Meski Kurang Disukai, Ada 16 Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan

Manfaat Petai Cina
Gambar Petai Cina Leucaena leucocephala – Sumber : Google.com

Manfaat Petai Cina | Negara Indonesia kaya akan jenis tanaman yang bisa dibudidayakan karena manfaat serta kegunaannya besar bagi manusia dalam hal pengobatan. Ada banyak pengobatan dengan bahan alam yang dapat dipilih sebagai solusi mengatasi penyakit yang salah satunya ialah penggunaan ramuan obat berbahan herbal yang tentunya minim efek samping. Salah satu tanaman yang berkhasiat obat herbal adalah tanaman petai cina, manfaat petai cina bagi kesehatan sangat banyak, mulai dari daun, biji hingga akarnya.

Tumbuhan petai cina atau nama lainnya lamtoro adalah tanaman yang sering kita jumpai di daerah pedesaan. Bagian dari tanaman petai cina yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat adalah bagian daun yang biasanya digunakan sebagai pakan ternak dan bijinya yang biasanya diolah sebagai lauk.

Apa Itu Tanaman Petai Cina

Sejak dulu, masyarakat Indonesia dan negara negara lain di Asia sudah mengenal dan memanfaatkan daun petai cina sebagai obat obatan diantaranya sebagai obat luka, bengkak, mengobati peradangan dan lain lain. Di Thailand, pucuk daun petai cina digunakan untuk mengobati diare. Di peru, bunga petai cina yang digunakan sebagai antiseptik.

Tanaman petai cina gung termasuk dalam tanaman polong polongan, dan merupakam tanaman multi guna, tumbuhan petai cina merupakan pohon yang pertumbuhannya mampu mencapai tinggi 5 hingga 15 meter. Jika batangnya dipangkas, maka akan bercabagn menyerupai bentuk garpu.

Menurut purwanto 2007, Tanaman petai cina merupakan tanaman banyak manfaatnya karena seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan baik untuk kepentingan manusia maupun hewan. Kayu lamtoro digunakan untuk bahan bakar, daunnya bisa digunakan untuk pakan hewan ternak dan bijinya yang masih muda digunakan sebagai sayur.

Tanaman Petai cina berasal dari Amerika tropis, tersebar di daerah tropik dan ditemukan pada ketinggian antara 1 hingga 1.500 m dpl. Petai cina akan berbuah lebih baik jika terkena langsung dengan sinar matahari. Tanaman petai cina mampu tumbuh di segala macam tanah, asalkan jangan di tanah lempung yang pekat dan tergenang air.

Ciri Ciri Petai Cina

a. Ciri Ciri Daun Petai Cina

Daun petai cina ukurannya kecil, tulang daun menyirip ganda dua dengan jumlah pasang 4 hingga 8 pasang, tiap sirip tangkai daun mempunyai 11 sampai 22 helai anak daun.

b. Ciri Ciri Buah Petai Cina

Buah petai cina mirip dengan buah petai, tapi ukurannya jauh lebih kecil dan berpenampang lebih tipis. terdapat 15 hingga 30 biji yang terletak melintang dalam polongan, berbentuk bulat telur sungsang atau bulat telur terbalik, dengan warna tua yang mengkilap.

c. Ciri Ciri Batang Petai Cina

Pohon petai cina mempunyai batang yang kuat, sehingga tidak mudah patah. Batang tanaman petai cina berwarna putih kecokelatan atau cokelat kemerah merahan. Buahnya polong berbentuk pita lurus, pipih dan tipis, dengan sekat sekat diantara biji.

Nama Asing dan Daerah Petai Cina

Tanaman petai cina diberbagai daerah memiliki nama yang berbeda beda seperti pete cina, pete selong (Sumatera), pete selong (Sunda), lamtoro, peutey, selamtara, pelending, kamalandingan (Jawa), kalandingan (Madura).

Nama asing petai cina Yin he huan (China) pil ipil, elena, kariskis (Filipina), krathin (Thailand), leucaena, dan leucaene, faux mimosa (Perancis.). Sedangkan petai cina in english adalah white leadtree.

Klasifikasi Tanaman Petai Cina

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnaliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Fabales
  • Famili : Fabaceae
  • Genus : Leucaena
  • Spesies : Leucaena glauca.
  • Sedangkan nama latin lamtoro adalah Leucaena leucocephala.

Kandungan Senyawa Petai Cina

Dalam daun dan buah petai cina terkandung beberapa zat yang bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya:

Kandungan Daun Petai Cina

  • alkaloid
  • saponin
  • lektin
  • flavonoid
  • tanin
  • mimosin
  • leukanin
  • protein
  • kalsium
  • fosfor
  • besi
  • asam lemak
  • serat
  • vitamin A
  • vitamin B.

Kandungan Biji Petai Cina

  • kalori
  • protein
  • lemak
  • hidrat arang
  • kalsium
  • zat besi
  • vitamin A
  • mimosin
  • leukanin
  • leukanol
  • vitamin B1.

Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan

1. Sumber Antioksidan

Salah satu sumber radikal bebas adalah asap rokok yang mengandung superoksida, hidrogen peroksida, hidrosil dan peroksil. Indonesia merupakan negara dengan jumlah perokok pria terbesar di ASEAN yaitu 67,4 persen pria di Indonesia adalah perokok.

Radikal bebas merupakan penyebab kanker, untuk mencegah kanker, diperlukan antioksidan,Dikutip dari Harjanto superdioksida dismutase yang merupakan antioksidan endogen akan mengkatalis reaksi dismutase radikal bebas anion superoksida menjadi hidrogen peroksida dan molekul oksigen sehingga anion superoksida tidak dapat menyerang sel tubuh.

Superioksida dismutase dapat anda temukan pada daun petai cina, dikutip dari Butarbutar dkk 2016, bahwa ekstrak etanol daun petai mengandung mempengaruhi aktivitas superoksida dismutase tetapi yang paling efektif adalah dosis 100 mg/kgBB.

Khasiat petai sebagai antioksidan dikutip dari Rohyami 2008, dimana dalam daun petai cina terkandung zat aktif alkaloid, saponin, flavanoid dan tanin. Flavanoid termasuk senyawa fenolik alam yang potensial sebagai antioksidan dan mempunyai bioaktifitas sebagai obat.

2. Mampu Mengontrol Kadar Gula

Kelebihan kadar gula atau diabetes mellitus merupakan penyakit metabolik yang ditandai dengan meningkatkan kadar gula dalam darah yang disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin, kerja insulin atau keduanya.

Penyakit Diabetes Mellitus, yang ditandai dengan meningkatnya kadar glukosa dalam darah atau hiperglikemi, secara abnormal merupakan salah penyakit yang akan meningkat jumlahnya di masa depan.

Diabetes mellitus tidak bisa disembuhkan, akan tetapi dapat dikontrol, sehingga penyakit ini akan terjadi seumur hidup, jadi diabetes membutuhkan pengobatan dalam jangka panjang, dengan tujuan untuk mempertahankan kadar gula darah dalam batas normal.

Manfaat petai cina mampu mengontrol kadar gula dalam darah, dikutip dari penelitian Silvita dkk, menyimpulkan bahwa pemberian infusa biji petai cina mampu menurunkan kadar gula darah puasa pada mencit model diabetes dengan dosis 0.03 gr/ 20 grBB.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun petai cina mampu mempercepat penyembuhan luka pada kulit, dalam daun petai cina terkandung bahan kimia yang dpaat menyembuhkan luka tanpa menimbulkan efek samping seperti iritasi.

Flavonoid dalam daun petai cina mampu berperan sebagai antiperadangan pada luka. Perawatan luka untuk mempercepat penyembuhan luka dengan petai cina cukup dengan cara daunnya dikunyah atau digerus lalu ditempelkan pada luka.

Dikutip dari Rahmawati 2016, efek perawatan luka bersih dengan menggunakan gerusan daun petai cina 30 gram dapat mempercepat penyembuhan luka bersih dengan rata rata penyembuhan 5,8 dengan lama penyembuhan terbanyak pada hari ke 5.

4. Anti Peradangan

Penyebab peradangan atau inflamasi disebabkan oleh berbagai rangsangan yang mencakup luka luka fisik, infeksi, panas dan interaksi antigen dan antibodi. Inflamasi atau orang awam biasa menyebutnya radang atau bengkak adalah sebuah kerusakan jaringan atau reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yang ditandai oleh demam, bengkak dan nyeri.

Petai cina merupakan tanaman yang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan dan terbukti digunakan oleh masyarakat untuk mengobati peradangan atau inflamasi.

penelitian mengenai antiperadangan yang dilakukan oleh Wahyuni 2006, menunjukkan bahwa menggunakan infusa daun petai cina memiliki efek antiinflamasi terhadap tikus putih jantan galur Wistar yang diinduksi dengan karagenin 1% dengan nilai AUC (ml.Jam) sebesar 0,24.

5. Mencegah Infeksi

Di negara negara berkembang, penyakit infeksi masih menjadi penyebab utama tingginya angka kesakitan atau morbidity dan angka kematian, penyebab infeksi adalah mikroba patogen yang sifatnya dinamis.

Dikutip dari Otto 2010, Staphylococcus aureus umumnya hidup pada kulit dan membran mukosa manusia. Merupakan jenis bakteri yang sering menyebabkan infeksi pada manusia. Hampir setiap orang akan mengalami beberapa tipe infeksi Staphylococcus aureus sepanjang hidupnya, dari infeksi kulit ringan, keracunan makanan, sampai infeksi berat.

Manfaat petai cina untuk mencegah infeksi disebabkan karena daun petai cina dapat digunakan sebagai antibakteri karna mengandung senyawa aktif leupol.

Menurut penelitian Utami dkk, 2019 kombinasi ekstrak etanol daun patai cina dan lidah buaya dapat menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus, dan kosentrasi yang paling efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus adalah kosentrasi 100 mg/ml.

6. Dapat Digunakan Untuk Bahan Shampo

Umumnya masyarakat beranggapan bahawa shampo yang mampu menghasilkan busa yang banyak, lebih efektif dalam membersihkan kotorann, namun pada umumnya bahan pembusa tersebut berupa bahan sintetik atau buatan, jika digunakan dalam dosis berlebih dapat menyebabkan iritasi kulit.

Sebenarnya alam juga menyediakan bahan yang mampu mebuat busa, atau yang lebih dikenal dengan saponin, saponin dapat menghasilkan busa dikarenakan struktur senyawa penyusunnya yakni rantai sapogenin nonpolar dan rantai samping polar yang larut dalam air.

Kandungan saponin ada dalam petai cina, maka dari itulah mengapa ada manfaat petai cina untuk bahan shampo, dimana dikutip dari penelitian Pertiwi dkk, menunjukkan bahwa saponin daun petai cina optimal dalam pembuatan shampo dengan konsentrasi sebanyak 15% selain itu sahmpo daun petai cina memenuhi SNI 06-2692-1992.

7. Mengobati Luka Bakar

Luka bakar merupakan salah satu cidera yang memerlukan perawatan terbaik untuk mencapai tingkat kesembuhan yang optimal. Jika seorang mengalami luka bakar, biasanya diikuti infeksi yang merupakan masalah serius karena menyebabkan keterlambatan dalam pematangan epidermis dan menyebabkan pembentukan jaringan parut.

Tanaman tradisional merupakan salah satu cara penyembuhan luka bakar yang cukup potensial, dalam hal ini adalah luka bakar kecil dan ringan, salah satunya adalah petai cina, manfaat petai cina untuk mengobati luka bakar telah dibuktikan oleh beberapa penelitian.

Menurut penelitian Dewantari dan Suhartini, 2015 formulasi dan uji aktivitas gel ekstrak daun petai cina sebagai obat luka bakar membuktikan bahwa semakin tinggi konsentrasi gel ekstrak daun petai cina maka akan semakin luas daya sebarnya, semakin baik daya penyembuhan luka dan mempersingkat daya lekatnya.

8. Kaya Akan Protein

Protein dalam tubuh digunakan dalam tubuh sebagai sumber energi yang memberikan 4 Kkal per gramnya. Dalam tubuh jumlah total protein sekitar 19 % dari berat daging. 45% dari protein tubuh adalah otot.  Pada orang dewasa kebutuhan protein yang dibutuhkan yakni 1 gram perkilogram berat badan per hari. Sedangkan untuk anak anak di butuhkan protein yang lebih banyak dalam masa pertumbuhan.

Dikutip dari penelitian Virgiansyah 2018, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kadar protein pada susu biji petai cina yaitu 2,7588 %.

9. Meringankan Rasa Nyeri

Pastinya rasa nyeri atau sakit merupakan perasaan emosional yang sangat mengganggu, untuk setiap orang, ambang batas rasa nyeri yang dapat ditoleransi berbeda beda, hal tersebut disebabkan karena rasa nyeri merupakan perasaan yang subjektif.

Rasa nyeri sendiri adalah tanda bahwa ada bagian tubuh yang sedang bermasalah, fungsi dari nyeri adalah memberikan pertanda tentang adanya gangguan yang sedang terjadi didalam tubuh seseorang. Rasa nyeri timbul karena adanya rangsangan mekanis, kimiawi, kalor atau listrik yang dapat menimbulkan kerusakan pada jaringan dan melepaskan mediator nyeri seperti bradikinin, histamin, serotonin, dan prostaglandin.

Tahukah anda bahwa ada manfaat petai cina untuk mengurangi rasa nyeri atau analgetik, hal demikian disebabkan karena adanya kandungan senyawa flavonoid dan tanin didalamnya.

10. Sebagai AntiBakteri

Dalam daun petai cina terkandung senyawa alkaloid, dikutip dari Dewanti 2010, Alkoloid memiliki kemampuan sebagai antibakteri, dengan caramengganggu komponen penyusun peptidoglikan pada sel bakteri, sehingga lapisan dinding sel tidak berbentuk secara utuh dan mengaibatkan kematian sel.

Selain itu dalam petai cina terdapat senyawa flavonoid, dimana senyawa flabonoid dapat membentuk senyawa kompleks terhadap ptotein ekstraseluler yang mampu mengganggu membran sel bakteri.

Kandungan tanin didalamnya juga berperan sebagai antibakteri, dimana tanin dapat mengerutkan dinding sel atau membran sel sehingga mengganggu sel bakteri, sel tidak dapat melakukan aktifitas hidup
sehingga pertumbuhan bakteri terhambat atau mati. Itulah sebabnya mengapa ada manfaat petai cina sebagai antibakteri.

Menurut penelitian Sartinah dkk 2010, bahwa ekstrak washbenzen daun petai cina aktif terhadap bakteri S. aureus. Senyawa yang terkandung pada isolat aktif antibakteri dari daun petai cina diperkirakan adalah lupeol.

11. Mampu Menurunkan Kadar Gula

Diabetes atau kelebihan kadar gula adalah kondisi dimana kadar gula dalam tubuh seseorang melebihi batas normal, perlu diketahui bahwa diabetes tidak dapat disembuhkan, namun dapat diturunkan kadar gulanya, salah satunya adalah dengan memanfaatkan petai cina.

Penelitian ang telah dilakukan oleh Mujianto 1987, tentang efek hipoglikemik infusa biji petai cina, menyatakan bahwa infusa biji petai cina memiliki kemampuan menurunkan kadar gula darah dengan efek penurunan sebesar 17,92%, dengan penggunaan infusa biji petai cina konsentrasi 40% 20 ml/KgBB.

12. Sebagai Diuretik

Manfaat petai cina yang selanjutnya yakni mampu berperan sebagai diuretik, diuretik merupakan obat yang dapat membuang kelebihan air atau garam terutama natrium dari dalam tubuh melalui urine. Manfaat biji petai cina tersebut telah dibuktikan oleh beberapa penelitian.

Dikutip dari penelitian Nurhayati 2005, efek diuretik biji petai cina yang diekstrak dengan metode soxhletasi menggunakan penyari etanol 96% menunjukkan bahwa kadar 2% sudah memberikan efek diuretik terhadap tikus putih jantan galur Wistar. Sedangkan kadar 4% dan 8% memberikan efek diuretik yang hampir sama dengan kontrol positif yaitu furosemid.

13. Memiliki Efek Antelmintik (Membasmi Cacingan)

Cacing Ascariasis merupakan masalah kesehatan masyarakat dunia dan juga Indonesia, terutama pada anak anak. Hal ini berkaitan dengan keadaan ekonomi rendah, kebersihan lingkungan, dan sanitasi lingkungan yang buruk.

Penyakit infeksi yang disebabkan caing ascariasis dapat menimbulkan gejala ringan hingga berat dan dapat mengganggu pertumbuhan anak, untuk mengatasi masalah infeksi tersebut diubtuhkan obat antielmintik, khasiat obat antielmintik tersebut dapat kita temukan pada tanaman petai cina.

Dikutip dari penelitian Violita 2014, menunjukkan bahwa ekstrak daun petai cina berefek antelmintik terhadap terhadap Ascaris suum secara in vitro.

14. Menjaga Kekuatan Tulang

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa tubuh tidak mampu menghasilkan kalsium sendiri, untuk mendapatkan kalsium, manusia mengandalkan makanan yang mengandung fosfor.

Fosfor memainkan peran penting dalam membran sel, serta asam nukleat. Dalam petai cina terdapat kandungan kalsium serta fosfor yang memberi nutrisi pada tulang, maka dari itu ada manfaat petai cina untuk menguatkan tulang.

Manfaat Petai Cina Untuk Kecantikan

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat petai cina bagi kecantikan disebabkan karena sifatnya sebagai antibakteri dan antijamur seperti yang telah kami jelaskan diatas.

Selain itu, petai cina juga mempunyai sifat anti peradangan, dalam hal ini untuk mengatasi peradangan pada kulit karena psoaris. Kandungan antioksidan didalamnya juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dari penuaan dini.

2. Bagus Untuk Diet

Manfaat petai cina untuk diet disebabkan karena kandungan protein didalamnya, makanan yang kaya akan protein akan mengurangi rasa lapar sehingga kenyang lebih lama dan otomatis makan menjadi lebih sedikit.

Selain itu, dalam petai cina rendah lemak dan kalori, maka dari itu mengonsumsi petai cina aman dan cocok bagi seseorang yang sedang dalam program diet, asupan protein yang tinggi mampu meningkatkan metabolisme serta membantu membakar lebih banyak kalori.

Cara Mengolah Petai Cina

1. Untuk Mengobati Bengkak

Umumnya manfaat daun petai cina digunakan masyarakat untuk mengobati bengkak, cara mengolahnya pun cukup mudah dengan menyiapkan beberapa gram daun petai cina, lalu tumbuk atau remas remas dan tempelkan ke bagi yang mengalami bengkak.

2. Sebagai Anti Inflamasi

Cara mengolah petai cina sebagai obat peradangan cukup dengan daunnya ditumbuk secara halus atau dapat dengan dikunyah, lalu tempelkan pada bagian yang mengalami peradangan, hal tersebut telah dilakukan oleh masyarakat secara empiris, umumnya dilakukan oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur khususnya Adonara, Flores.

Baca Juga : Manfaat Suji

Tanaman yang mudah kita jumpai disekitar kita ternyata memiliki banyak manfaat, cuma kita saja yang belum mengetahui khasiat yang tersembunyi dalam tanaman tersebut, seperti manfaat daun krokot

Itulah beberapa manfaat petai cina bagi kesehatan dan kecantikan, walaupun rasanya kurang enak, namun tanaman yang masih satu keluarga dengan petai dan jengkol tersebut memiliki banyak khasiat yang bagus untuk tubuh kita.

Tinggalkan komentar