BUAH BUAHAN

28 Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Jambu Air – Jambu air merupakan salah satu jenis buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Jambu air sering dijumpai diberbagai wilayah di Indonesia karena memiliki iklim yang cocok untuk tanaman tersebut. Jambu air yang dimaksud adalah jambu air merah yang merupakan tanaman asal Asia Tenggara. Jambu air atau dikenal dengan nama jambu wer memiliki kandungan air yang banyak sehingga bagus sekali untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Jambu ini memang cocok hidup didataran rendah maupun tinggi, bahkan hampir semua tempat bisa ditanami jambu air. Seperti yang kita ketahui bahwa jambu ini sangat disukai di Indonesia karena rasanya yang segar dan bagus untuk menghilangkan haus ketika sedang kepanasan.

Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Jambu Air

Biasanya orang menganggap jambu air hanya diperlukan untuk menghilangkan haus saja. Ternyata bila diungkap lebih jelas akan diketahui banyak sekali manfaat didalamnya. Walaupun jambu ini terkadang dianggap remeh untuk dikonsumsi, namun jangan salah dengan khasiat jambu ini. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pembahasan mengenai manfaat lengkap jambu air. Setelah mengetahui manfaat jambu air yang sangat bagus, mungkin kita tidak akan menyia-nyiakan mengonsumsi jambu ini. Sebelum itu, saya akan membahas kandungan apa saja yang terdapat didalam jambu wer.

Kandungan Nutrisi Jambu Air

Memang jika dimakan, jambu ini hanya terasa kandungan air dan vitamin C saja karena rasanya yang agak masam dan berair. Perlu Anda ketahui bahwa kandungan jambu air merah ternyata sangat lengkap yakni : Vitamin A, Vitamin C, Zat Besi, Kalsium hingga protein. Tidak sampai disini saja, pada bagian kulit jambu air juga bermanfaat bagus dalam mencegah diabetes. Kandungan didalam kulit jambu air seperti senyawa alkaoid. Senyawa alkaloid memiliki fungsi yang sangat bagus dalam mengatasi diabetes karena dapat berguna sebagai terapeutik. Jadi, kandungan dan khasiat yang ada dalam jambu air sudah tidak bisa diragukan kembali. Langsung saja kita simak lebih lengkap apa saja manfaat jambu air merah ini.

Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan

1. Dapat Mengatur Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Khasiat buah jambu air yang pertama adalah bagus untuk kesehatan dan sebagai pencegah berbagai penyakit berbahaya. Jambu air mengandung kalium yang tinggi juga antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan kadar kolesterol dalam tubuh yang terjaga, maka dapat berdapak pada pencegahan berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Walaupun dikira sebagai buah yang remeh, ternyata jambu air memiliki manfaat yang tinggi dalam mencegah timbulnya penyakit berbahaya yang sangat ditakuti manusia.

2. Untuk Membersihkan Organ Hati Dan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki pekerjaan sangat berat, apalagi jika sering meminum obat. Akibatnya ginjal akan bekerja sangat keras sehingga berdampak buruk, selain itu, proses tersebut dapat memimbulkan kotoran dan zat yang tidak diperlukan menumpuk. Hal inilah yang dapat berakibat fatal bagi tubuh jika tidak dikeluarkan atau dibersihkan. Cara alami membersihkan organ tersebut bisa dengan memakan jambu air atau juga bisa membuatnya jus. Selain sebagai pembersih organ hati dan ginjal, jambu air juga bagus untuk menjaga tubuh agar selalu sehat.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Manusia

Manfaat jambu air yang ketiga adalah bisa berguna untuk meningkatkan sitem imun. Sistem imun merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Untuk meningkatkan sistem imun, kita bisa mengonsumsi makanan yang mengandung mineral dan vitamin. Salah satunya adalah buah jambu air yang mengandung vitamin A dan C yang bagus untuk menjaga tubuh dari infeksi maupun serangan penyakit. Selain itu, jambu air merah juga mengandung mineral yang cukup tinggi sehingga dapat menjaga kekebalan tubuh manusia. Untuk memperoleh khasiat jambu air, kita bisa mengonsumsi jambu ini secara normal namun jangan sampai terlalu banyak.

4. Bagus Untuk Pencernaan

Jambu air dianggap bagus untuk pencernaan karena jambu ini memiliki manfaat dalam mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan pencernaan. Jambu air bisa bertugas dalam mencegah diare, sembelit maupun kembung. Jambu air mengandung banyak serat yang baik untuk melancarkan pencernaan sehingga tubuh akan lebih cepat memperoleh nutrisi dan asupan dari hasil pencernaan. Untuk memperoleh manfaatnya, kita bisa memakan beberapa buah jambu air ini ketika setelah makan atau jika terjadi masalah yang berkaitan dengan pencernaan. Jadi, buah ini memang menjadi pilihan yang bagus dari pada memilik menggunakan obat-obatan untuk mengatasi masalah pencernaan.

Bagus Untuk Pencernaan : Manfaat Air Kelapa

5. Jambu Air Dapat Mencegah Diabetes

Manfaat besar lainnya dalam jambu air adalah dapat mengontrol diabetes. Jambu air mengandung senyawa jamboisme yang berfungsi untuk mengontrol konversi pati sehingga dapat menjaga kadar gula dalam tubuh kita. Dengan kadar gula dalam tubuh yang terjaga maka dapat mencegah terjadinya diabetes. Selain menjaga kadar gula darah, jambu air ternyata bisa mengurangi kadar gula darah dalam tubuh kita. Penyebabnya adalah kandungan indexs glikemik yang rendah sehingga bagus dimakan oleh penderita diabetes. Walaupun kita belum terkena diabetes, namun buah ini bagus kita konsumsi untuk pencegahan secara alami.

6. Bermanfaat Untuk Menguatkan Tulang

Jambu air memiliki khasiat yang bagus untuk menjaga kepadatan tulang dan menghindari terjadinya osteoporosis. Seperti yang kita ketahui bahwa pengeroposan tulang sering terjadi akibat semakin bertambahnya umur. Namun, tidak jarang orang mengalami osteoporosis walaupun sudah berumur 40 tahun keatas. Penyebabnya karena sering mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, kandungan kalsium tidak hanya terdapat pada susu, karena kalsium juga bisa ditemukan pada jambu air. Kandungan kalsium inilah yang bagus untuk tulang dan pertumbuhan tulang.

7. Mengatasi Sariawan

Tidak hanya menyegarkan, jambu air juga memiliki manfaat yang berkaitan dengan sariawan, panas dalam, hingga bibir pecah-pecah. Jambu air memiliki kandungan yang sangat banyak termasuk vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Kandungan air dan nutrisi didalam jambu ini juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh sehingga mencegah bibir pecah-pecah. Untuk menperoleh manfaatnya, kita bisa memakan buah jambu air ini dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.

8. Dapat Menangkal Radikal Bebas

Kandungan jambu air yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia adalah antioksidan. Kandungan ini memiliki khasiat untuk menangkal radikal bebas. Antioksidan juga berperan untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebas memiliki efek yang sangat buruk bagi tubuh kita, lebih-lebih radikal bebas bisa memicu munculnya penyakit. Nah, jika anda punya tumbuhan ini, maka jangan sampai disia-siakan untuk mengambil manfaat jambu air bagi kesehatan kita.

Penangkal Radikal Bebas : Manfaat Kulit Apel

9. Mencegah Dehidrasi

Untuk memperoleh khasiat jambu air sebagai pencegah dehidrasi, kita bisa mengonsumsi jambu air ketika sedang melakukan pekerjaan berat maupun panas. Lebih bagusnya, memakan jambu air ini sebelum melakukan aktivitas yang berat. Hal ini dikarenakan jambu air bisa mencegah terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Bukan hanya kandungan air saja yang banyak, jambu ini juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga dapat meningkatkan semangat untuk beraktivitas.

10. Bagus Untuk Kesehatan Mata

Manfaat jambu air jika diulas lebih detail memang memiliki kegunaan yang banyak. Jambu air mengandung vitamin A dan berbagai nutrisi lainnya. Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan vitamin A memiliki manfaat untuk meningkatkan penglihatan kita. Walaupun kandungan vitamin A didalam buah jambu air tidak terlalu banyak, namun dengan ini kebutuhan vitamin kita bisa dicukupi. Nah, kita bisa memakan jambu air dengan porsi atau jumlah yang pass, tujuannya untuk menghindari efek samping jika terlalu banyak memakannya.

11. Untuk Mencegah Kanker Payudara

Penyakit kanker juga bisa dicegah dengan mengonsumsi buah jambu air merah. Buah ini mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan juga memiliki kegunaan untuk membunuh sel penyebab kanker. Sel-sel kanker yang beru bermunculan bisa dibersihkan, namun ketika sudah membesar maka akan sulit diatas hanya dengan jambu air. Sebab itulah jambu ini digunakan sebagai pencegah terjadinya kanker. Cara mengambil manfaatnya adalah dengan memakan jambu air secara rutin namun tidak terlalu banyak.

12. Mencegah Epilepsi

Panyakit yang dapat dicegah oleh buah ini memang cukup bermacam termasuk kambuhnya epilepsi. Kandungan didalam buah jambu air memang cukup banyak termasuk kandungan mineral lengkap seperti mangan dan magnesium. Dalam penelitian juga menyebutkan bahwa jambu air memiliki manfaat untuk mencegah kambuhnya epilepsi. Kandungan mineral yang cukup banyak menyebabkan epilepsi bisa diatasi dengan mengonsumsi beberapa jambu air. Perlu diketahui bahwa untuk mengambil khasiat jambu air ini, kita bisa mengonsumsi secukupnya.

Ada Beberapa Manfaat Jambu Air Lain Untuk Kesehatan Sebagai Berikut

13. Dapat meningkatkan kesuburan dan produktivitas pria
14. Untuk meningkatkan kemampuan kognifatif
15. Dapat berguna untuk meningkatkan kecerdasan manusia termasuk ibu hamil dan janinnya
16. Sebagai obat ketika sedang demam / sebagai menurun demam
17. Bagus untuk menjaga kesehatan otak manusia
18. Untuk Obat Asma
19. Untuk memenuhi kebutuhan gizi manusia teramasuk vitamin hingga zat besi
20. Bermanfaat untuk melancarkan pencernaan karena mengandung serat
21. Membunuh sel-sel penyebab kanker karena mengandung banyak mineral

Manfaat Jambu Air Untuk Kacantikan

Selain manfaat untuk kesehatan dan sebagai pencegah penyakit, jambu air juga brmanfaat untuk kecantikan. Jambu air memiliki khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan kulit, apalagi nutrisi yang terkandung didalamnya sangat banyak. Buah jambu air mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan untuk mencegah penuaan dini yang ditandai dengan kulit keriput, kulit kering, dan tidak kencang. Nah, untuk penjelasan lebih lengkap lainnya silahkan simak berikut ini.

1. Untuk Menghindari Penuaan Dini

Panuaan dini memang kerap terjadi seiring bertambahnya umur manusia. Kebutuhan nutrisi untuk menghindari penuaan dini bisa diperoleh dengan memakan berbagai jenis buah-buahan yang mengandung banyak nutrisi termasuk jambu air. Kandungan jambu air memang bagus untuk kesehatan kulit yakni antioksidan. Didalam antioksidan terdapat unsur vitamin C yang memiliki khasiat untuk mengatasi masalah kulit. Masalah kulit yang bisa diatasi mulai dari kulit kering, keriput, bergaris halus hingga kulit kusam. Masalah kulit tersebutlah yang menjadi tanda penuaan dini.

2. Untuk Mencerahkan Kulit

Kulit cerah alami memang dambaan setiap wanita, berbeda dengan kulit cerah yang menggunakan bantuan zat pemutih. Tentunya kulit cerah non alami tidak akan bertahan lama, mungkin hanya beberapa minggu saja. Nah, untuk memperoleh kulit cerah yang alami, kita bisa memakan buah jambu air secara rutin dengan jumlah yang pas. Hal ini bertujuan untuk memperoleh asupan vitamin C didalam jambu air yang bisa bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih cerah.

3. Membantu Meregenerasi Sel Kulit Mati

Untuk menjaga kecantikan terutama bagian kulit, kita memerlukan buah atau sayur yang mengandung mineral dan juga vitamin yang banyak. Salah satu buah yang mengandung banyak mineral dan vitamin adalam jambu air. Kandungan mineral didalam jambu air seperti mangan dan magnesium memiliki khasiat yang bagus untuk meregenerasi sel. Seperti yang kita ketahui bahwa sel-sel kulit mati dapat membuat kulit menjadi gelap dan kusam, karena itulah sel kulit yang mati harus digantikan dengan sel kulit baru.

4. Mencegah Timbulnya Cacar

Penyakit cacar atau yang dikenal sebagai smallpox dalam bahasa inggis memang menjadi penyakit yang bisa menurunkan kepercayaan diri. Bagaimana tidak, cacar bisa muncul diseluruh tubuh dan membuat orang lain yang melihatnya agak jijik. Cacar juga membutuhkan waktu yang lama untuk menyembuhkannya. Karena itulah solusi tepat untuk mencegah smallpox bisa dengan mengonsumsi buah jambu air. Manfaat jambu air ini memang sudah dibuktikan dan memang bagus untuk menghindari smallpox.

5. Untuk Mengatasi Bengkak

Manfaat jambu air untuk kesehatan lainnya adalah dapat dipakai untuk penghilang bengkak. Untuk menghilangkannya, caranya tidak dengan memakan buah ini namun dengan menjadikannya masker. Caranya adalah dengan mengambil 3 buah jambu air dan menghaluskannya lalu tempelkan pada bagian yang bengkak. Jambu air memiliki khasiat yang bagus untuk kulit dan bisa mempercepat penyembuhannya. Jambu air juga dapat menyegarkan kulit sehingga akan terasa nyaman dan rileks.

6. Mencegah Rambut Kusut Dan Kering

Rambut yang terasa kusut dan kering bisa diakibatkan karena rambut kekurangan nutrisi dan cairan. Kebutuhan cairan dalam tubuh memang bisa dipenuhi dengan air putih. Namun, untuk memperoleh nutrisi yang lain, kita bisa memakan buah jambu air ini. Tidak hanya mencegah masalah pada rambut, kandungan air yang banyak pada jambu ini juga dapat mencegah dehidrasi yang bisa berdampak pada masalah kecantikan lainnya.

7. Dapat Mencegah Infeksi Kulit

Infeksi pada kulit menjadi masalah yang berkaitan dengan kecantikan karena berdampak buruk pada kerusakan kulit, kulit tampak gelam, kulit kusam hingga muncul merah-merah pada kulit. Infeksi ini biasanya disebabkan dari faktor eksternal yang mungkin saja terjadi ketika kulit bersentuhan langsung dengan sesuatu. Untuk mencegah infeksi pada kulit, kita bisa mengambil manfaat jambu air karena megandung senyawa anti imflamasi dan juga anti mikroba.

Nah, itulah beberapa manfaat yang terkandung didalam buah jambu air dengan pemakain masker maupun dimakan langsung. Sebenarnya masih banyak khasiat dari jambu air karena masih dalam penelitian dan riset lebih mendalam. Mungkin setelah mengetahui khasiatnya diatas, anda tidak akan lagi menyia-nyiakan jambu air. Jambu air ini memang menyegarkan jika dimakan secara langsung, namun tidak jarang juga orang tidak mau memakannya karena rasanya yang masam. Nah, jika memang begitu, kita bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan seperti rujak, jus, maupun es buah.

Cara Mengambil Khasiat Jambu Air

1. Mengonsumsinya Secara Langsung

Cara paling mudah untuk mengambil khasiat buah ini adalah dengan mengonsumsinya secara langsung. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mau memakan buah ini. Yang pertama, kita harus memastikan buah ini dalam kondisi bagus, sebab jika terasa lebek atau berlubang maka dipastikan sudah dihinggapi serangga yang biasanya menanam telurnya. Yang kedua, kita harus membersihkannya terlebih dahulu dengan mencucinya sampai bersih, tujuannya untuk menhilangkan bakteri dan kotoran yang mungkin saja menempel.

2. Menjadikannya Masker Untuk Kulit

Masker untuk menjaga kecantikan kulit bisa diperoleh dengan cara alami yakni menggunakan masker buah-buahan. Buah jambu air memang cocok dipakai karena menyegarkan, mengandung mineral, vitamin dan nutrisi lainnya. Membuatnya menjadi masker juga mudah dengan menumbuknya hingga halus lalu tempelkan pada kulit. Jambu air ini akan bekerja untuk menjaga kecantikan dengan menhilangkan masalah pada kulit. Untuk itu, kita bisa mengambil 3 buah atau secukupnya tergantung kebutuhan kulit, perlu diketahui bahwa kita jangan mengupas kulitnya karena kaya akan manfaat.

  • Efek Samping Jambu Air

Perlu digaris bawahi bahwa jambu air juga bisa berefek buruk jika terlalu berlebihan mengonsumsinya. Jika terlalu banyak makan jambu air dalam satu waktu maka bisa menyebabkan rasa gatal pada tenggorokan. Selain itu, bila tidak suka dengan jambu ini maka bisa menyebabkan batuk-batuk ringan. Nah, hanya itu saja efek samping pada jambu air. Jika dilihat dari manfaatnya pasti sangat berbeda jauh dengan efek yang ditimbulkan oleh buah ini.

Jadi pada intinya kita memperoleh manfaat jambu air secara maksimal dari berbagai kandungan nutrisinya. Selain pada daging, kulit buah ini juga mengandung serat dan vitamin yang bagus untuk kecantikan. Jadi jika memakan buah ini jangan sampai dikupas kulitnya. Nah, sebaiknya kita lebih sering mengonsumsinya karena buah ini bermanfaat besar dan mudah sekali ditemukan. Oke, sekian saja pembahasan pada artikel manfaatku kali ini, jangan lupa simak lebih lengkap lainnya.