31 Manfaat Lari Untuk Kesehatan, Tidak Anda Duga Dan Jarang Diketahui

Manfaat Lari Pagi Dan Sore
Lari Pagi – sumber : google.com

Manfaat Lari | Menjaga kesehatan tubuh memang menjadi salah satu hal yang sangat penting agar terhindar dari berbagai macam penyakit dan gangguan lain dalam tubuh. Kita bisa menjaga tubuh agar tetap bugar dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi. Selain itu, kita bisa melakukan kegiatan berupa olahraga untuk diambil manfaatnya. Salah olahraga yang paling mudah dan memiliki dampak bagus bagi tubuh kita adalah lari.

Lari merupakan kegiatan yang bisa kita lakukan setiap hari dengan rutin. Biasanya orang melakukan olahraga ini pada pagi hari dan juga sore hari. Bagusnya lagi, kita bisa melakukan olahraga ini kapanpun, dimanapun, dan juga seberapa lama waktunya. Hal ini memiliki efek yang berbeda-beda bagi kesehatan kita.

Bagi orang orang yang jarang bergerak atau mungkin karena memiliki pekerjaan di kantor maupun di perusahaan, tentunya orang tersebut memerlukan olahraga gerak. Hal ini memang penting, karena dengan banyak bergerak akan menimbulkan efek bagus bagi tubuh kita. Pada dasarnya olahraga lari merupakan kegiatan yang paling mudah untuk dilakukan dan dapat mencegah berbagai macam penyakit atau gangguan dalam tubuh.

Tahukah Anda bahwa lari ternyata memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan dan juga kecantikan. Hal ini dibuktikan dengan adanya riset dan penelitian yang menunjukkan kelebihan orang yang sering lari yakni memiliki umur yang lebih panjang. Nah, jika Anda ingin tahu mengenai apa saja manfaat lari sore maupun pagi secara lengkap, mari kita simak bersama pembahasan berikut.

Manfaat Lari Bagi Kesehatan

Yang pertama akan saya bahas menfaat lari yang berkaitan dengan kesehatan, tentu saja ada sisi positif yang bisa kita peroleh yang ada kaitannya dengan pencegahan penyakit. Selain itu, olahraga lari juga memiliki kaitan erat dengan jantung, bagaimana tidak, dengan rutin olahraga lari maka kita akan memperoleh jantung yang terjaga kesehatannya.

Jangan lupa juga, untuk memperoleh khasiat olahraga lari secara maksimal, kita harus mengimbangi dengan melakukan pola hidup sehat lainnya. Langsung saja simak pembahasan berikut tentang manfaat olahraga lari lengkap.

1. Mengatasi Sesak Nafas

Sesak nafas merupakan salah satu penyakit yang menjadi masalah yang mengganggu dan penyakit ini sekarang menyerang berbagai kalangan termasuk anak-anak. Mengatasi sesak nafas memang bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti mengonsumsi obat.

Cara paling ampuh sebagai penyembuh sekaligus pencegahan adalah dengan olahraga lari. Bagaimana lari bisa menghilangkan sesak nafas ? jawabanya karena dengan olahraga lari / jogging dapat memperlancar pernafasan sehingga masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah. Hanya saja jika tidak sering melakukan olahraga ini, maka penyakit sesak nafas bisa kambuh lagi dengan jangka tertentu.

2. Dapat Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Manfaat olahraga lari memang cukup luas jika dibahas lebih rinci, untuk menfaat lari yang satu ini memang sering diketahui yakni meningkatkan metabolisme. Dengan melakukan lari yang berjarak sedang dan dilakukan secara rutin maka bisa berdampak pada sistem metabolisme.

Hal ini juga memiliki efek yang berkaitan dengan nafsu makan. Dengan meingkatnya sistem metabolisme dalam tubuh kita akan membuat perut terasa cepat lapar. Sebab itulah hal ini merujuk juga pada manfaat dalam meningkatkan nafsu makan. Memang hal tersebut bagus untuk mengatasi masalah susah makan atau nafsu makan yang cenderung kecil.

3. Dapat Meningkatkan Stamina Tubuh

Manfaat lari yang selanjutnya adalah dapat berdampak pada peningkatan stamina dalam tubuh kita. Hal ini sudah didasarkan pada penelitian secara langsung yakni dengan mengukur stamina seseorang yang terus berubah ketika rutin olahraga lari.

Begitu juga dalam penelitian di Universitas Georgia tahun 2008 menyimpulkan bahwa melakukan lari / jogging dapat meingkatkan stamina seseorang mulai dari 40-65%. Tentunya peningkatan tersebut sangatlah banyak, artinya jika kita ingin memperoleh stamina yang besar, maka rutinlah melakukan kegiatan lari. Dampak peningkatan stamina ini sangat besar bagi kita seperti dapat melakukan pekerjaan lebih banyak dan lebih lama juga tidak cepat lelah dalam suatu kesibukan.

4. Dapat Menurunkan Berat Badan

Khasiat lari yang satu ini memang sudah banyak diketahui yakni dapat menurunkan berat badan secara berkala. Artinya, tidak sekali lari langsung turun berat badan, namun kita perlu melakukannya secara rutin agar metabolisme dalam tubuh kita dapat meningkat. Sebab itulah olahraga seperti lari dan jogging menjadi pilihan terbaik untuk diet.

Hal ini disebabkan karena lari memiliki kegunaan untuk membakar lemak secara berkala. Proses yang berlangsung adalah bergeraknya tangan, kaki, juga otot yang dapat mempercepat pembakaran lemak. Nah, untuk hasil yang maksimal, kita bisa melakukan olahraga lari rutin setiap pagi, sore ataupun malam.

5. Menghilangkan Stress

Dengan banyaknya kesibukan dan tugas harian, tentunya dapat menyebabkan yang namanya tekanan atau stress. Mengatasi stress memang bisa dengan berbagai hal termasuk melakukan olaraga lari untuk memperoleh suasana tubuh yang tenang.

Hal ini dibuktikan dengan hasil bahwa orang yang sering jogging dan lari setelah melakukan kesibukan dapat menurunkan stress. Hal ini disebabkan karena dengan lari kita akan melihat alam yang indah sehingga rasa stress berkurang.

Penyebab lain yakni gerakan lari atau jogging dapat membantu menenangkan kondisi tubuh kita termasuk tekanan akibat stress. Jadi jika memang anda langganan stress, janganlah lupa untuk melakukan olahraga lari.

6. Bagus Untuk Memaksimalkan Kinerja Otak

Mengapa lari dapat memaksimalkan kinerja otak ? hal ini disebabkan karena olahraga lari memiliki manfaat dalam melancarkan peredaran darah, terlebih peredaran darah yang menuju keotak dengan membawa oksigen.

Hal inilah yang bisa memunculkan dampak cepat berkonsentrasi, fokus dan mudah menangkap sesuatu dalam otak. Nah, jika kita ingin meningkatkan kinerja otak maka lakukanlah lari secara rutin, selain itu tentu saja kita juga perlu mengas otak dengan materi, soal, atau teka-teki. Intinya adalah kita bisa mengambil manfaat lari secara maksimal jika dibarengi dengan melatih otak kita.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya karena berpengaruh pada organ yang lain juga. Perlunya menjaga kesehatan jantung ternyata sangat mudah untuk dilakukan, sebab kita bisa melakukan olahraga sederhana yang dapat melancarkan peredaran darah yang berdampak pada jantung.

Salah satunya adalah lari ataupun jogging yang bisa Anda lakukan rutin setiap hari untuk memperoleh manfaatnya. Hal ini juga didasarkan pada penelitian yang menunjukkan bahwa melakukan lari sejauh 16 km dalam seminggu akan mencegah gangguan tekanan darah hingga 39%. Dengan demikian akan menyebabkan peredaran darah menjadi lancar dan kesehatan jantung dapat terjaga.

8. Dapat Menguatkan Tulang

Manfaat lari ternyata dapat menguatkan tulang. Kegiatan lari yang dilakukan secara rutin ternyata bisa berdampak bagus pada tulang kita. Hal ini memang penting, mengingat kesehatan tulang sangat berpengaruh pada pekerjaan atau aktivitas kita. Khasiat ternyata dapat menguatkan tulang dan membuatnya lebih padat.

Penelitian menunjukkn bahwa orang yang rutin berlari memiliki kepadatan yang lebih tinggi dibanding orang yang tidak sering berlari. Untuk memperoleh khasiat lari secara maksimal, kita bisa melakukannya dengan rutin meminum susu / makanan yang mengandung kalsium. Dengan demikian akan membuat tulang kita lebih kuat, padat, dan tidak mudah terjadi pengeroposan tulang.

9. Untuk Mencegah Kepikunan

Kepikunan merupakan masalah pada otak yang terjadi seiring bertambahnya usia manusia, hal tersebut ditandai dengan ingatan yang memudar dan susah dalam berfikir. Kepikunan dapat dicegah sejak dini dengan sering mengasah otak, selain itu pencegahan lain juga bisa dilakukan dengan olaraga seperti lari.

Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian yang menyebut bahwa anak-anak / remaja yang sering lari dapat mencegah kepikunan ketika usia senja. Selain itu, lari juga cukup bermanfaat besar bagi otak seperti meningkatkan fokus, meningkatkan konsntrasi, hingga memperkuat ingatan.

10. Dapat Membakar Kalori Dalam Tubuh

Pembakaran kalori dalam tubuh bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan yang banyak bergerak. Hal ini memang penting untuk menjaga kesehatan, terutamanya lagi menjaga berat badan kita.

Melakukan olahraga lari ternyata bisa membakar kalori dengan cepat, dengan demikian akan berdampak pada terjaganya berat badan. Untuk memperoleh manfaat lari memang ditentukan pada seberapa jauh kita berlari.

Jika memang Anda tidak punya waktu banyak untuk berlari, disarankan tidak terlalu lama dalam berlari, namun perlu dilakukan rutin setiap harinya.

11. Dapat Mengurangi Insomnia

Insomnia atau susah tidur merupakan penyakit yang berdampak buruk pada kesehatan tubuh lainnya. Mengatasi susah tidur memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan rutin olahraga lari.

Lari memiliki manfaat yang bagus bagi penderita insomnia karena dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa penderita insomnia yang dilalatih untuk melakukan lari secara rutin ternyata menurunkan waktu susah tidurnya.

Selain itu, penderita insomnia yang rajin lari juga mengaku dapat tidur lebih nyenyak. Nah, jika memang Anda termasuk orang yang susah tidur, maka lakukanlah olahraga ini secara rutin setiap harinya.

12. Mengurangi Resiko Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang sekarang ini banyak mengincar berbagai kalangan mulai dari muda hingga dewasa. Pencegahan kanker bisa dilakukan dengan pengaturan makan dan menghindari makanan yang mengandung bahan yang bedampak pada tumbuhnya sel kanker.

Pencegahan lain juga bisa dilakukan dengan melakukan olahraga lari. Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang rutin berlari akan menurunkan resiko kanker hingga 24%. Hal ini diakibatkan adanya gerakan pada tubuh kita secara alami / kontraksi yang bedampak bagus dalam mencegahan sel kanker. Olahraga lari memiliki manfaat paling utama yakni pencegahan kanker pada usus.

13. Dapat Mengatasi Rematik

Ketegangan otot merupakan penyebab penyakit rematik muncul, yang paling banyak mengalami penyakit ini adalah dewasa dan lansia karena memiliki kondisi otot yang jarang bergerak ataupun tegang.

Cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan melakukan olahraga lari selama 10-15 menit sehari. Hal ini memiliki dampak bagus pada pengurangan ketegangan pada otot dan juga membuat otot lebih lentur. Kita bisa melakukan olahraga lari ini pada sore hari karena mungkin waktu tersebutlah ketegangan otot cukup tinggi.

14. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Ternyata lari memiliki manfaat untuk mengurangi hipertensi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang berbahaya bagi tubuh, jika hipertensi tidak diatasi dengan baik, maka bisa menimbulkan resiko kesehatan yang fatal. Untuk mengatasi tekanan darah tinggi memang bisa dilakukan dengan mengonsumsi berbagai macam buat ataupun sayur.

Selain itu, olahraga juga memiliki dampak bagus dalam menurunkan tekanan darah kita seperti olahraga lari. Melakukan kegiatan lari pagi secara rutin dapat mengatasi hipertensi secara berkala.

Nah, kita bisa mengambil khasiat lari ini secara maksimal jika dilakukan rutin di pagi hari. Namun, masalahnya adalah waktu pagi merupakan waktu yang sangat sibuk karena memiliki urusan seperti bersih-bersih, memasak, persiapan bekerja dan lainnya. Solusinya adalah memulai olahraga lari ini lebih awal setelah subuh / jam 5 pagi.

Simak Juga : Manfaat Jambu Air

15. Menurunkan Resiko Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak ditakuti oleh orang banyak, sebab penyakit ini berkaitan dengan pola makan dan makanan yang dimakan. Padahal kita sendiri menyukai makanan yang mengandung banyak kolesterol.

Sebab itulah perlu dilakukan pencegahan awal untuk mencegah penyakit ini. Caranya adalah dengan mengontrol pola makan dan juga kita bisa melakukan bebrapa jenis olahraga, salah satunya adalah lari.

Olahraga lari memiliki manfaat dalam pembakaran kolesterol dalam tubuh kita, dengan pembakaran ini akan menjadikan resiko diabetes berkurang. Jadi untuk memperoleh manfaat lari secara maksimal, kita bisa berlari rutin setiap hari.

16. Menghilangkan Rasa Pegal

Masalah biasa seperti pegal dan nyeri otot bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas bergerak secara aktif. Salah satunya adalah dengan berlari, olahraga lari merupakan solusi paling ampuh dalam mengatasi masalah tersebut.

Hal ini disebabkan kare lari akan membuat persendian tulang kita akan bergerak dan menjadi lebih baik, begitu juga pada otot-otot akan lebih lentur. Nah, jangan lewatkan manfaat besar dalam lari jika memang ada waktu luang setelah menyelesaikan kesibukan.

17. Memperkuat Tulang kaki

Lari memang begitu bermanfaat besar bagi kesehatan, selain mencegah rasa pegal dan nyeri oto, lari juga bisa membuat tulang kaki kita menjadi lebih kuat. Ketika berlari, tubuh kita akan bertumpu pada kaki secara terus menerus, hal inilah yang dapat melatih tulang kaki kita untuk lebih kuat.

Manfaat ini akan berdampak bagus untuk berkativitas seharian supaya tidak cepat lelah. Melakukan pelatihan tulang kaki dengan berlari juga akan membuat kaki anda terasa ringan untuk bergerak dan juga mengurangi masalah pada tulang lainnya.

18. Untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Paru paru merupakan organ pada pernafasan yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya supaya tidak tibuk penyakit pernafasan. Untuk itu, kita bisa melatih paru paru kita untuk memperoleh pasokan oksigen yang cukup banyak.

Cara yang paling tepat adalah dengan olahraga lari rutin setiap pagi hari. Tentunya manfaat lari untuk menjaga kesehatan paru paru tidak diragukan lagi, karena paru paru kita akan memperoleh pasokan oksigen banyak sehingga dapat menjaga kesehatan paru. Bagusnya lagi jika olahraga ini dilakukan ditempat yang rimbun atau banyak pepohonan ataumungkin didekat sawah dan kebun.

19. Lari Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saya tahan tubuh atau immunitas memang penting untuk dijaga, sebab dengan ketahanan tubuh yang kuat, tubuh kita tidak akan mudah terserang penyakit, virus, dan bakteri. Untuk meningkatkan sistem imun, kita bisa mengonsumsi maknan yang mengandung vitamin C.

Selain itu, kekebalan tubuh juga dapat ditingkatkan dengan melakukan olahraga lari. Mengapa lari bisa meningkatkan kekebalan tubuh ? jawabannya karena olahraga lari akan mempercepat pembentukan sel immun akibat metabolisme yang meningkat. Rutin melakukan olahraga lari akan meningkatkan kekebalan tubuh secara berkala dan kita akan terlindungi dari serangan virus maupun bakteri.

20. Dapat Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Selain dapat menyehatkan paru paru, ternhyata manfaat lari dapat meningkatkan koordinasi tubuh. Lari juga memiliki manfaat yang kurang disadari salah satunya adalah meningkatkan sistem koordinasi tubuh kita. Dengan rutin berlari, maka tubuh kita akan terlatih dalam sistem koordinasi seperti terlatihnya gerakan antara tangan dengan mata dan lainnya.

Hal ini memiliki dampak positif ketika sedang beraktivitas, sebab dengan sistem koordinasi yang baik akan membuat anda lebih cepat dalam melakukan sesuatu. Kita bisa menerapkan latihan yang satu ini dengan melewati rintangan, lari zig-zak, dan sebagainya untuk melatih gerakan tubuh kita.

21. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini merupakan salah satu masalah yang ditakuti anak muda, sebab penuaan dini dapat mengurangi penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Nah, sejatinya kita bisa mengatasi masalah penuaan dini dengan mudah yakni rajin mengonsumsi maknanan alami yang mengandung banyak nutrisi.

Selain itu, olahraga rutin juga berdampak bagus dalam pencegahan penuaan dini. Hal ini disebabkan karena dengan bergerak, maka keringat beserta kotoran dan racun yang ada dalam kulit akan keluar.

Hal inilah yang dapat membuat kulit lebih cerah, bersih, dan putih alami. Olahraga yang paling tepat adalah jongging maupun lari, keduanya dapat mengeluarkan keringat lebih banyak.

22. Meningkatkan Semangat Dalam Bekerja

Manfaat lari pagi atau sore memang berkaitan dengan kondisi kesegaran dalam tubuh, hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga lari dapat berguna untuk meningkatkan produktifitas dalam bekerja, hal ini bermaksud pada peningkatan semangat.

Nah, kita bisa memperolehnya dengan melakukan olahraga lari secara rutin setiap pagi hari sebelum bekerja. Namun, perlu diketahui bahwa jangan terlalu lama / jauh jika berlari pagi sebelum bekerja, hal ini untuk menghindari terbuangnya tenaga terlalu banyak.

23. Bagus Untuk Kesehatan Lutut

Kesehatan lutut memang penting untuk dijaga karena berdampak pada aktivitas harian kita. Dengan olahraga lari secara rutin, kita bisa menguatkan lutut dan juga persendian antar tulang kaki.

Hal ini disebabkan karena olahraga lari melatih kaki kita untuk tahan terhadap berbagai aktivitas yang cukup berat. Hasilnya kita tidak akan cepat merasa lelah jika melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk itulah jangan sampai lewatkan waktu senggang untuk berlari selama 10 sampai 15 menit untuk memperoleh manfaatnya secara baik.

Manfaat Lari Pagi Dan Sore Untuk Kecantikan

Lari memang memiliki dampak yang besar untuk menjaga kesehatan kita dan tentunya dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya daya tahan tubuh dan terjaganya sistem organ dalam tubuh kita.

Selain untuk kesehatan, lari juga bermanfaat besar bagi kecantikan, sebab lari memiliki dampak yang bagus untuk menjaga berat badan atau bahkan menurunkannya. Disamping itu, lari juga memiliki manfaat yang berkaitan dengan kulit dan juga pencegahan penuaan dini. Nah, ingin mengetahui lebih lengkap manfaatnya, mari simak pembahasan berikut ini.

1. Lari Pagi Dapat Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Kulit

Manfaat lari pagi untuk kecantikan kulit yang pertama adalah dapat dijadikan sebagai pemenuh kebutuhan nutrisi pada kulit kita. Kekurangan nutrisi pada kulit dapat menimbulkan efek yang buruk yakni penuaan dini yang ditandai dengan kulit tampak gelap, kusam, dan keriput.

Untuk mencegah masalah tersebut, kita bisa melakukan olahraga lari pagi secara rutin walaupun itu hanya beberapa menit saja. Dengan melakukannya setiap pagi, maka manfaat dari olahraga yang satu ini akan bisa kita rasakan. Namun, efek yang ditimbulkan tidak dalam beberapa hari, mungkin beberapa minggu hingga masalah kulit bisa diatasi.

2. Lari Dapat Mengatasi Jerawat

Banyak orang yang salah berpendapat tentang olahraga lari, biasanya orang menganggap bahwa lari dapat menimbulkan jerawat. Hal tersebut bisa saja jika memang kita tidak menjaga kebersihan wajah dari debu dan minyak setelah melakukan olahraga ini.

Namun, tahukah anda bahwa dalam penelitian menyebutkan bahwa lari dapat mengatasi masalah jerawat, hal ini disebabkan karena lari akan menimbulkan rasa tenang dan berkurangnya stress yang menjadi penyebab utama jerawat. Nah, jangan takut lagi jika ingin olahraga lari karena kita bisa membersihkan muka dari debu dan minyak setelah lari agar tidak timbul jerawat.

3. Dapat Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang kehilangan percaya diri akibat masalah berat badan yang berlebih. Hal ini memang menjadi persoalan tersendiri bagi sebagian orang untuk menjalankan program diet.

Manfaat Lari untuk diet adalah dengan melakukan olahraga rutin pagi ataupun sore. Olahraga yang paling cocok untuk mendampingi program diet Anda adalah dengan olahraga lari.

Seperti yang kita ketahui bahwa lari dapat membakar kalori dan lemak yang menyebabkan berat badan tidak terkendali. Untuk memperoleh manfaat lari sore atau pagi secara maksimal, jangan malas untuk melakukannya walaupun 10 menit sehari.

4. Lari Pagi Membuat Kulit Tampak Halus

Selanjutnya ada manfaat olahraga lari yang banyak dicari oleh para wanita yakni dapat membuat kulit terlihat lebih halus. Apakah itu benar ? jawabannya memang benar karena dengan melakukan lari, maka kotoran dan racun dalam tubuh kita akan terangkat bersamaan dengan keringat.

Ternyata ada manfaat ari pagi uHal ini bisa dirasakan hasilnya secara maksimal dengan melakukan lari rutin setiap hari. Kita bisa melihat perbedaan warna kulit kita dan juga memperhatikan apakah kulit masih kasar atau sudah terasa halus.

5. Menimbulkan Efek Awet Muda

Lari merupakan pilihan olahraga yang cocok untuk dilakukan karena olahraga lari mempunyai manfaat bagi wanita / pria sebagai penghilang stress dan juga mengatasi penuaan dini. Olahraga ini sebenarnya cocok dilakukan oleh berbagai usia untuk memperoleh efek awet muda.

Dengan rutin berlari pagi ataupun sore dapat mencegah tanda-tanda penuaan seperti uban, kulit kering, keriput, dan juga kulit terlihat gelap. Nah, untuk memperoleh manfaat berlari secara maksimal, kita bisa juga mengonsumsi tambahan vitamin dari buah maupun sayur.

Simak Juga : Manfaat Daun Kelor Bagi Kecantikan

6. Dapat Mengencangkan Paha

Manfaat lari sore dan pagi yang bisa kita rasakan dari segi fisik adalah dapat mengencangkan paha. Hal ini memang sudah terbukti secara kedokteran dan hasil penelitian. Penyebab utamanya karena lari merupakan olahraga yang menggerakkan kaki beserta paha kita, gerakan pada paha inilah yang dapat mengencangkan dan mengurangi lemak pada paha.

Pembakaran lemak dan kalori pada paha juga dapat bermanfaat dalam menguatkan tulang lutut kita. Melakukan olahraga lari secara rutin dapat membuat paha kita terlihat lebih langsing dan kencang.

7. Mengurangi Lemak Berlebih di perut (Buncit)

Lari juga bagus untuk membuat tubuh kita menjadi lebih ideal, hal ini diambilkan dari indikator lemak perut yang sedikit dan juga memiliki perut yang ideal. Kebanyakan orang memilih cara untuk melakukan program diet, hal tersebut bisa juga ditambah dengan melakukan olahraga seperti lari.

Dengan berlari, akan ada gerakan pada perut yang dapat membakar lemak juga kalori. Selain itu, garakan teratur dari berlari inilah yang dapat membentuk perut kita terlihat lebih ideal / tidak buncit.

8. Mengeluarkan Minyak Pada Kulit

Khasiat lari untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat mengeluarkan minyak pada kulit. Sebagian orang memiliki masalah minyak berlebih pada wajah maupun bagian lainnya, nah untuk menguranginya kita bisa melakukan berbagai olahraga yang dapat mengeluarkan keringat.

Dampak positif yang bisa diperoleh adalah kulit menjadi lebih bersih, cerah dan sehat. Sebab, keluarnya minyak dari dalam kulit juga membawa kotoran dan juga racun. Jadi, jangan malas lagi untuk berolahraga jika ingin memperoleh manfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

Tips Melakukan Olahraga Lari Pagi Dan Sore

Olahraga lari memang memerlukan beberapa cara dan tips agar terhindar dari berbagai resiko yang mungkin saja terjadi. Tips yang harus diketahui ada beberapa macam seperti persiapan sebelum lari dan juga durasi berlari.

Tips tersebut juga memiliki tujuan untuk dapat berlari lebih kuat dan lebih jauh. Nah, sebelum itu saya akan membahas beberapa efek samping akibat kesalahan dalam berlari. Hal ini memang perlu diketahui agar kita tidak mengalami efek yang buruk bagi aktivitas lainnya.

1. Dapat menyebabkan cedera – hal ini memang terbilang biasa saja ketika melakukan olahraga. Namun, bagaimana jadinya jika cedera yang terjadi adalah permanen, tentunya sangat berbahaya. Nah, solusinya adalah dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan meregangkan persendian dan otot tubuh.

2. Dapat menyebabkan susah tidur – susah tidur menjadi efek yang ditimbulkan akibat berlari secara tidak normal, bisa saja berlari terlalu jauh dengan kemampuan yang belum memenuhi.

3. Mengurangi aktivitas lain – jika tidak memiliki pengaturan waktu, durasi, dan jarak berlari, maka yang mungkin terjadi adalah tubuh kita terlalu lelah. Hal inilah yang dapat menyita aktivitas ataupun pekerjaan kita.

4. Dapat mengalami dehidrasi – dehidrasi berat maupun ringan memang sering dialami orang yang tidak melakukan persiapan ketika ingin berlari. Hal ini bisa disebabkan karena cairan tubuh kita masih sedikit, solusinya adalah harus memenuhi cairan tubuh dengan meminum air putih sebelum berlari.

Tips Olahraga Lari Sebagai Persiapan

Tips Lari
Melakukan Olahraga Lari Dengan Benar

1. Jangan Lupakan Pemanasan

Hal pertama yang penting sebelum berlari adalah melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan memiliki tujuan untuk menghindari cedera yang mungkin terjadi ketika sedang berlari.  Yang paling penting ketika melakukan pemanasan adalah dengan fokus pada otot bagian belakang, otot kaki, dan paha. Sebab ketiganya dapat menentukan faktor kuatnya seseorang berlari dan sebagai pencegahan cedera.

Untuk berlari dengan jarak pendek, kita hanya cukup melakukan pemanasan 5 menit saja. Berbeda dengan lari jarak sedang & jauh yang membutuhkan pemanasan lebih lama sekitar 15 menit.

Simak Juga Manfaat daun jambu

2. Pengaturan Minum Sebelum Berlari

Ada tips yang perlu diketahui ketika ingin olahraga lari yakni pengaturan minum air sebelum berlari. Untuk menghindari hal buruk akibat cara minum yang salah, ada cara paling ampuh yang bisa kita lakukan.

Pengaturan minum yang benar adalah meminum air putih 2 jam sebelum lari sebanyak 2-3 gelas. Ketika ingin berlari, minumlah air purtih lagi sebanyak satu atau setengah gelas. Tujuannya untuk menghindari dehidrasi ketika berlari dan juga mencegah terjadinya kram pada perut.

3. Lebih Baik Menghindari Jalan Ketika Berlari

Kebanyakan orang memilih mengurangi kecepatan larinya ketika merasa lelah, dalam artian berjalan. Hal ini memang dianggap baik bagi sebagian orang, padahal mengurangi kecepatan ketika berlari adalah salah.

Hal ini disebabkan karena durasi lari yang menurun dapat membuat tubuh kita lebih capek dan mengurangi kekuatan berlari. Lebih baik tetap berlari dengan langkah yang lebih pendek atau lebih baik istirahat dan berhenti berlari ketika dirasa olahraga tersebut sudah cukup.

4. Lakukan Langkah Pendek

Sebenarnya olahraga lari / jogging itu untuk mengambil manfaatnya, artinya ketika berlari kita tidak menentukan seberapa jauh, namun seberapa banyak bergerak. Karena itulah lebih baik melakukan olahraga ini dengan langkah yang tidak terlalu besar, tujuannya untuk menghindari cepat lelah dan untuk memperoleh manfaat lari secara maksimal.

Perlu diketahui bahwa berlari dengan langkah panjang dapat menimbulkan efek tubuh terlalu lelah, nafas terengah-engah, dan cedera ketika langkah panjang tersebut tidak bertumpu dengan baik.

5. Lakukan Secara Rutin Untuk HasilYang Maksimal

Jika ingin memperoleh manfaat dan khasiat lari bagi kesehatan maupun kecantikan, yang perlu diperhatikan adalah seberapa rutin kita melakukannya. Sebab itulah pengaturan waktu olahraga sangat penting agar tidak mengganggu aktivitas lain.

Kita bisa membuat jadwal berlari pagi maupun sore denganw waktu yang sudah ditentukan. Yang optimal adalah lari pagi selama 10-20 menit untuk memperoleh manfaat yang bagus sebelum kita melakukan rutinitas bekerja.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat berlari pagi maupun sore lengkap. Mengetahui manfaat olahraga lari dapat membuat kita sadar akan pentingnya olahraga, karena itulah hal ini dapat menumbuhkan semangat kita untuk rajin berolahraga.

Selain dari olahraga, manfaat maksimal yang bisa kita dapatkan juga berasal dari asupan nutrisi berupa buah dan sayur. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat apa saja, jangan lewatkan artikel di manfaatku.id. Oke, sekian saja pembahasan manfaat lari bagi tubuh manusia secara lengkap dan terpercaya.

Simak Juga : Manfaat Daun Kelor