15 Manfaat Daun Sambung Nyawa / Daun Dewa Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sambung Nyawa
Daun Sambung Nyawa – Sumber : Google.com

Manfaat Daun Sambung Nyawa – Indonesia kaya akan tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat herbal. Obat tradisional merupakan salah satu pengobatan alternatif dalam penyembuhan suatu penyakit. Tanaman obat yang terdapat di Indonesia sangat beragam, salah satu contoh tanaman obat yang bisa dimanfaatkan yaitu daun sambung nyawa atau daun dewa yang berguna sebagai pengobatan beberapa jenis penyakit.

Daun sambung nyawa atau daun dewa merupakan daun yang berasal dari tanaman yang bernama latin Gynura procumbens. Tanaman sambung nyawa merupakan salah satu tanaman obat yang saat ini sangat populer di masyarakat.

Bagian tanaman yang biasa digunakan sebagai obat adalah daunnya. Masyarakat di wilayah Asia Tenggara khususnya Indonesia, Thailand dan Malaysia lah yang menggunakan tanaman sambung nyawa untuk pengobatan herbal.

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman Indonesia yang digunakan secara luas oleh masyarakat untuk mengobati kanker. Penggunaan tanaman daun sambung nyawa yang beredar di masyarakat saat ini masih berbentuk sediaan tradisional seperti hasil rebusan, jamu dan seduhan simplisia.

Pada saat ini Sambung nyawa (Gynura procumbens (Lour.) Merr.) merupakan salah satu tanaman obat yang telah menjadi bahan baku industri farmasi yang permintaannya akan semakin meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemanfaatan obat herbal.

Morfologi dan Ciri Ciri Daun Sambung Nyawa

Jika masih muda tanaman Sambung nyawa merupakan tanaman perdu tegak, namun akan merambat jika sudah cukup tua, berperawakan herba berdaging.

1. Ciri Ciri Batang Sambung Nyawa

Ciri dari batang sambung nyawa sebagai berikut: Batang segiempat beruas-ruas berwarna hijau dengan bercak ungu.

2. Ciri Ciri Daun Sambung Nyawa

Daun sambung nyawa atau daun dewa memiliki ciri ciri sebagai berikut : berupa daun tunggal berbentuk elips memanjang, tersebar, tepi daun bertoreh, berambut halus.

Panjang tangkai daun 0,5 sampai dengan 3,5 cm, helaian daun 3,5 hingga 12,5 cm dengan bagian atas berwarna hijau muda mengkilat, tulang daun menyirip, dan menonjol pada permukaan daun bagian bawah, dan lebar daunnya 1,5 sampai 5 cm.

3. Ciri Ciri Bunga Sambung Nyawa

Susunan bunga majemuk cawan berwarna orange-kuning, mahkota bertipe tabung berwarna hijau atau jingga, benang sari berbentuk jarum berwarna kuning dengan kepala sari berlekatan menjadi satu, dan brachtea involucralis berbentuk garis berujung runcing atau tumpul.

Apa Itu Daun Sambung Nyawa

Daun Sambung nyawa atau nama ilmiahnya Gynura procumbens diduga berasal dari Myanmar dan tersebar sampai Tiongkok serta Asia Tenggara, Jawa, Kalimantan, dan Filipina. Sumber lain mengatakan Tanaman Sambung Nyawa berasal dari daerah Afrika yang beriklim tropis menyebar ke Srilangka, Sumatera dan Jawa.

Tumbuh di selokan, pagar rumah, pinggiran hutan, padang rumput dan ditemukan pada ketinggian 1-1.200 m dpl, tumbuh di dataran yang beriklim sedang sampai basah dengan curah hujan 1.500–3.500 mm/tahun dan tumbuh baik pada tanah yang agak lembab sampai lembab dan subur menurut sumber Manoi dan Kristina, 2007 .

Sambung nyawa dapat tumbuh pada ketinggian 1-1200 m dpl, terutama tumbuh dengan baik pada ketinggian 500 m dpl, banyak tumbuh di selokan, semak belukar, hutan terang, dan padang rumput (Backer dan van den Brink, 1965). Tanaman sambung nyawa umumnya dapat dipanen setelah umur 4 bulan.

Kandungan Daun Sambung nyawa

1. flavonoid

Flavonoid terdapat pada semua bagian tumbuhan termasuk daun, akar kayu, kulit, tepung sari, nektar bunga, buah huni dan biji. Penyebaran jenis flavonoid pada golongan tumbuhan yang terbesar terdapat pada Angiospermae.

2. Saponin

Saponin sendiri dadalah senyawa aktif yang ada dalam daun sambung nyawa dan memiliki ciri ciri permukaan dan bersifat seperti sabun, serta dapat dideteksi berdasarkan kemampuannya membentuk busa dan menghemolisis sel darah.

3. Tanin

Tanin terdapat luas dalam tumbuhan berpembuluh, dalam angiospermae terdapat khusus dalam jaringan kayu. Dalam tumbuhan, tanin terpisah dari protein dan enzim sitoplasma.

Tanin memiliki efek beragam pada sistem biologis karena dapat berperan sebagai pengendap protein, pengkhelat logam dan antioksidan biologis.

4. Triterpenoid

Triterpenoid dapat diklasifikasikan menjadi empat golongan besar yaitu, triterpena, steroid, saponin, dan glikosida jantung atau kardenolida.

Selain itu daun sambung nyawa atau daun dewa mengandung tanin, saponin, steroid, triterpenoid, asam klorogenat, asam kafeat, asam vanilat, asam para kumarat, dan asam p-hidroksi benzoat, sterol, glikosida sterol, quercetin, kaempferol -3- Oneohesperidosida, kaempferol -3- glukosida, quercetin -3- rhamnosyl, asam p-hidroksi benzoat.

Nama Latin Daun Sambung Nyawa

Daun sambung nyawa atau daun dewa atau ngokilo memiliki nama ilmiah sebagai berikut.

  • Divisi : Spermatophyta
  • Subdivision : Angiospermae
  • Classsis : Dicotyledonae
  • Ordo : Asterales
  • Familia : Asteraceae
  • Genus : Gynura
  • Spesies : Gynura procumbens.

Sinonim Dan Nama Lain Daun Sambung Nyawa

1. Sinonim Saun Sambung Nyawa

  • Gynura sarmentosa DC
  • Calacia procumbens Lour
  • Gynura divaricata DC

2. Nama Lain Daun Sambung Nyawa

Orang Cina menyebutnya san qi cao, daun sambung nyawa dinamai akar sabia di malaysia, sambung nyawa, daun dewa dan beluntas cina orang melayu menamainya, daun sambung nyawa menurut orang Sumatra, dan terakhir orang jawa menamainya sambung nyawa dan adapula yang menamainya ngokilo.

Khasiat Daun Sambung Nyawa

Daun dewa atau ngokilo berkhasiat sebagai berikut, diuretik, antipiretik, hipotensif, hipoglikomik (menurunkan kadar gula darah), mencegah dan meluruhkan batu ginjal dan batu kandung kemih, antihiperlipidemia (menurunkan kolesterol dan trigiserida), antibakteri, sitostatik (menghambat pertumbuhan sel kanker) dan mencegah serta memperbaiki kerusakan sel jaringan ginjal. Dikutip dari (Winarto dan Tim Karya Sari, 2003).

Manfaat Daun Sambung Nyawa

1. Mengobati Penyakit Hepatitis

Manfaat daun sambung nyawa atau daun dewa yang pertama adalah untuk mengobati penyakit organ hati. Fungsi terbesar hati adalah untuk memetabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.

Fungsi lainnya seperti tempat penyimpanan energi (glikogen dan lemak), vitamin (vitamin A, vitamin B12), mineral (Fe dan Cu), darah dan substansi lain yang berperan dalam pembentukan dan regenerasi darah.

Penyakit pada organ hati merupakan salah satu penyakit di Indonesia yang mempunyai prevalensi yang cukup tinggi. Hepatitis atau radang hati dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, seperti virus (merupakan penyebab yang terbanyak), bakteri, parasit, obat-obatan, alkohol, cacing, atau gizi yang buruk Hepatitis ada yang bersifat akut, ada juga yang berkembang menjadi kronik, keduanya merupakan jenis penyakit yang langka obat.

Hal tersebut dikarenakan penyebab, mekanisme dan perkembangan penyakit hati amat beragam, tingkat respon pasien rendah, efek samping cukup besar dan biaya terapi yang mahal sehingga sulit mencari obat yang ideal.

Untuk itu anda perlu menerapkan pengobatan herbal alami dengan mengunakan daun ngokilo yang telah terbukti secara ilmiah melalui penelitian, ampuh untuk mengatasi penyakit hepatitis.

Hal tersebut dikarenakan Zat yang mempunyai efek toksik pada hati disebut hepatotoksin, Hepatotoksin adalah senyawa yang dapat menyebabkan gangguan pada jaringan hati. Sambung nyawa atau Gynura procumbens mengandung senyawa flavonoid

Flavonoid dapat digunakan sebagai pelindung mukosa lambung, antioksidan, dan mengobati gangguan fungsi hati. Dikutip Dari penelitian (Maria Ulfa,2008).

2. Sebagai Anti Kanker

Manfaat daun dewa atau sambung nyawa yang selanjutnya untuk kesehatan adalah untuk mengatasi kanker. Kanker adalah suatu kelainan yang disebabkan oleh abnormalitas pertumbuhan sel-sel jaringan.

Jumlah penderita kanker di dunia setiap tahun bertambah sekitar tujuh juta orang, dan paling besar ditemui pada negara– negara berkembang. Sedangkan di Indonesia menunjukan angka kematian akibat kanker sebesar 4,3 per 1000 penduduk, menempati peringkat ke tujuh setelah kematian akibat stroke, tuberkolosis, hipertensi, cidera, dan
diabetes militus.

Tingkat penderita kanker yang tinggi di Indonesia menyebabkan berkembangnya pengobatan antikanker baik dengan cara kemoterapi, hormonal, penyinaran  maupun pembedahan, akan tetapi cara tersebut banyak menyebabkan efek samping yang serius pada penderita.

Untuk itu manfaatkanlah daun dewa atau sambung nyawa ini untuk mengobati penyakit kanker. Salah satu tumbuhan yang diduga memiliki zat antikanker adalah sambung nyawa atau bahasa latinnya Gynura procumbens.

Kandungan senyawa kimia pada daun sambung nyawa terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak etanolik daun sambung nyawa mampu menghambat sel kanker payudara. Dikutip dari penelitian Muhammad Yogie Fadli, J MAJORITY | Volume 4 Nomor 5 | Februari 2015 | 50.

3. Sebagai Anti Bakteri

Selanjutnya daun dewa atau sambung nyawa bermanfaat sebagai anti bakteri. Daun sambung nyawa (Gynura procumbens (Lour) Merr) adalah salah satu bahan pengobatan alternatif dari alam yang memiliki aktivitas sebagai antibakteri karena mengandung komponen bioaktif berupa alkaloid, flavonoid dan saponin.

Manfaat Daun sambung nyawa sebagai anti sebagai anti bakteri telah dibuktikan oleh banyak penelitian. Dari daun sambung nyawa (Gynura procumbens (Lour) Merr dapat menghambat pertumbuhan bakteri Shigella dysentriae. Gunakanlah obat-obatan herbal karena efek sampingnya sangat rendah bahkan tidak ada.

Manfaatkan lingkungan rumah sebagai apotek hidup keluarga dengan menanami tanaman obat tanpa disadari kita sebagai masyrakat tidak banyak mengetahui manfaat tanaman yang ada disekitar kita. kita dapat kembali memanfaatkan tanaman yang ada sebagai obat tradisional, untuk dapat memberikan kesembuhan pada penyakit.

4. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Salah satu jenis dari penyakit diabetes adalah diabetes mellitus atau DM. Diabetes mellitus (DM) adalah penyakit metabolik pankreas yang ditandai dengan keadaan hiperglikemia atau meningkatnya kadar gula darah.

Penderita diabetes tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, sehingga terjadi kelebihan gula di dalam tubuh. Kelebihan gula yang kronis di dalam darah atau hiperglikemia tersebut akan menjadi racun bagi tubuh.

Saat ini, penyakit diabetes masih menjadi permasalahan karena setiap tahunnya penderita diabetes semakin mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organitation/ WHO, diperkirakan jumlah penyandang diabetes di Indonesia akan melonjak drastis.

Untuk itu diperlukannya obat herbal selain obat kimia untuk menangani masalah penderita diabetes tersebut. Salah satu obat herbal adalah dengan memanfaatkan daun dewa untuk mengatasi diabetes. Hal tersebut dikarenakan dalam daun sambung nyawa (Gynuraprocumbens back) yang memiliki senyawa flavonoid.

5. Menghambat Kadar Trigliserida

Hipertrigliseridemia penting diperhatikan karena merupakan faktor resiko independen penyakit diabetes melitus. Salah satu tanaman obat yang dipercaya masyarakat dapat menurunkan kadar lipid adalah tanaman sambung nyawa (Gynura procumbens).

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Zhang dan Tan (2000) di National University of Singapore. Penelitian tersebut
menyatakan bahwa ekstrak etanol daun sambung nyawa dosis 150 mg/kg BB yang diberikan pada tikus diabetik memiliki peningkatan kadar trigliserida 2,7 kali lebih rendah daripada kelompok kontrol yang diberi air suling.

Penelitian tersebut menggunakan dua kelompok yaitu kelompok yang diberi ekstrak etanol daun sambung nyawa dosis 150 mg/kg BB dan kelompok yang diberi air suling sebagai kontrol. Subjek dalam penelitian tersebut adalah tikus yang telah diinduksi diabetes (Zhang dan Tan, 2000).

6. Menurunkan Kadar Metil Merkuri Dalam Darah

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia terancam oleh zat kimia berbahaya yang terpapar secara langsung maupun tidak langsung.Merkuri (Hg) merupakan logam berat yang umumnya bersifat toksik dan cukup berperan pada polusi lingkungan.

Metil merkuri merupakan salah satu pencemar makanan utama. Maka dari itu manfaaatkan tanaman herbal seperti daun sambung nyawa untuk menekan kadar merkuri dalam darah. Karena Sambung nyawa (Gynura procumbens (Lour) Merr.) merupakan salah satu jenis tumbuhan yang daunnya banyak digunakan oleh masyarakat sebagai obat tradisional.

Hal tersebut karena Kemampuan daun sambung nyawa dalam mengkelat/mengikat ion logam berat merkuri karena keberadaan flavonoid

7. Penangkal Radikal Bebas

Manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan adalah berperan sebagai antioksidan. Antioksidan adalah zat yang dapat melawan pengaruh bahaya dari radikal bebas yang terbentuk sebagai hasil metabolisme oksidatif, yaitu hasil dari reaksireaksi kimia dan proses metabolik yang terjadi di dalam tubuh.

Antioksidan memiliki fungsi untuk menghentikan atau memutuskan reaksi berantai dari radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh sehingga dapat menyelamatkan sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Berdasarkan sumbernya, antioksidan dibagi dalam dua kelompok yaitu antioksidan alami (antioksidan hasil ekstraksi bahan alami) dan antioksidan sintetik (antioksidan yang diperoleh dari hasil sintesis reaksi kimia).

Antioksidan alami berasal dari senyawa fenolik seperti golongan flavonoid. Fenolik pada tanaman memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Salah satu golongan senyawa fenolik adalah flavonoid yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dengan meningkatkan aktivitas antioksidan, anti-inflamasi, dan aktivitas vaskular.

8. Manfaat Daun Sambung Nyawa Untuk Jantung

Selain berguna untuk mengendalikan kadar kolestrol tinggi, daun sambung nyawa juga bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah penyakit jantung. Anda dapat mengkonsumsi daun dewa dengan cara di buat jus untuk kesehatan anda.

9. Mengobati Radang

Tentunya anda sendiri pernah merasakan radang tenggorokan, walaupun bukan termasuk salah satu penyakit berbahaya, tapi ketika anda terkena radang tengorokan tentu sangat mengganggu bukan?. Anda dapat menggunakan daun dewa untuk megobati peradangan pada tenggorokan. Dalam daun sambung nyawa terdapat senyawa anti peradangan

10. Daun Sambung Nyawa Untuk Maag

Maag meupakan salaah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh masyarakar umum, tidak memandang usia, baik itu tua maupun muda . Penyebab munculnya penyakit maag sangat beragam. Tapi tahukah anda, bahwa ternyata daun sambung nyawabaik untuk mengatasi penyakit maag.

11. Mengobati Eksim

Manfaat daun sambung nyawa atau daun dewa sudah Tidak diragukan lagi karena daun dewa sudah sejak zaman dahulu sudah dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang dapat diobati menggunakan daun sambung nyawa adalah penyakit eksim.

12. Mencegah dan Mengatasi Titanus

Titanus merupakan keadaan dimana sistem saraf manusia terjadi kerusakan akibat bakteri. Bakteri penyebab tetanus tersebut saah satunya, Clostridium tetani. Bakteri ini ada di seluruh dunia dan terutama berada di tanah. Efek yang dirasaakan oleh penderitanya adalah saraf akan terasa kaku.

Bakteri tersebut masuk ke tubuh melalui luka. Maka dari itu daun smabung nyawa dapat berguna untuk mengatasi dan menyembuhkan tetanus. Hal tersebut disebabkan karena dalam daun sambung nyawa terkandung senyawa antibakteri.

13. Anti-inflamasi

Daun dewa bermanfaat sebagai anti inflamasi, hal tersebut dibuktikan dengan beberaa studi yang menunjukkan ekstrak etanol daun sambung nyawa menunjukkan kegiatan anti inflamasi.

14. Untuk Mengobati Sinusitis

Manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk mengobati sinusitis. Tapi hal tersebut masih dalam dugaan dan belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah.

Manfaat Daun Sambung Nyawa Untuk Kecantikan

1. Mengobati Bisul

Ternyata selain bermanfaat untuk penyakit organ dalam, ternyata ada manfaat lain daun sambung nyawa untuk kecantikan, yakni dapat mengobati bisul. Kandungan anti bakteri dan anti peradangan pada daun sambung nyawa berperan dalam mempercepat penghilangan bisul yang anda alami.

Cara penerapannya pun cukup mudah, dengan cara menumbuk beberapa lembar daun sambung nyawa, kemudian temppelkan pada bagian bisul secara perlahan.

Cara Mengkonsumsi dan Mengolah Daun Sambung Nyawa

1. Untuk Mengatasi Diabetes

Cara mengkonsumsi daun sambung nyawa yang pertama adalah dengan terlebih dahulu mengolahnya menadi jelly. Dikutip dari sebuah penelitian Untuk mengolah daun sambung nyawa terlebih dahulu siapkan daun sambung nyawa sebanyak 12 lembar dan daun stevia kering satu sendok teh yang disedu dengan air hangat.

Daun sambung nyawa dihaluskan kemudian diambil sarinya dengan diperas menggunakan air sebanyak 80 ml, Jika sudah campurkan 60 ml seduhan daun stevia dan memasak campuran tersebut selama 10 menit.

Anda dapat menambahkan sedikit nutria jell untuk memadatkan makanan. Pembuatan jelly sambung nyawa ini cukup sederhana dan mudah dilakukan, anda dapat mempaktekannya sendiri dirumah bukan.

2. Untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Cara mengkonsumsi daun sambung nyawa untuk mengatasi hipertensi adalah dengan menyiapkan sekitar 4 hingga lembar daun sambng nyawa. Cuci terlebih dahulu sampai bersih. Anda dapat memilih cara mengkonsumsinya sebagai berikut, dimakan mentah, dibuat juice lalu diminum, dikukus ataupun ditumis.

3. Mengatasi Sinusitis

Sama seerti cara mengkonsumsi daun sambung nyawa untuk darah tinggi, danda tinggal menyiapkan beberapa lembar daun sambung nyawa dan anda bebas memilih untuk mengkonsumsi dengan dibuat jus atau ditumis terlebih dahulu.

4. Mencegah Tumor

Untuk mencegah tumor anda dapat menerapkan cara mengkonsumsi daun sambung nyawa sebagai berikut. Pertama siapkan 3 lembar daun sambung nyawa yang masih mentah. Bersihkan terlebih dahulu lalu anda dapat mengunakannya sebagai lalapan. Lakukan rutin setiap harinya.

5. Daun Sambung Nyawa Untuk Maag

Cara mengkonsumsi daun sambung nyawa untuk mengobati maag adalah dengan menyiapkan 3 tiga lembar daun sabung nyawa yang masih mentah (belum direbus). Cuci dengan air bersih dn buat jus daun sambung nyawa, konsumsi setiap hari untuk hasil maksimal.

Efek Samping Daun Sambung Nyawa Atau Dewa

Pada umumnya daun dewa atau sambung nyawa aman aman saja bila dikonsumsi oleh manusia dalam jumlah yang masih wajar, Hingga saat ini efek sampingnya belum diketahui, namun yang efek samping tersebut lebih sedikit ketimbang obat kimia.

Efek samping akan muncul bila mengkonsumsi daun sambung nyawa ssecara berlebiha. Jika mengalami gejala efek samping setelah mengkonsumsinya, sebaiknya segera hentikan konsumsi dan penggunaan daun tersebut dan segera konsultasikan ke dokter.

Simak Juga : Manfaat Daun Jambu Biji

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat daun sambung nyawa yang luar biasa jika benar dalam pemakaiannya. Daun singkong memang mengandung banyak nutrisi yang berperan besar dalam menunjang kesehatan, mencegah penyakit, hingga bagus untuk kecantikan tubuh.

Walaupun murah dan mudah didapat namun jangan remehkan khasiat besar dalam daun yang satu ini. Mungkin anda juga perlu menyimak Manfaat daun kelor yang juga punya khasiat besar bagi kesehatan dan kecantikan seperti halnya daun sambung nyawa.

Sekian saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, informasi diatas sudah saya rangkum sedetail mungkin untuk memberikan informasi yang benar-benar terpercaya.

Manfaat alami dari tumbuhan memang begitu besar jika diulas secara menyeluruh, namun banyak orang yang meremehkan karena mungkin murah dan mudah ditemukan selayaknya Manfaat daun miana yang luar biasa.

Oke, sampai disini artikel saya kali ini, jangan lupa simak berbagai macam artikel manfaat alami, tumbuhan, daging, sayur, hingga nutrisi.

Simak Juga: Manfaat daun tapak liman