Apa Itu Pengertian, Manfaat Globalisasi, Dampak, Pengaruh Negatifnya

Manfaat Globalisasi
Apa Itu Dampak dan Manfaat Globalisasi – Sumber: Google.com

Manfaat Globalisasi | Di jaman milenial ini, khususnya di negara Indonesia, siklus transformasi atau perpindahan budaya luar ke dalam budaya lokal sangat pesat, cepat dan tanpa batas. Faktor atau penyebab dari perkembangan tersebut adalah globalisasi.

Oh ya, globalisasi bukanlah istilah yang asing lagi bagi kita, hal tersebut seperti sudah mendarah daging karena setiap aktivitas, makanan, pakaian dan gaya hidup kita sudah terpengaruh oleh peradaban global. Globalisasi adalah suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global. Selain itu Globalisasi adalah proses keterbukaan budaya budaya dari luar yang dapat dilihat dengan mudahnya oleh seluruh orang dari penjuru dunia.

Dampak globalisai yang ditimbulkan dalam proses globalisasi tersebut cukup berpengaruh terhadap kehidupan manusia, diantarany dalam bidang ekonomi, teknologi, sosial, budaya, pendidikan, ilmu pengetahuan, politik dan lain lain. Selain banyak manfaat globalisasi yang bernilai positif, globalisasi juga menimbulkan beberapa masalah dan dampak negatif bagi kehidupan.

Daftar Isi

Apa Itu Globalisasi

Yup kata globalisasi sering terdengar dalam kehidupan sehari-hari. Globalisasi merupakan hal yang tidak dapat kita pungkiri atau dihindari. Kehadiran teknologi informasi dan teknologi komunikasi turut andil dalam mempercepat akselerasi proses globalisasi ini. Globalisasi menyentuh seluruh aspek penting kehidupan.

Globalisasi dapat juga membawa perspektif baru tentang konsep “Dunia Tanpa Batas” yang saat ini telah menjadi kenyataan dan berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan budaya yang akhirnya membawa perubahan baru. Globalisasi juga sering diartikan sebagai internasionalisasi karena keduanya memiliki banyak persamaan dari segi karakteristik, sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan.

Kehadiran teknologi informasi serta teknologi komunikasi mempercepat akselerasi proses globalisasi tersebut. Globalisasi menyentuh seluruh aspek penting kehidupan serta menciptakan berbagai tantangan dan permasalahan baru yang harus dijawab dan dipecahkan dalam upaya memanfaatkan globalisasi untuk kepentingan kehidupan.

Pada awalnya proses perkembangan globalisasi ditandai dengan majunya bidang teknologi informasi dan komunikasi. Bidang tersebut merupakan penggerak globalisasi. Dari kemajuan bidang tersebutlah kemudian mempengaruhi sektor sektor lain dalam kehidupan, seperti bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain lain.

Dampak Globalisasi di Bidang Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, globalisasi juga memberikan dampaknya, diantaranya.

  • pemerintah mengubah kurikulum yang ada dalam dunia pendidikan. Akibat dari pergantian kurikulum karena tuntutan globalisasi, mengakibatkan siswa cenderung bingung terhadap materi serta cara yang disampaikan oleh guru, maka perlu usaha untuk mengatasi pendidikan akibat pengaruh di era global.
  • Selain itu, dampak globalisasi di bidang pendidikan dapat kita lihat dari sekolah yang menggunakan alat bantu berupa gadget, internet dan komputer untuk menunjang pembelajaran. Juga banyak sekolah yan gmenerapkan bahasa asing sebagai bahasa yang wajib untuk dipelajari.
  • Penggunaan berbagai media pembelajaran berbasis internet, maupun pembelajaran dengan aplikasi yang ada di internet atau dikenal e-learning akan memberikan kemudahan bagi peserta didik.

Pengertian dan Definisi Globalisasi Menurut Para Ahli Diantaranya.

1. Menurut Malcom Waters

Malcom Waters, adalah seorang professor sosiologi dari Universitas Tasmania, menurut pendapatnya globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berdampak pada pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadikan kurang begitu penting yang terjelma di dalam kesadaran orang.

Selain itu, Anggara 2013 berpendapat mengenai pengertian globalisasi adalah dimana kata Globalisasi diadopsi dari kata global, yang memiliki arti universal. Globalisasi adalah proses penyebaran unsur unsur baru khususnya hal yang berkaitan dengan informasi secara mendunia, baik itu melalui media cetak maupun dari elektronik.

2. Emanuel Richter

Pengertian globalisasi yang diutarakan oleh Emanuel Richter, menurutnya globalisasi merupakan jaringan kerja global secara bersamaan yang menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

Emanuel Richter sendiri merupakan guru besar pada ilmu politik Universtas Aashen, di negara Jerman.

3. Selo Soemardjan

Pengertian globalisasi yang dikutip dari Selo Soemardjan, beliau adalah seorang bapak Sosiologi Indonesia, beliau berpendapat Globalisasi adalah terbentuknya organisasi dan komunikasi antara masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah yang sama.

4. Princenton N Lyman

Globalisasi menurut pendapatnya adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan relasi antar Negara negara di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan.

5. Srijanti

Pengertian globalisasi dikutip dari Srijanti dalam Sajidiman (2014: 278), dimana globalisasi adalah meluas atau masuknya penyeruh dari sebuah negara atau wilayah ke sebuah negara atau wilayah lain, atau bisa juga disebut proses masuknya suatu negara dalam pergaulan dunia.

Jadi dari pendapat diatas bisa disimpulkan bahwa arti globalisasi adalah tahapan masuknya segala hal yang berasal dari luar negeri ke dalam suatu negeri sehinga bisa mempengaruhi suatu negara.

6. Tilaar

Pengertian globalisasi diambil dari pendapat Tilaar tahun 1998 dalam Uno dkk, menyatakan bahwa era globalisasi merupakan suatau tatanan kehidupan manusia secara global mengikutsertakan seluruh umat manusia.

Manfaat Globalisasi Dan Dampak Globalisasi Dalam Kehidupan Sehari Hari

Perkembangan globalisasi yang semakin pesat mau tidak mau juga membawa dampak bagi kehidupan manusia diseluruh belahan dunia. Dampak dari globalisasi tersebut berupa hal yang berbau negartif atau positif.

1. Menurut Anggara (2013)

Manfaat globalisasi yang bernilai positif yang dikemukakan Anggara tahun 2013 yakni.

  • Dampak globalisasi yang pertama menurutnya adalah dapat dengan mudah memperoleh ilmu pengetahuan dan informasi.

  • Dampak globalisasi dibidang komunikasi Dapat dengan mudah melakukan komunikasi.

  • Manfaat globalisasi dibidang sosial dapat menumbuhkan sikap toleran serta kosmopolitan.

  • Manfaat globalisasi di bidang transportasi, mobilitas tinggi atau cepat dalam bepergian.

  • Dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan.

  • Dapat mendorong untuk lebih meningkatkan kualitas diri.

2. Manfaat Globalisasi di Bidang Pendidikan

Kemajuan teknologi yang disebabkan oleh pesatnya arus globalisasi, merubah pola pengajaran pada dunia pendidikan. Pengajaran yang duunya bersifat klasikal diubah menjadi pengajaran yang berbasis teknologi baru, misal dengan menggunakan internet dan komputer.

Dampak globalisasi dibidang pendidikan salah satunya didapat dari internet, Internet memberikan banyak manfaat, membuat siswa menjadi lebih kritis, mendapatkan materi yang banyak bukan hanya dari buku, proses pembelajaran di kelas akan lebih hidup serta guru tidak perlu banyak bicara karena siswa sendiri yang akan lebih aktif.

Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa manfaat globalisasi dalam bidang pendidikan dapat membuat siswa menjadi lebih kritis serta aktif dalam kegiatan belajar mengajar, tanpa melulu guru yang bicara dan menerangkan.

3. Manfaat Globalisasi Di Bidang Informasi

Seseorang dapat memanfaatkan teknologi internet sebagai komunikasi dari satu orang kepada banyak orang (one to many communication) dilakukan secara simulta n/ bersamaan, yaitu misalnya melalui fasilitas e-mail, mailing list, atau chatting dalam waktu yang bersamaan dan dapat diakses secara cepat oleh user.

Hanya dengan duduk di depan komputer (tentunya menggunakan komputer yang dilengkapi fasilitas koneksi ke internet) dan menggunakannya. Informasi yang tersedia dan dapat diakses melalui internet tidak hanya yang berita di suatu negara saja tetapi berbagai berita yang terjadi di seluruh penjuru dunia (global world). Artinya, perkembangan yang terjadi di berbagai negara dapat dengan cepat diketahui oleh banyak orang.

Demikian juga halnya dengan informasi yang menyangkut bidang pendidikan dan pembelajaran. Seseorang tidak perlu lagi harus hadir di ruang kelas untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Cukup dari tempat masing-masing yang dilengkapi dengan komputer dan fasilitas sambungan internet.

4. Manfaat Globalisasi Di Bidang pertahanan, keamanan dan hukum

Dampak globalisasi dalam bidang hukum dapat menguatkan supremasi hukum, demokratsasi serta tuntutan dilaksanakannya ha asasi manusia.

Selain itu, manfaat globalisasi dibidang hukum berdampak regulasi dan pembuatan peraturan perundang undangan yang memihak serta bermanfaat bagi kepentingan rakyat umum.

Tuntutan terhadap tugas tugas penegak hukum semakin menguat, supaya penegak hukum lebih transparan, profesional serta akuntabel.

5. Manfaat Globalisasi di Bidang Sosial Budaya

Dampak globalisasi dibidang sosial budaya yang pertama yakni mampu meningkatkan etos kerja yang tinggi alias suka bekerja keras, lebih disiplin, serta memiliki jiwa sportif, rasional dan mandiri.

Manfaat globalisasi pada bidang sosial budaya yang selanjutnya, dimana globalisasi mampu mendorong peningkatan akan pembelajaran tentang tata nilai sosial budaya, cara hidup, pola pikir yang baik, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju.

6. Manfaat Globalisasi di Bidang Perekonomian

Dampak Globalisasi bagi kehidupan bangsa Indonesia terutama pada sektor ekonomi yakni kebebasan perdagangan berkaitan dengan barang, komoditi dan jasa memberikan peluang kepada Indonesia untuk ikut serta bersaing merebut pasar perdagangan luar negeri, misalnya hasil tambang, hasil laut, hasil pertanian serta tekstil.

Selain itu, dengan adanya globalisasi dapat meningkatkan pendapat perkapita, membuka banyak lowongan pekerjaan, harga barang impor lebih murah, dan meningkatkan masuknya investasi asing.

7. Manfaat Globalisasi Bagi Bangsa Indonesia

Dampak globalisasi yang bernilai positif bagi bangsa indonesia yakni mampu membawa bangsa Indoesia kearah kemajuan. Selain itu dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.

Dengan pesatnya arus globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap serta mempengaruhi pola pikir masyarakat Indonesia yang semula irasional menjadi rasional. Maka bisa disimpulkan bahwa berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.

8. Manfaat Globalisasi Di Bidang Politik

Dibidang politik, globalisasi memililki dampak positif yakni Semakin menguatnya supremasi hukum, demokratisasi, dan tuntutan terhadap dilaksanakannya hak-hak asasi manusia.

Selanjutnya manfaat globalisasi dibidang politik dapat memperkuat regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang undangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak. Semakin menguatnya tuntutan terhadap tugas tugas penegak hukum yang lebih profesional, transparan, dan akuntabel.

Dengan adanya globalisasi banyak investasi dari luar negeri, salah satunya dengan dibukanya industri yang dapat mengurangi pengangguaran dan akhirnya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dampak Negatif Globalisasi

Selain ada manfaat globalisasi yang bernilai positif, ternyata globalisasi juga dapat berdampak negatif.

1. Dampak Negatif Globalisasi di Dunia Pendidikan

Internet selain digunakan sebagai sarana untuk mengakses beberapa informasi secara mudah dan cepat ternyata juga memberikan dampak negatif bagi siswa.

Didalam dunia maya terdapat berbagai macam materi bertebaran yang berpengaruh negatif bafi siswa, dantaranya rasisme, pornografi, kejahatan dan lain lainnya.

2. Dampak Negatif Globalisasi Menurut Anggara. 2013, diantaranya.

  • Munculnya informasi yang tidak tersaring. Maksudnya adalah banyaknya informasi yang beredar berisi berita bohong atau hoax, serta tanpa ada yang memilah apakah informasi tersebut benar atau salah.

  • Selain ada manfaat globalisasi yang mendorong kita untuk meningkatkan kualitas diri, ternya globalisasi juga dapat membuat tidak kreatif, karna prilaku konsumtif.

  • Membuat sikap menutup diri, berpikir sempit.

  • Dampak dari globalisasi yang semakin pesat juga dapat menyebabkan kita banyak meniru perilaku yang buruk.

  • Dampak globalisasi di bidang kebudayaan yakni mudah terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negara.

3. Dampak Negatif Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia

1. Munculnya Pola Hidup Konsumtif

Dengan adanya globalisasi memunculkan manfaat globalisasi yang bersifat positif, saalah satunya berkembangnya industri yang sangat pesat membuat tersedianya barang kebutuhan masyarakat melimpah.

Namun sisi negatifnya membuat masyarakat dengan mudah tertarik untuk membeli dan mengonsumsi barang dengan berlebihan karena banyaknya pilihan, maka dari itulah munculnya pola hidup konsumtif.

2. Merajalelanya Gaya Hidup Kebarat Baratan

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua budaya barat baik dan cocok jika diterapkan kedalam kehidupan sehari hari masyarakat Indonesia.

Banyak budaya negatif dari barat yang mulai menggeser budaya asli Indonesia, misal rasa hormat anak anakan kepada orang tua mulai berkurang, kehidupan remaja yang bebas dan masih banyak lagi.

3. Munculnya Kesenjangan Sosial

Jika dalam suatu kelompok masyarakat hanya ada beberapa orang saa yang dapat mengikuti arus perkembangan globalisasi, maka bisa dipastikan akan memperdalam jurang pemisah diantara individu dengan individu lainnya. Jika hal tersebut terjadi maka akan menimbulkan kesenjangan sosial.

4. Berkembangnya Sikap Individualistik

Manfaat globalisasi salah satunya masyarakat dimudahkan dengan beberapa teknologi yang berkembang akibat globalisasi. Namun dibalik semua itu dengan kita dimanjakan oleh teknologi, maka muncul perasaan tidak lagi membutuhkanorang lain dalam setiap aktivitasnya.

Bahkan kadang kadang akibat sikap individualistik yang paling parah, mereka melupakan bahwa mereka merupakan makhluk sosial.

5. Lunturnya Semangat Kebersamaan

Akibat dari sikap individualistik yang semakin merajalela juga menyebabkan lunturnya sikap kepedulian, solidaritas dan semangat gotong royong dan kesetiakawanan sosial dalam keadaan tertentu.

Nah itulah beberapa manfaat globalisasi yang dapat kami rangkum, walaupun globalisasi memiliki banyak dampak positif bagi kehidupan bangsa Indonesia, globalisasi juga membawa pengaruh negatif, terutama berkaitan dengan sosial budaya, untuk itu kita peru memilah milah agar tidak mengikuti dampak globalisasi yang tidak baik.

Jangan lupa simak beberapa artikel lainnya pada blog ini, seperti manfaat musim kemarau, sekian dulu artikel mengenai manfaat dan dampak globalisasi kali ini semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar