44 Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan Penting Untuk Diketahui!

Manfaat Jambu Biji Merah
Jambu Biji Merah – sumber : google.com

Manfaat Jambu Biji Merah | Jambu merah merupakan salah satu buah yang menjadi incaran banyak orang, bagaimana tidak, sebab jambu ini memiliki manfaat yang tinggi. Jambu merah sendiri mudah dijumpai di Indonesia dan sudah banyak tumbuh diberbagai wilayah. Jambu ini memang bisa hidup di dataran rendah dan juga di dataran tinggi. Hal inilah yang membuah banyak orang ingin memiliki pohonnya.

Sebenarnya, jambu ini berasal dari Meksiko, Amerika Selatan. Hingga saat ini, jambu merah sudah tersebar luas diberbagai negara termasuk di Indonesia. Buah yang memiliki nama latin Psidium guajava ini menjadi pilihan paling bagus untuk diambil manfaatnya untuk kesehatan maupun kecantikan.

Buah ini ketika masih mentah berwarna hijau dan ketika sudah matang akan memiliki warna sedikit kekuningan. Didalam buah ini memang mengandung banyak biji merah, yang paling bermanfaat dari buah ini adalah bagian dagingnya.

Didalam daging buah ini mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan dan kecantikan. Biasanya buah ini diolah menjadi berbagai jenis olahan seperti selai, salad, hingga obat herbal. Untuk mengambil manfaat jambu biji, kita bisa memakannya secara langsung ketika buah sudah masak.

Kandungan nutrisi jambu biji merah yang sudah masak memang sangat bermacam, nah pada kesempatan kali ini saya juga akan memberikan bahasan mengenai kandungan buah jambu biji merah. Karena kandungan nutrisi tersebutlah tersimpan segudang manfaat jambu biji merah untuk kesehatan.

Buah jambu biji merah memang erat kaitannya dengan vitamin C, hal inilah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia agar tidak mudah terserang penyakit.

Buah jambu biji merah mengandung vitamin C yang sangat banyak, bahkan melebihi kandungan vitamin C pada buah jeruk sekitar 4 kali lipat. Untuk setiap 100 g buah jambu merah mengandung 228 mg vitamin C.

Tidak sampai pada vitamin C saja, ternyata buah ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dan bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi harian kita. Mau tahu kandungan didalam buah jambu merah lainnya ? nah, langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Kandungan Nutrisi Buah Jambu Biji Merah Serta Manfaatnya

Banyak orang percaya bahwa buah jambu biji merah dapat berguna untuk menjaga tubuh kita agar selalu vit. Hal ini memang tidak lepas dari kandungan vitamin jambu merah yang sangat banyak.

Nutrisi ini paling banyak ditemui pada bagian dagingnya yang berwarna merah. Selain itu, kulit buah ini juga mengandung banyak serat yang bagus untuk pencernaan. Lebih lengkapnya, berikut ini adalah nutrisi yang terkandung di dalam buah jambu biji merah.

1. Mengandung Vitamin A

Pada buah jambu merah memang mengandung banyak karetenoid yaitu vitamin A yang sangat banyak. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan mata dan untuk meningkatkan daya pengelihatan. Selain itu, vitamin ini juga bagus untuk mencegah terjadinya penyakit mematikan yakni penyakit jantung.

Bukan hanya penyakit berbahaya, kandungan ini juga bisa berguna untuk kecantikan, hal ini dibuktikan dengan khasiat jambu biji merah dalam merawat sel-sel tubuh, mengencangkan kulit, hingga menjadikan kulit tampak cerah.

2. Mengandung Vitamin C

Jambu biji merah mengandung berbagai macam vitamin yang bagus untuk menjaga kesehatan kita. Salah satu vitamin yang paling banyak adalah vitamin C.

Jangan salah, ternyata jambu merah memiliki vitamin C lebih banyak dengan perbandingan sampai 4 kali. Namun, banyak orang mengira bahwa kandungan vitamin C jeruk lebih banyak dari jambu biji merah.

Setelah diteliti lebih lanjut menghasilkan data bahwa setiap 100 g terdapat vitamin C 228 mg. Manfaat vitamin C ini memang sangat banyak seperti : menjaga kesehatan gigi, gusi, meningkatkan fungsi otak hingga menjaga peredaran darah.

3. Mengandung Antioksidan

Antioksidan memang dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan tinggi sering ditemui pada buah dan sayur, salah satunya adalah jambu biji merah.

Buah ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan mampu menangkal karsenogenik atau radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebas bisa berdampak buruk bagi tubuh karena bisa memunculkan bermacam penyakit akibat rusaknya sel.

Karena kandungan antioksidan tersebut, maka manfaat jambu biji merah salah satunya adalah dapat menegah kanker  akibat radikal bebas. Nah, sebab itulah buah ini cocok sekali dikonsumsi secara rutin untuk memperoleh perlindungan dari radikal bebas.

4. Mengandung Fitonutrein

Fitonutrein adalah kandungan yang berasal dari warna merah yang biasanya terdapat pada tomat, semangka, buah naga dan jambu merah. Kandungan fitonutrein ini ternyata memiliki khasiat yang bagus bagi tubuh yakni untuk menjaga kesehatan mata.

Jadi, buah jambu biji merah bisa berguna bagi pekerja yang sering memakai komputer / berlama-lama didepan layar. Nah, dengan memakan jambu biji merah maka mata kita akan lebih rileks dan akan bersemangat lagi dalam bekerja.

5. Mengandung Zat Likopen

Zat likopen merupakan salah satu unsur yang berkhasiat untuk menjaga kecantikan manusia. Likopen memiliki manfaat dalam melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Bahkan, kandungan likopen dalam jambu biji merak lebih banyak dari tomat.

Karena itulah sangat bagus mengonsumsi jambu biji merah untuk mendapatkan manfaat perlindungan kulit dari sinar uv. Apalagi jika kita sering beraktivitas diluar dan terpapar langsung dengan sinar matahari, tentunya kita membutuhkan penangkal sinar uv.

Seperti yang kita ketahui bahwa sinar uv tidak bagus untuk kulit dan bisa menimbulkan berbagai masalah kulit.

6. Mengandung Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks dalam buah jambu biji merah memang dibutuhkan manusia untuk hal menjaga kecantikan. Kandungan didalam jambu biji merah juga terdapat Vitamin B3 dan B6 yang memiliki manfaat untuk kesehatan otak.

Vitamin B6 memiliki fungsi dalam memenuhi nutrisi dalam otak sehingga kita akan memiliki tingkat konsentrasi yang baik dan tidak mudah kehilangan fokus. Khasiat ini memang penting dan sangat dibutuhkan oleh kita jika memang sering beraktivitas menggunakan otak seperti belajar dan memecahkan masalah.

7. Kandungan Lain

Sebenarnya kandungan buah jambu merah masih banyak yang bisa dijabarkan. Namun, saya kali ini akan meringkasnya saja yakni kadar vitamin K, Asam folat, niacin, pantotenik, piridoksin, hingga riboflavin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa zat yang terkandung didalam jambu biji merah mengalahkan kandungan buah dan sayur lain seperti jeruk dan tomat. Nah, untuk itu lebih seringlah memakan jambu biji merah untuk mengambil manfaatnya secara maksimal. Jika anda masih kurang yakin dengan kadar kandungan jambu biji merah, simak berikut ini.

Berikut Kandungan Gizi Jambu Biji Merah Untuk Setiap 100 Gram

  • Tembaga (Persen Kadar 2,5% sebesar 0,230 mg )
  • Serat ( Persen Kadar 14% sebesar 5,4 g )
  • Beta Karoten ( sebesar 374 mcg )
  • Selenium ( Persen Kadar 1% sebesar 0,6 mcg )
  • Seng ( Persen Kadar 2% sebesar 0,23 mg )
  • Protein ( Persen Kadar 5% sebesar 2,55 g )
  • Riboflavin ( Persen Kadar 3% sebesar 0,04 mg )
  • Niacin ( Persen Kadar 7% sebesar 1,08 mg )
  • Natrium ( Persen Kadar o% sebesar 2 mg )
  • Pyridoxine ( Persen Kadar 8,5% sebesar 0,11 mg )
  • Magnesium ( Persen Kadar 5,5% sebesar 22 mg )
  • Mangan ( Persen Kadar 6,5% sebesar 0,15 mg )
  • Karbohidrat ( Persen Kadar 11,5% sebesar 14,3 g)
  • Kolesterol ( Persen Kadar 0% sebanyak 0 mg )
  • Kalsium ( Persen Kadar 2% sebanyak 18 mg )
  • Kalium ( Persen Kadar 9% sebanyak 417 mg )
  • Lycopene ( Sebesar 5204 mcg )
  • Vitamin A ( Persen Kadar 5,5% sebesar 0,95 g )
  • Vitamin E ( Persen Kadar 5% sebesar 0,73 mg )
  • Vitamin K ( Persen Kadar 2% sebesar 2,6 mcg )
  • Vitamin C ( sebanyak 228 mg )
  • Air ( Sebanyak 86 g )
  • Energi ( Sebanyak 68 kkal )
  • Besi ( Persen Kadar 3% sebanyak 0,26 g )
  • Folates ( Persen Kadar 12,5% sebanyak 49 mcg )
  • Fosfor ( Persen Kadar 2% sebanyak 11 mg )
  • Lemak ( Persen Kadar 3% sebanyak 0,95 g )

Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan

1. Baik Untuk Kesehatan Otak

Khasiat buah ini untuk kesehatan yang pertama adalah bagus untuk kesehatan otak. Jika kesehatan otak terjaga maka kita akan lebih fokus dan juga lebih berkonsentrasi. Biasanya hal ini sangat dibutuhkan oleh pekerja kantor maupun pelajar yang menggunakan fungsi otak secara maksimal.

Nah, untuk solusi menjaga kesehatan fungsi otak dan saraf, kita bisa mengonsumsi jambu biji merah secara rutin atau setidaknya seminggu 3 kali. Hal ini karena jambu biji merah mengandung vitamin B3 yang mampu meningkatkan fungsi kognitif dan juga bagus untuk saraf. Selain itu, kandungan vitamin B6 dapat memberikan asupan nutrisi bagi otak dengan cara melancarkan aliran darah.

2. Bagus Untuk Pencernaan

Dalam buah jambu biji merah terdapat kandungan serat yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan dan melancarkan pencernaan. Menurut hasil penelitian menyebutkan bahwa kandungan serat pada setiap buah jambu ini sekitar 5 gram, itu juga tergantung dari ukuran buahnya.

Serat tersebut memiliki khasiat dalam melancarkan pencernaan sehingga berdapak pada pembersihan kotoran. Manfaat lainnya yaitu dapat mencegah adanya ikatan kimia dalam membrane usus yang diduga menjadi penyebab munculnya sel kanker. Jadi, kebutuhan serat harian kita bisa dipernuhi dengan mengonsumsi jambu biji merah secara rutin.

Serat Lain Dari : Manfaat Jambu Air

3. Mencegah Timbulnya Sel Kanker

Penyakit yang sangat berbahaya dan bersiko tinggi bagi kesehatan adalah kanker. Dengan mengonsumsi buah jambu biji merah, kita dapat mengambil khasiatnya yaitu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Sebab, jambu merah mengandung kalori dan rendah lemak. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah jambu biji merah juga berguna untuk membantu mencegah kanker. Kita bisa mengambil manfaatnya dengan memakan langsung bersamaan dengan kulitnya, karena kulit jambu merah juga mengandung serat dan nutrisi.

4. Dapat Mengatasi Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi memang sering diremehkan, perlu diketahui bahwa penyakit ini ternyata sangat berbahaya jika tidak dicegah. sebab, hipertensi merupakan penyakit yang dapat membunuh secara perlahan.

Penyebab hipertensi adalah adanya reaksi natrium, untuk mencegahnya kita bisa mengonsumsi buah atau sayur yang mengandung senyawa elektrolit berupa kalium. Kandungan kalium bisa kita temukan pada buah jambu biji merah dan buah pidang.

Keduanya memiliki kandungan kalium yang hampir sama sehingga jambu biji merah bisa dijadikan alternatif jika tidak suka pisang.

5. Melindungi Tubuh Dari Radikal Bebas

Jika kita memiliki keseharian diluar rumah, tentunya kita tidak bisa terhindar dari asap kendaraan, polusi bahkan asap rokok. Yang demikian itu adalah jenis radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Untuk menangkal radikal bebas, kita memerlukan asupan vitamin c / antioksidan tinggi. Kita bisa memperolehnya dari berbagai macam buah, salah satunya adalah jambu biji merah.

Manfaat jambu biji merah untuk menangkal radikal bebas sudah dibuktikan dengan banyaknya vitamin C, bahkan 4 kali lebih banyak dari pada buah jeruk. Jadi, jika memang anda sering beraktivitas diluar rumah, maka anda perlu penangkal radikal bebas.

6. Membantu Penyerapan Nutrisi Dalam Usus

Buah jambu merah juga bermanfaat untuk membantu penyerapan nutrisi dalam usus. Penyerapan nutrisi bisa berdampak bagus bagi tubuh yakni banyak nutrisi dari pencernaan yang mudah masuk.

Mengonsumsi jambu biji merah memang salah satu cara mudah dalam membantu penyerapan nutrisi, sebab jambu merah mengandung senyawa mangan. Kandungan tersebut memang memiliki fungsi penting dalam mempermudah proses penyerapan vitamin, mineral, zat besi dan lainnya ketika didalam usus.

Bagus Untuk Penyerapan : Manfaat Air Kelapa

7. Bagus Untuk Kelenjar Tiroid

Jambu biji merah mengandung banyak nutrisi dan juga mineral tembaga. Mineral ini memiliki kegunaan untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid memang sangat penting untuk dijaga karena jika kelenjar tiroid bermasalah maka akan muncul gangguan pada tubuh kita.

Hal inilah yang membuat perlunya mengonsumsi makanan yang mengandung banyak mineral. Cara alami yang dapat kita lakukan adalah dengan memakan satu atau lebih buah jambu biji merah setiap harinya.

8. Sebagai Rileksasi

Relaksasi memang dibutuhkan setiap orang, apalagi bagi pekerja atau pelajar yang memiliki kesibukan yang berkaitan dengan tenaga dan juga pikiran. Karena itulah kita membutuhkan istirahat dan tentunya untuk memperoleh rasa rileks.

Untuk memperolehnya, kita bisa mengambil manfaat jambu biji merah karena mengandung magnesium yang bisa mengurangi ketegangan otot dan saraf. Magnesium di dalam buah jambu biji merah juga cukup banyak sehingga bisa menimbulkan rasa segar kembali.

9. Bagus Untuk Kesehatan Ibu Hamil Dan Janin

Manfaat jambu biji merah memang cukup luas jika diteliti lebih dalam. Manfaat yang jarang diketahui adalah jambu biji merah dapat melengkapi kebutuhan gizi ibu hamil dan janinnya. Hasilnya, kesehatan ibu hamil dan janinnya akan selalu terjaga.

Sebab itulah disarankan untuk ibu hamil memakan buah-buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi seperti jambu merah. Cara mengonsumsinya juga seperti biasa, yakni dimakan secara langsung atau bagus lagi dibuat jus dengan kadar gula sedikit.

10. Memudahkan Proses BAB

Untuk mengatasi susah BAB, biasanya orang memilih memakan buah atau sayur yang mengandung serat. Nah, rekomendasi terbaik adalah buah jambu biji atau sejenisnya. Kita bisa mengatasi susah BAB dengan cara memakan biji buah ini.

Kandungan biji buah jambu merah bisa memperlancar proses BAB sehingga bagus juga dikonsumsi jika memang diperlukan. Namun, ketika tidak mengalami masalah susah BAB, sebaiknya jangan mengonsumsi bijinya karena bisa berefek tersedak atau terselip di gigi.

11. Baik Untuk Kesehatan Mata

Manfaat jambu biji merah yang tidak kalah bagus dengan berbagai buah lain adalah dapat menyehatkan mata. Kandungan di dalam jambu merah terdapat karetenoid atau vitamin A yang bagus untuk menjaga kesehatan mata.

Selain itu, karetenoid juga berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung, merawat sel-sel tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan karetenoid banyak ditemukan pada buah jambu biji merah, semangka, tomat dan lainnya.

12. Menjaga Kesehatan Gigi Dan Gusi

Kesehatan gigi dan gusi memang salah satu hal yang sangat penting, sebab jika gigi bermasalah, tentunya akan menimbulkan rasa sakit yang susah hilang. Untuk menjaga kepadatan gigi dan kesehatan mulut, kita bisa mengonsumsi buah jambu biji merah karena buah ini mengandung vitamin C yang sangat banyak.

Vitamin C ini memiliki banyak sekali manfaat termasuk bisa menjaga kesehatan gusi, gigi dan mulut. Pada buah jambu biji merah memang memiliki kandungan vitamin C 4 kali lebih banyak dari jeruk.

Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan Lebih Lengkap

13. Sebagai obat batuk dan pilek

14. Bagus untuk program diet karena olahan jus jambu merah bermanfaat untuk diet dapat menurunkan berat badan

15. Untuk mencegah epilepsi

16. Untuk menormalkan tekanan darah dalam tubuh

17. Sebagai obat untuk menurunkan demam

18. Dapat digunakan untuk terapi atau merelaksasi tubuh

19. Mengurangi rasa jenuh dan stress akibat kesibukan atau aktivitas yang berat

20. Membuat tubuh terasa segar kembali dan semangat dalam beraktivitas

21. Membantu mengaktifkan enzim seperti Biotin dan Thiamin

22. Mencegah kanker prostat karena mengandung lycopene

23. Berkhasiat baik untuk kesuburan wanita karena mengandung folat

24. Adam folat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan janin

25. Dapat menjaga sistem syaraf pada bayi

Khasiat Jambu Biji Merah Untuk Kecantikan

Buah jambu biji merah memang memiliki segudang manfaat untuk menjaga kesehatan manusia. Selain itu, jambu biji merah juga memiliki khasiat yang besar untuk kecantikan dan mengatasi berbagai masalah kulit. Hal ini karena jambu merah mengandung banyak sekali nutrisi dan mineral yang dibutuhkan kulit manusia.

Pada jambu biji merah juga mengandung antioksidan tinggi yang bagus untuk menghindari radikal bebas. Ingin tahu lebih lengkap manfaat jambu air bagi kecantikan ? nah, langsung saja kita simak pembahasan lebih lengkapnya dibawah ini.

1. Untuk Perawatan Kulit Wajah

Perawatan kulit wajah memang bisa didapatkan dari berbagai jenis buah dan sayur dengan cara mengonsumsi langsung atau dengan dibuat masker. Salah satu buah yang bagus untuk dipakai dalam perawatan wajah adalah jambu biji merah.

Jambu biji merah memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh kulit. Cara pemakaiannya juga cukup mudah denga menjadikannya sebagai masker yang ditempelkan langsung ke kulit.

Dengan pemakaian secara rutin, maka kita bisa memperoleh manfaat jambu biji air yang dapat mengencangkan dan mencerahkan kulit. Untuk pembuatan masker akan saja jelaskan pada sub dibawah ini.

2. Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Biasanya orang yang bermasalah dengan kulit seperti keriput, kering dan stretch mark memilih memakai krim yang tidak alami. Padahal dengan pemakaian tersebut hanya diperoleh penutup saja dan hanya bertahan sebentar.

Nah, untuk mengatasi masalah kulit, cobalah untuk mengaplikasikan buah jambu biji merah sebagai toner. Kandungan alami dalam jambu biji merah tidak memiliki efek samping dan jika dilakukan secara rutin maka bisa mengatasi masalah kulit secara maksimal.

3. Mengatasi Berbagai Masalah Rambut

Jika kita menginginkan rambut yang sehat alami, kita bisa memakai cara alam yakni dengan bantuan nutrisi buah buahan. Salah satunya adalah mengatasi masalah pada rambut seperti rambut bercabang dan berketombe.

Masalah tersebut bisa ditangani secara berkala dengan mengonsumsi buah jambu biji merah. Jambu biji merah mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B kompleks dan vitamin C yang dibutuhkan untuk memperindah rambut.

Selain itu, kandungan mineral berupa mangan dan magnesium juga berperan penting dalam menjaga keindahan rambut kita.

4. Untuk Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Pada buah jambu biji merah terkandung zat likopen yang lebih banyak dari kandungan pada tomat. Hal inilah yang membuah jambu biji merah cocok sekali untuk dikonsumsi, apalagi sekarang ini ancaman sinar UV sangat besar.

Seperti yang kita ketahui bahwa sinar Ultraviolet memiliki efek buruk bagi kulit, hal ini memang terjadi dari kesibukan diluar rumah atau perjalanan dijalan. Nah, kita bisa mengambil solusinya yakni memakan buah dan sayur yang mengandung likopen termaduk jambu biji merah.

5. Untuk Mencegah Penuaan Dini

Hal yang sangat ditakuti oleh kaum muda dalam hal kecantikan adalah penuaan dini. Penuaan dini bisa ditandai dengan kulit keriput, tidak bernutrisi, terdapat garis halus hingga kulit terasa kering.

Tentunya, penuaan dini dapat diatasi dengan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak antioksidan dan vitamin. Kedua kandungan tersebut banyak ditemukan di dalam buah jambu biji merah. Nah, untuk mengambil manfaat jambu biji merah ini, kita bisa mengonsumsinya secara rutin atau setidaknya setiap hari satu buah.’

Bagus Untuk Mencegah Penuaan Dini : Manfaat Air Kelapa

Khasiat Lain Jambu Biji Merah Untuk Kecantikan

1. Mengatasi masalah komedo

2. Untuk mengatasi masalah jerawat

3. Dapat menbantu menyamarkan bintik hitam di kulit

5. Dapat mengatasi gatal-gatal pada kulit

6. Dapat mencerahkan kulit wajah

7. Untuk mengatasi kulit wajah terasa kering dan kusam

Bagaimana Cara Membuat Masker Dari Jambu Biji Merah ?

Resep Masker Jambu Biji Merah
Cara Membuat Masker Jambu Biji Merah

1. Pilihlah 1 buah jambu biji merah yang bagus dengan kematangan yang pas untuk memperoleh nutrisi yang maksimal. Jangan lupa cuci bersih buah jambu ini agar kuman, larva dan kotoran bisa lepas dari kulit.

2. Selanjutnya haluskan buah jambu biji merah dengan menggunakan blender. Proses ini boleh dilakukan dengan menyertakan biji jambu ini. Jika anda menginginkan masker yang lembut, silahkan pakai dagingnya saja dan pakailah 2 buah jambu biji atau sesuai kebutuhan.

3. Setelah halus, angkat dan tuangkan jambu biji merah tersebut kedalam wadah. Untuk mempermudah agar jambu biji menempel pada kulit, kita bisa menambahkan putih telur (satu butir). Jika memang anda merasa tidak suka dengan bau telur, maka jangan tambahkan.

4. Tahap selanjutnya adalah pemakaian buah jambu biji merah secara merata pada bagian kulit wajah. Anda harus mendiamkannya selama 15 sampai 20 menit agar kandungan didalam jambu merah ini meresap.

5. Dengan masker buah ini, maka wajah anda akan terasa segar, rileks dan kencang. Nah, jika sudah selesai anda bisa membersihkan wajah dengan air hangat lalu keringkan. Air hangat berguna untuk mengangkat sisa atau ampas yang menempel pada pori-pori kita sehingga tidak menutupi pori.

6. Anda bisa mengulang cara tersebut secara rutin untuk memperoleh khasiatnya dalam mencerahkan wajah. Waktu yang paling tepat adalah pagi hari karena waktu tunggu hanya 20 menit saja tidak sampai semalaman.

Efek Samping Buah Jambu Biji Merah

Buah ini juga memiliki efek samping dalam artian ketika terlalu banyak mengonsumsinya dan khusus untuk ibu hamil jangan sampai melebihi 300 gram stiap harinya. Efek yang ditimbulkan pada ibu hamil seperti menyebabkan iritasi, rasa tidak nyaman hingga kontraksi.

Untuk efek bagi orang biasa yang terlalu banyak memakan buah ini bisa berdampak pada peradangan, sakit gigi dan gangguan lambung. Nah, jika tidak mau memperoleh efek buruknya, kita harus menjaga porsi makan jambu biji merah setiap harinya.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat jambu biji merah, khasiat jambu biji merah untuk kecantikan, kandungan, cara mengaplikasikan hingga efek samping. Pada intinya jambu merah ternyata mengandung segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Untuk memperoleh khasiatnya secara maksimal, marilah kita mengonsumsi buah ini rutin asal tidak terlalu banyak. Oke, sekian artikel saya kali ini, jangan lupa simak artikel dari manfaatku lainnya.

Simak Juga:

Manfaat Daun Jambu Biji

Manfaat jambu air