21 Manfaat Kulit Apel Untuk Mencegah Penyakit dan Merawat Kecantikan

Manfaat Kulit Apel
Kulit Apel – Sumber: Google.com

Manfaat Kulit Apel | Buah apel merupakan salah satu buah yang sering dijumpai di pasaran. Buah ini sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena memang buah apel bisa tumbuh subuh diberbagai wilayah. Buah jenis ini memang mudah dijumpai di Kota Batu Malang sebagai tempat perkebunan apel yang cukup besar di Indonesia. Buah apel juga diberi pendapat sendiri yakni “Barang Siapa Yang Memakan Buah Apel Maka Akan Jauh Dari Dokter“. Maksud kata tersebut memang merujuk pada kata manfaat buat tersebut, memang yang paling utama adalah daging buah apel. Namun, tahukah anda bahwa kulit buah apel juga memiliki manfaat yang tidak kalah jauh dengan dagingnya.

Mungkin banyak yang menganggap bahwa jika memakan apel harus dikupas terlebih dahulu. Padahal kulit tersebut memiliki banyak khasiat untuk kesehatan maupun sebagai pencegah berbagai penyakit. Namun, ada juga benarnya jika ketika memakan buah apel harus mengupasnya ketika buah tersebut hasil dari perkebunan yang sering mengandalkan semprotan pestisida.

Kadang juga mengupas kulit apel bertujuan untuk menghindari kotoran dan juga penyakit yang ditempelkan oleh serangga termasuk lalat buah. Perlu diketahui, jika ingin mengambil manfaat maksimal dari buah apel, kita harus memakan bersamaan kulitnya. Caranya dengan membersihkan terlebih dahulu dengan dicuci sampai bersih untuk mengurangi kuman dan bakteri.

Jadi ketika memakan buah apel, jangan lagi kupas kulitnya, nah kita bisa ambil berbagai nutrisi didalamnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan nutrisi kulit apel juga tidak kalah dengan dagignya. Nutrisi yang bisa kita ambil memiliki manfaat yang tinggi bagi pencernaan, kesehatan tulang, kecantikan / kulit hingga menangkal radikal bebas. Sebelum saya bahas manfaat kulit apel, saya akan memberikan sedikit pembahasan mengenai kandungan / nutrisi yang ada dalam kulitnya.

A. Mengandung Antioksidan

Dalam kulih buah apel terkandung berbagai zat yang sangat berguna, salah satunya adalah antioksidan. Kandungan antioksidan dalam kulit apel termasuk cukup banyak, seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan dapat menangkal radikan bebas. Antioksidan yang terkandung didalamnya berupa zat flavonoid dan asa fenoliknya.

Radikal bebas memang tidak bagus bagi kesehatan tubuh, radikal bebas juga bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Kandungan antioksidan ini juga tidak kalah dengan antioksidan dalam daging buah apel.

B. Mengandung Serat Yang Cukup Tinggi

Mengapa saya bilang kandungan seratnya cukup tinggi ? sebab, sekitar dua per tiga unsur serat dalam buah apel ternyata terkandung dalam kulitnya. Padahal dagingnya lebih besar dari kulitnya namun serat yang terkandung lebih banyak pada kulit. Jadi, jangan buang lagi kulit buah apel jika ingin mengambil manfaat seratnya secara maksimal.

Serat sendiri memiliki manfaat yang besar bagi pencernaan, menjaga kesehatan jantung, menghindari kolesterol, sampai menjaga berat badan. Hal ini memang berguna sekali bagi orang yang sedang menjalankan diet dengan ganti buah-buahan.

C. Mendandung Mineral Cukup Banyak

Kandungan dalam kulit apel memang tidak sebatas serat saja, kulit apel juga mengandung mineral yang cukup banyak. Mineral yang terkandung didalamnya berupa kalsium, potassium, dan fosfor. Kandungan tersebut memang bermanfaat lebih bagi tubuh manusia. Fosfor dan kalsium memiliki fungsi bagus dalam menjaga tulang tetap kuat. Sedangkan potassium berguna dalam menjaga sel sel yang ada dalam tubuh, lebih lebih sel jantung dan sel otak.

D. Mengandung Berbagai Vitamin

Dalam kulit buah apel juga memiliki berbagai vitamin yang sangat berguna bagi tubuh yakni vitamin K, A, dan C. Vitamin K memiliki fungi bagus dalam darah dengan menjalankan tugas pembekuan darah ketika terjadi luka ataupun goresan. Vitamin A memiliki kegunaan untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin C memiliki kegunaan untuk menjaga kesehatan kulit termasuk untuk menangkal radikal bebas yang bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Khasiat Dan Manfaat Kulit Apel

1. Menjaga Dari Penyakit Kanker

Berbagai jenis kanker yang bisa menyerang tubuh bisa ditangkal dengan mengunsumsi kulit buah apel. Kandungan kulit apel yang dapat mencegah kanker adalah Triterpenoid. Triterpenoid memiliki manfaat sebagai anti kanker dan bisa mencegah mulai dari kanker usus, payudara hingga kanker hati. kandungan anti kanker ini memang lebih banyak ada dalam kulitnya ketimbang pada daging buah apel.

2. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Banyak penyakit mematikan bisa dicegah hanya dengan mengunsumsi kulit apel termasuk penyakit yang sangat berbahaya yakni serangan jantung. Kulit apel memiliki serat larut dan serat tidak larut yang memiliki kegunaan dalam menjaga kesehatan jantung. Kedua jenis serat tersebut juga berguna untuk menghilangkan penumpukan kolestrol jahat yang bisa menyerang kesehatan jantung. Jadi, usahakan ketika memakan buah apel, kulitnya jangan sampai anda buang / disia-siakan.

3. Untuk Menjaga Berat Badan

Selanjutnya manfaat kulit apel yang tidak kalah pentingnya adalah bisa menjaga berat badan. Kulit mengandung enzim ursolat yang berguna untuk menjaga berat badan dengan melancarkan pencernaan.

Untuk yang sedang menjalankan program diet dengan metode sayur atau buah memang disarankan untuk rutin mengunsumsi kulit buah apel. Jika memang bosang mengunsumsinya, Anda bisa mengolah daging dan kulit apel menjadi berbagai olehan seperti minuman segar.

4. Baik Untuk Petumbuhan Tulang

Kulit apel mengandung berbagai mineral termasuk kalsium yang bagus bagi kesehatan tulang. Kalsium yang terkandung didalamnya berguna untuk menguatkan tulang sehingga bagus dikonsumsi berbagai kalangan. Selain itu, kandungan lain yang berguna bagi kesehatan tulang adalah fosfor. Untuk mengambil manfaat maksimal memang disarankan untuk memakan apel bersamaan dengan kulitnya secara rutin atau setidaknya tidak membuang kulitnya ketika memakan buah apel.

5. Untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Selanjutnya manfaat kulit apel yang jarang diketahui adalah dapat menjaga kesehatan gigi termasuk gusi. Hal ini memang bisa saja karena kulit apel berguna untuk memperbanyak produksi air liur yang bisa mengurangi bau mulut. Selain itu, dengan mengonsumsi kulit apel secara ruti, kita bisa mengambil manfaat untuk menjadikan gigi putih bersih secara tidak langsung. Hal ini karena kegiatan mengunyah kulit apel yang memiliki kandungan serat sehingga bisa membersihkan mulut. Sebab itulah buah apel disarankan sebagai pencuci mulut setelah makan.

6. Mencegah Diabetes

Manfaat kulit apel yang tidak kalah penting lainnya adalah digunakan untuk mencegah terjadinya diabetes. Tahukah anda bahwa kulit apel sebenarnya bisa menjaga kadar gula darah dalam tubuh dengan cara mencegah terpecahnya dula darah yang ada dalam tubuh kita.

Hal inilah yang membuat kadar gula darah kita akan terkendali dan resiko diabetes dapat diatas. Jadi, apakah anda masih ingin mengupas kulit buah apel ? tentunya akan berpikir dua kali jika ingin membuangnya.

7. Mencegah Penyakit Batu Empedu

Seperti yang kita ketahui bahwa kulit buah apel memiliki kandungan serat yang cukup banyak sehingga bisa memenuhi kebutuhan serat harian kita. Serat tersebut memang berguna bagi pencernaan, terlebih serat apel mampu mencegah proses kristalisasi kolestrol yang bisa menjadi batu empedu. Penyakit batu empedu memang disebabkan karena kekurangan serat dan bisa diatas dengan rutin memakan buah buahan yang mengandung serat termasuk kulit buah apel.

8. Mengurangi Resiko Kepikunan

Manfaat kulit apel yang tidak kalah penting lainnya adalah bisa mengurangi resiko pikun atau hilangnya sebagian kecil maupun besar ingatan. Walaupun sebenarnya kepikunan menyerang ketika usia tua, namun ternyata hal ini bisa dikurangi dengan mengonsumsi kulit apel.

Dalam kulit buah apel terdapat zat Quercetin yang berguna untuk menjaga sel otak dan meningkatkan konsentrasi sehingga bisa mengurangi hilangnya ingatan secara berkala. Mungkin, setelah Anda mengetahui Khasiat kulit apel yang begitu besar, tentunya tidak mau lagi membuang kulitnya.

9. Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Masalah pernafasan yang biasanya dialami memang berkaitan erat dengan kesehatan paru-paru. Untuk itulah kita bisa menjaga kesehatan pernafasan dengan cara memakan apel bersamaan dengan kulitnya. Kandungan kulit apel memiliki zat Quercetin yang berguna untuk menjaga kesehatan paru-paru kita.

Kita bisa mengambil manfaat kulit apel secara maksimal dengan memakan beberapa buah apel sekalian kulitnya jika dilakukan tidak rutin. Jika secara rutin mengonsumsi buah apel, kita bisa memakan satu atau dua buah saja untuk mengambil khasiat kulit apel.

10. Mengurangi Resiko Penyakit Pada Mata

Selanjutnya ada manfaat kulit buah apel yang bagus sekali untuk menjaga kesehatan mata kita. Dalam kulit apel mengandung berbagau nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh termasuk vitamin A yang bagus untuk mata.

Kandungan nutrisi yang ada dalam kulit apel juga bisa mencegah berbagai jenis penyakit mata seperti rabuh, katarak dan masih banyak lagi. Bagi orang-orang yang enggan memakan buah-buahan maka sebaiknya diolah menjadi salad, jus apel, dan olahan lainnya.

11. Baik Untuk Kehamilan

Khasiat kulit apel yang jarang diketahui adalah bisa menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Hal ini dikarenakan kulit apel memiliki berbagai zat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Kulit apel mengandung asam folat, zat besi dan serat untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janinnya.

Selain itu, kandungan kalsium, fosfor, dan magnesium memiliki kegunaan dalam pertumbuhan janin. Nah, buah ini memang cocok dikonsumsi oleh wanita hamil dengan mengambil manfaatnya secara maksimal melalui kulit apel.

12. Mencegah Berbagai Penyakit

Dalam kulit apel terkandung zat flavonoid dan antioksidan yang sangat berguna dalam mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit. Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan timbulnya berbagi penyakit.

Sementara itu, zat flavonoid dapat menjaga tubuh agar tetap sehat dengan melindungi dari virus, kuman dan bakteri yang menyerang tubuh kita. Pada intinya, kandungan kulit apel tersebut bermanfaat baik bagi kesehatan kita.

13. Mencegah Terjadinya Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah memang bisa diatasi dengan berbagai jenis obat-obatan penambah sel darah merah. Seperti yang kita ketahui bahwa mengonsumsi obat-obatan secara terus-menerus bisa berdampak buruk bagi tubuh kita.

Karena itulah solusi terbaik untuk mengatasi anemia dengan mengonsumsi berbagai jenis buah. Buah apel menjadi solusinya dengan kandungan yang ada didalam kulitnya yang bisa mengatasi kekurangan sel darah merah dalam tubuh.

Simak : Manfaat Air Putih Yang Luar Biasa

14. Mecegah Terjadinya Osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang memang sering terjadi bersamaan dengan semakin bertambahnya umur. Penyakit tulang tersebut bisa diatas dengan mengonsumsi berbagai jenis buah atau sayur yang mengandung kalsium dan fosfor.

Dalam buah apel terkandung kalsium yang cukup banyak pada bagian kulitnya. Kalsium inilah yang bisa menjaga kepadatan tulang sehingga tidak mudah kropos. Untuk itu, buah ini cocok sekali dikonsumsi ketika usia muda maupun tua.

15. Dapat Meregenerasi Sel

Mungkin Khasiat kulit apel yang satu ini jarang diketahui, memang sebenarnya kulit apel bisa bermanfaat bagi sel dengan memperbarui dan mengganti sel yang rusak dengan sel baru.

Kegunaan kulit apel yang satu ini memang memiliki dampak yang bagus bagi kecantikan dengan tergantinya sel sel kulit yang sudah mati. Selain itu, pembentukan sel baru juga bisa terdapat pada otak sehingga meningkatkan ingatan, fokus hingga konsentrasi seseorang.

16. Manfaat Kulit Apel Untuk Wajah

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kulit apel dan vitamin C, membantu mencerahkan kulit wajah secara alami agar terlihat lebih cantik. Selain mengandung antioksidan yang berguna, kandungan tanin dalam buah apel juga membantu dalam menutrrisi dan merawat kelembaban kulit.

Anda dapat memakai olahan masker kulit apel, caranya yakn apel kulit apel ditumbuk hingga halus dan campurkan sedikit air serta minyak zaitun atau bis juga dengan madu, lalu oleskan pada kulit waah secara merata.

Khasiat Lain Kulit Apel

Manfaat Kulit Apel
Manfaat Kulit Apel Untuk Wajah

1. Kulit apel berguna untuk meningkatkan kesehatan pernafasan sehingga tidak mudah terserang penyakit yang berkaitan dengan pernafasan seperti asma dan sesak nafas.

2. Manfaat kulit apel berguna dalam pembentukan kolesterol baik sehingga akan berdampak pada penurunan kolesterol jahat dalam tubuh kita.

3. Mengandung vitamin K yang berguna untuk pembekuan darah, hal ini sangat diperlukan ketika kulit terluka atau tergores agar darah tidak terus mengalir.

4. Mengandung vitamin C yang bisa mengatasi sariawan dan juga sakit tenggorokan. Kulit apel juga bisa mencegah terjadinya bibir pecah-pecah ketika kepanasan atau kekurangan cairan.

5. Memiliki khasiat penting dalam pembentukan kolagen yang berdapak pada kulit kencang, sehat dan terlihat bugah. Kita bisa mengambil khasiatnya dengan mengonsumsi kulit apel yang sudah dibersihkan / dicuci terlebih dahulu.

Efek Samping Kulit Apel

Kulit apel berbahaya jika kandungan wix atau lilin dan sisa pestisida tidak dibasuh dan dicuci hingga bersih sebelum diolah untuk mengataasi berbagai penyakit. Bila lilin masuk kedalam pencernaan akan sulit dicerna , selain itu juga akan menyebabkan kanker.

Bila digunaakan untuk dioleskan pada kulit maka akan menyebabkan alergi yang muncul, bukannya bermanfaat malahan akan timbul efek kulit apel berbahaya bila tidak dibersikhkan hingga bersih terlebih dahulu.

Nah, demikianlah artikel mengenai 20 manfaat kulit apel yang jarang diketahui. Memang orang sering meremehkan khasiat kulit apel karena belum tahu kandungan didalamnya. Setelah tahu manfaat kulit buah apel yang begitu besar, mungkin kita tidak mau lagi mengupas kulitnya ketika makan buah apel. Apalagi buah ini cocok sekali dikonsumsi sebagai program diet dan cocok juga untuk berbagai usia dengan menfaat yang luar biasa.

Jika memang anda enggan untuk memakan kulitnya, alangkah baiknya dibuat juss dengan mengikut sertakan kulit apel. Olahan lain juga bisa anda coba sendiri jika memang bosan mengonsumsi apel secara biasa. Oke, sekian saya yang dapat saya bahas mengenai manfaat dari kulit buah apel, jangan lupa simak artikel menarik lainnya dari manfaatku.

Baca Juga: Manfaat Jambu Air