Manfaat Lempuyang Untuk Kesehatan, Efek Samping, dan Cara Mengolah

Manfaat Lempuyang
Gambar Lempuyang Gajah (Zingiber zerumbet) – Sumber: Google.com

Manfaat Lempuyang | Negara Indonesia merupakan negara kepulauan, dimana terdapat berbagai jenis keanekaragaman flora dan fauna yang sangat tinggi. Di Indonesia diperkirakan terdapat 100 sampai dengan 150 keluarga tumbuh tumbuhan, dan dari jumlah tersebut sebagian besar mempunyai potensi untuk dimanfaatkan sebagai tanaman buah buahan, tanaman rempah rempah dan tanaman obat obatan. Lempunyang merupakan salah satu tanaman yang dipakai masyarakat Indoesia sebagai obat obatan, manfaat lempuyang untuk kesehatan telah dipercaya sejak jaman dahulu.

Tanaman Lempuyang berasal dari keluarga Zingiberaceae, dan banyakdigunakan oleh masyarakat untuk obat atau jamu sebagai peningkat stamina, antikanker dan obat antiinfeksi.

Apa Itu Lempuyang

Pohon Lempuyang merupakan tanaman semak semusim berbatang semu, banyak tumbuh di pekarangan dan tumbuh tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Tanaman Lempuyang adalah spesies dari Zingiber yang telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat lokal Indonesia sebagai obat tradisional khususnya sebagai bahan jamu.

Secara umum lempuyang atau yang dikenal juga sebagai wild gingers dibedakan menjadi tiga spesies yaitu lempuyang gajah dengan nama latin Zingiber zerumbet, lempuyang emprit atau pahit dengan nama latin Zingiber americans, dan lempuyang wangi atau nama latinnya Zingiber aromaticum.

Ciri Ciri Lempuyang

Pohon lempuyang termasuk ke dalam semak, semusim serta tingginya kurang lebih sekitar satu meter, selain itu ada beberapa ciri dari tanaman lempuyang.

a. Ciri Ciri Batang Lempuyang

Batang tanaman lempuyang termasuk dalam batang yang berbentuk rimpang, merupakan batang semu dan tegak.

b. Ciri Ciri Daun Lempuyang

Daun lempuyang memiliki ciri dimana daunnya merupakan daun tunggal, berbentuk lanset, dibagian tepi daunnya rata, ujung dan pangkal daun runcing, dengan permukaan licin, panjang daun antara 25 hingga 40 cm dengan lebar 10 hingga 15 cm.

Warna daun lempuyang adalah hijau muda dengan pelepah bentuk talang, panjang pelepahnya adalah sekitar 17 cm dengan tangkai panjang sekitar 10 cm dan berwarna hijau.

c. Bentuk Bunga dan Biji Lempuyang

Biji lempuyang berbentuk bulat panjang dengan diameter kurang lebih 4 mm dan berwarna hitam, serta bunganya merupakan bunga majemuk dan berbentuk bongkol, bunganya tumbuh dari pangkal rimpang, tangkai bunganya panjang sekitar 12 cm berwarna merah.

d. Ciri Ciri Rimpang atau Akar Lempuyang

Akar lempuyang termasuk jenis akar serabut dengan warna kuning keputih putihan.

Klasifikasi Tanaman Lempuyang Gajah

Tanaman yang dikenal dengan lempuyang kapur oleh masyarakat Jawa, nama latin lempuyang sebagai berikut:

  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Anak kelas : Zingiberidae
  • Bangsa : Zingiberales
  • Suku : Zingiberaceae
  • Marga : Zingiber
  • Jenis : Zingiber zerumbet L.

Klasifikasi Tanaman Lempuyang Emprit

Walaupun pahit, ternyata banyak manfaat lempuyang emprit untuk kesehatan, sebelum membahas khasiat lempuyang emprit. kita jabarkan klasifikasi dari lempuyang emprit terlebih dahulu.

  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Anak kelas : Zingiberidae
  • Bangsa : Zingiberales
  • Suku : Zingiberaceae
  • Marga : Zingiber
  • Jenis : Zingiber littorale

Kandungan Senyawa Dalam Rimpang

Manfaat lempuyang bagi kesehatan disebabkan karena kandungan senyawa yang ada didalamnya, seperti:

  • saponin
  • flavonoida
  • polifenol
  • fenolik
  • tanin
  • asam amino
  • karbohidrat
  • minyak atsiri
  • zerumbone
  • alkaloid.

Nama Daerah dan Asing Lempuyang

Diberbagai daerah dibelahan dunia ini, lempuyang memiliki berbagai nama, diantaranya wild ginger (Inggris), shampoo plant (Amerika), lempuyang (Indonesia), bengle (Jawa), panglay (Sunda), dan bunglei (Malaysia), sedangkan nama latin lempuyang adalah zingiber zerumbet.

Manfaat Lempuyang Menurut Beberapa Penelitian

1. Abdul dkk 2009

Manfaat lempuyang yang paling banyak digunakan adalah bagian rimpang atau akarnya, berkhasiat sebagai obat masuk angin, sakit perut, sesak nafas, pilek, radang usus, syaraf lemah, penambah darah, dan obat penambah nafsu makan.

2. Chandra dll 2003

Dalam tanaman rimpang terkandung minyak atsiri, saponin, flavonoid, dan tanin. Kandungan utama minyak atsiri adalah sesquiterpenoid zerumbone yang memiliki aktivitas biologis, antara lain sebagai antikanker dan antitumor.

3. Yob dkk 2011

Berbagai etnis di Asian, India, China, dan Arab telah lama memanfaatkan lempuyang untuk mengobati sakit kepala, pembengkakan, pilek, bisul, luka dan kehilangan nafsu makan, mual dan bahkan ketidaknyamanan menstruasi.

4. Rukmana 2004

Dikutip dari Rukmana 2004 banyak sekali manfaat lempuyang untuk kesehatan, mulai dari akar hingga bijinya, seperti manfaat rimpang Rimpang lempuyang gajah digunakan untuk mengobati kejang, sakit perut, diare, disentri, gangguan empedu, kencing batu, radang ginjal, radang usus,
Manfaat Lempuyang Untuk Kesehatan.

Manfaat rimpang lempuyang juga dapat mengobati radang lambung, sembelit, kurang darah, rematik, borok, penyakit kulit dan bisul, dapat menambah nafsu makan, menyegarkan badan dan meningkatkan stamina.

Manfaat biji lempuyang gajah digunakan untuk mengobati nyeri perut, cacingan, disentri, lemah usus dan lambung, batu ginjal, ambeien, sesak napas dan borok

Manfaat Lempuyang Untuk Kesehatan

1. Antiperadangan

Radang adalah respon jaringan tubuh terhadap penyembuhan infeksi, luka dan irirtasi. Peradangan muncul sebagai mekanisme pertahanan, namun seringkali muncul juga peradangan yang sangat mengganggu dan berbahaya, hinga dapat menyebabkan penyakit kronis.

Mediator penyebab peradangan diantaranya prostaglandins, leukotrienes, histamine, nitric oxide, cytokines, bradykinin, dan serotonin. Untuk mencegah peradangan, dibutuhkan senyawa yang dapat menghambat mediator penyebab peradangan, salah satunya adalah tanaman lempuyang.

Manfaat lempuyang sebagai antiperadangan telah dibuktikan oleh penelitian Jyothilakshmi dkk 2016, dimana dalam ekstrak lempuyang terkandung senyawa yang dapat menghambat mediator penyebab peradangan, senyawa tersebut mampu menghambat enzim cyclooxygenase, lipoxygenase, myeloperoxidase dan nitric
oxide synthase.

2. Menghambat Perumbuhan Mikroba

Berbagai penyekit berhubungan dengan infeksi mikroba seperti radang paru paru, dan diare. Untuk mencegah mikroba, dibutuhkan senyawa antimikroba, senyawa tersebut adalah senyawa yang menghambat pertumbuhan atau mengakibatkan kematian mikroba.

Dalam lempuyang terkandung Terpinen 4 o1, dimana senyawa tersebut dapat berperan sebagai antimikroba, maka dari itulah mengapa ada manfaat lempuyang sebagai antimikroba.

Khasiat lempuyang dalam mencegah mikroba telah dibuktikan oleh penelitian Guzman dan Siemeonsma 1999, dimana lempuyang mampu menghambat pertumbuhan Escherichia coli, Klebsiella pneumoniae, Salmonella paratyphi, Salmonella typhi,dan Shigella flexneri.

3. Menurunkan Panas

Manfaat lempuyang yang selanjutnya, dimana menurut penelitian Somchit dkk 2005 menyatakan bahwa lempuyang mempunyai aktivitas sebagai anti piretik (anti demam). Pemberian ekstrak ethanol dan ekstrak air akar lempuyang sebanyak 25,50 dan 100 mg/kg menunjukkan secara signifikan memiliki aktivitas sebagai antipiretik atau anti demam pada tikus percobaan.

4. Mencegah Kanker Rahim

Selain berguna untuk menurunkan panas, ternyata ada manfaat lempuyang untuk mencegah kanker leher rahim. Dalam lempuyang terkandung senyawa utama yakni zerumbon yang diisolasi dari lempuyang gajah menunjukkan potensi sebagai anti kanker leher rahim.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Abdul dkk 2008, menunjukkan baawa senyawa zerumbon yang diisolasi dari tanan lempuyang, diuji sitotoksisitas pada sel HeLa dengan metode MTT assay IC50 sebesar 11,3 M (2,5 g/ml).

5. Mecegah Kanker Payudara

Manfaat lempuyang sebagai antikanker selain dapat mencegah kanker rahim, ternyata juga dapat mencegah kanker payudara, seperti dikuti dari Andasari 2001, dimana Skrining awal oleh tim dengan mahasiswa S1 menunjukkan aktivitas sitotoksik ekstrak etanol lempuyang gajah dan lempuyang emprit terhadap sel kanker payudara T47D.

6. Penambah Nafsu Makan

Manfaat lempuyang yang utama dan sering kita jumpai di Indonesia umumnya digunakan untuk menambah nafsu makan, seperti dikutip dari Falaha 2009, dimana lempuyang emprit efektif untuk menambah nafsu makan dan mengobati radang pada tenggorokan.

7. Memiliki Aktivitas Antibakteri

Dalam lempuyang emprit terkandung minyak atsiri, minyak atsiri dapat dimanfaatkan sebagai antibakteri, sudah ada penelitian uji aktivitas antibakteri lempuyang emprit dengan menggunakan metode dilusi.

Cara kerja minyak atsiri dalam menghambat pertumbuhan bakteri adalah dengan mengganggu pembentukan dinding sel. Dimana senyawa bioaktif akan menghambat sintesis dinding sel dan merusak dinding sel dan meyebabkan terjadinya perbedaan konsentrasi, dimana konsentrasi di dalam sel akan menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan konsentrasi di luar sel, sehingga hal tersebut akan mengakibatkan matinya sel bakteri.

Penelitian yang dilakukan oleh Karima 2007, menunjukan bahwa lempuyang memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri Escherchia Coli, kadar hambat minimum lempuyang emprit terhadap E.coli adalah 25% v/v dan KBM lempuyang emprit terhadap E.coli adalah 50% v/v.

8. Mencegah Infeksi Saluran Pencernaan

Escherichia coli adalah bakteri batang gram negatif yang merupakan flora normal usus manusia yang dapat menyebabkan infeksi saluran cerna dan jaringan tubuh lain diluar usus seperti infeksi saluran kemih, meningitis, septikemia, peritonitis, mastitis, dan pneumonia.

E coli merupakan bagian dari faecal coliform. Keberadaannya dalam air dapat menjadi tanda adanya pencemaran air oleh tinja. Jika air tercemar, maka akan berpengaruh pada minuman serta makanan yang dikonsumsi oleh manusia, sehingga dapat menyababkan berbagai penyakit.

Untuk mengatasi bakteri tersebut, anda dapat menggunakan tanaman lempuyang, yang telah terbukti mengandung minyak atsiri yang berperan sebagai antibakteri untuk mencegah bakteri penyebab infeksi saluran pencernaan.

Manfaat Lempuyag Untuk Kecantikan

1. Bahan Baku Kosmetik

Dalam tumbuhan lempuyang terkandung minyak atsiri, maka dari itulah mengapa ada manfaat lempuyang untuk menjaga kecantikan wajah, minyak atsiri tersebut dipakai sebagai bahan baku dalam industri kosmetik dan parfum.

Cara Mengolah Lempuyang Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

1. Mengobati Ambien

Bagaimana cara mengolah lempuyang untuk mengatasi ambien?, pertama siapkan lempuyang tiga perempat jari, lalu cuci hingga bersih dan diparut. Setelah itu tambahkan dua sendok makan air matang, sedikit garam, lalu peras, jika sudah minum dua kali sehari, masing masih sesendok makan.

2. Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan

Cara mengolah lempuyang yang selanjutnya adalah dengan menyiapkan akar lempuyang dan cabe Jawa, cuci terlebih dahulu sebelum diolah, jika sudah bersih lalu lumatkan dan tambahkan air secukupnya, setelah itu peras dengan kain, lalu minum air perasan tadi.

3. Mengatasi Anemia

Anemia dapat diatasi dengan lempuyang, namun perlu diperhatikan cara mengolah lempuyang untuk mengatasi anemia, pertama siapkan tiga jari lempuyang dan cuci sampai bersih, jangan dikupas bagian kulitnya.

Jika sudah, parut lempuyang tersebut dan tambahkan gula aren sebelum direbus. Untuk perebusan anda dapat merebus dengan tiga gelas air, tunggu hinga airnya tersisa segelas saja, dinginkan sebelum diminum. minum semua air rebusan tadi sekaligus.

4. Mengurangi Rasa Gatal

Untuk cara mengolah lempuyang yang satu ini sedikit berbeda, yakni siapkan lempuyang sekitar satu ibu jari, jangan lupa dicuci hinga bersihm parut sebelum diberi air, setelah itu campur dengan setengah gelas air, peras dan biarkan mengendap, minum cairannya sehari sekali hingga sembuh.

5. Mengobati Cacingan

Manfaat lempuyang juga mampu mengatasi cacingan, tentunya dengan cara mengolah lempuyang yang benar, supaya cacing dalam perut dapat dibasmi. Pertama lumatkan dua jari akar lempuyang, cuci sampai bersih, dan siapkan tiga bawang merah yang telah dikupas, tambahkan setengah gelas air, peras air tersebut, dan minum dia kali sehari masing masing sebanyak dua sendok makan.

Apa Efek Samping Lempuyang

Sepanjang yang kami ketahui, belum ada penelitian yang mengarah kepada bahaya atau efek samping lempuyang. Namun alangkah baiknya, jangan mengonsumsi lempuyang secara berlebihan karena akan menyebabkan mual.

Baca Juga: Manfaat daun dadap

Nah itulah artikel mengenai manfaat lempuyang gajah, emprit dan lempuyang wangi, tanaman tersebut mudah kita temui disekitar kita dan sudah dari dulu dimanfaatkan oleh nenek moyang kita untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Jangan lupa simak beberapa artikel lainnya mengenai manfaat berbagai tumbuhan, seperti manfaat bunga telang.

Tinggalkan komentar