22 Manfaat Daun Ketela Rambat Atau Ubi Jalar Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Ketela Rambat
Daun Ketela Rambat – Sumber : Google.com

Manfaat Daun Ketela Rambat | Ketela rambat atau nama latinyya Ipomea batatas adalah salah satu tanaman yang mudah kita temukan. Umumnya yang sering dikonsumsi oleh masyarakat adalah umbinya. Tidak banyak orang yang tahu jika selain umbinya, daun ketela rambat banyak memiliki khasiat. Tanaman ketela rambat sendiri sangat cepat dalam pertumbuhannya.

Kebanyakan orang masih banyak mengkonsumsi umbi ketela rambat ketimbang daunnya. Tapi jangan salah jika selain umbinya, daun ketela rambat juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Kandungan dalam daun ubi jalar sendiri adalah zat gizi makro serta zat gizi mikro.

Dalam pemanfaatannya untuk kesshatan tubuh dan kecantikan daun ketela rambat. Orang Indonesia masih banyak mengolah daun ketela untuk olahan sayur lalap atau campuran kuah.

Namun Kebanyakan orang masih sering menganggap daun ketela rambat hanya dianggap sebagai olahan sayur dan makanan biasa. Tapi ternyata bia diolah dengan tepat daunnya dapta berisi berbagai manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Tumbuhan ketela rambat atau dalam nama latinya Ipomea batatas L kebanyakan masih digunakan untuk konsumsi atau makanan pokok seperti dinegara negara afrika. Masyarakat di Indonesia pun masih menggunakan dan mengkonsumsi umbi ketela rambat sebagai asupan makanan pengganti kebutuhan karbohidrat yang mengenyangkan.

Namun selain untuk mengatasi rasa lapar karena kandungan karbohidratnya yang lumayan banyak, ternyata ada manfaat yang luar biasa dalam daun ketela rambat daun umbi ubi jalar yang sering diremehkan.

Kebanyakan beberapa kalangan yang mengolah sayur daun ketela rambat hanya diolah menjadi sayuran tanpa mengetahui manfaatnya yang besar. Manfaat daun dalam ketela rambat tidak terlepas dari senyawa yang terkandung di dalam daunnya.

Manfaat tersebut untuk kesehatan karena banyanya nutrisi dan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Karena itulah kami akan membahas manfaat daun ubi jalar dan kandungan didalamnya yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Namun sebelum membahas tentang berbagai manfaatnya terlebih dahulu kita membahas tentang kandungan gizi yang ada dalam ketela rambat berikut ini.

Kandungan Daun Ketela Rambat

Dalam daun ketela rambat memiliki kandungan serta manfaat yang sangat kaya, mulai dari serat pangan yang tinggi, zat mineral dan vitamin yang bervariasi. Selain itu kandungan karbohidrat juga lumayan untuk menggantikan nasi sebagai makanan pokok dan cukup mengenyangkan serta protein yang bermanfaat dan dapat danda nikmati dari mengkonsumsi ubi jalar.

Nah jika anda belum mengetahui apa sajakah kandungan gizinya, berikut simak beberapa kandungan dalam daun ketela rambat yang mungkin perlu anda ketahui sebagai tambahan wawasan.

  • Daun ubi jalar (Ipomoea batatas) merupakan sumber makanan
    vitamin meliputi Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B.
  • mineral
  • antioksidan
  • serat makanan, dan asam lemak esensial.
  • Zat besi
  • Kroten
  • riboflavin
  • tiamin
  • folat
  • fosfor
  • kalsium
  • Protein serta beta karoten

Itulah beberapa kandungan gizi dan senyawa dari daun ketela rambat yang telah diketahui mempunyai banyak manfaat yang baik untuk tubuh

Bioaktif Senyawa yang terkandung dalam sayuran ini berperan dalam kesehatan untuk
meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, mengurangi stres oksidatif dan radikal bebas
merusak, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan menekan sel kanker.

Saat ini, daun ubi jalar dikonsumsi terutama di pulau-pulau
Samudra Pasifik dan di negara-negara Asia dan Afrika.

Setelah mengetahui banyak kandungan gizi dari daun ubi jalar, selanjutnya akan dijelaskan beberapa manfaat dari daun ketea rambat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Manfaat Daun Ketela Rambat Untuk Kesehatan

1. Sebagai Antioksidan

Manfaat daun ketela rambat yang pertama adalah sebagai anti oksidan. Antioksidan sendiri adalah zat yang dibutuhkan dan penting untuk tubuh dalam perannya untuk mendukung kegiatan sehari hari. Kandungan senyawa antioksidan adalah salah satu senyawa yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, yang telah terbukti sebagi pelindung dai efek berbahaya yang diakibatkan dari radikal bebas.

Selain itu antioksidan diketahui dapat menurukan resiko kanker, obat sakit gigi, stroke, penyakit jantung dan lain lain. Sumber dari radikal bebas tersebut dapat berasal dari, asap rokok, asap yang dihasilkan kendaraan berbahan bakar fosil, sinar matahari tengah hari yang menyengat, dan pembuangan sisa atau limbah hasil industri. Bila dalam tubuh terdapat banyak kandungan radikal bebas, maka dapat dipastikan akan menimbulkan berbagai macam penyakit, apalagi orang yang memiliki antibodi yang lemah.

Efek atau penyakit yang umum disebabkan oleh radikal bebas adalah kanker. Jadi karena hal tersebutlah manusia memerlukan yang namanya zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Penyakit yang ditimbulkan jika antioksidan dalam tubuh kurang adalah kanker dan penyakit mematikan lainnya.

Kandungan antioksidan tersebut sering ditemukan pada bahan makanan yang alami atau berasal dari alami seperti sayur dan buah. Salah satu bahan alami tersebut yang mengandung antioksidan adalah umbi ketela rambat, tapi pada daun ketela rambat juga mengandung senawa antioksidan, namun lebih sedikit ketimbang ubinya.

2. Mampu Mengatasi Memar Dan Bengkak

Manfaat daun ketela rambat yag kedua adalah berkaitan dengan luka luar tubuh yakni bengkak dan memar . Jika anda atau keluarga anda mengalami bengkak dan memar karena terjatuh, atau terbentur atau sebab yang lain maka anda dapat mengobatinya dengan daun ketela rambat.

Caranya yakni dengan menyiapkan beberapa lembar daun ketela rambat. Lalu bersihkan dan olah dengan cara menumbuknya hingga halus lalu kompreskan pada bagian luka memar dan bengkak tadi. Setelah itu anda dapat mengikatnya tapi jangan terlalu kuat, tunggu hingga mengering.

3. Daun Ketela Rambat Dapat Mengatasi Peradangan

Peradangan atau inflamasi adalah merupakan suatu kondisi dengan respon tubuh terhadap suatu patogen serta alterasi mekanis dalam jaringan, dan menimbulkan reaksi pada tempat yang mengalami cedera. Kebanyakan tubuh sesorang sering mengalami peradangan. Tapi jangan khawatir, hal tersebut ternyata dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi daun ketela rambat.

Kandungan vitamin serta protein dalam daun ketela rabat diketahui dapat dan baik mengembalikan kesehatan tubuh yang terjadi peradangan. Cara mengolahnya adalah anda dapat membuat sayur berbahan daun ketela rambat atau dengan jus daun ketela rambat.

4. Mampu Meredakan Demam

Selain untuk mengatasi peradangan, daun ketela rambat juga mampu untuk mengatasi dan meredakan demam.

Caranya yakni dengan menyiapkan beberapa puluh helai daun ketela rambat. Bersihkan terlebih dahulu sebelum akhirnya direbus.Setelah agak dingin tuang dalam gelas dan konsumsi selagi masih hangat.Demam pun akan cepat reda dengan menggunakan rebusan daun ketela rambat.

5. Manfaat Daun Ketela Rambat Untuk Mengobati Demam Berdarah Dengue

Demam berdarah dengue adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya bila terlambat dalam penanganannya. Kandungan trombosit dalam daun ketela rambat mampu menggantikan trombosit dalam tubuh yang hilang.

Karena seperti yang telah anda ketahui bahwa penyakit demam berdarah dengue meyebebkan trombosit dalam tubuh menurun, dan hal tersebut dapat terselamatkan dengan menambah jumlah trombosit dari luar termasuk jambu merah.

6. Mencegah Mual Dan Muntah

Manfaat dari daun ketela rambat yang selanjutnya adalah untuk masalah yang berhubungan dengan pencernaan yakni mual dan muntah. Nah anda juga pernah mengalami mual dan muntah yang tentunya mengganggu kegiatan anda sehari hari dikarenakan kerha lambung yang kurang sehat.

Selain menggunakan obat obatan, ternyata ada cara alami yakni daun ketela rambat mampu mengobati rasa mual dan muntah. Yakni dengan cara mengkonsumsi daun ubi jalar dalam bentuk olahan sayuran atau jus.

7. Mencegah Mabuk Saat Perjalanan

Seperti yang telah dijelaskan dalam poin sebelumnya bahwa daun ketela rambat dapat mengurangi rasa mual dan muntah, juga dapat diterapkan jika kita saat bepergian. Seperti yang telah diketahui, bahwa kebanyakan orang sulit melakukan perjalanan darat, terutama saat mudik akibat rasa mual dan muntah yang mengganggu. Ternyata jika kita mengkonsumsi daun ketela rambat dapat mengurangi mabuk saat perjalanan.

Caranya dengan mengunyah daun ketela rambat yang sebelumnya telah dicuci bersih terlebih dahulu. Rasanya emang pahit sih, tapi jika menginginkan rasa agak manis dapat ditambahkan dengan madu.

8. Mampu Merawat Kesehatan Mata Anda

Kandungan karotan dalam daun ubi yang telah kami paparkan pada poin diatas mampu untuk menjaga kesehatan mata agar mata tetap normal.

Seperti yang telah diteliti oleh banyak ahli bahwa karoten dibutuhkan supaya kesehatan mata tetap terjaga. Jika anda menginginkan mata yang terjaga kesehatannya, maka konsumsilah daun ketela rambat secara rutin. Namun perlu diingat jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya. Sehingga kebutuhan akan asupan karoten dapat terpenuhi supaya kerja mata tetap berjalan secara maksimal.

9. Mengatasi Mata Rabun

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kandungan karoten baik untuk kesehatan mata, juga manfaat daun ketela rambat yang lainnya aalah untuk mencegah dan mengatasi kerabunan.

Mata rabun sendiri merupakan suatu kondisi diman penyebabnya adalah menurunnya kemampuan penglihatan dan pada umumnya penyebab penurunan tersebut karena faktor usia. Kondisi mata rabun tersebut dapat dikurangi dengan rajin mengkonsumsi daun ketela rambat.

Caranya yakni dengan mempersiapkan beberapa helai aun ketela rambat. Selanjutnya jangan lupa dibersihkan terlebih dahulu, dan rebusnya beberapa menit. Setelah itu taruh digelas dan tambahkan madu lalu anda dapat meminumnpya saat masih hangat. Jika diterapkan dengan benar maka rabu mata sedikit lebih berkurang.

10. Mengurangi Radang Tenggorokan

Manfaat selanjutnya dari daun ketela rambat adalah mamppu mengatasi radang pada tenggorokan. Dimana radang pada tenggorokan penyebabnya adalah karena ada bakteri dari luar yang masuk dan meng infeksi saluran tenggorokan.

Jika sudah parah, penderita radang tenggorokan merasa tidak nyaman dan terganggu ketika makan. Maka dari itu sebaiknya konsumsi daun ketela rambat secara rutin, baik itu dengan merebusnya terlebih dahulu atau dibuat jus. Tapi disarankan untuk mengkonsumsi air rebusan dari daun ketela rambat yang masih hangat untuk mengobati radang tenggorokan.

11. Mengobati Pilek Dan Batuk

Selain mampu untuk mengobati peradangan pada tenggorokan, daun ketela rambat juga bermanfaat untuk mengobati batuk pilek. Seperti yange telah anda ketahui bahwa batuk dan pilek merupakan salah satu masalah yang umum dialami setiap individu manusia, tidak memandang usia baik itu anak kecil, muda, dewasa dan orang yang sudah lanjut usia.

Batuk pilek atau dikenal dengan selesma, merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus ringan pada saluran pernafasan terutama saluran pernafasan bagian atas, yakni hidung serta tenggorokan.

Batuk serta pilek tersebut dapat diatasi dengan daun ketela rambat dikarenakan kendungan vitamin yang cukup banyak, terutama vitamin C didalamnya. Oleh karena itu bila anda atau orang disekitar anda terkena batuk pilek sebaiknya konsumsi obat alami seperti daun ketela rambat ini.

12. Menaikkan Trombosit

Jika anda mengalamai kekurangan trombosit maka jangan diangaap remeh, kebanyakan orang yang trombositnya berkurang dan cenderung menurun adalah ibu hamil. Jika keadaan tersebut dibiarkan terlalu lama, maka akan membahayakan bagi ibu dan janin yang ada didalamnya.

Maka dari itu jika orang terdekat anda sedang hamil, maka disarankan untuk mengkonsumsi daun ketela rambat, agar trombosit yang menurun dapat tergantikan oleh kandungan zat besi dalam daun ketela rambat.

Jika sedang hamil dan sering mengalami muntah muntah, maka sebaiknya konsumsi daun ketela rambat dalam bentuk olahan kuah sayur, dan hindari memakannya langsung, takutnya terasa pahit dan ingin muntah.

13. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dalam daun ketela rambat cukup tinggi, walaupun tidak sebanyak kandungan antioksidan dalam umbi ketela rambat. seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama, kandungan antioksidan tersebut baik untuk menjaga tubuh dari radikal bebas, akibat gaya hidup yang kurang baik dan polusi akiabat pencemaran dari luar. Oleh sebab itu diusahakan untuk mengkonsumsi daun ketela rambat secara rutin untuk hasil maksimal

14. Mencegah dan Mengobati Anemia

Namia sendiri merupakan sebauh keadaan dimana penderitanya memiliki sel darah merah yanglebih sedikit alias menurun daripada jumlah sel darah merah dalam keadaan normal. Anemia disebabkanoleh sel darah merah tidak mengandung cukup hemoglobin.

Hemogoblin sendiri merupakan protein kaya zat besi yang memberikan warna merah darah. Maka dari itu mengkonsumsi daun ketela rambat yang mengandung cukup banyak zat besi dapat memicu bertambahnya sel darah merah, sehingga sel darah merah yang rendah dapat bertambah.

Anda dapat mengkonsumsinya secara rutin tapi jangan berlebihan, hingga anemianya hilang.

15. Menjaga kesehatan Jantung

Dengan memanfaatkan daun ketela rambat yang kaya akan potasium dan vitamin B dan berbagai nutrisi lain yang ada didalamnya. Dengan berbagai macam nutrisi dalam daun tersebut maka hal tersebut akan berefek pada pencegahan jantung supaya tetap sehat.

16. Mengobati Pusing Pada Kepala

Manfaat daun ketela rambat untuk mengobati pusing kepala. Jika merasa pusing kepala, dalam hal ini pusing asli bukan karena stres atau beban pikiran, maka sebaiknya konsumsi daun ketela rambat, karena kandungan potasium yang ada didalamnya baik untuk mengobati kepala yang terasa pusing yang sedang anda rasakan. Konsumsi dan olah dengan baik daun ketela rambat supaya tetap sehat, dan pusing dapat dihindari.

17. Mencukupi Kebutuhan Protein Yang Dibutuhkan Tubuh

Untuk menjalankan aktivitas sehari hari dan menjaga tubuh agar tetap sehattentunya membutuhkan banyak protein. Hal tersebut dapat teratasi dan tercukupi dengan rajin mengkonsumsi daun dan umbi ketela rambat secara rutin. Karena kandungan protein dari ketela rambat yang telah kami jelaskan diatas cukuplah banyak.

18. Manfaat Daun Ketela Rambat Untuk Asam Urat

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa asam urat merupakan gangguan pada sendi manusia, dimana rasa sakitnya berupa nyeri dan ngilu. Jangan dianggap enteng asam urat, karena dibeberapa kasus dapat menyebabkan pembengkakan serta peradangan yang berbahaya bagi seseorang.

Jika diolah dengan olahan yang tepat, ternyata manfaat daun ketela rambat untuk mengobari asam urat cukup lumayan. Olahan yang tepat tersebut adalah diolah terlebih dahulu menjadi sebuah ramuan, dengan terlebih dahulu dicampurkan cengkeh, merica, jahe dan lain lain.

Manfaat Daun Ketela Rambat Untuk Anak Anak

1. Menambah Berat Badan Bagi Anak Anak

Manfaat dari daun ketela rambat untuk anak anak yakni dapat menambah berat badannya. sering kali anak anak terutama yang kurus, dikarenakan masalah pada pencernaannya yang menyebabkan tubuhnya kurus kering.

Jika anda orang tua yang mempunyai anak dengan masalah tersebut, cobalah untuk memerintah anaknya dengan mengkonsumsi daun ketela rambat. Karena kandungan nutrisi yang cukup banyak dan mampu meningkatkan nafsu makan anak anak, sehingga baik untuk kesehatan dan mampu meningkatkan dan menambah berat badan anak

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Jika nafsu makan anak anak rendah maka anak akan malas untuk makan, efeknya kekurangan nutrisi dan menyebabkan anak menjadi kurus. Sedikit cerita orang tua saya pada saya waktu kecil sering memberi saya daun ketela yang telah direbus, supaya nafsu makan saya bertambah, ternyata hal tersebut cukup efektif saya rasakan dan nafsu makan pun meningkat, walaupun dulu rasanya pahit.

Selain itu jika nafsu makan berkurang maka kekbalan tubuh pun berkurang dan menurun. Hal itulah yang menyebabkan meningkatkan nafsu makan itu perlu. Jika dengan memakan langsung daun ketela rambat rasanya pahit, anda dapat menambahkan madu.

3. Mengatasi Cacingan

Cacingan yang sering kali dialami oleh anak anak akan menyebabkan munculnya berbagai masalah pencernaan yang berakibat pada kesehatan, sehingga kekebalan tubuh menjadi berkurang, karena nutrisi yang dierlukan untuk kekebalan tubuh tidak maksimal diserap karena dimakanoleh cacing. Cacingan pada anak anak sangat banyak penyebabnya.

Anak yang telah terkena gejala yang menunjukkan cacingan harus segera cepat untuk ditangani. Selain menggunakan obat yang dibeli di apotek apotek, anda juga dapat mencoba untuk mengobatinya dengan bahan alami daun ketela rambat. Caranya sama dengan poin poin yang diatas, anda dapat merebusnya terlebih dahulu, lalu konsumsi secara rutin jika menginginkan hasil maksimal.

Manfaat Daun Ketela Rambat Untuk Kecantikan

1. Mampu Mengatasi Bisul

Manfaat daun ketela rambat untuk kecantikan yang pertama adalah dapat mengatasi bisul. Bisul sendiri adalah benjolan berwarna merah pada kulit seseorang dan berwarna merah serta berisi nanah. Rasa sakit yang ditimbukan juga lumayan sakit. Maka dari itu segera obati penyakit bisul tersebut.

Cara mengobatinya tidak perlu mahal mahal, cukup dengan daun ketela rambat yang mudah ditemukan disekitar kita. Caranya yang pertama yakni dengan memnyiapkan dua helai daun ketela rambat. Lalu bersihkan dan panaskan dua helai daun tadi. Jika sudah mendidih tunggu sebentar dan ambil. Lalu jika sudah agak mendingin dan masih hangat, tempelkkan pada daerah yang ada bisulnya.

Walaupun awalnya terasa sangat sakit saat menerapkan daunnya pada bisul, namun hal tersebut (daun ketela rambat) dapat mempercepat peyembuhan dan pengeringan luka bisul anda.

Mengolah Daun Ketela Rambat

Untuk mengolah dan resep olahan daun ketela rambat ada berbagai macam olahan, tergantung pada jenis penyakitnya. Olahan tersebut diantarnya dibuat kuah sayur, dibuat jus, direbus terlebih dahulu, dimakan langsung, atau dicampur dengan rempah rempah lain dan dioleskan. Olahannya tergantung pada jenis penyakitnya.

Efek Samping Daun Ubi Jalar

1. Kemungkinan Kelebihan Zat Besi

Dalam hal ini jika konsumsi dari daun ketela rambat terlalu banyak alias berlebihan.

2. Merasa Ingin Muntah

Ingin muntah saat mengkonsumsi daun ketela rambat, umumnya dialami orang yang jarang atau bahkan baru mengkonsumsi daun ketela rambat, tapi jika sudah terbiasa tidak akan ingin muntah.

3. Penderita Darah Tinggi

Dalam hal ini yang dimaksud adalah tidak disarankan mengkonsumsi daun ketela rambat secara terus menerus bagi penderita tekanan darah tinggi.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat daun Ketela Rambat yang luar biasa jika benar dalam pemakaiannya. Daun ketela rambat memang mengandung banyak nutrisi yang berperan besar dalam menunjang kesehatan, mencegah penyakit, hingga bagus untuk kecantikan tubuh.

Walaupun murah dan mudah didapat namun jangan remehkan khasiat besar dalam daun yang satu ini yang dapat juga mengatasi asam urat dan Demam berdarah. Mungkin anda juga perlu menyimak Manfaat daun cengkeh yang juga punya khasiat besar bagi kesehatan dan kecantikan seperti halnya daun ketela rambat.

Manfaat alami dari tumbuhan memang begitu besar jika diulas menyeluruh, namun banyak orang yang meremehkan karena mungkin murah dan mudah ditemukan selayaknya Manfaat daun kelor yang luar biasa. Sekian saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, jika ada saran dan komentar, silahkan masukkan pada kolom komentar.

Oke, sampai disini artikel saya kali ini, jangan lupa simak berbagai macam artikel manfaat alami, tumbuhan, daging, sayur, hingga nutrisi. Terimakasih atas kunjungannya.