Manfaat Musim Hujan Dan Air Hujan Bagi Alam Dan Makhluk Hidup

 

Manfaat Musim Hujan
Musim Hujan – Sumber: Google.com

Manfaat Musim Hujan | Planet bumi yang kita huni ini merupakan salah satu planet yang sangat luar biasa yang ada dalam tata surya, walaupun masih banyak planet lain yang hampir mirip dengan bumi, namun bumi merupakan planet yang berbeda, dikarenakan adanya kehidupan yang sangat kompleks dalam planet ini.

Tidak jauh berbeda dengan planet lainnya, bumi memiliki unsur unsur yang menyusun didalamnya dan tidak jauh berbeda dengan unsur pembentuk planet lainnya. Dalam bumi kita ini, unsur pembentuknya sangat berkaitan satu sama lainnya, dikarenakan keterkaitan akan unsur unsur pembentuk bumi tersebut, menjadikan planet ini mengalami peristiwa tertentu, seperti musim yang bervariasi, berubah ubah dan berbeda beda disuatu negara. Hal tersebut disebabkan karena untur pembentuk tersebut mengalami perubahan yang mengakibatkan peristiwa pergantian musim tersebut.

Indonesia merupakan salah satu negara tropis di dunia yang hanya
memiliki 2 musim saja, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Waktu terjadinya kedua musim tersebut sampai saat ini tidak tentu datangnya akibat kondisi iklim global yang berubah-ubah.

Musim hujan di Indonesia terjadi hampir setengah tahun atau lebih. Hujan yang terjadi juga sangatlah berubah ubah intensitasnya. Pada bahasan kali ini adalah mengenai manfaat musim hujan.

Pengertian Hujan

Sebelum membahas manfaat dari musim hujan, mari terlebih dahulu kita bahas pengertian dari hujan.

Mungkin dari anda sendiri telah mengerti apa itu hujan, nah pada bahasan kali ini agar terlihat lebih wah, mimin kasih pengertian dari musim hujan yang agak keilmiah-ilmiahan.

Pengertian Hujan sendiri adalah sebuah peristiwa Presipitasi atau jatuhnya cairan dari atmosfer yang berwujud cair maupun beku ke permukaan bumi berwujud cairan. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemukan suhu di atas titik leleh es di atas permukaan Bumi.

Pada planet kita ini, hujan adalah proses kondensasi atau perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat, uap air di atmosfer menjadi butiran air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. Dua proses yang mungkin terjadi bersamaan dapat mendorong udara semakin jenuh menjelang hujan, yaitu pendinginan udara atau penambahan uap air ke udara. Butir hujan memiliki ukuran yang beragam mulai dari butiran besar hingga butiran kecilnya.

Faktor Penyabab Terjadinya Hujan

Faktor-faktor penyebab terjadinya hujan tersebut diantaranya seperti oleh faktor klimatologi, suhu udara, arah angin, kelembaban udara dan lain sebagainya.

Proses Terjadinya Hujan

Nah musim hujan sendiri merupakan suatu peristiwa yang sering terjadi pada planet bumi, terutama dinegara beriklim tropis, seperti negara Indonesia yang hanya memiliki dua musim, yakni penghujan dan musim kemarau.

Dikutip dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, tahun 2014 Indonesia merupakan salah satu negara tropis di dunia yang hanya memiliki 2 musim saja, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Musim penghujan terjadi pada bulan Oktober hingga Maret, Sedangkan musim kemarau biasanya berlangsung pada bulan April hingga September.

1. Air Menguap Oleh Panas Matahari

Seluruh wilayah pada permukaan perairan bumi seperti sungai, danau, laut akan menguap ke udara karena panas matahari. Uap air kemudian naik terus ke atas kemudian menyatu dengan udara.

2. Terbentuknya Awan

Suhu udara yang semakin tinggi akibat dari matahari akan membuat uap air itu melakukan kondensasi atau menjadi embun, yang menghasilkan titik-titik air yang berbentuk kecil.

Suhu yang semakin tinggi membuat butiran uap yang menjadi embun tersebut semakin banyak jumlahnya, yang kemudian berkumpul membentuk awan.

3. Awan Semakin Membesar Karena Bantuan Angin

Dikarneakan bantuan angin yang meniup awan awan tadi bergerak, maka awan tersebut kemudian terus berwarna menjadi kelabu dan gelap yang dikarenakan butiran airnya sudah terkumpul dalam jumlah banyak.

4. Terbentuknya Hujan

Setelah awan terkumpul sangat banyak, Lalu suhu yang sangat dingin dan titik titik air semakin berat, membuat butiran-butiran tersebut akan jatuh ke bumi yang dinamakan hujan.

Manfaat Musim Hujan

Mungkin sebagian dari anda yang membaca artikel kali ini, telah mengetahui apa saja  manfaat yang dihasilkan oleh hujan, seperti untuk menjaga ekosistem lingkungan, selain itu ada beberapa manfaat musim hujan yang lainnya, simak penjelasan berikut ini.

1. Baik Untuk Menyuburkan Tanaman

Mungkin sebagian besar orang telah mengetahui manfaat dari hujan, yakni bermanfaat untuk menyuburkan tanaman yang ada disekitar kita, sehingga tidak mati akibat kekeringan.

Hal tersebut merupakan suatu hal yang pasti, dikarenakan semua makhluk hidup, salah satunya tanaman sangat membutuhkan yang namanya air supaya dapat berkembang dan tumbuh.

2. Hujan Menimbulkan Efek Bahagia

Percaya atau tidak, bahwa air hujan memiliki nilai emosional bagi kehidupan manusia, Bila dijelaskan secara kimiawi atau mengenai hormon hormon sangat tidak masuk akal. Namun secara perasaan atau emosional manusia, tentu air hujan bisa mendatangkan efek atau perasaan senang dan bahagia.

Hal tadi dibuktikan oleh kebanyakan orang, dimana bila tetesan air hujan mentes mengenai wajah anda, dapat menimbulkan perasaan senang dan bahagia. Masih ingatkah anda pada waktu kecil, apa yang anda rasakan saat hujan, pasti ingin hujan hujanan, dan setelah hujan hujanan rasanya menyenanfkan sekali bukan.

Namun bila anda ingin merasakan kesenangan leat huan hujanan, kesampingkan ppikiran anda mengenai bahaya akan kandungan kimia pada ar hujan yang kadang kadang bila bercampur dengan polusi dan asap dapat menyebabkan kerusakan kulit. Karena hal tersebut hanya menyebabkan perasaaan atau emosional bahagia saat hujan hujanan dalam diri anda akan hilang.

3. Sumber Perekonomian Bagi Masyarakat

Manfaat musim hujan yang selanjutnya adalah berdampak baik bagi perekonomian sebagian masaarakat, terutama kaum petani dan pembudidaya tanaman yang membutuhkan cukup banyak air.

Selain itu, saat musim hujan juga menjadikan sumber penghasilan bagi beberapa orang, seperti penjual makanan, terutama penjual gorengan dan makanan hangat serta penjual wedang jahe karena umumnya masyarakat saat musim huan akan mencari makanan yang dapat menghangatkan tubuhnya, seperti wedang jahe.

4. Mendorong Keberhasialan Dalam Bercocok Tanam

Manfaat air hujan yang keempat adalah dapat mendorong keberhasialn seseorang didalam bercocok tanam. Seperti yng telah anda ketahui, bahwa tanaman atau tumbuhan memerlukan air dalam masa pertumbuhan guna tanaman tadi dapat tumbuh subur dan cepat besar.

Maka dari itu, air hujan juga akan menyuburkan tanaman seperti padi yang ditanam oleh para masyarakat yang berrofesi sebagai petani. Selain itu sebagian besar masarakat dinegara kita ini berprofesi sebagai petani, yang tentunya sangat membutuhkan suplai air.

Bila saat musim kering, tanaman mereka akan amti, dan untuk mencegahnya, mereka membutuhkan biaya lebih untuk menyewa mesin pemompa air, untuk mengalirkan air dari parit atau sungai kepersawahan mereka, kasihan sekali bukan, bila musim kemarau terjadi berkepanjangan.

5. Membantu Suplai Sumber Energi Listrik Ramah Lingkungan Atau PLTA

Salah satu teknologi pembangkit listrik yang ramah lingkungan adalah dengan menggunakan alian air dari suatu bendungan, atau biasa disebut PLTA.

Kepanjangan dari PLTA sendiri adalah pemagkit listrik tenaga air, umumnya sumber pembangkit PLTA adalah alira air yang berasal dari bendungan, jadi jika terjadi kekeringan, biasanya waduk akan mengalami penurunan muka air dan menyebabkan kerja PLTA kurang maksimal.

Untuk itulah mengapa hujan bermanfaat dalam membantu membangkitkan salah satu sumber penghasil listrik ini, agar generator penghasil listrik tetap berjalan maka harus ada aliran air yang cukup.

6. Menguntungkan Pada Sektor Perikanan

Sebagian besar lauk pauk kita berasal dari ikan ikanan, selain digunakan untuk lauk pauk, ternyata ikan mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi. Kaya akan omega tiga dan protein, lemak, mineral dan karbohidrat.

Namun gizi iyang terkandung antara ikan air tawar dengan ikan air asin tidak lah sama. Karena perannya yang sangat penting untuk menjaga dan mensuplai gizi bagi manusia, maka manusia kebanyakan memburunya, namun hal tersebut kurang efisien. Cara yang ditempuh adalah dengan membudidayakannya, dimana dalam pembudidayaan ikan tentunya membutuhkan suplai air.

Air hujan bermanfaat dalam menyuplai untuk persedian air untuk perikanan sektar delapan puuluh persen. Anda tahu sendiri, bila kekurangan air akibat tidak ada hujan, maka otomatis kita tidak akan menyantap enak dan gurihnya ikan. Jadi dengan air hujan yang ada musim penghujan, maka hal tersebut akan membantu dalam pembudidayaan ikan.

7. Menjaga Kelestarian Lingkungan

Lingkungan yang asri dan tetap terjaga, merupakan salah satu kebutuhan kita, terutama lingkungan yang banyak ditumbuhi oleh tanaman sebagai penyedia oksigen. Pentingya kita menjaga kelestarian alam tersebut merupakan kewajibam kita bersama.

Namun untuk menjaga lingkungan agar tetap asri, hijau, dan tanamn tumbuh dnegan baik maka dibutuhkan lah air, salah satu suplai air untuk menjafa tanaman agar tetap hidup adalah dari air hujan.

Air hujan membantu tanaman tersebut dalam proses fotosintesis, selain itu juga air hujan menjaga tanah dalam kondisi baik serta menjaga konstruksi tanah.

8. Musim Hujan Menjaga Kelangsungan Hidup Hutan

Manfaat musim hujan yang selanjutnya adalah dapat menjaga kelangsungan hidup hutan hujan.Seperti yang telah anda ketaui bahwa hutan merupakan rumah dari bebagai spesies dan jenis tumbuhan yang ada didalamnya.

Tumbuhan yang tumbuh dihutan memiliki peran yang teramat sangat penting dalam keberlangsungan lingkungan dan berdampak pada kehidupan manusia dan hewan, dimana hutan hujan merupaka sumber penyedia oksigen dan udara bersih yang sangat dibutuhkan manusia.

Selain itu pohon juga akan menjaga kekuatan tanah supaya tidak tejadi longsor. Selain itu, akar pohon yang tumbuh dihutan juga bermanfaat dalam mencegah banjir.

Jadi air hujan teramat penting untuk menjaga kelangsungan kehidupan dihutan, selain itu, smeua jenis makhluk hidup juga membutuhkan air, air hujan juga menjaga ekosistem hutan berlangsung seimbang. Maka dari itulah air hujan merupakan bagian penting bagi semua kehidupan yang ada dihutan.

9. Manfaat Hujan Menjaga Sumber Air Tanah

Seperti yang telah kita ketahui bahwa air merupakan salah satu kebutuhan mendasar bagi setiap makhluk hidup. Bila terjadi kekeringan, tumbuhan menjadi layu, dan manusia juga harus menghemat penggunaan air bila terjadi musim kemarau.

Namun bila terjadi hujan, maka air hujan yang jatuh ketanah akan langsung diserap oleh tanah dan disimpannya sebagai cadangan air. Manusia menggunakan air tanah sebagai sumber kehidupan mereka, baik itu dengan caa sumur bor atau mengambol dari Perusahaan air minum atau PAM.

Manusia membutuhkan air untuk bertahan hidup, , selain untuk dikonsumsi, air juga dimanfaatkan manusia untuk mencuci, mandi dan memasak.

10. Hujan Memperbaiki Kualitas Udara Yang Buruk

Tahukah anda bahwa air hujan pertama kali saat turun mengandung beberapa jenis kotoran dari berbagai jenis zat polutan. Maka dari itu air hujan yang turun pertama kali biasanya akan menyebabkan penyakit yang menyerang manusia.

Namun selain mengandung polutan, air hujan juga ternyata dapat membantu membersihkan polusi udara saat dai turun, seperti asap yang menyebar diudara akan dibersihkan ketika ada hujan, Hal tersebutlah yang membuat kita tetap dapat menghirup udara segar setelah air hujan turun.

11. Hujan Menjaga Kelangsungan Hidup Manusia

Manfaat musim hujan yang selanjutnya adalah dapat menjaga kelangsungan hidup kita sebagai umat manusia. Dimana air dibutuhkan dalam berbagai aspek dan kehidupan manusia.

Untuk itu manusia juga membutuhkan sumber air agar kebutuhan akan air terpenuhi, maka dari itu air hujanmerupakan sumber yang secara alami didapatkan oleh manusia untuk meningkatkan potensi hidup mereka.

Selain itu manusia juga mendapatkan bahan makanan dari tumbuhan disekitar, karena adanya air hujan yang turun untuk menumbuhkan tanaman tersebut, air juga dipakai manusia juga dijadikan untuk menjaga kesehatan mereka, yang mereka dapatkan dari sumber air yang berasal dari air hujan disaat musim hujan.

12. Menjaga Ketersediaan Air Minum

Air minum yang umum kita ketahui berasal dari air daerah pegunungan. Namun selain dari air pegunungan, ternyata air minum juga disuplai dari air hujan.

Namun tentunya air huja tersebut harus diolah terlebih dahulu sebelum dijadikan air minum, selain itu kadar keasaman pada air hujan juga perlu diturunkan, agar dapat dikonsumsi seaara aman supaya kesehatan perut manusia tetap terjaga.

Dengan jalan mengolah air hujan menjadi air minum yang kita konsumsi sehari hari, maka otomatis kita dapat menghemat pemakaian air tanah, sehingga ketersediaan akan air tanah cukup untuk dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama.

13. Hujan Sebagai Sumber Energi

Sumber energi yang dapat kita buat sendiri untuk memenuhi kebutuhan akan energi listrik dapat kita penuhi dengan memanfaatkan aliran air hujan yang ada diselokan disekitar kita saat musim hujan.

Tinggal kita membeli generator listrik dan cari panduan pemasangannya di situs youtube, wa;aupun bukan termasuk penghasil listrik besar seperti genset, lumayanlah buat memenuhi kebutuhan listrik untuk menyalakan lampu di rumah kita.

Manfaat Musim Hujan Menurut Islam

1. Untuk Menyucikan Dari Najis

2. Menjaga Ketersediaan Air Minum

3. Air hujan yang diserap tanah menjadi sumber mata air

Baca Juga : Manfaat Musim Kemarau

Nah itulah beberapa manfaat air hujan. Musim hujan salah satu musim yang terjadi di negara kita ini. Musim hujan juga menimbulkan bencana seperti tanah longsor dan banjir, namun hal tersebut merupakan ulah kita sendiri yang tidak merawat lingkungan, maka dari itu sadarlahh untuk menjaga lingkungan disekitar kita, agar nantinya saat musim hujan tidak menimbulkan bencana atau efek negatif saat musim hujan.

Sekian dulu artikel mengenai manfaat musim hujan kali ini semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk menyimak artikel lainnya pada blog ini, sekian dan terimakasih atas kunjungannya.

Tinggalkan komentar