11 Manfaat Daun Talas Dan Tangkainya Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Talas
Daun Talas – Sumber : Google.com

Manfaat Daun Talas | Di Indonesia obat herbal dari tumbuhan banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan sejak zaman dahulu. Pengobatan dengan obat tradisional tersebut merupakan salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dibidang kesehatan.

Salah satu tumbuhan yang bermanfaat dan berkhasiat sebagai obat yang dipakai oleh masyarakat umum untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti masalah penyakit radang kulit bernanah, bisul, berak darah, tersiram air panas, gatal-gatal, diare, pembalut luka baru dan sebagai alternatif obat luka yaitu tanaman Talas, terutama manfaat daun talas untuk kesehatan.

Apa Itu Daun Talas

Daun talas berasal dari tanaman talas yang memiliki nama latin Colocasia esculenta L. Talas sendiri merupakan tumbuhan yang memiliki tangkai daun yang semu, berbentuk silindris dan memiliki umbi berwarna coklat muda, sedangkan pada bagian daun berbentuk seperti jantung yang memanjang dan permukaan daun yang tahan air.

Daun talas diduga bemanfaat untuk menyembuhkan luka. Selain pada bagian lain yakni umbi Tanaman talas merupakan tanaman penghasil karbohidrat yang memiliki peranan cukup strategis bukan hanya sebagai sumber bahan pangan, dan bahan baku industri tetapi bisa juga sebagai pakan ternak.

Tanaman talas memiliki nilai ekonomi yang tinggi, hal tersebut disebabkan hampir sebagian besar bagian tanaman dapat dimanfaatkan untuk dikomsumsi manusia. jadi karena banyak mengandung karbohidrat, tanaman talas juga bisa digunakan sebagai pengganti beras.

Ciri Ciri Daun Talas

Daun talas memiliki ciri ciri sebagai berikut, bentuk tepi helai daun cukup bergelombang, warna daunnnya sendiri hijau dan banyak variasi warna, termasuk daun tunggal atau majemuk, permukaan daun yang tahan air.

Daun talas juga berbentuk mirip mangkuk. Daun talas juga berbentuk perisai besar dengan tangkai panjang dan besar, lembaran daunnya 20-50 cm, Daun sebanyak 2-5 dalam 1 tumbuhan, bagian bawah berlilin, pangkal daun membulat, dengan tangkai mencapai 1 meter panjangnya dan warna pelepahnya bermacam-macam.

Kandungan Senyawa Kimia Daun Talas

  • alkaloid
  • glikosida
  • saponin
  • minyak essensial
  • resin
  • gula
  • asam-asam organik
  • Steroid
  • Terpenoid
  • Flavonoid
  • Alkaloid
  • Tanin

Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan

1. Sebagai Antibakteri

Sebagian besar penyakit infeksi yang merugikan bagi manusia disebabkan oleh bakteri, diantaranya adalah bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

Nah untuk itu manusia mulai meneliti bahan apa saja yang dapat bersifat sebagai anti bakteri untuk mencegah bakteri penyebab infeksi.

Maka dari itu seorang peneliti bernama wijaya pada tahun 2014 menemkan bahwa Salah satu tanaman berkhasiat antibakteri yang digunakan oleh masyarakat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit adalah tanaman bernama latin Colocasia esculenta atau yang lebih dikenal dengan nama tanaman talas.

Dalam daun talas terkandung Tanin juga mempunyai daya antibakteri, Cukup dengan mengkonsumsi daun dan tangkai daun talas secara rutin, baik itu diolah menjadi sayuran atau daun rebusannya cukup efektif untuk mengatasi masalah bakteri penyebab infeksi tersebut.

2. Tangkai Daun Dapat Menyembuhkan Luka Sayatan

Selain berguna untuk dimanfaatkan sebagai antibakteri, ternyata ada manfaat daun talas untuk menyembuhkan luka sayatan. Hal tersebut dikarenakan kandungan Ekstrak tangkai daun Talas mengandung saponin, flavonoid, tanin, alkaloid, steroid dan flavonoid yang berperan menyembuhkan luka sayatan.

Penelitian terkait yang berhubungan dengan khasiat tangkai daun talas untuk menyembuhkan luka adalah penelitian yang dilakukan oleh Bryan Alfonsius Wijaya dkk, pada tahun 2014.

Dalam penelitian tersebut mengambil kesimpulan Ekstrak tangkai daun Talas berpotensi sebagai alternatif obat luka sayatan karena mampu menyembuhkan luka pada kulit kelinci.

3. Sebagai Antiseptik Alami

Nah karena sifatnya sebagai antibakteri, maka dari itu daun talas dapat digunakan sebagai antiseptik alami. Hal tersebut dikarenakan dalam daun talas terkandung senyawa saponin.

Menurut Robinson, 1995 Saponin memiliki kemampuan sebagai pembersih dan antiseptik yang berfungsi membunuh kuman atau mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang biasa timbul pada luka sehingga luka tidak mengalami infeksi yang berat.

Jadi terapkan cara mengolah daun talas berikut ini untuk mengatasi luka dengan daun talas, pertama siapkan secukupnya daun talas, lalu tumbuk hingga halus, dan oleskan pada luka.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Selanjutnya Manfaat daun talas yakni dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka karena dalam daun talas terkandung terpenoid.

Terpenoid juga diketahui memegang peranan penting dalam meningkatkan proses penyembuhan luka karena terpenoid diketahui mempunyai efek antimikroba, dan
antioksidan yang kuat.

Jadi bila anda terluka dan ingin mempercepat penyembuhannya dengan obat herbal, maka daun talas dapat digunakan untuk membantu penyembuhan luka dan telah terbukti secara ilmiah.

5. Sebagai Antioksidan

Jika tubuh terlalu sering terkena radikal bebas baik itu dari polusi pencemaran atau makanan yang tidak sehat dan paapran sinar ultraviolet maka akan menyebabkan kanker.

Pencegahan kanker seharusnya dicegah sejak dini dengan mengkonsumsi salah satu makanan yang mengandunga antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Salah satu tanaman yang mengandung antioksidan adalah daun talas, karena dalam daun talas tersebut terkandung senyawa flavonoid. flavonoid merupakan senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga mampu menghambat zat yang bersifat racun.

6. Anti Infalamasi

Manfat daun talas mampu bertindak sebagai anti peradangan atai anti inflamasi, hal terebut dikarenakan adanya kandungan senyawa flavonoid.

Selain berguna sebagai antioksidan alami, senyawa flavonoid yang terkandung dalam daun talas bermanfaat untuk melindungi tubuh dari peradangan.

7. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Perlunya memperkuat daya tahan tubuh agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh sewaktu waktu.

Kebutuhan imun ada setiap individu tentunya berbeda beda, dikarenakan bergantung apa yang dikonsumsi sehari harinya.

Untuk itu agar daya tahan tubuh kita tetap terjaga manfaatkanlan daun talas, karena kandungan antioksidannya mampu memperkuat daya tahan tubuh anda.

8. Menjaga Kekuatan Tulang

Masalah yang satu ini umumnya akan muncul bila menginjak usia tua, saat tubuh sudah mulai melemah termasuk untuk menyerap kalsium. akibatnya tulang kekurangan kalsium dan mudah keropos.

Kita sendiri harusnya menjaga kekuatan tulang bukan hanya saat sudah mulai menua, namun untuk menjaga agar tulang tetap sehat seharusnya dilakukan sejak dini.

Untuk itu manfaatkanlah obat obatan herbal alami agar terhindar dari efek samping yang berbahaya, bukannya sering mengkonsumsi obat obatan kimia.

9. Mengatasi Sariawan

Salah satu penyebab sariawan adalah adanya luka pada area mulut dikarenakan juga karena kekurangan vitamin C. sariawan juga umum dialami oleh setiap individu.

Namun jangan khawatir, karena dalam daun talas terkandung vitamin C yang cukup dan bahkan efektif untuk membantu mengatasi masalah sariawan tersebut.

Manfaat Daun Talas Untuk Kecantikan

1. Mencegah Bisul Dan Jerawat

Jerawat merupakan masalah pelik yang dialami oleh umumnya kaum remaja, selain rasanya sakit bila terpencet, bila ada jerawat di muka kita maka otomatis tingkat kepercayaan diri akan menurun.

Maka dengan memanfaatkan daun talas untuk mengatasi jerawat merupakan langkah tepat, karena dalam daun talas terkandung anti peradangan yang mampu mencegah timbulnya radang jerawat, selain itu kandungan antibakterinya juga membantu mencegah bakteri penyebab jerawat.

2. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan dalam daun talas selain bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, juga berguna untuk mencegah penuaan dini yang terjadi, terutama pada bagian kulit kita.

Efek Samping Mengkonsumsi Daun Talas

Mengkonsumsi talas berlebihan akan menyebabkan gatal gatal dan iritasi. Hal tersebut dikarenakan dalam talas Kalium oksalat. Ion ini sangat bermanfaat untuk proses metabolisme dan untuk pertahanan internal bagian talas. Namun untuk manusia senyawa ion bisa menimbulkan gatal-gatal dan iritasi pada kulit.

Cara Mengolah Daun Melilnjo

Umumnya orang Indonesia memanfaatkan daun talas diolah menjadi asem sayur,  Namun bila untuk mengatasi penyakit uar seperi pada kulit dengan cara ditumbuk lalu oleskan pada bagian kulit yang sakit.

Baca Juga : Manfaat Daun Melinjo

Nah itulah rangkuman mengenai manfaat daun talas beserta tangkainya yang baik untuk kesehatan dan menjaga kecantikan kulit wajah.

Obat herbal memang memiliki banyak khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dibandingkan dengan obat buatan, selayaknya ditemukan pada manfaat jambu air.

Untuk itu jangan ragu lagi dalam menggunakan obat herbal karena telah banyak penelitian yang mendukung mengenai manfaat obat alami, termasuk daun talas ini. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Simak Juga: Manfaat daun suruhan yang juga baik untuk kesehatan.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here