun karet kebo secara berlebihan dapat menyebabkan stroke serta vertigo, hal tersebut disebabkan karena mengkonsumsi daun tersebut secara berlebihan dapat menyebabkan pendarahan diotak yang berakibat munculnya penyakit stroke.

Mengkonsumsi Daun karet kebo secara berlebihan dapat menyebabkan vertigo disebabkan karena bila mengkonsumsi daun tersebut secara berlebihan dapat memicu rangsangan reaksi sel darah merah pada organ otak anda.

Cara Mengolah Daun Karet Kebo

Cara mengolah daun karet kebo untuk kesehatan sebagai berikut.

1. Teh Daun Karet Kebo

Pertama siapkan lalu bersihkan beberapa lembar daun karet kebo, cincang daun tersebut terlebih dahulu sebelum anda jemur.

Bila sudah usahakan daun benar benar kering, setelah itu anda dapat merebusnya dengan tige gelas air bersih, untuk merebusnya anda dapat menggunakan panci tanah liat.

Bila telah menididih biarkan saja sampai tersisa sekitar satu setenagah gelas saja, anda dapat meminum rebusan air karet kebo tadi pada pagi dan sore hari.

2. Untuk Mengatasi Bisul

Cara mengolah akar karet kebo yang kedua sebagai berikut, pertama siapkan karet kebo secukupnya dan cuci hingga bersih, giling akar tadi hingga benar benar halus, tambahkan sedikit air hangat dan aduk hingga rata, kemudian oleskan hingga rata ke area bisul.

Tanaman karet kebo selain ditanam untuk tanaman hias juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan serta minim efek samping. Terutama manfaat daun karet kebo yang berkhasiat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan.

3. Cara Mengolah Daun Karet Kebo Untuk Obat Stroke

Untuk mengobati stroke dengan memanfaatkan daun karet kebo umumnya dibuat rebusan daun karet kebo, kemudian rebusan tadi diminum secara rutin.

Caranya yakni, potong potog beberapa helai daun karet kebo, kemudian keringkan terlebih dahulu dibawah sinar matahari. Bila telah benar benar kering, anda dapat merebusnya dengan tiga gelas air dan sisakan hingga tersisa 1,5 saja, kemudian bagi dua dan minum pada pagi serta sore hari.

Baca Juga : Manfaat Daun Kemuning

Namun perlu diingat, agar jangan mengkonsumsi daun tersebut secara berlebihan, karena bukannya menyehatkan malahan menimbulkan efek samping yang telah kami sebutkan diatas.

Sekian artikel mengenai tanaman karet kebo kali ini. Jangan lupa simak berbagai artikel lainnya seperti manfaat bunga serai

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here