12 Manfaat Purwaceng Purwoceng Untuk Kesehatan dan Efek Samping

Manfaat Purwaceng
Gambar purwaceng atau purwoceng (Pimpinella alpina) – Sumber : Google.com

Manfaat Purwaceng | Tumbuhan purwaceng merupakan salah satu tanaman langka yang hanya dapat ditemui dipulau Jawa, hal tersebut menyebabkan masih sedikitnya informasi mengenai manfaat purwaceng. Manfaat purwoceng yang biasanya dijumpai dimedia internet dan yang banyak diketahui masyarakat adalah sebagai afrodisiak ataum mampu meningkatkan gairah seksual serta mampu menyebabkan ereksi.

Secara turun temurun khasiat tanaman purwoceng untuk mengingkatkan vitalitas dan seksualitas pria telah digunakan oleh nenek moyang kita, dan secara ilmiah terbukti mampu meningkatkan kadar hormon testosteron. Tanaman purwoceng merupakan tanaman terna yang dapat hidup didataran tinggi sekitar 2000 hinga 3000 m dpl dan dapat tumbuh tinggi antara 15 hingga 50 cm.

Namun akhir akhir ini, tanaman purwoceng merupakan salah satu tanaman obat langka asli indonesia yang dikategorikan hampir punah. Hal tersebut disebabkan karena habitat aslinya telah punah dengan rusaknya hutan koncervasi akibat dari eksploitasi yang berlebihan.

Apa Itu Purwoceng

Purwaceng atau nama latinnya Pimpinella pruatjan merupakan tanaman merambat yang berasal dari dataran tinggi Dieng. Tanaman ini dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai “viagra tradisional”.

Tanaman purwoceng merupakan tumbuhan asli Indonesia yang tumbuh secara endemik di dataran tinggi diberbagai daerah di pulau jaawa, seperti dataran tinggi Dieng Jawa Tengah, Gunung Pangrango Jawa Barat, dan area pegunungan di Jawa Timur.

Tanaman purwoceng merupakan tanaman obat komersial yang memiliki manfaat sebagai afrodisiak atau mampu meningkatkan gairah seksual serta menimbulkan ereksi, diuretic atau memperlancar buang air kecil, dan tonik atau mampu meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh.

Nama Daerah Tanaman Purwaceng

Di setiap daerah di Indonesia, tanaman purwaceng memiliki nama yang berbeda beda, seperti di Sunda dikenal dengan nama antanan gunug, dan di Jawa dikenal dengan purwoceng.

Ciri Ciri Tanaman Purwaceng

a. Ciri Ciri Batang Purwoceng

Batang tanaman purwaceng merupakan batang semu, dengan bentuk bulat, lunak, dan warnanya hijau pucat. Batang tanaman purwoceng berongga dan beralur atau bergerigi membujur pada permukaannya.

b. Ciri Ciri Daun Purwaceng

Daun tanaman purwoceng merupakan daun majemuk dengan pertulangan daun menyirip. Tangkai daun berwarna coklat kehijauan dengan panjang sekitar 5 cm. Anak daun berbentuk jantung yang tepinya bergerigi, memiliki ujung tumpul dan pangkal bertoreh, berukuran panjang sekitar 3 cm dengan lebar daun sekitar 2.5 cm.

c. Ciri Ciri Bunga Purwoceng

Bunga Purwoceng sendiri memiliki ciri yang membedakannya dengan bunga yang lainnya, seperti bunga purwoceng termasuk bungamajemuk berbentuk payung. Tangkai bunga berbentuk silindris dengan panjang sekitar 2 cm.

Kelopak bunga berbentuk tabung berwarna hijau, benang sari berwarna putih, putik berbentuk bulat berwarna hijau, dan mahkota berambut berwarna coklat.

d. Ciri Ciri Akar Purwaceng

Akarnya atau rimpang purwoceng merupakan akar tunggang yang membesar membentuk struktur seperti umbi pada tanaman gingseng tapi dengan ukuran yang lebih kecil dengan warna putih.

Klasifikasi Atau Taksonomi Tanaman Purwoceng

Klasifikasi tanaman purwoceng sebagai berikut:

  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub Divisi: Angiospermae
  • Kelas : Dycotiledonae
  • Anak Kelas: Dialypetalae
  • Bangsa : Apiales (Umbelliflorae)
  • Suku : Apiaceae (Umbelliferae)
  • Marga : Pimpinella
  • Jenis : Pimpinella pruatjan Molk. atau Pimpinella alpina.

Kandungan Senyawa Purwaceng

Purwoceng atau nama latinnya Pimpinella alpina mengandung beberapa senyawa, diantaranya sterol, furanokumarin bergapten, isobergapten, dan sphondin. Senyawa senyawa aktif tersebut banyak dijumpai pada bagiam batang dan akar.

Selain senyawa diatas, juga ditemukan adanya pregeijerene, asam heksadekanoat, asam oktadekanoat dan benzil benzoat, limonea, anisketone, asam kafeat dan stigmasterol. Sterol atau stroid yang didapat dari ekstrak etanol Purwoceng adalah stigmasterol. Senyawa germacren dan Brelemen merupakan komponen utama minyak atsiri dalam Purwoceng.

Dalam akar purwaceng terkandung turunan senyawa kumarin, sterol, alkaloid, saponin, triterpenoid steroid , flavonoid, glikosid, tanin, kelompok furanokumarin seperti bergapten, isobargapten, sphondin sitosterol dan vitamin E.

Manfaat Purwoceng Menurut Beberapa Penelitian

1. Artha 2007

Manfaat purwaceng menurut penelitian yang dilakukan Artha 2007 adalah mampu menambah stamina tubuh, analgetika atau mampu mengurangi rasa sakit, antipiretika atau penurun panas, anthelmitika atau obat cacing, antifungi, antibakteri, dan antikanker.

2. Citra Perdana 2012

Purwaceng merupakan tanaman yang dipercaya oleh masyarakat Dieng memiliki khasiat untuk meningkatkan vitalitas pria, menghilangkan masuk angin, menghilangkan rasa capek, menambah stamina, bahkan dipercaya dapat digunakan sebagai obat analgetik untuk menghilangkan rasa nyeri.

3. Rostiana dkk 2006

Dalam penelitian yang dilakukan Rostiana, melaporkan bahwa impang purwaceng mengandung turunan senyawa kumarin yaitu senyawa bergapten, iso bergapten dan saponin, yang banyakdigunakan dalam industri obat moderen sebagai obat analgesik, antipiretik, sedatif, anthelmintik, antifungi, antibakteri dan antikanker.

Manfaat Purwaceng Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Vitalitas Pria

Bagi Pria, kesehatan vitalitas merupakan hal yang sangat penting bagi dirinya. Banyak laki laki yang berusaha meningkatkan kesehatan vitalitasnya dengan mengkonsumsi obat vitalitas dari tanaman herbal yang dipercaya mampu meningkatkan hal tersebut. Salah satunya adalah tanaman purwoceng.

Manfaat purwoceng untuk meningkatkan vitalitas disebabkan kandungan komponen kimia kelompok steroid, atsiri, furanokumarin, dan vitamin yang terdapat di bagian akarnya. Kandungan steroid inilah yang menjadikan tanaman purwoceng berkhasiat sebagai tanaman tradisional yang mampu meningkatkan keperkasaan pria.

Khasiat purwaceng tersebut telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Manpaluti dkk, dimana pemberian ekstrak purwoceng mampu meningkatkan perilaku seksual tikus jantan dengan pemberian dosis yang paling efektif sebesar 600 mg.

Selain penelitian tersebut, manfaat purwaceng juga telah dibuktikan oleh penelitian Gauthaman dkk, 2002, dimana Ekstrak rimpang purwoceng dapat berfungsi sebagai bahan afrodisiak yaitu meningkatkan potensi seksual sehingga tenaga dan kemampuan seksualnya lebih kuat. Potensi seksual ini sangat dipengaruhi oleh adanya hormon testosteron.

2. Meningkatkan Kesuburan Laki Laki

Infertilitas merupakan suatu keadaan dimana suatu pasangan suami istri tidak mampu untuk hamil setelah 1 tahun berhubungan seksual secara teratur minimal 2 hingga 3 kali seminggu tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

Infertilitas pada pria dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Secara garis besar, infertilitas disebabkan oleh masalah pada produksi sperma, penyaluran sperma yang terhambat, antibodi sperma, masalah seksual dan masalah hormonal.

Untuk mengatasi infertilitas tersebut digunakanlah tanaman purwoceng, manfaat purwaceng untuk meningkatkan kesburan laki laki telah ada dan secara turun temurun dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Khasiat purwoceng tersebut telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Jasaputra dkk, dimana hasil dari penelitian tersebut adalah Kombinasi ekstrak etanol purwoceng dan Zinc meningkatkan jumlah spermatozoa mencit.

3. Meningkatkan Stamina

stamina merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan serangkaian gerak dengan intensitas maksimal dalam jangka waktu yang lebih lama. Pada ketahanan kecepatan ini dipengaruhi oleh unsur kecepatan dan kekuatan.untuk meningkatkan stamina biasanya digunakan tanaman purwaceng.

Manfaat purwoceng biasanya digunakan sebagai jamu untuk meningkatkan stamina pria dewasa. hal tersebut disebabkan karena beberapa kandungan senyawa didalamnya.

4. Diuretik atau Meluruhkan Air Seni

Manfaat purwaceng yang selanjutnya adalah dapat bersifat diuretik atau mampu meluruhkan air kencing, hal tersebut disebabkan karena purwoceng mampu mencegah infeksi saluran kemih.

5. Membantu Melancarkan peredaran Darah

Khasiat purwaceng tidak hanya mampu meningkatkan stamina, namun juga memiliki manfaat yang bisa membantu melancarkan peredaran darah.

6. Antikanker

Cukup banyak manfaat purwoceng, salah satunya dipercaya mampu mencehah kanker,hal tersebut disebabkan karena karena beberapa kandungan senyawa didalamnya seperti flavonoid.

Manfaat senyawa flavonoid seperti yang biasanya kami jelaskan pada blog ini adalah mampu bertindak sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan munculnya kanker dan kerusakan sel.

7. Mencegah Infeksi Jamur

Khasiat purwoceng juga mampu mengatasi infeksi yang disebabkan oleh jamur, terutama jamur Candida albicans. Jamur tersebut dapat menginfeksi kulit manusia, organ dalamnya dan mukosa. Jamur candida albicans umunmnya dapat menyebabkan keputihan yang tidak normal pada perempuan.

8. Menjaga Kesehatan Saluran Kemih

Perlunya kita menjaga kesehatan saluran kemih, agar fungsi dari saluran kemih dapat berjalan dengan baik, salah satu cara menjaga kesehatan saluran kemih adalah dengan tanaman purwaceng.

9. Mengobati Masuk Angin

Masuk angin merupakan serangkaian gejala yang meliputi sakit kepala, kelelahan, nyeri otot, pusing, tidak enak badan dan beberapa gejala lainnya.

Umumnya masyarakat Indonesia menggunakan bahan herbal alami untuk mengatasi masuk ingin, obat herbal tersebut sangat ampuh, salah satunya adalah purwaceng, manfaat purwaceng memang cukup ampuh untuk mengobati masuk angin.

10. Membantu Menjaga Kesehatan Otot

Pekerjaan dan aktivitas sehari hari yang sangat padat dapat menyebabkan otot menjadi kaku serta menimbulkan pegal linu, dengan mengonsumsi tanaman purwaceng masalah kesehatan otot akan teratasi karena purwaceng mampu merelakskan otot yang tegang, manfaat purwaceng juga dipercaya mampu menjaga kesehatan sistem saraf.

11. Meredakan Nyeri

Dalam tanaman purwaceng terkandung banyak senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh, beberapa senyawa dalam tanaman tersebut menyebabkan adanya manfaat purwaceng untuk meredakan nyeri atau sebagai analgesik. Selain efek analgesik, purwaceng juga mempunyai efek antipiretik atau mampu meredakan demam.

Manfaat Purwaceng Untuk Kecantikan

1. Mengatasi Keputihan

Keputihan merupakan salah satu momok bagi perempuan, keputihan sendiri disebabkan oleh infeksi jamur candida albicans, nah untuk mengatasi masalah satu ini, anda dapat menggunakan tanaman purwaceng, manfaat purwaceng tersebut disebabkan karena sifatnya sebagai antijamur yang dapat membasmi jamur penyebab keputihan.

Cara Mengolah Purwaceng

Mengolah tanaman purwoceng untuk mengatasi lemah syahwat caranya cukup mudah yakni rebus 20 hingga 30 gram rimpang atau daun purwaceng dengan air sebanyak tiga gelas, tunggu hingga tersisa segelas saja, jika sudah saring terlabih dahulu, dinginkan sebentar dan minum selagi hangat.

Efek Samping Purwaceng

\Sebaiknya tanaman purwoceng tidak dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat penyakit seperti gagal ginjal, hipertensi, kelainan jantung, dan orang yang sedang mengonsumsi obat lemah syahwat lainnya. Disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 30 gram purwaceng perharinya.

Selain itu efek samping purwoceng jika mengonsumsi purwaceng secara berlebihan akan menimbulkan bahaya purwaceng yakni menyebabkan gangguan ginjal. Jika mengonsumsi dalam dosis tinggi dapat menyebabkan demam dan gelisah, jika dibarengi dengan mengonsumsi obat jantung dapat menimbulkan interaksi, yakni meningkatkan denyut jantung.

Baca Juga: Manfaat buah maja

Tumbuhan purwaceng merupakan salah satu tanaman langka, serta hanya dapat dijumpai di Pulau Jawa, maka dari itu penelitian yang berkaitan dengan manfaat purwaceng masih terbatas, maka dari itu banyak manfaat purwoceng yang berlum dapat dibuktikan secara ilmiah. Umumnya penelitian khasiat purwaceng berkutat pada fungsi purwaceng dalam menambah gairah seksual. Untuk meningkatkan vitalitas juga terdapat pada ginseng Jawa

Tinggalkan komentar