14 Khasiat Manfaat Daun Keji Beling Bagi Kesehatan Efek Sampingnya

Manfaat Daun Keji Beling
Gambar Daun Keji Beling – Sumber : Google.com

Manfaat Daun Keji Beling | Seperti yang telah kita ketahui bahwa negara kita ini merupakan negara yang kaya akan flora, sebagian besar jenis tanaman dan tumbuhan yang ada di bumi berada di Indonesia. Maka dari itu, nenek moyang kita sudah sejak lama memanfaatkan tanaman yang ada untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari, serta dimanfaatkan untuk obat herbal tradisional.

Salah satu tanaman yang dipakai untuk pengobatan herbal adalah tanaman keji beling, dimana salah satunya terdapat manfaat daun keji beling bagi kesehatan. Tanaman keji beling tumbuh pada ketinggian 50 hingga 1200 meter diatas permukaan laut dan tumbuh baik pada tanah liat. Tumbuh liar di hutan, di kiri kanan sungai dan tebing. Keji beling biasanya ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman yang berkhasiat obat.

Apa Itu Daun Keji Beling

Daun keji beling berasal dari tanaman yang nama latinnya adalah Strobilanthes crispus. Dengan ciri ciri sebagai berikut, Tanaman keji beling tumbuh tegak dengan tinggi 0,5 m sampai 1 m.

Tumbuhan Keji beling tumbuh liar dihutan, tepi sungai, tebing-tebing dan sering ditanam sebagai tanaman pagar di pekarangan mudah berkembang biak pada tanah subur, agak terlindung dan di tempat terbuka, Keci Beling merupakan tumbuhan tergolong tumbuhan semak, biasanya hidup menggerombol.

Tanaman ini terdapat dari madagaskar sampai Indonesia, tumbuh pada ketinggian 50 m sampai 1.200 m dpl. Tumbuhan semak ini memiliki tinggi 0,5 hinga 1 m. Batang beruas, bulat, bercabang, berambut kasar, dan berwarna hijau

Ciri Ciri Daun Keji Beling

Daun keji beling memiliki ciri sebagai berikut, dimana Daunnya berhadapan, memiliki tangkai pendek, helai daun berbentuk lanset melonjong atau hampir jorong, pinggir daun bergerigi.

Panjang helai daun 9 cm sampai dengan 18 cm, lebar helai daun 3 cm sampai dengan 8 cm, dan pada bagian kedua permukaannya kasar. Warna permukaan daun bagian atas hijau tua sedangkan bagian bawah hijau muda.

Nama Daerah Tanaman Keji Beling

Dibeberapa daerah seperti di Jawa tanaman keji beling dikenal dengan nama keci beling, sedangkan orang Sunda menamaunya pecah beling.

Cara Membudidayakan Tanaman Keji Beling

Dikutip dari Sudarsono dkk tahun 2002. Tumbuhan keji beling biasanya diperbanyak dengan stek batang atau cabang yang sudah cukup tua. Panjang ukuran stek 20 hingga 25 cm.

Stek ditanam sedalam 6 sampai 8 cm. Pemanenan dilakukan dengan memangkas tanaman bagian pucuk sepanjang 20 hingga 30 cm. Cabang pucuk dan daun dapat langsung dijemur selama 2 sampai 3 hari.

Klasifikasi Daun Keji Beling

Tanaman keji beling atau keci beling Menurut Preethi dan Suseem, 2014, memiliki klasifikasi sebagai berikut.

  • Kingdom : Plantae (tumbuhan)
  • Divisio : Magnoliophyta (tumbuhan berbunga)
  • Kelas : Mognoliopida (berkeping dua/dikotil)
  • Ordo : Scrophulariales
  • Famili : Acanthaceae
  • Genus : Strobilantes
  • Spesies : Strobilanthes crispus.

Kandungan Senyawa Daun Keji Beling

Dalam daun keji beling terkandung beberapa senyawa yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh, senyawa tersebut diantaranya.

  • polifenol
  • saponin
  • alkaloid
  • kalium
  • kalsium
  • kumarin
  • flavonoid
  • iridoid
  • asam silikat
  • natrium
  • triterpen
  • sterol
  • Fiforlif
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin C
  • Glikosida
  • Tanin
  • Kafein
  • Terpenoid
  • polilenoi
  • Fosfor
  • Pottasium
  • Sodium
  • Ferum

Khasiat Daun Keji Beling Bagi Kesehatan

Daun keji beling biasanya digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengobati berbagai masalah kesehatan diantaranya, obat batu saluran kencing, batu kandung empedu, kencing kurang lancar, wasir, sembelit, dan kencing manis
(diabetes melitus).

Selain itu daun keji beling juga dapat digunakan untuk obat disentri, diare (mencret) dan obat batu ginjal serta dapat juga sebagai penurun kolesterol.

Manfaat Daun Keji Beling Untuk Kesehatan

1. Mempertahankan Fungsi Membran Sel

Manfaat daun keci beling yang perrama adalah untuk mempertahankan fungsi membran sel. Perlu anda ketahui bahwa dalam daun keji beling terkandung Kalsium.

Kalsium tersebut berfungsi membantu proses pembekuan darah, juga sebagai katalisator berbagai proses biologi dalam tubuh dan mempertahankan fungsi membran sel.

2. Penambah Darah

Khasiat daun keji beling bagi kesehatan dapat anda gunakan sebagai makanan penambah darah, hal tersebut disebabkan karena dalam daun keji beling terkandung Natrium berfungsi meningkatkan cairan ekstraseluler yang menyebabkan peningkatan volume darah.

3. Menjaga Kesehatan Saluran Kandung Kemih

Manfaat daun keji beling yag selnjutnya dapat anda gunakan untuk menjaga kesehatan saluran kandung kemih. Menurut penelitian Wahjoedi tahun 1992, dimana uji menghambat pembentukan batu kandung kemih buatan pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak daun keji beling dosis 16,5 mg/kg dapat mencegah pembentukan batu kandung kemih buatan.

Hal senada juga diungkapkan oleh penelitian yang dilakukan oleh Murwoto (1981), dimana pada penelitian yang dilakukan secara in vitro, infus daun keji beling terbukti dapat melarutkan batu saluran kemih.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Diabetes melitus (DM), penyakit gula atau kencing manis merupakan suatu gangguan kronis yang khususnya menyangkut metabolisme glukosa (gula) di dalam tubuh. Pada penderita diabetes, glukosa menumpuk dalam aliran darah, terutama setelah makan.

Untuk itu anda perlu mengurangi makanan yang mengandung kadar gula yang cukup banyak, selain itu anda juga dapat mencoba rebusan dan keji beling atau bisa juga dijadikan lalapan, karena daun keji beling mengandunng beberapa senyawa yang berperan untuk menurunkan glukosa dalam darah.

5. Sumber Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang mampu membersihkan, menghilangkan dan menahan pembentukan oksigen reaktif atau radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan inilah yang mampu mengubah sel-sel tubuh menjadi pengaman untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit.

Untuk mendapatkan sumber antioksidan alami anda dapat memanfaatkan tanaman keji beling, terutama pada bagian daunnya dimana senyawa flavonoid dan tanin yang ada didalamnuya berperan sebagai sumber antioksidan.

6. Mengatasi Batu Ginjal

Dalam daun keji beling terdapat Kalium pekat, kalium yang terkandung dalam keji beling bisa meluruhkan batu ginjal dan batu empedu. Unsur-unsur yang terkandung dalam daun keji beling yang bersifat diuretic dapat memperlancar sekresi atau pengeluaran gula dalam darah.

7. Memperlancar Buang Air Kecil

Manfaat daun keji beling sangatlah besar, ternyata selain dapat digunakan untuk penambah darah juga bermanfaat dalam memperlancar buang air kecil.

Dalam daun tersebut terdapat kalium, dimana Kalium berfungsi melancarkan air seni serta menghancurkan batu dalam empedu, ginjal dan kandung kemih.

8. Penambah Stmaina

Bila anda sering merasa lelah dan lesu saat sedang bekerja, anda dapat mencoba meracik daun keji beling untuk memperkuat stamina anda. Rebusan daun keji beling berguna untuk menambah stamina karena didalamnya terkandung senyawa yang berguna untuk membangkitkan stamina yang hilang.

Cara Mengolah Daun Keji Beling

1. Dengan Dioleskan Langsung

Daun keji beling ternyata bermanfaat untuk mengatasi gatal gatal yang disebabkan oleh ulat maupun semut. utuk mengatasi gatal gatal tersebut anda cukup dengan mengoleskan tumbukan daun keji beling pada bagian kulit yang gatal.

2. Menyembuhkan Diare

Diare atau disentri merupakan salah satu masalah pada pencernaan yang harus segera diatasi, untuk mengatasihnya anda cukup meminum rebusan tanaman keji beling, dimana tananaman tersebut direbus dengan air selama kurang lebih satu setengah jam.

3. Sebagai Lalapan

Daun keji beling juga dapat mengatasi kencing manis dengan cara dimakan sebagai lalapan secara teratur setiap hari. Selain berguna untuk mengatasi kencung manis lalapan daun keji beling setiap hari dan dilakukan secara teratur untuk mengobati penyakit lever (sakit kuning), ambien (wasir) dan maag dengan cara dimakan secara teratur.

4. Untuk Mengatasi Diabetes

Cara mengolah daun pecah beling atau keci beling yang selanjutnya adalah sebagai berikut. Pertama siapkan terlebih dahulu sekitar satu genggam daun keci beling serta empat tongkol jagung muda. Cuci terlebih dahulu sebelum anda merebusnya.

Saat merebus gunakan sekitar satu liter air, bila telah mendidih saring dan minum rebusan tadi pada pagi dan siang hari, setengah pada pagi dan setengah pada siang hari.

5. Mengatasi Sulit Buang Air Kecil

Cara mengolah daun keji beling untuk mengatasi masalah susah buang air kecil yakni rebus 25 gram daun keji beling segar dengan dua gelas air bersih, Perebusan kuranf lebih selama 15 menit, minum rebusan tadi pada siang dan pagi hari.

6. Mengobati Nyeri Pinggang

Dalam pengobatan untuk mengatasi sakit pada pinggang, anda dapat memanfaatkan daun keji beling, dimana siapkan sekitar 10 lembar daun pecah beling usahakan setengah tua, cuci daun tadi dan rebus dengan air sampai mendidih.

7. Untuk Mengatasi Sembelit

Siapkan terlebih dahulu sekitar setengah genggam daun keji beling, usahakan yang masih sega, cuci terlebih dahulu, lalu rebus dengan dua helas air dan sisakan satu gelas saja, ika sudah anda dapat meminumnya langsung.

Bila langkah diatas sudah anda lakukan, langkah selanjutnya adalah dengan menyaring rebusan tadi yang sudah didinginkan terlebih dahulu, lalu minum pada siang, pagi serta sore hari. Lakukan secara teratur hingga sakit pinggang tidak terasa lagi.

Efek Samping Daun Keji Beling

Walaupun daun keji beling mamiki potensi yang baik bagi kesehatan tubuh, namun anda harus tetap hati hati dan bijak saat mengkonsumnya, Jangan sampai berlebihan. Karena perlu diigat bahwa penelitian mengenai manfaat daun keji beling diatas yang dijadikan bahan penelitian adalah hanya sebatas hewan kelinci dan mencit, belum dibuktikan dan dicoba langsung pada manusia.

Sebaiknya anda juga jangan asal asalan memanfaatkan dan mengkonsumsi keji beling begitu saja, terutama saat pengolahan, seperti saat merebus harus direbus dengan air yang benar benar bersih.

Bagi yang memiliki alergi terhadap tanaman keji beling sebaiknya hindari mengkonsumsi tanaman tersebut, Sebaiknya juga harus konsultasi dulu kepada ahlinya yakni dokter sebeum mengkonsumsi daun keji beling.

Baca Juga : Manfaat Daun karet kebo

Itulah beberapa manfaat daun keji beling, daun keci beling atau daun pecah beling merupakan salah satu tanaman herbal yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia sebagai obat herbal dan untuk lalapan.

Perlu digaris bawahi bahwa untuk mengkonsumsi tanaman tersebut jangan sampai berlebihan karena hanya akan menimbulkan efek samping yang merugikan bagi kesehatan anda. Sebaiknya konsumsi dalam batas wajar saja.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa simak beberapa artikel lainnya mengenai manfaat khususnya tumbuhan herbal seperti manfaat daun kemuning

Tinggalkan komentar