17 Khasiat Dan Manfaat Daun Mimba Untuk Kesehatan Perlu Diketahui

Manfaat Daun Mimba
Daun Mimba – Sumber: Google.com

Manfaat Daun Mimba | Banyak jenis tanaman yang dapat tumbuh diIndonesia yang sebagian besar dapat dimanfaatkan sebagai sumber bahan obat herbal alami dan telah banyak digunakan oleh masyarakat secara turun temurun untuk keperluan pengobatan dalam menangani berbagai masalah kesehatan.

Diantara berbagai macam jenis tanaman obat yang ada di
Indonesia. Mimba (Azadirachta indica A. Juss) merupakan salah satu tanaman yang biasa digunakan dalam masyarakat, terutama pada bagian daunnya. Daun mimba umumnya dimanfaatkan sebagai penghasil bahan pestisida nabati dan antiseptik.

Tanaman Mimba merupakan tanaman yang banyak ditemukan dan mudah kita jumpai di Negara Tropis, salah satunya yakni negara Indonseia Sebaran tempat tumbuh mimba banyak dijumpai di sepanjang daerah kering. Tanaman tersebut tumbuh dari pulau jawa seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Bali hingga Nusa Tenggara.

Apa Itu Daun Mimba

Daun mimba merupakan daun dari tanaman yang bernama latin Azadirachta indica, tanaman tersebut merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara. Tumbuhan mimba dapat dengan cepat tumbuh dan berkembang, serta mampu bertahan di tanah yang buruk dan kekurangan nutrisi.

Selain itu tanaman mimba juga tetap berdaun sepanjang tahun. Pohon mimba tingginya 10 hingga 15 meter, namun juga mampu mencapai tinggi hingga 30 meter. Tanaman mimba mempunyai banyak kegunaan. Salah satu kegunaannya yang paling dikenal adalah sebagai biopestisida

Ciri Ciri Daun Mimba

Daun mimba memiliki ciri yang membedakan dengan daun lainnya, yakni daunnya merupakan daun majemuk, antar daun saling berhadapan, berbentuk lonjong, melengkung, pada bagian tepi daunnya bergerigi, ujung daun lancip, dan ada bagian pangkal meruncing, pertulangannya merupakan pertulangan menyirip. Daun mimba hampir mirip seperti daun kedondong yakni kecil bergerigi. Rasa dari daun tersebut pahit.

Daun mimba digunakan sebagai bahan baku merupakan kunci penting bagi bahan baku pestisida nabati dan zat antiseptik keberhasilan pengusahaan mimba. Umumnya ekstraksi minyak daun mimba berguna untuk obat obatan.

Kandungan Senyawa Daun Mimba

Sebelum membahas manfaat daun mimba, alangkah baiknya kami bahas dulu, apa saja kandungan senyawa dalam daun tersebut yang berkhasiat untuk kesehatan, senyawa tersebut diantaranya.

  1. Terpenoid
  2. Flavonoid
  3. Minyak Atsiri
  4. Alkaloid
  5. Saponoin
  6. Tanin
  7. Asam Lemak.

Klasifikasi Tanaman Mimba

  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub divisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledoneae
  • Bangsa : Meliales
  • Suku : Meliaceae
  • Marga : Azadirachta
  • Jenis : Azadirachta indica A. Juss

Khasiat Daun Mimba

Keaslian khasiat daun mimba telah dibuktikan oleh penelitian dapat mengurangi rasa sakit (pain relief), obat demam, dapat mengontrol kelahiran (birth control),
obat cacing untuk ternak, antiinflamasi, antirematik, antipiretik, penurunan gula darah, antitukak lambung, hepatoprotektor, imunopotensiasi, antifertilitas, antivirus dan antikanker, bahkan mampu menghambat pertumbuhan HIV.

Manfaat Daun Mimba Untuk Kesehatan

1. Untuk Mencegah Kanker Serviks

Umumnya pengobatan yang dilakukan pada penyakit kanker antaranya dengan pembedahan, kemoterapi, tapi dalam pengobatan tersebut belum mampu mengatasi sel kanker yang telah menyebar.

Namun anda jangan khawatir, manfaatkanlah daun mimba. Dimana Mimba merupakan tanaman memilki banyak fungsi yang kaya dengan kandungan senyawa didalamnya dan sering dipakai untuk mengobati beberapa penyakit Salah satunya adalah kanker.

Dalam daun mimba terkandung limonoid dan polisakarida merupakan tanaman multifungsi yang dapat digunakan sebagai antikanker. Selain itu daun mimba dalam mengatasi kanker serviks termasuk aman untuk kesehatan.

2. Memiliki Efek Antibakteri

Mungkin anda telah banyak mengetahui manfaat daun mimba untuk mengatasi bakteri bukan, dalam daun mimba terkandung senyawa yang mampu untuk mencegah dan membunuh bakteri jahat dalam tubuh. seperti bakteri Staphylococcus aureus, Escherichia coli, dan Streptococcus epidermidis.

Dikutip dari Syarmalina dan Dian R. Laksmitawati, 2005, menemukan hasil bahwa ekstrak daun mimba dalam etanol 70% mempunyai potensi menghambat pertumbuhan semua mikroba uji yang digunakan.

Karnena didalam daun mimba terdapat Minyak atsiri dan tanin, diduga senyawa aktif tersebut dapat digunakan sebagai antibakteri.

3. Meningkatkan Sistem Immun Tubuh

Sistem imun sendiri merupakan sistem mekanisme pertahanan tubuh terhadap zat asing, tingkat imunitas atau daya tahan tubuh yang lemah akan menyebabkan tubuh mudah terinfeksi bakteri.

Tumbuhan mimba bisa menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kekebalan tubuh, disebabkan karen sifat imunostimulan daun tersebut telah banyak dibuktikan oleh berbagai penelitian, diantaranya adalah bahwa ekstrak air daun mimba juga memiliki aktivitas imunostimulan.

4. Pestisida Alami

Penggunaan pestisida terutama pestisida buatan atau sintesis telah berhasil menyelamatkan hasil pertanian yang dihancurkan oleh hama pengganggu, tapi disamping itu juga menimbulkan dampak negatif terhadap alam, mencemarai lingkungan dan berbahaya bagi manusia.

Pestisida alami merupakan salah satu solusinya, salah satu produk alami tersebut untuk mengendalikan hama adalah daun mimba, dimana alam daun mimba mengandung parasinin, suatu alkaloid dan komponen minyak atsiri yang memiliki senyawa sulfida.

5. Anti Diabetes

Nah selain bermanfaat untuk digunakan sebagai pestisida alami, daun mimba juga memiliki khasiat sebagai pengobatan pada diabetes. Telah banyak penelitian yang membuktikan keampuhan daun mimba dalam menangani masalah kesehatan yang satu ini.

Dalam penelitian tersebut menjelaskan bahwa ekstrak daun mimba diberikan kepada hewan uji yang diinduksi diabetes selama dua minggu berturut turut, dan hasilnya mampu mencegah kenaikan kadar gula dalam darah.

6. Mengobati Infeksi

Penyakit infeksi sampai saat ini masih menjadi masalah utama kesehatan masyarakat Indonesia. Pengobatan terhadap penyakit infeksi biasanya digunakan antibiotik sintetis, tapi antibiotik tersebut kadang kadang menimbulkan efek samping.

Maka dari itu manfaatkan lah daun mimba, daun mimba mampu mencegah dan membasmi pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit infeksi sehingga mengganggu kesehatan manusia.

7. Mengobati Diare

Tentunya bila anda terserang diare, aktivitas sehari hari anda terganggu bukan. Maka dari itu manfaatkan daun mimb. Cara yang anda terapkan adalah dengan meminum rebusan daun mimba.

Cara mengolah rebusan daun mimba, yang pertama siapkan beberapa lembar daun mimba, dan tiga gelas air, sebelumnya bersihkan terlebih dahulu daunnya. Rebus dengan air tadi.

Setelah mendidih dan air rebusan tinggal segelas saja, dinginkan dan saring, untuk mengurangi rasa pahit, anda dapat menambahkannya dengan madu, konsumsi secara rutin pada pagi dan malam hari.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa daun mimba selain sebagai antibakteri juga dapat mempercepat penyembuhan luka.

Untuk mengatasi masalah tersebut cuci luka anda dengan rebusan daun mimba yang ampuh menangani lukabaru, luka memar dan gores, selain itu sifat antiinfeksi dalam daun tersebut juga berperan mencegah infeksi pada luka.

Sedikit catatan air yang digunakan harus benar benar bersih dan ssteril, serta pastikan benar benar matang, dan juga daun mimba yang dipakai tidak terkontaminasi oleh pestiseda atau organisme maupun zat zat lain.

9. Antikanker

Selain berguna sebagai antidiabetes, manfaat daun mimba yang lainnya yakni dapat dipakai sebagai obat pencegah munculnya kanker. Kandungan tanin dan flavonoid berperan dalam mencegah munculnya sel sel kanker.

10. Mengatasi Demam

Kebanyakan dari kita bila terkena demam khawatr lalu menkonsumsi obat penurun demam yang mengandung parasetamo. Cobalah menggunakan daun mimba untuk mengatasi masalah kesehatan yang satu ini.

Daun mimba digunakan sebagai obat alternatif dan obat tradisional yang telah digunakan sejak dahulu kala. Dengan merebus sepuluh gram daun mimba yang sebelunya dicuci terlebih dahulu, den perebusannya dengan menggunakan segelas air.

Jika langkah diatas telah selesai, anda dapat mengkonsumsinya untuk mengatasi demam atau panas tinggi. Telah banyak studi ilmiah yang mengakui khasiat daun tersebut dalam mengobati demam.

11. Sumber Antioksidan

Dalam daun mimba terkandung senyawa quercetin, katekin, karoten, asam askorbat dari golongan flavonoid. Semua senyawa tersebut adalah penghasil efek antioksidan. Antioksidan berperan melindungi sel sel tubuh dari efek radikal bebas.

12. Antibakteri

Banyak sekali manfaat dari daun mimba, diantara manfaat tersebut adalah berkhasiat sebagai antibakteri dan mikroba yang membantu tubuh dalam memperlambat serta mencegah pertumbuhan bakteri jahat yang menyebabkan penyakit.

13. Mengatasi Malaria

Malaria merupakan salah satu penyakit yang sering muncul pada musim penghujan, penyebabnya adalah gigitan nyamuk. Pengobatan malaria dengan menggunakan daun mimba sudah sejak lama dilakukan.

Mengapa daun mimba dapat mengobati malaria?. Dalam daun mimba terkandung senyawa gedunin yang ampuh serta efektif dalaml menanahani penyakit yang sering muncul pada musim penghujan ini.

14. Mengatasi Ketombe

Salah satu masalah pada bagian kulit kepala yang sering dihadapi oleh masyarakat umum adalah ketombe. Jika kulit kepala berketombe, rasanya gatal. Anda dapat mencoba megatasi masalah tersebut dengan daun mimba, dengan mengolahnya menjadi sampo sebelumnya direbus terlebih dahulu, maka ketombe akan teratasi.

Manfaat Daun Mimba Untuk Kecantikan

1. Mengatasi Bisul dan Jerawat

Tahukah anda bahwa salah satu penyebab dari munculnya jerawat dan bisul disebabkan oleh bakteri Staphylococcus epidermidis. Bakteri tersebut terdapat pada kulit, selaput lendir, bisul, jerawat dan luka. Antioksidan yang ada dalam daun mimba juga menjadi antiseptik sehingga berguna untuk membantu mengatasi munculnya jerawat serta kemerahan pada kulit wajah.

Menurut Jawetz dkk. pada tahun 2005 mengungkapkan bahwa bakteri Staphylococcus epidermidis merupakan bakteri gram positif yang menyebabkan penyakit melalui kemampuannya berkembang biak dan menyebar luas dalam jaringan.

Namun anda tidak perlu khawatir, bila mengalami bisul dan jerawat segera tangani dengan daun mimba, pada daun mimba memiliki peran sebagai anti bakteri yang ampuh untuk mencegah bakteri penyebab jerawat tersebut.

2. Menjaga Kesehatan Sel Kulit

Daun mimba mengandung banyak flavonoid seperti quercetin, katekin, karoten, asam askorbat, dimana senyawa tersebut berperan sebagai sumber antioksidan dan juga bermanfaat untuk menjaga sel sel kulit supaya tidak terjadi keruusakan sel kulit mati.

3. Mengecilkan Pori Pori Kulit Wajah

Selain masalah jerawat dan bisul yang sering muncul pada kulit wajah, masalah lain yang cukup mengganggu penampilan adalah membesarnya pori pori kulit wajah. Pori pori yang berukuran besat sering menjadi sumber masalah pada wajah seperti munculnya noda hitam dan jerawat.

Nah untuk itu jangan khawatir, karena anda dapat mengolah daun mimba untuk dijadikan pasta yang kemudian dipakai sebagai masker wajah.

Efek Samping Daun Mimba

Umumnya efek samping yang ditimbulkan yakni alergi, terutama pada orang yang sistem tubuhnya menolak senyawa yang terkandung alam daun tersebut dan menyebabkan gatal pada kulit. Selain alergi, bila mengkonsumsi daun mimba secara berlebihan dapat menyebabkan muntah muntah dan rasa mual.

Cara Mengolah Daun Mimba

1. Dipakai Untuk Keramas

Untuk mengatasi ketombe yang sering muncul, sebaiknya gunakan shampo yang terbuat dari air rebusan daun mimba.

2. Ditumbuk

Umumnya daun mimba di tumbuk untuk dioleskan pada jerawat atau kulit supaya kesehatan dan kelembapan kulit tetap terjaga.

3. Direbus

Konsumsi rebusan air daun mimba secara rutin dapat mengatasi berbagai penyakit, diantaranya malaria, masuk angin, kanker dan lain lain. Caranya pun cukup mudah, tinggal siapkan beberapa lembar daun mimba dan tiga gelas air.

Jika sudah menyiapkan bahan diatas, anda dapat langsung merebusnya dan sisakan segelas air saja, saring terlebih dahulu, lalu konsumsi pada pagi dan sore hari.

Sekian dulu artikel kali ini mengenai manfaat daun mimba, obat herbal merupakan obat yang dulu telah di gunakan secara turun temurun. Salah satu daun yang berkhasiat sebagai obat tradisional adalah daun mimba.

Jangan lupa simak artikel lainnya pada blog ini dan terimakasih atas kunjugannya semoga bermanfaat, simak juga manfaat musim kemarau

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here