17 Manfaat Daun Suji Untuk Kesehatan, Kecantikan Dan Efek Sampingnya

Manfaat Suji
Gambar Daun Suji (Pleomele angustifolia) – Sumber : Google.com

Manfaat Suji | Daun suji dengan nama latin Pleomale angustifolia umumnya banyak dipakai sebagai bahan pewarna hijau pada makanan, kue kue tradisional dan minuman seperti untuk pewarna hijau pada es cendol. Selain memberikan pewarna hijau, daun suji juga memberikan aroma harum yang khas walaupun tidak sharum aroma panda. Selain sebagai pewarna alami, ternyata ada banyak manfaat suji bagi kesehatan.

Tumbuhan suji atau nama latinnya Pleomele angustifolia merupakan tanaman perdu dari keluarga Liliaceae yang banyak tumbuh liar di pulau Jawa. Tinggi tanaman suji mampu mencapai 2 hingga 7 meter dan jika hanya tumbuh sendiri dapat berbentuk pohon kecil yang banyak cabangnya.

Apa Itu Suji

Pohon suji tumbuh tersebar dari India, Myanmar, IndoCina, Cina bagian selatan, Thailand, Jawa, Filipina, Sulawesi, Maluku, New Guinea dan Australia bagian utara. Suji tumbuh subur hingga ketinggian 1000 mdpl. tumbuhan suji biasanya tumbuh didaerah pegunungan atau dekat aliran air seperti sumur, sungai kecil.

Tanaman suji sangat mudah beradaptasi, dan tumbuh di berbagai jenis tanah dan tempat, bahkan dapat tumbuh dengan baik hanya dengan merendam di dalam air atau dengan kata lain mendapat pasokan air yang cukup. Pada umumnya, suji akan tumbuh di daerah dengan iklim tropis atau subtropis.

Umumnya tanaman suji banyak ditanam di pekarangan rumah penduduk dengan potongan rimpangnya, biasanya juga ditanam sebagai tanaman hias dan sebagai pagar hidup, namun belum ditanam dalam skala besar atau perkebunan. Daun suji dan daun pandan berbeda, banyak orang yang salah dalam membedakan kedua tanaman tersebut.

Klasifikasi Tanaman Suji

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Ordo : Liliflorae
  • Famili : Liliaceae
  • Genus : Pleomele
  • Spesies : Pleomele angustifolia.

Kandungan Senyawa Tanaman Suji

Dikutip dari Adiwisastra, 2014, Beberapa kandungan senyawa yang terdapat dalam daun suji, diantaranya klorofil alami yakni klorofil a dan klorofil b, alkaloid, flavonoid, saponin dan tannin.

Ciri Ciri Tanaman Suji

Tumbuhan suji termasuk dalam tumbuhan perdu dengan tinggi 6 hingga 8 meter.

1. Ciri Ciri Daun Suji

Daun Suji merupakan jenis daun tunggal, letaknaya berselang berseling, lanset.ujung daunnya meruncing, dengan pangkal memeluk batang, tepi daunnya rata, panjang daun antara 16 hingga 20 cm, dan lebarnya antara 3 sampai 4 cm, pertulangan sejajar, dan warna daun hijau tua.

2. Ciri Ciri Batang Suji

Batang dari tanaman suji merupakan batang Tegak dan berkayu, memiliki alur melintang, dengan warna putih kotor, dengan akar tunggang dan akarnya berwarna putih kotor.

3. Ciri Ciri Bunga Dan Buah Suji

Bunga suji termasuk bunga majemuk, tumbuh di ujung cabang, dengan bentuk tandan, waranya putih keunguan. Buah suji berbentuk bulat dengan diameter kurang lebih 1 cm dan berwarna hijau.

Nama Tanaman Suji di Berbagai Daerah

Daun pandan suji tumbuh tersebar diberbagai negara di Asia, di Indonesia sendiri sering dijumpai daun pandan suji dengan nama yang berbeda, didaerah Jawa Barat (Sunda) dan Sumatra dikenal dengan nama suji, sedangkan orang Jawa menyebut suji sebagai sujen.

Nama tanaman suji di berbagai daerah seperti Tawaang Im Bolai (Minahasa), Pendusta utan (Ambon), Ngose kolotidi (Ternate).

Manfaat Suji Bagi Kesehatan Menurut Beberapa Penelitian

1. Kirk 1993

Dalam daun suji terkandung cukup banyak klorofil, dalam penelitian yang dilakukan oleh Kirk 1993. Klorofil terbukti memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh sebagai antioksidan, antikolesterol, antikanker, antigenotoksik.

Selain itu, menurutnya klorofil juga berperan dalam regenerasi sel dan jaringan, agen detoks, antiinflamasi atau antiperadangan, hipokolesterolemik, regulator asam dan tekanan darah, serta berperan dalam menguatkan sistem peredaran darah, pencernaan dan pernapasan.

2. Hariyana, 2013

Manfaat akar serta daun suji untuk kesehatan, diantaranya nyeri lambung dan penawar racun, sedangkan pada bagian daun untuk antiinflamasi serta antidisentri.

Manfaat Suji Untuk Kesehatan

1. Sebagai Pewarna Makanan

Daun suji adalah salah satu sumber warna hijau yang paling banyak dipakai sebagai pewarna hijau pada makanan tradisional. Untuk mendapatkan pewarna dari daun suji dilakukan dengan menumbuk daun dan diekstrak dengan air.

Warna hijau pada daun suji disebabkan oleh adanya pigmen klorofil. Menurut penelitian Prangdimurti, 2006, menunjukkan bahwa daun suji segar memiliki kadar air sebesar 73,25%, serta mengandung 3.773,9 ppm klorofil yang terdiri atas 2.524,6 ppm klorofil a dan 1.250,3 ppm klorofil b.

Daun suji biasanya digunakan secara langsung ataupun dalam bentuk ekstrak. Daun suji yang digunakan secara langsung sebagai pewarna alami dengan cara ditumbuk. Nah tentunya sebagai pewarna alami makanan, efek samping daun suji yang ditimbulkan bagi kesehatan lebih kecil bila dibandingkan dengan pewarna buatan.

2. Mengatasi Beri Beri

Manfaat daun suji salah satunya berkhasiat untuk mengobati penyakit beri beri, sedangkan pada bagian akar suji berguna mengobati kencing nanah.

Dikutip dari ritariata 2010, cara mengolah daun suji untuk mengatasi beri beri yakni dengan menggunakan 20 gram daun suji segar, kemudian cuci hingga bersih, jika sudah, rebus daunnya dengan segelas air selama 15 menitan, saring jika sudah dingin, dan minum air rebusannya tersebut sekaligus.

3. Mengatasi Alergi

Alergi atau reaksi hipersensitifitas merupakan salah satu respon sistem imun yang berbahaya karena dapat menimbulkan kerusakan jaringan maupun penyakit yang serius.

Dikutip dari penelitian Aldi dkk, 2015. Reaksi alergi terjadi jika seseorang yang telah memproduksi antibodi IgE akibat terpapar suatu antigen atau alergen dan terpapar kembali oleh antigen yang sama. Alergen yang masuk untuk kedua kalinya akan bereaksi dengan IgE yang sudah terikat pada permukaan sel mast dan sel basofil sehingga memicu terjadinya aktivasi sel tersebut.

Dengan aktifnya sel mast dan sel basofil tersebut, maka terjadi proses degranulasi dan melepaskan banyak mediator amin vasoaktif. Efek dari amin vasoaktif tersebut akan menimbulkan peradangan akut dengan tanda tanda bengkak, merah, panas, nyeri, gatal gatal dan perubahan fungsi dari jaringan tersebut.

Manfaat suji terutama daunnya memiliki aktifitas anafilaksis atau anti alergi, hal tersebut telah dibuktikan melalui penelitian Aldi dkk, 2015, dimana ekstrak etanol daun suji diuji pada mencit putih jantan. Hasilnya terjadi penurunan diameter dan intensitas warna bentolan biru yang terbentuk pada punggung mencit.

4. Mengandung Antioksidan

Manfaat daun suji yang selanjutnya adalah memiliki kandungan antioksidan, dimana Warna hijau daun suji berasal dari senyawa aktif klorofil. Klorofil yang terkandung dalam daun suji yakni sekitar 1,4% dari berat daunnya.

Klorofil, pigmen tanaman yang berperan dalam proses fotosintesis, tersusun dari cincin porfirin kepala dan gugus fitol atau ekor. Klorofil terbukti memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh sebagai antioksidan.

Menurut penelitian Zakaria, 2005 Klorofil disamping sebagai zat warna hijau daun juga merupakan senyawa antioksidan, antiperadangan dan antikanker.

Menurut Lin et al, 2013, aktivitas antioksidan berperan sebagai antikanker, antimutagenik dan anti penuaan karena mampu menghambat radikal bebas sehingga melindungi tubuh dari stres oksidatif.

5. Memiliki Aktivitas AntiBakteri

Khasiat daun suji cukup banyak, salah satunya berperan sebagai antibakteri, kandungan dalam daun suji terbukti mampu mencegah bakteri streptococcus mutans, bakteri tersebut merupakan salah satu penyebab dari karies gigi serta radag gusi.

6. Mengatasi Karies Gigi dan Radang Gusi

Salah satu masalah kesehatan organ mulut yang sering dihadapi masyarakat indonseia adalah penyakit karies gigi atau jaringan keras gigi dan penyakit pada gusi. Dikutip dari Natarini, 2007. Karies gigi merupakan penyakit pada jaringan keras gigi akibat adanya aktivitas dari bakteri penghasil asam yang mampu melakukan fermentasi karbohidrat yang di konsumsi oleh manusia.

Bakteri streptococcus mutans adalah salah satu penyebab kareies gigi, dikutip dari Dorland 2010, asam yang dihasilkan oleh Streptococcus mutans dapat mempercepat pematangan plak melalui interaksi antara protein permukaan Streptococcus mutans dengan glukan yang berakibat turunnya pH pada permukaan gigi.

Apabila pH tersebut menurun sampai angka kritis anatara 5,2 hingga 5,5, maka email gigi akan mengalami demineralisasi dan dimungkinkan terjadinya karies. Ada manfaat suji untuk mengatasi karies gigi akibat bakteri, hal tersebut telah dibuktikan melalui penelitian Zulfa dkk, dimana ekstrak etanol daun suji memiliki aktivitas antibakteri terhadap S. mutans.

7. Mencegah Gusi Berdarah

Gusi berdarah disebabkan beberapa faktor, diantaranya adalah infeksi yang disebabkan bakteri, bakteri tersebut dapat menyebabkan peradangan pada gusi, dalam daun suji terkandung senyawa antibakteri, untuk itu ada manfaat suji dalam mencegah gusi berdarah.

Cara mengobati gusi berdarah cukup rebus beberapa helai daun suji, jika sudah dinginkan terlebih dahulu, lalu rebusan tadi gunakan untuk berkumur, maka rasa sakit dan peradangan pada gusi hilang.

8. Sebagai Obat Batuk Alami

Manfaat daun suji selain meringankan radang gusi, juga bermanfaat untuk membantu meredakan batuk, cara mengolah daun suji untuk mengatasi masalah yang satu ini cukup mudah yakni cukup merebus beberapa helai daun suji dan minum rebusan tadi pada pagi serta malam hari.

9. Mengobati Dan Mencegah Sifilis

Khasiat suji yang selanjutnya dapat membantu mengatasi infeksi menular seksual atau disingkat IMS, salah satu infeksi tersebut adalah penyakit sifilis, Penularan penyakit sifilis lewat hubungan intim yang tidak aman.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit tersebut adalah keluarnya nanah ketika sedang buang air kecil, dengan minum rebusan air daun suji, maka anda telah berusaha untuk mengobati penyakit menular seksual tersebut.

10. Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah

Tahukah anda bahwa ada manfaat suji untuk membantu melancarkan sirkulasi darah, hal tersebut disebabkan karena dalam daun suji terkandung senyawa polifenol yang berperan memperlebar pembuluh darah, jika pembuluh darah melebar, maka otomatis aliran darah akan lancar, bila aliran darah lancar, maka tubuh akan terasa lebih bugar dan sehat.

Manfaat Daun Suji Untuk Kecantikan

1. Merawat Kesehatan Kulit

Manfaat Suji untuk kecantikan salah satunya dapat dipakai untuk menjaga kesehatan kulit, bagi anda yang mempunyai masalah kesehatan kulit dapat mencoba daun suji ini, karena didalamnya terkandung polifenol serta flavonoid yang berkhasiat mengontol kadar minyak pada kulit wajah serta menjaga kelembabannya.

Cara mengolah daun suji untuk menjaga kesehatan kulit yakni sebagai lulur atau masker, Pertama bersihkan beberapa lembar daun suji, kemudian tumbuk hingga menjadi bubuk, setelah itu oleskan pada kulit wajah, jika sudah, bilas dengan air bersih.

Cara Mengolah Daun Suji Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Banyak cara untuk mengolah suji, seperti dikutip dari Novria, 2018, dimana daun dan akar suji diolah sedemikian rupa untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti:

1. Mengobati Disentri dan Beri-beri

Siapkan sekitar 20 gram daun suji, lalu cuci bersih daun suji segar tersebut, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan terlebih dahulu, kemudian saring, usahakan minum sekaligus 1 kali sehari.

2. Mengatasi Kencing Nanah

Daun suji dapat dimanfaatkan sebagai obat kencing nanah, pertama 20 gram Daun suji segar dicuci, lalu rebus dengan 1 gelas air sampai airnya tersisa ½ gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

3. Nyeri Lambung

Ada manfaat suji untuk mengobati nyeri lambung, siapkan sekitar 20 gram akar daun suji segar lalu, cuci terlebih dahulu, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

4. Meringankan Nyeri Haid

Nyeri pada saat haid tentunya sangat mengganggu, untuk mengatasinya cukup siapkan dan cuci bersih 20 g daun suji segar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

5. Sebagai Penawar Racun

Manfaat daun suji juga dapat berperan untuk melawan racun yang masuk dalam tubuh, pertama cuci bersih 20 g akar daun suji segar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum sekaligus 1 gelas sehari.

Selain cara diatas, ada beberapa cara mengolah daun suji untuk mengatasi berbagai penyakit diantaranya:

6. Menurunkan Kadar Glukosa

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oelh tingginya kadar gula dalam darah, untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat mengonsumsi seduhan dari daun suji. Supaya hasilnya maksimal, minumlah rebusan daun suji sebanyak dua kali sehari, sebaiknya diminum pada malam serta pagi hari.

Baca Juga : Manfaat leunca

Efek Samping Daun Suji

Banyak sekali bukan manfaat daun suji untuk kesehatan, selain memiliki manfaat, tanaman suji juga memiliki efek samping, efek samping daun suji tersebut muncul bila kita mengonsumsinya secara berlebihan.

Bahaya daun suji akibat dari konsums yang berlebihan adalah dapat merusak sistem produktifitas jaringan empedu dan hati secara langsung. Maka dari sebaiknya memanfaatkan tanaman suji, terutama untuk konsumsi sebaiknya jangan berlebihan.

Nah itulah beberapa manfaat daun suji untuk kesehatan dan efek sampingnya, tanaman yang biasanya mudah kita jumpai disekitar kita ternyata banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita, seperti manfaat krokot.

Tinggalkan komentar