15 Khasiat Dan Manfaat Daun Kemuning Bagi Kesehatan Dan Wajah

Manfaat Daun Kemuning
Daun Kemuning- Sumber : Google.com

Manfaat Daun Kemmuning | Obat tradisional telah digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat mulai dari tingkat ekonomi atas sampai tingkat bawah, karena obat tradisional mudah didapat, harganya cukup terjangkau dan berkhasiat untuk perawatan, pengobatan dan pencegahan penyakit.

Karena kelebihan dari obat tradisional yang cukup banyak ketimbang obat buatan, maka sekarang masyarakat sudah mulai cukup sadar, dan memanfaatkan obat herbal seperti yang telah dilakukan nenek moyangnya sejak zaman dahulu, salah satu obat herbal tersebut adalah daun kemuning. Dimana terdapat manfaat daun kemuning tersebut karena adanya kandungan senyawa didalamnya yang baik untuk kesehatan.

Apa Itu Daun Kemuning

Daun kemuning berasal dari tanaman Kemuning atau nama latinnya Murraya paniculata L. adalah tanaman semak atau pohon kecil yang termasuk kedalam keluarga jeruk (Rutaceae). Tanaman Kemuning tumbuh liar di semak belukar, tepi hutan, serta ditanam sebagai tanaman hias dan tanaman pagar.

Tumbuhan kemuning berasal dari daratan India, Asia Selatan. Tanaman kemuning merupakan semak atau pohon kecil, tinggi mencapai 3 hingga 7 m dengan batang beralur, tidak berduri. Tempat tumbuhnya dari dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut.

Ciri Ciri Daun Kemuning

Daun kemuing sendiri memiliki ciri ciri sebagai berikut, dimana daun kemuning merupakan daun majemuk, bersirip ganjil, duduk secara spiral pada ranting, anak daun 4 hingga 7 helai, berhadapan atau tidak, bentuk jorong atau bundar telur sungsang.

Pangkal daun kemuning meruncing, serta ujung daunnya meruncing atau agak membundar, pinggir daun rata atau agak beringgit, panjang daun sekitar 2 hingga 11 cm, lebar 1,5 sampai 5 cm, permukaan mengkilat, panjang tangkai 3 hingga 4 mm.

Nama Daerah Dan Asing Daun Kemuning

Tanaman kemuning memiliki nama yang berbeda beda diberbagai daerah di Indonesia, nama nama tersebut diantaranya.

Orang Sunda menyebut tanaman kemuning sebagai kamuning, sedangkan di Jawa Tengah bernama kemuning, di Madura bernama kamoneng, orang Melayu menamainya kemuning, sedangkan di Minangkabau bernama kemunieng, di daerah Bima kemuning bernama kemuni.

Selain nama diatas nama lain kemuning didaerah Makasar dan Manado bernama kamuning, Bugis tanaman kemuing bernama alop serta di Maluku bernama fanasa, eschi, kamoni, dan kamone.

Sedangkan daun kemuning in english adalah orange jasmine, orang China menamainya Jiu Li Xiang dan Yueh Chu.

Klasifikasi Daun Kemuning

Sistematika tanaman kemuning sebagai berikut.

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Kelas : Dicotyledoneae
  • Ordo : Sapindales
  • Famili : Rutaceae
  • Genus : Murraya
  • Spesies : Murraya paniculata L.

Kandungan Senyawa Daun Kemuning

Dalam daun kemuning terkandung flavonoid(flavon, flavonol, flavanon, flavononol, khalkon), senyawa kumarin sederhana (7-oksigenasi, 5,7-dioksigenasi, 6,7-dioksigenasi dan 7,s-dioksigenasi), senyawa alkaloid indol, karbazol, senyawa sinamat, sterol, tanin, minyak atsiri, saponin, damar, dan arilpropanoid.

Manfaat Kemuning Secaa Umum

Dikutip dari penelitian Iskandar tahun 2015, tanaman kemuning berkhasiat dalam menangani berbagai masalah kesehatan diantaranya.

  1. pemati rasa (anastesia)
  2. penenang (sedatif)
  3. antiradang
  4. antirematik
  5. antitiroid
  6. penghilang bengkak
  7. pelangsing tubuh
  8. pelancar peredaran darah
  9. penghalus kulit

Manfaat Daun Kemuning Untuk kesehatan

Manfaat pohon kemuning untuk kesehatan biasanya lewat bagian daun serta bunganya, untuk khasiat daun kemuning bagi kesehatan simak penjelasan berikut ini.

1. Menurunkan Kolestrol

Khasiat daun kemuning bagi kesehatan yang pertama adalah dapat anda gunakan untuk menurunkan kolestrol. Kemuning atau nama latinnyaMurraya paniculata L. adalah salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai obat tradisional.

Secara empiris digunakan untuk menurunkan kolesterol. Bagian tanaman / simplisia yang utama digunakan untuk obat tradisional adalah bagian daun kemuning.

Daun kemuning berguna untuk menurunkan kolestrol telah diperkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh Rosnaeni dkk. Dalam penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa Ekstrak etanol daun kemuning berefek menurunkan kadar kolesterol total darah tikus Wistar jantan model
dislipidemia.

2. Mencegah Dan Mengobati Penyakit Jantung Koroner

Penyakit Jantung Koroner sampai saat ini masih menjadi suatu masalah, baik di negara maju maupun negara berkembang dan merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia.

Penyekit jantung koroner disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya hiperkolesterolemia atau kelebihan kadar kolesterol, obesitas, merokok, olah raga, hipertensi, diabetes mellitus. Untuk menghindari penyakit tersebut caranya dengan mengubah pola hidup yaitu terutama diet rendah lemak, olah raga, tidak merokok dan menghindari obesitas.

Jika faktor peneybab jantung koroner diatas tidak berhasil dihindari maka perlu dilakukan pengobatan untuk menurunkan kadar kolesterol, Selain menggunakan obat buatan, anda juga dapat memanfaatkan obat herbal seperti daun kemuning ini untuk menurunkan kolestrol seperti yang telah kami jelaskan diatas.

3. Memiliki Aktivitas Antibakteri

Manfaat daun kemuning yang selanjutnya dapat anda gunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri atau mikrooganisme yang merugikan dalam tubuh anda. Bagian tubuh manusia seperti kulit, mukosa mulut, saluran pencernaan, saluran ekskresi dan organ reproduksi, dapat ditemukan populasi mikroorganisme, terutama bakteri.

Bakteri ini sebagian merupakan flora normal, tetapi sebagian yang lain merupakan patogen yang bersifat invasif terhadap sel inang yang merugikan dan dapat menyebabkan penyakit infeksi.

Untuk itu perlunya kita menjaga kebersihan dan memanfaatkan obat herbal alami supaya bakteri yang merugikan tidak berkembang dalam tubuh kita, seperti dengan memanfaatkan ekstrak etanol daun kemuning yang telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Fanny Rahardja dkk, dimana dalam penelitian tersebut terbukti Ekstrak etanol daun kemuning mempunyai aktivitas antibakteri terhadap E. coli secara in vitro.

4. Memiliki Efek Larvasida

Efek larvasida sendiri biasanya digunakan untuk membunuh larva dari nyamuk penyebab demam berdarah seperti nyamuk Aedes aegypti.

Daun kemuning dalam hal ini bermanfaat utuk membunuh larva merugikan seperti larva nyamuk aedes aegypti. Dimana larva tersebut bakal berkembang menjadi nyamuk yang menyebabkan demam berdarah.

Hal tersebut juga telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.2 No.2 tahun 2013, dimana ekstrak etanol daun kemuning (Murraya paniculata (L.) Jack.) mempunyai aktivitas larvasida terhadap larva Aedes aegypti L.

5. Sumber Antioksidan

Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang dapat mereduksi radikal bebas di dalam tubuh. Berbagai penyakit dalam tubuh disebabkan oleh adanya radikal bebas.

Untuk mencegah radikal bebas Konsumsi tumbuhan atau makanan yang mengandung agen antioksidan dapat membantu tubuh untuk menurunkan kandungan radikal bebas dalam tubuh.

Salah satu tanaman yang kaya akan antioksidan adalah kemuning, terutama pada bagian daunnya. Manfaat daun kemuning sebagai antioksidan disebabkan karena adanya senyawa flavonoid dan fenol didalamnya.

6. Mengobati Eksim

Khasiat daun kemuning bagi kesehatan yang selanjutnya dapat anda gunakan sebagai obat eksim. Dalam daun tersebut terdapat kombinasi senyawa yang tepat yang menjadikan daun tersebut ampuh dan berkhasiat sebagai obat utuk melawan penyakit eksim yang menyerang tubuh seseorang.

7. Mengatasi Keputihan Pada Wanita

Nah salah satu masalah yang dikhawatirkan oleh kaum hawa adalah keputihan. Hal tersebut disebabkan karena keputihan merupakan salah satu hal yang menandai bahwa tubuh seorang wanita tidak dalam kondisi yang baik. Bagi anda wanita yang sering mengalami masalah yang satu ini, anda dapat mencoba meminum rebusan daun kemuning untuk mengatasinya.

8. Anti Peradangan

Daun kemuning selain berkhasiat untuk mengatasi masalah keputihan pada wanita, juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan. Kandungan senyawa alami dalam daun kemunign berguna untuk mengobati berbagai jenis peradangan. Seperti radang pada organ tubuh maupun pada kulit luar.

9. Melancarkan Haid

Manfaat daun kemunign untuk wanita yang selanjutnya yakni berguna untuk melancarkan haid. Seperti keputihan, haid yang tidak lancar merupakan salah satu indikasi bahwa kesehatan seorang wanita dalam kondisi yang kurang baik. Maka dari itu disarankan untuk mengkonsumsi rebusan daun kemuning saat haid.

10. Mencegah Dan Mengatasi Batu Ginjal

Salah satu penyakit yang dapat anda tangani dengan memanfaatkan daun kemuning adalah batu ginjal, dalam batu ginjal terkandung senyawa yang dapat meluruhkan air seni. Sehingga kotoran yang menumpuk pada saluran kemih dapat sedikit demi sedikit dikeluarkan.

Manfaat Daun Kemuning Untuk Kecantikan

1. Untuk Melembutkan Kulit

Khasiat kemuning bagi kecantikan yang pertama dapat anda gunakan untuk melembutkan kulit anda. Dimana kulit kasar dan kusam merupakan salah satu masalah yang mengganngu, terutama kaum wanita.

Namun anda tak perlu khawatir, cukup dengan menyiapkan 30 gram daun kemuning, cuci terlebih dulu dengan air mengalir, setelah itu tumbuk hingga halus. Bila telah halus, anda dapat menambahkan sedikit air dan oleskan pada kulit sebelum tidur.

2. Menurunkan Kelebihan Berat Badan

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, bahwa daun kemuning berguna untuk menurunkan kadar kolestrol, dimana jika kadar kolestrol dalam tubuh menurun, maka hal tersebut akan mempengaruhi berat badan anda.

Cara mengolah daun kemuning untuk menurunkan berat badan yakni dengan menyiapkan daun mengkudu dan kemuning secukupnya serta setengah jari temugiring. Campur semua bahan dan lumatkan dengan cara menumbuknya.

Bila langkah diatas telah anda tempuh siapkan air matang dan taruh campuran diatas dengan air tersebut setelah itu peras dan saring. Anda dapat meminum air perasan tadi pada pagi hari, usahakan sebelum sarapan pagi.

3. Anti Penuaan Dini

Untuk mencegah penuaan dini tidak perlu dengan biaya mahal dan melulu pergi ke tempat kecantikan. Anda dapat memanfaatkan bahan alami yang mudah anda temukan disekitar anda, seperti daun kemuning.

Dalam daun kemuning terkandung beberapa senyawa yang berperan menangkal radikal bebas, dimana radikal bebas tersebut merupakan salah satu penyebab penuaan dini.

4. Untuk Wajah

Manfaat daun kemuning untuk wajah dapat anda gunakan untuk mengatasi nyeri akibat bisul maupun untuk menghaluskan kulit. Kali ini ada sedikit tips cara mengolah daun kemuning untuk mengatasi bisul.

Pertama sekitar 30 gram akar kemuning dan daunnya dipotong potong, sebelumnya cuci terlebih dahulu, rebus dengan mencampurkan tiga gelas air, tunggu hingga tersisa dua gelas saja. Bila sudah agak dingin saring dan minum satu gelas pada pagi dan segelasnya lagi pada sore hari.

Cara Mengolah Daun Kemuning

1.Untuk Mengatasi Haid Tidak Lancar

Cara mengolah daun kemuning kali ini untuk mengatasi masalah kesehatan yang biasanya dialami oleh perempuan. Pertama ambil kira kira setengah genggam daun kemuning, setengah genggam daun pacar kuku, dan saturimpang temulawak besarnya sekitar jari manis.

Iris terlebih dahulu bahan tadi dan rebus dengan air sekitar tiga gelas, tunggu hingga tersisa segelas saja, saring serta minum setengah gelas pada pagi dan setengah gelasnya lagi pada sore hari.

2. Meredakan Sakit Gigi

Nah sakit gigi merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling mengganggu dalam menjalankan aktivitas sehari hari. Untuk mengobati sakit gigi tersebut gosokkan kulit batang pohon kemuning hingga keluar minyaknya, setelah itu anda dapat memanaskan minyak tadi dengan api kecil.

Bila langkah diatas sudah anda lakukan, anda dapat menggosokkan atau teteskan pada bagian gigi anda yang sakit, berlubang maupun gusi anda yang bengkak.

Baca Juga : Manfaat Daun Kopasanda

Pohon kemuning memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama pada bagian daun dan bunganya. Selain itu penggunaan obat herbal seperti memanfaatkan tanaman yang satu ini, memiliki banyak keuntungan, selain mudah didapatkan, murah dan minim akan efek samping.

Untuk itu mulai sekarang terapkan pola hidup sehat dan rutin mengkonsumsi sayur sayuran serta beralih dengan memanfaatkan obat herbal yang sangat mudah kita temukan di negara kita ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan jangan lupa simak artikel lainnya seperti manfaat Bunga serai

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here