Jangan Anggap Gulma, Ada 16 Manfaat Rumput Teki Untuk Kesehatan

Manfaat Rumput Teki
Gambar Rumput Teki (Cyperus rotundus L) – Sumber: Google.com

Manfaat Rumput Teki | Rumput teki merupakan tumbuhan herbal menahun yang termasuk dalam keluarga Cyperaceae. Rumput teki biasanya banyak ditemukan tumbuh di lahan pertanian sebagai gulma. Rumput teki banyak ditemukan di Indonesia karena Indonesia beriklim tropis. Meskipun sering dianggap sebagai gulma yang mengganggu, jangan salah ada manfaat rumput teki bagi kesehatan karena kandungan beberapa senyawa didalamnya, senyawa tersebut umumnya ditemukan pada bagian umbinya.

Tumbuhan rumput teki adalah salah satu tanaman herbal tradisional yang biasanya dimanfaatkan masyarakat dari sekian banyak tanaman obat yang ada di Indonesia.Seluruh bagian dari rumput teki pada dasarnya dapat dijadikan sebagai obat herbal alami, mulai daun, akar, maupun umbinya.

Umbi rumput teki merupakan tanaman yang banyak gunanya, Secara tradisional, masyarakat di berbagai daerah di banyak negara telah lama dan banyak memanfaatkan umbi, umumnya digunakan dalam pengobatan herbal tradisional di seluruh dunia, seperti untuk mengobati kejang perut, luka, bisul, dan lecet.

Apa Itu Rumput Teki

Rumput teki tumbuh sebagai gulma yang susah diberantas, Tumbuh di dataran rendah pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Rumput teki tumbuh liar dan mudah kita temui di Afrika Selatan, Korea, Cina, Jepang, Taiwan, Malaysia, Indonesia dan juga kawasan Asia Tenggara pada umumnya.

Umumnya rumput teki tumbuh liar di tempat terbuka atau sedikit terlindung dari sinar matahari dan biasanya tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 1000 m di atas permukaan laut seperti di lahan pertanian yang tidak terlalu kering dengan tanah tidak berbencah bencah, ladang, kebun, tegalan, serta pinggir jalan.

Ciri Ciri atau Morfologi Rumput Teki

Tumbuhan Rumput teki adalah rumput semu menahun tapi bukan termasuk keluarga rumput rumputan. Morfologi rumput teki sebagai berikut :

a. Ciri Ciri Batang dan Daun Rumput Teki

Dikutip dari Wijayakusuma, 2000, Ciri dari batang dan daun rumput teki yakni batangnya berbentuk segitiga dan dapat mencapai ketinggian 10 hingga 75 cm. Arah tumbuh batangnya tegak lurus. Berbentuk segitiga, berongga kecil dan agak lunak, membentuk umbi dipangkal batang dan tunas baru, daun daun terdapat dipangkal batang.

Sedangkan ciri daun rumput teki berbentuk pita, berwarna mengkilat dan berjumlah 4 sampai 10 yang berkumpul pada pangkal batang membentuk roset akar dengan pelepah daun yang tertutup di bawah tanah. Ujung daun meruncing, lebar helaian daunnya antara 2 sampai 6 cm, dengan panjang permukaan atas daun sekitar 10 hingga 20 cm. Permukaan atas daunnya beralur dan memiliki kutikula.

b. Ciri Ciri Bunga dan Buah Rumput Teki

Ciri Ciri dari bunga rumput teki menurut Asiamaya 2007, bunga rumput teki warnanya hijau kecoklatan yang terletak pada ujung tangkai dengan tiga tunas kepala benang sari berwarna kuning jernih, membentuk bunga bunga berbulir mengelompok menjadi satu berupa payung. Tangkai putik bercabang tiga.

Ciri dari buah rumput teki adalah buahnya berbentuk kerucut besar pada pangkalnya, terkadang melekuk berwarna coklat, dengan panjang 1,5 hingga 4,5 cm dengan diameter 5 sa,[ai 10 mm. Pada rimpangnya yang sudah tua terdapat banyak tunas yang menjadi umbi berwarna coklat dan hitam, rasanya sepat agak pahit dan baunya wangi.

c. Ciri Ciri Akar Rumput Teki

Akar rumput teki merupaakan perakaran serabut dan akarnya berwarna putih kotor. Umbinya memiliki panjang sekitar 1 hingga 3cm, dengan bentuk bulat atau lonjong, berlekuk.

Kulit umbi rumput teki berwarna hitam dan pada bagian dalamnya memiliki warna putih kemerahan. Umbi rumput teki yang pendek dan tebal yang mengandung pati sebagai cadangan nutrisi. Bentuk dari umbi rumput teki adalah oval dan mempunyai 3 hingga 10 tunas yang tersusun secara spiral.

Tunas tunas tersebut tumbuh untuk membentuk tanaman atau rimpang baru. Ukuran umbinya bervariasi tergantung dari keadaan lingkungan luar. Panjang umbinya dapat mencapai 3 cm dan diameternya bisa mencapai 1,5 cm. Umbi muda berwarna putih, berair, dan lunak. Semakin lama, umbi ini akan semakin keras, kasar, dan berubah warna menjadi semakin coklat.

Klasifikasi Tumbuhan Rumput Teki

Dikutip dari Tjiptrosoepomo 1981, rumput teki memiliki taksonomi sebagai berikut :

  • Regnum : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub Divisi : Angiospermae
  • Kelas : Monocotyledoneae
  • Ordo : Cyperales
  • Famili : Cyperaceae
  • Genus : Cyperus
  • Species : Cyperus rotundus L.

Manfaat Rumput Teki Menurut Beberapa Penleitian

a. Penelitian Lawal and Adebola 2009

Dalam penelitian tersebut, terdapat beberapa manfaat rumput teki, terutama umbinya yang memiliki aktivitas farmakologi dan biologi seperti antijamur, antiperadangan, antidiabetes, antidiarrhoeal, sitoprotektif, antimutagenik, antimikroba, antibakteri, antioksidan, sitotoksik dan apoptosis, aktivitas analgesik (pereda nyeri) dan anti piretik.

b. Penelitian Wijayakusuma 2000

Menurut penelitian Wijayakusuma, manfaat rumput teki dapat dipakai sebagai obat untuk menormalkan siklus haid, dan sebagai obat penenang.

c. Penelitian Hargono 1997

Khasiat umbi rumput teki menurut penelitiannya digunakan sebagai obat untuk mempermudah persalinan, obat cacing, pelembut kulit, peluruh air seni, peluruh dahak, penambah nafsu makan, penghenti pendarahan dan penurun tekanan darah.

d. Penelitian Soumaya et al 2013

Dalam penelitiannya terkai manfaat rumput teki, dimana ekstrak rumput teki mengandung kandungan potensial seperti flavonoid yang berfungsi memodulasi fungsi sel imun, sebagai analgesik, anti inflamasi dan memiliki efek antioksidan.

e. Nagulendra dkk 2015

Manfaat Rizoma rumput teki dapat dipakai untuk diuretik, analgesik, anti inflamasi, antipiretik, mengobatai diare, disentri, lepra, bronkitis, amenorea.

Kandungan Senyawa Rumput Teki

Manfaat rumput teki terutama pada bagian umbinya disebabkan karena kandungan beberapa senyawa didalamnya yang bagus untuk kesehatan, seperti:

  • saponin
  • flavonoid
  • terpenoid
  • minyak atsiri
  • alkaloid
  • polifenol
  • resin
  • amilum tannin
  • triterpen
  • d-glukosa
  • d-fruktosa
  • furochromones
  • seskuiterpenoid
  • senyawa seskuiterpen

Manfaat Rumput Teki Untuk Kesehatan

1. Anti Kanker

Manfaat rumput teki yang pertama dapat dipakai untuk melawan sel sel kanker. Perlu anda ketahui, bahwa angka kematian yang disebabkan oleh kanker, setiap harinya semakin meningkat, di tahun 2012, sekitar 8,2 juta kasus kematian di dunia disebabkan oleh kanker.
Kanker penyebab kematian terbesar diantaranya kanker paru, hati, kolorektal, dan payudara.

Proses terjadinya kanker dalam tubuh diawali dengan mutasi yang terjadi dapat berupa peningkatan fungsi dari protooncogenes maupun penurunan fungsi dari tumor suppressor genes sehingga menyebabkan perubahan pada sel normal menjadi sel tumor. Penyebabnya adalah adanya stres oksidatif.

Dalam rumput teki terkandung senyawa flavonoid, terpenoid, alkaloid serta saonin yang cukup sensitif terhadap sel kanker yang sudah resisten atau kebal dengan kemoterapi. Selain sebagai antikanker, senyawa tersebut dapat berperan sebagai antioksidan untuk mengobati dan bahkan mencegag penyakit degeneratif.

Di negara Cina, rumput teki dipakai secara empirik untuk mengobati kanker, menurut penelitian Ratih 2007, mengungkapkan bahwa fraksi protein dari umbi rumput teki memiliki efek sitotoksik terhadap sel HeLa atau sel kanker.

2. Menghentikan Pendarahan Rahim dan Perangsang ASI

Manfaat rumput teki untuk menghentikan pendarahan rahim digunakan oleh penduduk Vietnam, dan rimpang rumput teki yang masih segar, biasanya digunakan oleh masyarakat India untuk perangsang air susu ibu atau ASI.

Untuk khasiat rumput teki dalam menambah jumlah produksi air susu ibu disebabkan karena kandungan senyawa Fitoestrogen, senyawa tersebut merupakan estrogen dari herbal alami yang memiliki efek meningkatkan produksi Air Susu Ibu. Hal ini disebabkan karena molekul molekul fitoestrogen memiliki E2-like action, di mana molekul molekul ini dapat menginduksi ekspresi dari Prolactine Receptor, sehingga produksi ASI semakin banyak.

3. Aromaterapi dan Pengusir Serangga

Tepung umbi dari rumput teki sering digunakan oleh masyarakat Tripoli sebagai bedak dingin dengan aroma yang khas menyegarkan, aroma tepung umbi rumput teki sedikit berbau mentol dan karena baunya yang khas.

Karena baunya yang khas, umbi rumput teki juga sering dipakai sebagai pencuci mulut, ternyata aroma yang khas dan menyegarkan tersebut juga berefek sebagai pengusir serangga dan nyamuk, hingga sering dipakai sebagai bedak anti nyamuk.

3. Menurunkan Demam

Demam sendiri merupakan kondisi dimana temperatur tubuh berada di atas batas normal yang mengacu pada reaksi tubuh terhadap infeksi atau peradangan.

Jika demam disebabkan oleh infeksi bakteri maka tubuh tubuh akan memproduksi interleukin 1, atau biasa disebut pirogen endogen ke dalam cairan tubuh, sehingga dapat menginduksi terbentuknya salah satu prostaglandin dan selanjutnya bekerja di hipotalamus untuk membangkitkan reaksi demam.

Dalam umbi rumput teki terkandung flavonoid, itulah mengapa ada manfaat rumput teki untuk mengobati dmema, mekanisme flavonoid untuk menurunkan demam yakni flavonoid menghambat jalur siklooksigenase yang dapat menghambat sintesis prostaglandin E2, lekotrein dan tromboksan yang terbentuk.

Dikutip dari Ekstrak umbi rumput teki memiliki efek menurunkan demam atau antipiretik, ektrak umbi rumput teki dengan kadar 20% memiliki efek antipiretik sebanding dengan aspirin.

4. Anti Peradangan

Manfaat rumput teki untuk antiperadangan disebabkan karena kandungan flavonoid didalamnya, Cara kerja flavonoid sebagai anti peradangan yakni dengan cara menghambat enzim sikloogsigenase dan lipoksigenase dapat memberi harapan untuk pengobatan gejala peradangan dan alergi.

Mekanisme flavonoid dalam menghambat terjadinya radang melaui dua cara yaitu menghambat asam arakhidonat dan sekresi enzim lisosom dari sel endothelial dan menghambat fase proliferasi dan fase eksudasi dari proses radang.

5. Membantu Meringankan Ketidakteraturan Haid

Bagi kaum wanita yang mengalami ketidakteraturan siklus haid dapat memanfaatkan rumput teki, dalam rumput teki terkandung Senyawa seskuiterpenoid dalam minyak atsiri pada umbi rumput teki memiliki peran penting dalam mengatasi berbagai gangguan saat menstruasi.

Sebuah situs kesehatan menyebutkan, penelitian di Cina menemukan bahwa secara tunggal maupun kombinasi, dengan menggunakan 6 sampai 9 gram rimpang teki bisa membantu meringankan ketidakteraturan siklus haid serta meringankan sindrom pramenstruasi atau PMS.

Hal senada diungkapkan dalam penelitian Khotimah dan Listiana, dimana umbi rumput teki telah diformulasi menjadi sirup kesehatan dengan mencampurkan madu, air serta gula, hasil uji khasiat menunjukkan bahwa sirup umbi rumput teki efektif meredakan keluhan nyeri haid.

6. Meredakan Nyeri (Analgetik)

Nyeri diartik sebagai suatu pengalaman sensorik dan emosional yang berhubungan dengan kerusakan jaringan. Untuk meringankan nyeri, dibutuhkan obat analgetik, Analgetik sendiri merupakan bahan atau obat yang dipakai untuk menekan atau mengurangi rasa sakit atau nyeri tanpa menyebabkan hilangnya kesadaran.

Dalam rumput teki terkandung senyawa flavonoid, itulah mengapa ada manfaat rumput teki untuk meredakan nyeri. Flavonoid berperan sebagai analgetik yang mekanisme kerjanya menghambat kerja enzim siklooksigenase. Jika kerja enzim siklooksigenase terhambat, maka akan mengurangi produksi prostaglandin oleh asam arakidonat sehingga mengurangi rasa nyeri.

Hal senada diungkapkan dalam penelitian Rustiani dkk 2017, dimana ekstrak etanol rumput teki dan ekstrak air pada dosis efektif 49 mg/200 g BB tikus, memberikan pengaruh yang relatif sama sebagai analgetik pada tikus putih jantan.

7. Larvasida Alami

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh nyamuk aedes aegepty, dimana saat musim hujan menjadikan timbulnya genangan air yang disukai sebagai tempat berkembang biak nyamuk. Umumnya masyarakat menggunakan bahan larvasida kimia untuk membasmi larva nyamuk, namun jika digunakan secara berulang akan menimbulkan dampak kontaminasi residu pestisida dalam air.

Anda perlu mencoba menggunakan larvasida alami dari tanaman disekitar, seperti rumput teki, dalam rumput tersebut terkandung senyawa alkaloid, flavonoid, tanin serta glikosida, yang membuat tumbuhan rumput teki mampu membunuh larva nyamuk.

Hal senada diungkapkan dalam penelitian Santoso dan Haminudin 2018, dimana ekstrak umbi rumput teki memiliki potensi untuk membasmi larva atau larvasida dan nilai Lethal Concentration 50 (LC50) ekstrak umbi rumput teki adalah sebesar 0,311%.

8. Anti Bakteri

Manfaat rumput teki yang selanjutnya adalah anti bakteri, dimana rumput teki dapat digunakan sebagai antibiotik untuk membunuh beberapa bakteri merugikan seperti bakteri Staphylococcus aureus. khasiat rumput teki tersebut disebabkan karena kandungan minyak atsiri didalamnya.

9. Mengatasi Sakit Gigi

Tahukah anda bahwa sakit gigi atau nyeri gigi menempati urutan kedua, bila dibandng dengan nyeri kepala, nyeri otot dan nyeri sendi, skait gigi atau nyeri odontogenik merupakan penyakit yang biasanya menyerang jaringan pulpa atau struktur periodontal.

Nyeri atau sakit gigi bisa dikurangi dengan memberikan obat anti nyeri atau analgesik. Salah satu obat herbal yang mengandung senyawa antianalgesik adalah rumput teki.

Manfaat rumput teki, terutama umbinya untuk mengatasi nyeri gigi diungkap oleh penelitian Muthoharoh dan Nikmah, dimana ekstrak umbi rumput teki terkandung beberapa senyawa, seperti alkaloid, flavonoid, saponin, dan tanin. Dari beberapa kandungan fitokimia tersebut membuat ekstrak umbi rumput teki memiliki potensi untuk dipakai sebagai obat tetes sakit gigi.

10. Antiseptik Alami dan Mengatasi Gatal Gatal

Umumnya masyarakat menggunakan tepung rimpang rumput teki sebagai bedak dingin, karena aroma yang khas dan menyegarkan, dengan sedikit bau mentol.

Selain itu, rumput teki juga dapat diolah menjadi bedak untuk mengatasi alergi yang disebabkan oleh bakteri serta jamur, bakteri dan jamur tersebut dapat dibasmi dengan rumput teki karena kandungan senyawa yang berperan sebagai anti bakteri.

Karena sifatnya sebagai anti bakteri, menyebabkan rumput teki juga bermanfaat sebagai antiseptik alami. Minyak atsiri yang dikandung dalam rimpang rumput teki ini dilaporkan juga memiliki potensi sebagai antibiotik terhadap kuman.

11. Menurunkan Kadar Gula

Diabetes mellitus merupakan penyakit dimana tubuh tidak mampu memproduksi insulin atau jumlah insulin cukup, namun kerjanya kurang baik, ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Jika tubuh kekurangan hormon insulin, maka akan muncul gangguan proses biokimia di dalam tubuh, yakni penurunan gula kedalam sel serta meningkatnya gula dari hati ke sirkulasi.

Insulin membantu proses penghancuran sertaa penyerapan asam lemak, asam amino dan glukosa, jika insulin tidak diproduksi dalam pankreas atau penolakan insulin dalam tubuh, maka sudah dipastikan kadar gula dalam darah meningkat, sehingga ginjal tidak dapat memprosese gula tersebut, lalu dikeluarkan melalui urin.

Dalam rumput teki terkandung senyawa flavonoid, saponin serta tanin, itulah mengapa ada manfaat rumput teki untuk menurunkan kadar gula dalam darah secara signifikan.

Dikutip dari penelitian Wardani 2016, menyimpulkan bahwaekstrak etanol umbi rumput teki pada dosis 14 mg/kg bb mencit adalah dosis yang paling efektif untuk menurunkan kadar gula darah pada mencit jantan yang telah diinduksi aloksan.

12. Mengatasi Diare

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa diare adalah penyakit yang sering terjadi dan tersebar luas diseluruh dunia, dinegara berkembang, diare menjadi penyebab utama malnutrisi seprti kalori, protein dan dehidrasi.

Diare merupakan defekasi encer lebih dari 3 kali sehari dengan atau tanpa darah atau lendir dalam tinja. Penyebab dari diare sendiri bermacam macam, seperti infeksi bakteri dan virus, malabsorpsi karbohidrat, makanan basi dan beracun atau alergi terhadap suatu makanan.

Usaha untuk menanggulangi diare dapat dilakukan dengan obat modern dan obat herbal yang penggunaannya sudah banyak dilakukan secara turuntemurun. Salah satu obat herbal untuk menangani diare tersebut adalah rumput teki.

Penelitian yang dilakukan Putri 2016, menunjukan efek antidiare yang terdapat pada ekstrak rimpang rumput teki masih lebih kecil untuk menghambat waktu terjadinya diare, menurunkan frekuensi diare dan mampu memperbaiki konsistensi feses dibandingkan dengan obat Imodium.

13. Memperlancar Buang Air Kecil

Manfaat rumput teki untuk memperlancar buang air kecil disebabkan karena kandungan senyawa didalamnya yang mampu mengobati kencing batu.

Sifat diuretik dari rumput teki tersebut bisa kita dapatkan dengan mengolahnya terlebih dahulu, umumnya olahan tersebut berupa rebusan umbi rumput teki, sifat diuretik dari umbi rumput teki tersebut dapat membuang kelebihan garam serta air dalam tubuh.

Manfaat Rumput Teki Untuk kecantikan

1. Mengatasi Bisul

Bisul merupakan sekumpulan nanah atau neutrofil mati yang telah berkumpul di rongga jaringan setelah terinfeksi sesuatu, pada umumnya disebabkan karena bakteri dan parasit atau barang asing seperti luka. Penyebab paling banyak adalah bakteri yaitu S.aureus.

Sebenarnya bisul adalah reaksi ketahanan dari jaringan untuk menghindari menyebarnya bakteri yang telah masuk kedalam tubuh. Bakteri tersebut membunuh sel sekitarnya, mengakibatkan keluarnya racun. racun atau toksin tadi dapat menyebabkan radang, sehingga sel darah putih mengalir menuju tempat tersebut dan kemudian meningkatkan aliran darah ditempat tersebut.

Manfaat rumput teki untuk mengatasi bisul disebabkan karena sifat anti bakterinya, karena didalam rumput teki terkandung minyak atsiri, senyawa tersebut dapat membunuhy bakteri Staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan bisul.

2. Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Selain menyebabkan bisul, bakteri Staphylococcus aureus juga menjadi penyebab munculnya jerawat, maka dari itu, rumput teki juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat yang disebabkan oleh infeksi bakteri staphylococcus aureus. Jerawat merupakan suatu keadaan di mana pori pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.

Dikutip dari penelitian Lamaga dkk, dalam penelitian tersebut dibuat krim ekstrak etanol rimpang rumput teki, aktivitas antibakteri dalam krim tersebut terhadap bakteri Staphylococcus aureus ditunjukkan pada konsentrasi 10%, 12,5%, dan 15%.

3. Merawat Kulit Wajah Hiperpigmentasi

Kita harus melindungi kulit, terutama kulit wajah dari paparan sinar matahari, karena maatahari berperan utama dalam rusaknya kulit, terutama kulit wajah dan apat menyebabkan penuaan dini. Paparan sinar matahari dapat membuat kulit kering dan berkerut, merubah warna kulitdan tekstur kulit, menipiskan kulit dan membuat kulit terlihat jauh lebih tua.

Untuk merawat kulit bisa dilakukan dengan empat langkah, yakni pembersihan, pemijatan, pengelupasan, dan terakhir pemakaian masker. Untuk penggunaan masker, dapat memakai masker yang terbuat dari rumput teki.

Rumput teki mengandung beberapa senyawa, salah satunya flavonoid yang dapat mencerahkan dan menghilangkan flek pada kulit wajah, maka dari itulah ada manfaat rumput teki untuk kulit wajah. Manfaat flavonoid antara lain adalah untuk melindungi struktur sel, memiliki hubungan sinergis dengan vitamin C.

Hal senada diungkapkan dalam penelitian Melayanti dan Dwiyanti 2017, dimana pemudaran flek dengan menggunakan masker wajah dengan pecampuran umbi rumput teki di dapatkan hasil mean tertinggi dari segi kondisi kulit pasca pemakaian masker agak kering,

Persentase terbaik untuk pengurangan luas daerah flek terbaik adalah Formula 3 yaitu pencampuran umbi rumput teki 30% karena mengandung lebih banyak umbi rumput teki yang baik untuk kulit hiperpigmentasi.

Bahaya dan Efek Samping Rumput Teki

Perlu anda ketahui, jika mengonsumsi rumput teki tidak berlebihan atau dalam batas wajar, maka hal tersebut sah sah saja, karena herbal rumput teki minim efek samping, tapi bila dikonsumsi secara berlebihan dikhawatirkan akan menyebabkan batu ginjal, dan keseimbangan elekrolit.

Sedikit saran, untuk orang yang mengalami batu ginjal serta penyakit jantung, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Baca Juga : Manfaat Petai Cina

Meskipun dipandang sebelah mata karena termasuk tanaman gulma, ternyata rumput teki yang biasa tumbuh liar menyimpan banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan, seperti manfaat rumput belulang. Sekian dan terimakasih atas kunjungan di artikel manfaat rumput teki untuk kesehatan, jangan lupa untuk menyimak beberapa artikel di blog ini.

Tinggalkan komentar