10 Manfaat Daun Nangka Untuk Kesehatan Wajah dan Efek Sampingnya

 

Manfaat Daun Nangka
Gambar buah dan daun nangka – Sumber: Google.com

Manfaat Daun Nangka | Pengobatan oleh masyarakat Indonesia menggunakan tanaman obat telah dikenal sejak zaman dahulu. Banyak tanaman obat yang sudah dilaporkan mempunyai efek terapi untuk beberapa penyakit. Salah satunya adalah dengan menggunakan daun nangka. Umumnya daun nangka dimanfaatkan sebagai pakan ternak, namun siapa sangka, walaupun sebagai makanan ternak, ternyata ada banyak manfaat daun nangka untuk kesehatan.

Tanaman nangka merupakan tanaman yang dapat tumbuh di daerah tropis terutama di Indonesia. Selain daunnya, tanaman nangka menghasilkan buah yang banyak digunakan masyarakat. Buah nangka yang masih muda dibuat sayur dan yang sudah masak dibuat makanan ringan dengan cara digoreng ada juga yang hanya dikonsumsi begitu saja karena rasanya manis.

Apa Itu Nangka

Nangka merupakan buah yang berasal dari tanaman bernama latin Artocarpus heterophyllus, diperkirakan berasal dari negara India, Nangka berasal dari india, yaitu wilayah Ghats bagian barat, jenis jenis liarnya masih didapati tumbuh tersebut dihutan tadah hujan disana.

Hingga saat ini tumbuhan nangka tersebar luas diberbagai negara didaerah tropis. Terutama di Asia Tenggara. Tanaman nangka termasuk kedalam suku Moracceae, nama latin nangka bukan Artocarpus integer. Artocarpus integer nama lainnya champedak.

Nama Daerah dan Asing Nangka

Nangka memiliki nama yang berbeda beda ditiap daerah di Indonesia, seperti orang Jawa menyebutnya nongko, masyarakat Gorontalo menamainya nangka dan langge, di Ambon dikenal dengan anane, masyarakat Lampung menamainya Lumasa atau malasa, Irian Jaya mengenal nangka dengan nanal atau krour, Sedangkan di Sunda dikenal dengan nangka.

Sedangkan diberbagai negara didunia, pohon nangka memiliki bebeapa nama, seperti Jackfruit (Inggris), nangka (Malaysia), kapiak (Papua Nugini), liangka (Filipina), peignai (Myanmar), khnaor (Kamboja), mimiz, miiz hnang (laos), khanun (Thailand), mit (Vietnam).

Klasifikasi Tumbuhan Nangka

Tumbuhan nangka memiliki nama latin Artocarpus heterophyllus Lamk, untuk lebih jelasnya simak taksonomi tanaman nangka sebagai berikut:

  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Famili : Moraceae
  • Genus : Atrocarpus
  • Spesies : Artocarpus heterophyllus Lamk.

Ciri Ciri Pohon Nangka

Sebelum membahas manfaat daun nangka, sedikit info mengenai beberapa ciri dan morfologi dari pohon nangka, dimana pohon nangka mampu tumbuh tinggi antara 10 hingga 25 m.

a. Ciri Ciri Batang Nangka

Ciri dari batang nangka adalah warnanya abu abu kehitaman dan bercabang banyak. Daun berbentuk lonjong atau elips, berukuran 7 x 3 cm dan yang besar 15 x 7 cm.

b. Ciri Ciri Daun Nangka

Morfologi daun nangka, merupakan daun tunggal, tersusun secara spiral, berwarna hijau tua, berseling, bentuk daun nangka lonjong mempunyai tulang daun yang menyirip, daging daunnya tebal dengan tepi rata dan ujung meruncing, panjang daun antara 5 hingga 15 cm dan lebarnya 4 hingga 5 cm, dengan panjang tangkai kurang lebih 2 cm.

c. Ciri Ciri Buah Nangka

Buah nangka tergolong majemuk, terdapat duri duri lunak. Saat muda, kulit buah berwarna kuning kehijauan dan akan berubah menjadi kuning keemasan atau kecoklatan saat matang. Buah berukuran 30 x 25 cm dan besar 100 x 50 cm. dalam satu buah nangka terdapat 20 hingga 50 biji.

Buah nangka umumnya dimanfaatkan untuk dimakan karena rasanya yang manis, selain itu, Penduduk Jawa merebus biji nangka untuk dimakan. Dalam biji nangka terkandung karbohidrat yang cukup banyak.

Kandungan Senyawa Daun Nangka

Untuk kandungan senyawa dalam daun nangka sendiri masih sedikit informasi yang kami dapat, namun dalam daun nangka terkandung beberapa senyawa berikut:

  • Flavonoid
  • Tanin
  • Saponin

Manfaat Daun Nangka Menurut Beberapa Penelitian

a. Rahmi dkk 2017

Penelitian yang telah dilakukan oleh Rahmi dkk menyimpulkan bahwa dalam daun nangka terkandung senyawa seperti flavonoid, saponin serta tanin yang bermanfaat sebagai antibakteri, antidiare, demam, bisul serta penyakit kulit dan analgetik.

b. Prakash dkk 2009

Dalam pengobatan tradisional daun nangka digunakan sebagai obat demam, bisul, luka, dan beberapa jenis penyakit kulit akibat bakteri terutama bakteri Staphylococcus aureus yang merupakan bakteri patogen alami pada tubuh manusia penyebab berbagai infeksi kulit.

c. Fitrianingsih dkk 2014

Fitrianingsih dkk melakukan penelitian mengenai manfaat daun sirsak dicampur daun nangka yang secara empiris dipakai dalam penanganan diabetes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun nangka memiliki manfaat sebagai antihiperglikemia, walaupun masih dibawah daun sirsak.

Manfaat Daun Nangka Untuk Kesehatan

Tumbuhan yang dapat tumbuh diberbagai tanah di Indonesia ini memiliki banyak kegunaan bagi manusia, seperti kayunya yang dibuat sebagai bahan bangunan, buahnya enak untuk dikonsumsi, hingga manfaat daun nangka yang tak disangka sangka, simak khasiat daun nangka tersebut sebagai berikut.

1. Sebagai Antibakteri

Dinegara maju, telah terjadi perubahan jenis penyakit, dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri ke penyakit yang diakibatkan oleh penurunan pola dan gaya hidup. Namun penyakit infeksi masih sering dijumpai dan merupakan masalah besar bagi negara berkembang.

Bakteri sendiri tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, namun hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop, beberapa bakteri seperti Escherichia coli dan propionbacterium acne yang dapat menyebabkan infeksi dalam tubuh manusia salah satunya jerawat.

Untuk membasmi bakteri yang dapat merugikan kesehatan, anda dapat mencoba daun nangka, manfaat daun nangka sebagai antibakteri telah diteliti oleh I Wayan, et al., 2010, dimana daun nangka dapat mengobati demam, bisul, luka dan beberapa jenis penyakit kulit terutama bakteri Staphylococcus aureus yang merupakan bakteri pathogen alami pada tubuh manuia penyebab berbagai infeksi kulit.

2. Mengatasi Nyeri

Manfaat daun nangka yang selanjutnya dapat berperan sebagai analgetik, hal tersebut disebabkan karena kandungan senyawa flavonoid didalamnnya. analgetik atau obat penghilang nyeri merupakan obat yang mampu mengurangi atau bahkan melenyapkan rasa atau nyeri tanpa menghilangkan kesadaran,

Cara kerja flavonoid sebagai analgetik adalah dengan melindungi membran lipid dari kerusakan dan menghambat enzim ciclooxigenase I yang merupakan jalur pertama sintesis mediator nyeri seperti prostaglandin.

Penelitian yang telah dilakukan Auliah dkk, 2019,menyimpulkan bahwa ekstrak etanol daun nangka memiliki efek analgetik dan terbesar pada dosis 600mg/kgBB, mempunyai persen proteksi sebesar yaitu 66,70%.

3. Mengandung Antioksidan

Radikal bebas yang terbentuk dalam tubuh, akan menjadi reaksi berantai dan menghasilkan radikal bebas baru yang jumlahnya terus bertambah. Radikal bebas yang berlebihan menyebabkan kerusakan sel.

Kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh pada dasarnya dapat diatasi oleh senyawa antioksidan Antioksidan menghambat oksidasi molekul lain dengan mekanisme memutus reaksi berantai dari radikal bebas yang terdapat dalam tubuh sehingga kerusakan sel sel tubuh bisa dihindari.

Antioksidan seperti golongan polifenol, flavonoid, vitamin C, vitamin E dan karotenoid termasuk beta karoten, likopen, dan lutein mempunyai peran penting dalam membantu pencegahan kerusakan sel sel akibat adanya radikal bebas. untuk memenuhi kebutuhan antioksidan dalam jumlah banyak, anda dapat mengonsumsi daun nangka.

Manfaat daun nangka karena kandungan senyawa antioksidan disebabkan oleh beberapa senyawa yang terkandung didalamnya, seperti flavonoiddan ekstrak etil asetat. Seperti dikutip dari Nasution dan Rahmah 2014, Aktivitas antioksidan ekstrak etil asetat daun nangka (IC50 778,76 ppm) terhadap radikal DPPH lebih kecil dibandingkan Vitamin C (IC50 = 86,35 ppm).

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun nangka selain sebagai sumber antioksidan, juga mampu mempercepat penyembuhan luka, kandungan senyawa saponin, tanin dan flavonoid yang ada didalam daun nangka akan merangsang sel baru untuk tumbuh.

Seperti yang dikutip dari Kosasih dkk 2006m bahwa Senyawa saponin, flavonoid, dan tanin dapat bekerja sebagai antioksidan dan merangsang pertumbuhan sel baru pada luka.

5. Memperlancar ASI

Manfaat daun nangka untuk ibu menyusui dipercaya dapat membantu memperlancar produksi air susu ibu atau ASI, seperti dikutip dari K Heyne dari badan Litbang kehutanan, menjabarkan bahwa Daun pohon nangka dapat digunakan sebaga pelancar ASI, borok,dan luka.

6. Mengobati Diabetes

Pola hidup zaman sekarang yang serba sibu membuat kita lupa akan pentingnya berolahraga dan mengatur pola makan. Apalagi sekarang begitu mudah menikmati berbagai jenis makanan yang menyebabkan asupan gizi tidak seimbang. Jika tidak segera diatasi, gaya hidup seperti itu dapat memicu timbulnya penyakit diabetes. Dalam banyak kasus, tidak sedikit orang yang tidak sadar bahwa dirinya telah mengidap diabetes.

Siapa sangka, ternyata daun nangka dimanfaatkan sebagai obat antidiabetes dalam pengobatan ayurveda, senada seperti dikutip dari Chandrika 2006 dimana daun tanaman nangka direkomendasikan oleh pengobatan ayuverda sebagai obat antidiabetes, karena ekstrak daun nangka memiliki efek hipoglikemi.

Penelitian yang dilakukan oleh Fitirianingsih dkk, menyimpulkan bahwa ekstrak daun sirsak dosis 3,5 mg/20 g BB mencit memiliki aktivitas antihiperglikemia yang lebih baik dibandingkan ekstrak daun nangka dan kombinasi ekstrak daun nangka dan daun sirsak.

Penelitian senada juga dilakukan oleh Asriani 2010, dimana Konsentrasi ekstrak metanol daun nangka yangmenunjukkan efek penurunan kadar glukosa darah mencit adalah 15% b/v dengan dosis 5,00 gram/Kg BB.

7. Anti Larva Nyamuk

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh nyamuk adalah kaki gajah, Di Indonesia hingga tahun 2016 telah ditemukan lebih dari 13.032 penderia filariasis kronis atau penyakit kaki gajah. Jumlah ini tersebar di 429 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Jumlah penderita penyakit filariasis ini dari tahun ke tahun masih terdapat kasus.

Masih banyaknya kasus kaki gajah tersbut membuat kita harus berhati hati dalam menjaga kebersihan lingkungan kita agar menekan perkembangan nyamuk penyebab kaki gajah. Umumnya untuk mengendalikan nyamuk culex sp digunakan modifikasi lingkungan dan pengendalian kimiawi dengan zat kimia, namun hal tersebut justru memicu efek samping yang buruk.

Untuk mencegah efek buruk tersebut, anda dapat memakai ekstrak daun nangka. hal tersebut disebabkan karena kandungan dalam daun nangka seprti flavonoid, tanin serta lavonid yang berperan sebagai insektisida alami.

Manfaat daun nangka sebagai antilarva nyamuk culex sp telah dibuktikan oleh penelitian Setiawan dkk, dimana Nilai LC50 konsentrasi ekstrak daun nangka yang dapat membunuh 50% populasi larva nyamuk Culex sp selama 24 jam adalah sebesar 0,382%.

8. Antiperadangan

Radang atau inflamasi adalah penyakit yang sering dijumpai didalam masyarakat. Peradangan sendiri adalah suatu respon pertahanan tubuh. Adanya inflamasi mengindikasikan bahwa tubuh mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh berbagai mikroba dan bahan toksik.

Daun nangka memiliki banyak variasi kandungan polifenol, salah satunya adalah flavonoid yang mempunyai aktivitas sebagai antiinflamasi dengan cara menghambat pelepasan mediator kimia seperti neutrofil, sel mast dan makrofag.

Pembuktian dari manfaat daun nangka sebagai antiinflamasi telah dilakukan oleh Ermawati dan Nurmila, Salep ekstrak daun nangka konsentrasi 10% dan 15% memiliki efek antiinflamasi terhadap mencit.

Manfaat Daun Nangka Untuk Kecantikan

1. Mencegah Jerawat Pada Wajah

Manfaat daun nangka untuk wajah dapat digunakan untuk mengobati serta mencegah terjadinya jerawat. Seperti yang kita ketahui bahwa kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang paling luar, letak paling luar tersebut menyebabkan kulit rentan terkena penyakit, salah satu penyakit kulit yang umum adalah jerawat.

Jerawat disebabkan oleh bakteri yang melekat pada kulit, bakteri tersebut bernama Staphylococcus aureus, didalam daun nangka terkandung senyawa aktif antibakteri seperti saponin dan flavonoid. Senyawa saponin akan merusak membrane sitoplasma dan membunuh sel bakteri.

Selain senyawa saponin, terdapat juga flavonoid, cara kerja flavonoid mencegah bakteri penyebab jerawat adalah dengan mendenaturasi protein sel bakteri dan merusak membrane sel tanpa dapat diperbaiki lagi.

Khasiat daun nangka sebagai antiacne telah dibuktikan oleh penelitian Wahlanto dkk 2017, dimana Gel ekstrak daun nangka konsentrasi 1 persen memiliki aktivitas daya hambat terhadap bakteri Staphylococcus aureus.

2. Mencegah Proses Penuaan Dini

Setiap mahluk hidup secara alamiah akan sampai pada proses menjadi tua. Proses tua tersebut memang normal terjadi dan tidak dapat dihindari. Proses tua dianggap sebagai siklus hidup yang normal bila datangnya tepat waktu. Namun terkadang proses penuaan tersebut terkadang terjadi lebih cepat.

Kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji yang sarat bahan pengawet dapat mengakibatkan terbentuknya radikal bebas dalam tubuh dan apabila senyawa radikal bebas bereaksi dengan senyawa polutif seperti asap rokok dan polusi maka akan menyebabkan racun yang dapat merusak fungsi sel tubuh, menyebabkan timbulnya penuaan dini.

Untuk mencegah penuaan dini, anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan yang akan menghambat radikal bebas penyebab penuaan dini. Salah satu tanaman yang mengandung antioksidan adalah nangka, terutama pada daun nangka terkandung senyawa antioksidan, itula mengapa ada manfaat daun nangka untuk mencegah proses penuaan dini.

Simak Juga: Manfaat lempuyang

Efek Samping dan Bahaya Daun Sirsak

Penjabaran kami diatas mengenai manfaat daun sirsak diperoleh dari ekstraknya, jadi tidak ada yang dikonsumsi langsung, misalkan pemakaian untuk penggunaan luar, seperti pengunaan salep ekstrak daun nangka, sebagaiknya jangan terlalu berlebihan, karena akan menyebabkan iritasi, jika mengonsumsi daun nangka juga jangan berlebihan, karena senyawa tanin didalamnya cukup banyak, jika masuk dalam jumlah berlebih dalam tubuh, maka akan menyebabkan efek yang tidak baik.

Itulah beberapa manfaat, morfologi, ciri ciri, kandungan dan efek samping dari daun nangka. Jangan lupa simak beberapa artikel pada blog ini, seperti manfaat daun dadap

 

 

Tinggalkan komentar