Manfaat Gaharu Untuk Kesehatan, Kayu Mistis, Dalam Islam Teh Daunnya

Manfaat Gaharu
Gambar Kayu Gaharu – Sumber : Google.com

Manfaat Gaharu | Pohon gaharu dapat dengan mudah kita jumpai di Indonesia. Daerah tumbuh pohon penghasil gaharu di Indonesia dijumpai di wilayah hutan Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Irian Jaya dan Nusa Tenggara. Secara ekologis tanaman gaharu hidup pada ketinggian 0 hingga 2400 meter diatas permukaan laut.

Gaharu telah dikenal luas sebagai salah satu komoditas yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Selain karena kegunaannya yang beragam, ketersediaannya di alam mulai menipis. Tumbuhan Gaharu umumnya berasal dari tumbuhan yang bernama latin Aquilaria malaccensis yang tumbuh subur dinegara tropis termasuk di Indonesia dikenal dengan nama , Eaglewood, Aloewood, Lign aloes dan gaharu in English Agarwood.

Seiring berkembangnya teknologi industri dan bidang ilmu, saat ini pohon gaharu diberbagai negara dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik serta parfum atau pengharum. Manfaat gaharu juga digunakan sebagai aromaterapi, ritual kebudayaan, dibuat gelang dan tasbih, mengurangi diare dan masuk angin serta kembung dan sembelit, mengatasi sesak nafas dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Apa Itu Gaharu

Gaharu berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu aguru yang berarti kayu sebagai produk resin atau damar wangi dengan aroma khas. Gaharu merupakan hasil hutan bukan kayu yang berasal dari proses metabolisme dan memiliki aroma yang harum.

Dikutip dari Dewan SNI 01-5009.1-1999, Gaharu merupakan sejenis kayu dengan berbagai bentuk dan warna yang khas, serta mempunyai kandungan kadar damar wangi, berasal dari pohon atau bagian pohon penghasil gaharu yang tumbuh secara alami dan telah mati, sebagai akibat dari proses infeksi yang terjadi baik secara alami atau buatan pada pohon tersebut, dan pada umumnya terjadi pada pohon Aquilaria.

Manfaat gaharu cukup banyak, hal tersebut disebabkan karena mempunyai aroma yang khas, sehingga banyak di perdagangkan sebagai komoditi elit untuk keperluan parfum, tasbih, membakar jenazah bagi umat hindu, kosmetik, hio dan obat obatan. Gaharu dibakar selama festival atau upacara tradisional di Taiwan dan pada upacara koh doh di Jepang.

Dikutip dari Kamaluddin, Jurnal Jamu Indonesia (2017) 2(3): 114-120. Batang pohon Gaharu meurpakan sumber utama gaharu in English agarwood, adalah sebuah produk berbentuk kayu dengan resin beraroma wangi, biasanya digunakan sebagai campuran parfum dan setanggi. Produksi resin pada gaharu timbul karena dirangsang oleh infeksi parasit kapang dari genus Ascomycetes yakni Pheaoacremonium parasitica, yang berdinding sel gelap.

Macam Macam Tumbuhan Penghasil Gaharu

Ada beberapa tanaman jenis penghasil gaharu di Indonesia, diantaraya Menurut Sumarna 2002, di Indonesia ada 8 genus tumbuhan penghasil gaharu yaitu Aquilaria, Aetoxylon, Enkleia, Gonystylus, Wikstroemia, Grynops, Delbergia dan Excoccaria.

Sedangkan menurut Soehartono 1997, penghasil gaharu pada umumnya berasal dari tanaman bernama latin aquilaria, Aquilaria sendiri mempunyai 6 spesies penghasil gaharu yaitu A. beccariana, A. cumingiana, A. filaria, A. hirta, A. malaccensis, dan A. microcarpa.

Proses Pembentukan Gaharu

Pada umumnya proses pembentukan gaharu ada dua cara, yakni secara alami dan buatan Pembentukan gaharu secara alami terjadi tanpa adanya bantuan tangan manusia, sedangkan pembentukan gaharu secara buatan terjadi dengan banyak melibatkan bantuan tangan manusia.

a. Proses Pembentukan kayu Gaharu Secara Alami

Proses awal pembentukan gaharu dimulai dari adanya luka pada jaringan kayu jenis tumbuhan penghasil gaharu. Dikutip dari Susmianto dkk., 2014,ada banyak faktor yang menjadi penyebab luka bagian tersebut, seperti patah akibat gesekan, satwa liar yang tidak sengaja mengenai batang, cabang atau ranting, serangga penggerek yang dapat membuat lubang pada batang pohon, serta tajuk pohon yang terkena sambaran petir dapat membuat luka jaringan kayu tanaman penghasil gaharu.

Masih dari penelitian Susmianto dkk. 2014, Semua pelukaan yang terjadi pada jaringan kayu mengakibatkan terbentuknya jalan masuk bagi patogen seperti bakteri, virus, dan jamur. Patogen tadi merupakan makhluk hidup yang menginfeksi bagian yang terluka. Kondisi luka pada batang yang cocok dan tersedia cairan makanan dari batang pohon menyebabkan patogen berkembang dengan sangat cepat.

Serangan tersebut merupakan awal dari pembentukan gaharu. Patogen yang menginfeksi bagian yang terluka dapat mengeluarkan enzim, racundalam batang yang masuk ke dalam sel sel kayu. Sebaliknya batang pohon yang terinfeksi tersebut mengeluarkan phytoalexin yang berkumpul di sel sel kayu.

Akumulasi phytoalexin atau metabolik sekunder sebagai reaksi bertahan tanaman menyebabkan adanya kumpulan resin yang bertumpuk di sekitar lubang perlukaan akibat adanya hifa hifa jamur patogen. Kemudian penutupan sel-sel kayu oleh resin terjadi dan hifa hifa jamur sudah tidak dapat terdeteksi lagi.

Walaupun kegiatan tersebut dapat mengganggu proses metabolisme dan fisiologis pohon penghasil gaharu, namun terganggunya proses tersebut merupakan tahap pembentukan gaharu.

b. Proses Pembentukan Gaharu Secara Buatan

Dikutip dari Susmianto dkk., 2014, Kebutuhan gaharu semakin meningkat, namun jika mengandalkan produksi gaharu alam maka kelangkaan akan terjadi. Sehingga harus diciptakan alternatif untuk menjadi solusi dalam pemecahan masalah tersebut.

Seiring berkembangnya ilmu dan pengetahuan, muncul banyak metode yang dapat digunakan untuk mempercepat pembentukan gaharu. Metode tersebut dilakukan dengan menginjeksi atau menyuntikkan jamur patogen ke dalam jaringan tanaman. Metode metode yang dapat dilakukan untuk menghasilkan gaharu secara buatan, meliputi metode mekanik fisik, kimia, dan biologis

Morfologi atau Ciri Ciri Gaharu

Ciri ciri dari pohon gaharu sangatlah unik, diantaranya :

a. Ciri Ciri Kayu Gaharu

Pohon gaharu dapat tumbuh setinggi 40 meter serta diameter batang pohonnya dapat mencapai 60 cm. Pohon gaharu mempunyai permukaan batang licin, warna keputihan, kadang beralur dan kayunya agak keras.

b. Ciri Ciri Daun Gaharu

Tumbuhan gaharu memiliki bentuk daun lonjong agak memanjang, panjang daunnya antara 6 hingga 8 cm, dengan lebar 3 hingga 4 cm, bagian ujung meruncing. Daun yang kering berwarna abu abu kehijaun, agak bergelombang, melengkung, permukaan daun atas dan bawah licin dan mengkilap, tulang daun sekunder berjumlah 12 hingga 16 pasang.

c. Ciri Ciri Bunga Gaharu

Bunga tanaman gaharu terdapat di ujung ranting, ketiak daun, namun kadang kadang di bawah ketiak daun. Bentuknya lancip, panjang sampai 5 mm. Dan buahnya berbentuk bulat telor, tertutup rapat oleh rambut rambut yang berwarna merah. Biasanya memiliki panjang hingga 4 cm dengan lebar mencapai 2,5 cm.

Klasifikasi Tanaman Gaharu

Jenis kayu gaharu umumnya berasal dari tumbuhan yang memiliki nama latin aquilaria, Kedudukan taksonomi tanaman gaharu menurut Susilo, et al. (2014) adalah sebagai berikut.

  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Subdivisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledoneae
  • Subkelas : Dialypetalae
  • Bangsa : Myrtales
  • Suku : Thymelaeaceae
  • Marga : Aquilaria
  • Jenis : Aquilaria malacensis.

Jenis Kayu Gaharu

Beberapa jenis kayu gaharu yang ada di Indonesia, diantaranya.

  • Aquiilaria malaccensis
  • aquilaria microcarpa
  • aquilaria finaria
  • aguitaria beccariana
  • dan jenis kayu gaharu yang terakhir adalah Wiksokemija Tenuiramis.

Kandungan Gaharu

Manfaat gaharu disebabkan karena ada beberapa senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Kali ini kami akan memaparkan beberpa kandungan dalam gaharu, dianaranya agarofuran, agarospirol, jinkohol, jinkohon eramol, kusunol, dihydrokaranone, jinkohol II serta oxo-aga-rospirol.

Berdasarkan penelitian Silaban (2014), ekstrak daun gaharu dari jenis Aquilaria malaccensis mengdanung senyawa metabolit sekunder flavonoid, senyawa glikosida, tanin, dan steroid atau triterpenoid. Dalam gaharu juga terkandung 17 senyawa antara lain. noroxoagaruran, agarospirol, 3 4 dihydroxy dihydro agarufuran, p-methoxy-benzylaceton, tanin dan aquillochin.

Manfaat Daun Gaharu Yang Berasal dari Teh Daun Gaharu

Sedikit info, bahwa Teh sudah menjadi minuman favorit yang dikenal orang sejak zaman dulu. Biasanya seseorang meminum teh pada pagi hari dan sore hari untuk menghangatkan dan menyegarkan tubuh.

Jenis teh yang umumnya dikenal saat ini adalah teh yang berasal dari daun pohon teh atau nama latinnnya Camallia sinensis, tetapi sekarang banyak varian teh dari dedaunan yang nikmat dan memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satunya yaitu teh daun gaharu.

Namun tidak semua jenis teh yang berasal dari gaharu memilliki manfaat bagi kesehatan, namun hanya beberapa jenis saja, diantaranya jenis dari keluarga Thymelaeaceae dan Gyrinops Verateegi.

Dikutip dari Jurnal Jamu Indonesia (2017) 2(3): 114-120, daun tumbuhan Gaharu telah dimanfaatkan pula oleh sebagian masyarakat untuk minuman teh yang dapat menyegarkan tubuh serta menambah semangat kerja. Daun gaharu yang dijadikan teh ternyata memiliki manfaat bagi orang yang mengonsumsinya. Khasiat dan manfaat gaharu terutama teh daun gaharu jika kita mengonsumnsinya secara rutin adalah.

1. Khasiat Teh Daun Gaharu Sebagai Peluruh Lemak

Peluruh lemak. Hal tersebut merupakan kabar baik bagi yang memniliki tubuh ideal, dimana manfaat teh daun gaharu membantu tubuh tidak membakar lemak yang aktif sehingga tidak menurunkan berat badan bagi pemilik tubuh ideal.

2. Mencegah Keputihan

Manfaat gaharu yang selanjutnya, jika kita mengonsumsi teh daun gaharu secara rutin akan membantu mengobati keputihan. Dimana keputihan merupakan salah satu masalah yang dialami oleh wanita pada bagian vitalnya.

Keputihan tersebut dapat anda atasi dengan mengonsumsi teh daun gaharu yang berasal dari famili Thymelaeaceae dan Gyrinops Verateegi, konsumsi secara rutin pada pagi dan sore hari.

3. Sebagai Deodoran Alami

Manfaat teh daun gaharu selain digunakan untuk mencegah keputih, juga mampu bertinda sebagai deodoran alami sehingga membantu mengurangi bau badan.

4. Manfaat Teh Daun Gaharu Sebagai Sumber Antioksidan

Manfaat duan gaharu yang selanjutnya sebagai sumber antioksidan, bisa kita dapatkan Selain teh yang berasal dari pohon teh, namun juga teh yang dibuat dari daun gaharu sebagai anti oksidan yang dapat membantu membuang racun dari tubuh.

Antioksidan juga berperan untuk mencegah kanker dan mencegah munculnnya penuaan dini. Dikutip dari penelitian Silaban 2014, ekstrak daun gaharu dari jenis Aquilaria malaccensis mengdanung senyawa metabolit sekunder flavonoid, senyawa glikosida, tanin, dan steroid atau triterpenoid. Senyawa-senyawa metabolit sekunder tersebut diperkirakan mempunyai aktivitas sebagai antiradikal bebas.

5. Mencegah Insomnia

Kabar baik bagi anda yang memiliki masalah insomnia karena manfaat gaharu terutama teh daun gaharu dapat mencegah penyakit insomnia. Khasiat teh daun gaharu untuk mencegah insomnia karena teh daun gaharu menekan sistem syaraf pusat sehingga menimbulkan efek menenangkan.

6. Manfaat Teh Daun Gaharu untuk Diabetes

Bagi anda yang memiliki penyakit diabetes mellitus, cobalah dengan rutin mengonsumsi teh daun gaharu, karena teh daun tersebut dapat mengurangi kadar gula dalam darah sehingga dapat membantu mengobati diabetes melitus.

Masyarakat Bangka Tengah secara empiris telah mengkonsumsi teh dari daun Gaharu untuk menyegarkan badan, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol serta menjadi nyaman dan nyenyak tidur.

7. Membantu Memperbaiki Pola Tidur

Minum teh Gaharu setiap hari selama 3 minggu berturut-turut memperbaiki pola tidur atau dengan kata lain teh daun gaharu memiliki efek sedativa, istirahat dan setelah bangun badan terasa lebih segar serta bergairah untuk melakukan aktivitas fisik kembali.

Kabar baiknya juga Selama mengkonsumsi teh Gaharu tidak nampak tanda tanda gangguan fungsi pada hati. Jadi teh daun gaharu memang memiliki banyak khasiat tanpa khawatir akan rusaknya fungsi hepar. dikutip dari Jurnal Jamu Indonesia (2017) 2(3): 114-120.

8. Memiliki Efek Anti Bakteri

Infeksi adalah salah satu masalah kesehatan yang dialami oleh masyarakat terutama di daerah tropis seperti Indonesia karena keadaan udara yang berdebu, temperatur yang hangat, dan lembab. Maka dari itu mikroba dapat tumbuh subur. Keadaan tersebut ditunjang dengan keadaan sanitasi yang buruk lebih memudahkan penyakit infeksi semakin berkembang.

Beberapa janis bakteri telah mengalaimi resistensi terhadap antibiotik tertentu yang menyebabkan, maka dari itu sebaiknya kita menggunakan antibakteri yang berasal dari bahan alami, salah satunya adalah teh daun gaharu.

Manfaat gaharu tersebut telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Sari dkk, December 2017 (Vol. 4 No. 3). Dalam penelitiannya menyimpulkan bahwa ekstrak etanol daun gaharu memiliki golongan metabolit sekunder antara lain flavonoid, tanin,fenol dan steroid. Ekstrak etanol daun gaharu darai jenis Aquilaria microcarpa Bail mempunyai aktivitas antibakteri terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Proteus mirabilis.

Khasiat Teh Daun Gaharau Yang Lainnya.

Manfaat daun gaharu jika diolah menjadi teh gaharu juga dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan diantaranya.

  • Obat anti mabuk
  • Membantu menurunkan kadar kolestrol jahat
  • Membantu meredakan ketegangan atau stress, serta tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  • Anti asmatik
  • Stimulan kerja saraf
  • Perangsang seks
  • Obat kanker
  • Penghilang stress
  • Obat malaria
  • Anti mikrobia
  • Obat sakit perut
  • Penghilang rasa sakit
  • Obat ginjal
  • Obat lever
  • Obat diare
  • Antitumor
  • Anti Peradangan
  • Antidiabetik
  • Antihistamin
  • Antiarthritik
  • Anti Jamur
  • Analgesik.

Manfaat Gaharu Untuk Kesehatan

1. Membantu Mengusir Nyamuk

Manfaat gaharu yang pertama biasanya digunakan untuk mengusir nyamuk. Dimana ampas dari sulingan minyak dari pohon bernama latin Aquilaria di Jepang dimanfaatkan sebagai kamfer anti ngengat dan juga mengharumkan isi lemari.

Selain itu, Oleh masyarakat tradisional Indonesia gaharu digunakan untuk obat nyamuk dengan cara membakar kulit atau kayu gaharu sampai berasap. Aroma harum itulah yang tidak disukai nyamuk.

2. Anti Septik Alami

Khasiat gaharu juga dapat digunakan sebagai antiseptik alami. Antiseptik dalam gaharu disebabkan karea ada kandungan senyawa tanin, Pada industri farmasi tanin digunakan sebagai anti septik pada jaringan luka, misalnya luka bakar yaitu dengan cara mengendapkan protein.

Selain itu Manfaat gaharu karena kandungan tanin didalamnya juga digunakan untuk campuran obat cacing dan anti kanker.

3. Mencegah Insomnia

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa kayu gaharu mempunyai aroma khas, aroma tersebut dapaat menenangkan pikiran, maka dari itu ada manfaat gaharu untuk mengobati insomnia bila kita menghirup wangi kayu tersebut pada malam hari sebelum tidur, membuat tidur anda menjadi lebih nyenyak.

4. Mengendalikan Kadar Gula Dalam Tubuh

Manfaaat gaharu untuk mengatasi diabetes telah dipercaya oleh masyarakat sejak dulu, seduhan air dengan campuran kayu gaharu dapat menurunkan kadar gula darah.

Cara mengolah kayu gaharu mengatasi penyakit satu ini cukup mudah, dengan merebus kayu gaharu dengan beberapa gelas air, jika ingin menambahkan rasa agar lebih enak dikonsumsi campurkan sedikit kayu manis.

5. Mencegah Penuaan Dini

Khasiat gaharu juga dapat dipakai untuk mencegah penuaan dini, dimana minyak atsiri dalam kayu gaharu dapat membantu mencegah penuaan dini, selain itu juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar Ultraviolet.

6. Membantu Mencegah Asma

Manfaat kayu gaharu ternyata juga dpaat mengobati serta mencegah gangguan pernasafasan, salah satu gangguan pernafasan tersebut adalah asma. Khasiat gaharu tersebut disebabkan karena adanya sifat anti asmatil.

Sifan anti asmatil dalam kayu gaharu merupakan sifat yang mampu melegakan serta melancarka kembali sistem pernafasan, sehingga sistem pernafasan terhindar dari gangguan penyakit dan menjadi lancar kembali.

7. Menjaga Kesehatan Organ Ginjal

Pengobatan penyakit pada organ ginjal dengan menggunakan batang gaharu telah digunakan oleh Mayarakat Jepang sejak ratusan tahun silam. Cara mengolah gaharu untuk mengobati penyakit ginjal, cukup dengan seduh batangkayu gaharu dan daunnya, atau dengan kata lain diolah menjadi teh gaharu, laliu minum secara teratur.

Khasiat dan Manfaat Gaharu Bagi Kesehatan Menurut Para Ahli

  • Barden et al. 2000, Manfaat Gaharu telah banyak digunakan selama ribuan tahun yang lalu. Masyarakat cina telah memanfaatkan gaharu untuk obat obatan. Selalin itu menjelaskan bahwa gaharu dibakar selama festival atau upacara tradisional di Taiwan dan pada upacara koh doh di Jepang.
  • Lam 2003, Gaharu yang berkualitas baik berkhasiat untuk membuat obat beberapa penyakit yang berbahaya seperti asma, radang selaput dada, sakit perut dan untuk memperkuat vitalitas. Ia juga menambahkan bahwa manfaat gaharu digunakan sebagai bahan untuk membuat parfum, sampo, dan sabun kelas tinggi serta dipergunakan untuk dibakar dan membuat dupa atau kemenyan.
  • Umboh 1998. Manfaat gaharu juga digunakan sebagai obat rematik, malaria, hamil dan sesudah melahirkan. Selain manfaat di atas, gaharu juga banyak dimanfaatkan untuk keperluan yang lain.

Manfaat Kayu Gaharu Secara Mistis

1. Melindungi Diri Dari Gangguan Jin

Manfaat gaharu jika dipandang dari segi metafisik, disebabkan karena energi dari dalam kayu gaharu tadi dipercaya dapat menenangkan ketegangan syaraf. Karena diyakini dijaga oleh makhluk makhluk gaib, dengan memakai gelang kayu gaharu asli, pemakainya bisa sembuh dari segala penyakit yang disebabkan oleh ilmu hitam dan sihir.

2. Manfaat Kayu Gaharu Secara Mistis Untuk Mencegah Santet

Manfaat Kayu gaharu secara mistis juga bisa berfungsi sebagai tasbih sehingga banyak dipakai untuk menyembuhkan orang yang kesurupan dan digunakan sebagai pagar gaib. Selain itu juga manfaat kayu gaharu secara mistis mampu menetralisir ilmu hitam dan santet.

Manfaat Kayu Gaharu Dalam Islam

a. Sebagai Sarana Ruqyah

Manfaat kayu gaharu dalam islam digunakan untuk mengatasi serta mengusir gangguan dari makhluk gaib yang masuk dalam tubuh seseroang, dalam hal ini kayu gaharu digunakan sebagai media ruyah.

Ruqyah dilakukan jika manusia telah kesurupan atau dimasuki makhluk gaib yang membuat seserotang bertingkah menjadi tidak wajar dan berteriak teriak tidak jelas, bahkan juga menangis serta melempar benda yang ada ada disekitarnya.

Orang yang melakukan ruqyah biasanya adalah pak kyai atau ustadz atau orang yang paham tentang ilmu agama, Sebagai media pembantu ruqyah ada manfaat kayu gaharu sebagai sarana dalam membantu proses ruqyah itu sendiri.

b Teknik Pengobatan Yang Dipakai Ibnu Sina

Manfaat kayu gaharu diungkapkan pada abad kesepuluh,oleh Ibnu Sina, beliau merupakan seorang ahli pengobatan Arab, merekomendasikan Gaharu sebagai obat untuk tumor, bisul, muntah, disentri dan demam.

c. Melindungi Dari Gangguan Jin dan Syaithan

Manfaat kayu gaharu yang selanjutnya dikutip dari Abu Bakr Ibnu Arabi, beliau berkata : “Kayu gaharu ada dua macam. Kayu gaharu yang berasal dari India dan warnanya hitam. Yang ke dua kayu gaharu laut yang warnanya putih. Diantara kedua jenis tersebut, kayu gaharu India lah yang paling panas dan mampu menyerang dan menyakiti jin maupun syaithan”.

d. Menghirup Aroma Kayu Gaharu

Menghirup aroma kayu gaharu sebagai media pengobatan pernah diriwayatkan oleh At Tirmidzi dari Ibnu Abbas, “Sesungguhnya sebaik-baik cara pengobatan bagi kalian adalah dengan menghirup aroma kayu gaharu India”, Hadis Riwayat At Tirmidzi.

Ciri Ciri Kayu Gaharu Asli

Ada beberapa cara supaya dapat membedakan kayu gaharu asli dengan kayu gaharu palsu, diantaranya.

  • Ciri ciri kayu gaharu asli yang pertama yakni kayu gaharu memiliki wangi yang khas, mirip dengan wanginya kayu cendana. Selain itu wangi kayu gaharu tidak sama dengan wangi kemenyan, wangi tersebut dihasilkan dari getah pohon gaharu.
  • Ciri ciri kayu gaharu yang selanjutnya, yakni karena kebanyakan umur pohon gaharu memanf sudah sangat tua, maka dari itu, serat kayu gaharu sangat pada serta solid.

Baca Juga : Manfaat Kokka

Banyak sekali bukan manfaat gaharu, baik dari segi kesehatan, secara mistis dan manfaat kayu gaharu dalam islam, namun tanaman gaharu sekarang semakin langka, maka dari itu, perlunya kita melestarikan kayu gaharu supaya tidak punah.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat, jangan lupa simak artikel lainnya seperti manfaat juwet

Tinggalkan komentar