Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Vitamin A B C D Secara Umum

Manfaat Vitamin A B C D
Gambar : Manfaat Vitamin A B C D – Sumber Google.com

Manfaat Vitamin A B C D | Di zaman sekarang semakin modern, cukup banyak masyarakat Indonesia yang belum memperhatikan asupan gizi pada makanan yang mereka konsumsi sehari-hari, terutama makanan yang mengandung vitamin. Masyarakat awam yang belum mengerti tentang vitamin sering kali tidak memperhatikan pola makannya setiap hari dan cenderung menyepelekan kekurangan vitamin pada tubuh mereka

Kebanyakan masyarakat beranggapan bahwa yang penting makan, tanpa memperdulikan asupan vitamin. Padahal kekurangan vitamin tertentu dapat mempengaruhi kesehatan. Dengan banyaknya makanan yang diproses dan instan, sangat mungkin tubuh kekurangan vitamin.

Bisa juga karena kita tidak mengkonsumsi makanan yang tepat, atau tubuh tidak bisa menyerap karena masalah pencernaan. Pengertian Vitamin merupakan suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh.

Kekurangan vitamin pada tubuh bisa menyebabkan peluang terkena penyakit pada tubuh kita semakin besar serta memungkinkan fungsi fungsi tubuh tidak berfungsi dan berjalan secara maksimal. Maka dari itu simak artikel berikut mengenai manfaat vitamin a b c d, supaya kita sadar untuk mengonsumsi makan yang mengandung asupan gizi, terutama vitamin dan mengenai kegunaan vitamin tersebut untuk tubuh.

Daftar Isi

Apa Itu Manfaat Vitamin A B C D

Manfaat Vitamin A B C D
Gambar : Buah dan sayur Sumber Vitamin – Sumber : Google.com

Definisi Vitamin dikutip dari Zile tahun 2003, bahwa Vitamin adalah komponen organik yang dibutuhkan oleh tubuh, namun dalam jumlah yang tidak banyak atau biasa juga disebut mikronutrien. Meskipun hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit, vitamin berperan penting dalam fungsi fungsi tubuh seperti pertumbuhan, pertahanan tubuh, dan metabolisme. Sebuah vitamin dapat mempunyai beberapa fungsi. Vitamin didapatkan dari suplemen dan diet sehari-hari.

Menurutnya vitamin diklasifikasikan menjadi dua macam, yakni.

  • Vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B dan C
  • Jenis kedua vitamin yang larut dlaam lemak seperti vitamin A, D, E dan K.

Pengertian Vitamin

Pengertian vitamin secara umum dikutip dari Khusnul K, Maria Ulfah, Nurul Anam tahun 2011, bahwa Vitamin merupakan salah satu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Vitamin tersebut berperan sebagai pembantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Dengan tidak adanya vitamin, dalam tubuh manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan dapat melakukan kegiatan hidup sehari hari dengan baik.

Seperti yang telah saya jabarkan diatas bahwa Vitamin merupakan salah satu zat yang paling dibutuhkan oleh tubuh manusia, maka dari itu, jika tubuh kekurangan vitamin dapat menyebabkan peluang terkena penyakit pada tubuh kita semakin besar serta memungkinkan fungsi fungsi tubuh tidak berfungsi secara maksimal.

Berbagai vitamin memang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia, oleh karena itu, tubuh perlu asupan dari makanan dan buah buahan yang mengandung banyak vitamin supaya mendapatkan suplai akan kebutuhan vitamin tersebut.

Sebelum membahas mengenai manfaat vitamin A B C D bagi kesehatan tubuh, mari simak penjelasan mengenai pengertian vitamin terlebih dahulu.

1. Pengertian dan Manfaat Vitamin A

Vitamin A esensial untuk sintesis pigmen rhodopsin dan iodopsin, manfaat vitamin A membantu dalam penglihatan, pertumbuhan, penyembuhan, reproduksi, diferensiasi sel, imunokompetensi, dan fungsi sel epitel.

Selain itu Vitamin A atau Acon atau Aquasol membantu menjaga pertumbuhan jaringan epitel, mata, rambut, pengobatan kelain kulit speerti acne dan tulang. Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang masuk dalam golongan vitamin laut dalam lemak.

a. Sumber Vitamin A

Manfaat Vitamin A dapat kita peroleh dari makanan berikut ini, semua jenis susu, wortel, kangkung, mentega, telur, sayuran dengan daun berwarna hijau dan kuning, buah-buahan, dan liver atau hati.

b. Efek Samping Kekurangan Vitamin A

Jika seseorang kekurangan asupan vitamin A maka akan terjadi gangguan kemampuan penglihatan pada senja hari atau biasa disebut buta senja. Buta senja terjadi karena ketika cadangan vitamin A dalam hati hampir habis.

Selain itu vitamin A dapat kita temukan pada bakung, bayam, bunkil daun talas, bayam merah, daun genjer, daun jambu, daun jambu mete, daun kacang panjang, ubi jalar merah, ubi rambat merah, dan buah apel.

Yang terjadi selanjutnya bila cadangan vitamin A telah habis maka akan menimbulkan keratinisasi jaringan epitel mata, paru-paru, traktus gastrointestinal dan genitourinarius, yang ditambah lagi dengan pengurangan sekresi mucus. Kerusakan jaringan mata, yaitu seroftalmia akan menimbulkan kebutaan.

c. Penyebab Kekurangan Vitamin A

Umunya penyebab kekurangan vitamin A terjadi karena diet yang jelek dengan kekurangan komsumsi sayuran, buah yang menjadi sumber provitamin A. Jadi jika diet juga jangan lupa mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin A.

2. Pengertian Dan Manfaat Vitamin D

Vitamin D adalah prohormon steroid.Vitamin D sendiri diwakili oleh sekelompok senyawa steroid, dapat kita temui pada hewan, tetapi juga terdapat dalam tanaman serta ragi. Melalui berbagai proses metabolic,vitamin D tersebut mampu menghasilkan suatu hormon yaitu Kalsitriol, kalsitriol merupakan hormon yang berperan penting dalam metabolis kalsium dan fosfat.

Bagian tubuh yang paling banyak dipengaruhi oleh vitamin D adalah tulang. Vitamin D ini dapat membantu metabolisme kalsium dan mineralisasi tulang. Sel kulit akan segera memproduksi vitamin D saat terkena cahaya matahari (dikutip dari Permana dkk, 2018)

Jadi manfaat vitamin D berperan penting dalam metabolisme atau penyerapan Kalsiu dan fosfat yang pada akhirnya kalsium tersebuat berperan dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Vitamin D merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak, terdiri dari beberapa bentuk, namun hanya ada dua bentuk utama yakni vitamin D3 atau Kolekalsiferol dan vitamin D2 atau Ergokalsiferol.

a. Sumber Vitamin D

Vitamin D3 dapat kita temukan dalam minyak hati ikan, sedangkan vitamin D2 banyak terdapat dalam bahan nabati atau tumbuhan. Sedangkan Vitamin D dapat kita temukan pada, sinar matahari pagi dan sore, kedelai, keju, sereal, tahu, ikan salmon, udang dan telur.

b. Dampak Kekurangan Vitamin D

Kekurangan Vitamin D tidak baik bagi kesehatan tubuh, beberapa gejala yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D tersebut ialah tulang nyeri, otot lemah, gigi rusak.

3. Pengertian Dan Manfaat Vitamin C

Vitamin C atau biasa disebut asam askorbat adalah jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin C bekerja sebagai suatu koenzim dan pada keadaan tertentu merupakan reduktor dan antioksidan. Jadi Vitamin C merupakan senyawa antioksidan alami yang dapat menangkal berbagai radikal bebas dari polusi di sekitar lingkungan kita.

Vitamin C tersebut dapat secara langsung atau tidak langsung memberikan elektron ke enzim yang membutuhkan ion-ion logam tereduksi dan bekerja sebagai kofaktor untuk prolil dan lisil hidroksilase dalam biosintesis kolagen.

Pada kebanyakan mamalia, vitamin C dapat dibentuk oleh tubuhnya sendiri akan tetapi tidak pada primata termasuk pada manusia dan sebagian kecil hewan lainnya. Oleh sebab itu, untuk mencukupi kebutuhan vitamin ini manusia perlu mengkonsumsi vitamin C baik dari makanan, minuman maupun suplemen.

Manfaat Vitamin C berperan penting dalam absorpsi zat besi dan metabolisme asam folat. Vitamin C juga dibutuhkan oleh endotel kapiler dan perbaikan jaringan. Sifatnya yang mampu menangkal radikal bebas, vitamin C dapat membantu menurunkan laju mutasi dalam tubuh sehingga risiko timbulnya berbagai penyakit degenaratif, seperti kanker, dapat diturunkan.

Manfaat Vitamin C atau asam askorbat bagi kesehatan tubuh. Di dalam tubuh, vitamin C juga berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, sendi, tulang, dan jaringan penyokong lainnya.

a. Sumber Vitamin C

Vitamin C banyak kita temui pada buah citrus, tomat, sayuran berwarna hijau, dan kentang. vitamin ini digunakan dalam metabolisme karbohidrat dan sintesis protein, lipid, dan kolagen

b. Efek Samping atau Dampak Kekurangan Vitamin C

Jika dalam tubuh, kurang asupan vitamin C maka akan menyebabkan gusi berdarah, mudah memar, kulit kering, lemah karena kekurangan energi, mimisan, gampang infeksi, nyeri sendi.

4. Pengertian Dan Manfaat Vitamin K

Vitamin K termasuk dalam vitamin yang larut dalam lemak. bermanfaat dalam pembentukan sistem peredaran darah yang baik dan penutupan luka. Selain itu, vitamin K juga berperan sebagai kofaktor enzim untuk mengkatalis reaksi karboksilasi asam amino asam glutamat.

Vitamin yang tergolong ke dalam kelompok vitamin K adalah naftokuinon tersubsitusi poliisoprenoid. Menadion yaitu senyawa induk seri vitamin K, tidak ditemukan dalam bentuk alami tetapi jika diberikan, secara in vivo senyawa ini akan mengalami alkilasi menjadi salah satu menakuinon Filokuinon merupakan bentuk utama vitamin K yang ada dalam tanaman.

Jadi secara umum, manfaat vitamin k berguna untuk melancakan peredaran darah dan pemenuhan kebutuhan sel darah merah serta memperecpat penyembuhan luka. Oleh karena itu, penting untuk banyak banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K, vitamin tersebut baik bagi pemenuhan kebutuhan di dalam tubuh.

a. Sumber Vitamin K

Vitamin K dapat dengan muda kita temui pada beberapp makanan diantaranya, sayuran yang masih segar, susu serta kuning telur.

b. Efek Samping Kekurangan Vitamin K

Asupan vitamin K perlu anda perhatikan, karena bila tidak diperhatikan dengan baik, maka akan menyebabkan beberapa efek yang buruk bagi kesehatan tubuh, diantaranya darah lambat membeku, mudah berdarah, mudah memar.

5. Pengertian Dan Manfaat Vitamin E

Vitamin E berperan dalam menjaga kesehatan berbagai jaringan di dalam tubuh, vitamin tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk menjagai jaringan kulit, mata, sel darah merah hingga hati. Vitamin E tersebut juga termasuk dalam vitamin yang larut dalam lemak.

Manfaat vitamin E yang lainnya berperan utnuk melindungi paru-paru manusia dari polusi udara. Peran vitamin E di dalam tubuh sebagai senyawa antioksidan alami. Fungsi utama Vitamin E adalah menjaga kesehatan mata dan kulit

a. Sumber Vitamin E

Untuk menjaga asupan vitamin E dalam tubuh, anda perlu mengonsumsi beberapa makanan berikut, diantaranya ditemukan pada ikan, ayam, kuning telur, kecambah, ragi, dan minyak tumbuh tumbuhan.

6. Pengertian Dan Manfaat Vitamin B

Golongan vitamin B secara umum berperan penting dalam proses metabolisme tubuh kita, vitamin B berperan dalam pelepasan energi dalam tubuh, karena senyawa koenzim yang meningkatkan laju reaksi metabolisme tubuh terhadap berbagai jenis sumber energi.

Beberapa dari jenis vitamin B memiliki peran untuk membantu pembentukan sel darah merah atau eritrosit dalam tubuh.

a. Sumber Vitamin B

Jika anda memerlukan asupan vitamin B, maka rajin rajinlah mengonsumsi susu, gandum, ikan, bayam serta sayur sayuran hijau lainnya.

b. Efek Samping Kekurangan Vitamin B

Perlunya kita menjaga asupan vitamin E, efek samping dan gejala gejala yang muncul jika kekurangan vitamin E diantaranya mudah lelah, rambut kering, kulit kusam, kram pada kaki dan rambut mudah rontok.

Selain itu, gejala yang akan muncul bila seseorang kekurangan vitamin B diantaranya, mudah lelah, kram pada otot, mudah kesemutan, dan nafsu makan berkurang.

Manfaat Vitamin A B C D

1. Manfaat vitamin A

Manfaat Vitamin A B C D yang pertama datang dari khasiat dari vitamin A bagi kesehatan, manfaat tersebut diantaranya:

a. Membantu Perkembangan Janin Secara Optimal

Perlu anda ketahui, bahwa manfaat Vitamin A sangat penting bagi ibu hamil. Karena sifatnya mudah larut dalam lemak sehingga dibutuhkan untuk kesehatan jabang bayi.

Misal membantu perkembangan sel mata, organ mata, untuk pertumbuhan tulang, untuk kesehatan kulitnya, dan membantu perkembangan Organ jantung.

b. Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kekebalan tubuh perlu dijaga, supaya kita terhindar dari bakteri dan virus yang membahayakan kesehatan manusia, maka dari itu ada manfaat vitamin A mampu meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Khasiat vitamin A disebabkan karena vitamin tersebut disebabkan karena kandungan retinil palmitat dan retinil asetat dapat mencegah infeksi dari berbagai macam organisme kecil yang dapat merugikan tubuh. Seperti bakteri yang mencoba masuk dalam tubuh melalui pernafasan dan makanan.

c. Memperlambat Pertumbuhan Sel Kanker Payudara

Selain bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, manfaat vitamin A yang lainnya juga mampu digunakan untuk menghambat sel kanker penyebab kanker payudara. Hal tersebut juga telah dibuktikan melalui beberapa penelitian ilmiah seperti yang telah dilakukan oleh ilmuwan asal Amerika.

Dalam penelititan tersebut diungkapkan bahwa vitamin A ini dapat menghambat pertumbuhan kanker yang sering menyerang wanita, yaitu kanker payudara. Walau tidak secara langsung, namun bentuk turunannya berupa asam retinoat atau retinol inilah yang akan menghambat pertumbuhan jaringan kanker itu sendiri.

d. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat vitamin A selanjutnya dapat digunakan untuk menghambat proses penuaan dini. Hal tersebut disebabkan karena kandungan antioksidan didalamnya yang mampu menangkal radikal bebas.

Radikal bebas berasal dari udara kotor yang terhirup oleh organ pernafasan kita. Karena semakin tinggi reaksi antioksidan itu sendiri maka semakin banyak polusi yang masuk ke dalam tubuh. Tapi dengan vitamin A ini, maka kerusakan akibat radikal bebas dapat dicegah untuk memperlambat proses penuaan pada kulit.

e. Mencegah Penyakit Campak

Vitamin A selain mencegah penuaan dini, juga dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit campak pada bayi dimana Suplementasi vitamin A menurunkan morbiditas dan mortalitas campak akut pada bayi dan anak di negara berkembang. Suplementasi vitamin A
mengatur respon antibodi terhadap campak dan meningkatkan total limposit.

Hal tersebut juga telah dibuktikan oleh beberapa uji klinik, diantaranya dikutip dari Semba et al, tahun 1997, bahwa terhadap virus campak pada bayi umur 9 bulan yang memperoleh antibodi dari ibunya, tapi tidak mengganggu serokonversi campak.

f. Mencegah Diare

Di negara berkembang, penyakit diare diantara anak yang disebabkan oleh bakteri, termasuk rotavirus, Escherichia coli, Shigela, Vibrio cholerae, Salmonella dan Entamoeba histolytica.

Manfaat vitamin A dalam mencegah bakteri telah dibuktikan oleh beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplementasi vitamin A atau fortifikasi menurunkan morbiditas dan mortalitas penyakit diare pada anak diantaranya.

(Beato et al, 1993; Barreto et al, 1994 dalam Semba, 2002). Defisiensi vitamin A diasosiasikan dengan penyakit diare pada anak. (Sommer et al, 1984; Briliant et al, 1985; DeSole et al, 1987; Gujral et al, 1993; Schaumberg et al, 1996 dalam Semba, 2002). Keluarnya vitamin A lewat urin selama infeksi Shigella pada beberapa anak. (Mitra et al, 1998) dan suplementasi vitamin A (60 mg RE) menurunkan morbiditas pada anak dengan shigellosis akut (Hossain el, 1998 dalam Semba, 2002).

Manfaat Vitamin A yang lain diantaranya.

g. Mencegah kerusakan radikal bebas pada sel-sel tubuh sehingga mencegah penyakit terutama penyakit kanker dan penyakit Alzheimer.
h. Membantu sistem pencernaan yang sehat dan kuat.
i. Membantu memperbaiki jaringan-jaringan tubuh.
j. Membantu menyehatkan kulit dan memperbaiki kulit terhadap kondisi seperti jerawat dan psoriasis.
k. Menjaga kesehatan lapisan mata, membran mukos, saluran pernapasan, saluran kemih,
dan saluran usus.
l. Memelihara kesehatan rambut.
m. Memperlambat proses penuaan.
n. Menyehatkan mata dan mencegah katarak.
o. Vitamin A membantu pembentukan tulang dan gigi.

2. Manfaat Vitamin B

Manfaat vitamin A B C D yang selanjutnya datang dari vitamin B, Kegunaan vitamin B untuk kesehatan diantaranya.

  •  asupan vitamin B yang cukup dalam tubuh akan mencegah kelambatan pertumbuhan,

  •  mencegah anemia,

  •  mencegah gangguan penglihatan,

  •  mencegah kerusakan syaraf

  •  mencegah gangguan pada jantung.

3. Manfaat Vitamin C

Setelah vitamin B, manfaat vitamin A B C D, adalah khasiat dari vitamin C, diantaranya.

a. Sebagai anti oksidan yang baik

Pengertian dari senyawa Antioksidan adalah suatu substansi yang menghentikan atau menghambat kerusakan oksidatif terhadap suatu molekul target dengan cara bereaksi dengan radikal bebas reaktif membentuk yang relatif stabil.

Antioksidan membantu menghentikan proses perusakan sel dengan cara memberikan elektron kepada radikal bebas. Antioksidan akan menetralisir radikal bebas sehingga tidak mempunyai kemampuan lagi mencuri elektron dari sel dan DNA.

Tahukah anda, bahwa Vitamin C termasuk golongan antioksidan karena sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam. Vitamin C juga sebagai antioksidan dan prooksidan. antioksidan dapat menangkap radikal bebas. Sehingga menghambat proses oksidasi.

b. Membantu Pembentukan Kolagen dan Membantu Penyembuhan Luka

Kolagen sendiri merupakan struktur untai paralel yang memberi kekuatan lenting atau daya rentang pada jaringan yang tanpa kemampuan meregang.

Kolagen merupakan komponen jaringan ikat yang utama dan dapat ditemukan pada berbagai jenis jaringan serta bagian tubuh yang harus diikat menjadi satu. Ada Manfaat Vitamin C berperan sebagai bahan essensial dalam pembentukan kolagen ini.

Vitamin C membantu dalam pembentukan serabut protein dari jaringan penghubung yang dinamakan dengan kolagen. Kolagen menjadi sebagai matriks dimana tulang dan gigi dibentuk. Ketika seseorang terluka, perekat kolagen atau disebut collagen glues melekatkan jaringan yang terpisah agar bersatu, menjadi bentuk yang kita ketahui sebagai bekas luka. Sel bersatu kebanyakan karena kolagen, maka dari itu vitamin C bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka.

c. Menyembuhkan Flu

Manfaat vitamin C yang selanjutnya berguna untuk menyembuhkan luka, Vitamin C melawan flu bekerja dengan meningkatkan fungsi banyak sel imun seperti leukosit, sementara melawan histamin yang menyebabkan gejala flu.

Manfaat Vitamin C Yang Lainnya

  • Mengurangi resiko penyakit jantung

  • Memperbaiki sistem kekebalan tubuh

  • Ampuh melawan alergi

  • Mencegah penyakit strok

  • Mengurangi racun dalam hati.

4. Manfaat Vitamin D

Manfaat Vitamin A B C D yang dari vitamin D sebagai berikut.

a. Mencegah Diabetes Serta Kardiovaskular

Manfaat Vitamin D memiliki efek antiinflamasi terhadap sistem vascular sehingga bertindak sebagai kardioprotektif. Kadar vitamin D 25-OH rendah menyebabkan peningkatan PTH, yang berkaitan dengan menghambat insulin dan meningkatkan beberapa protein fase akut.

Selain itu Kadar vitamin D 25-OH < 30 ng/ml sangat berhubungan dengan hipertensi dan meningkatnya gula darah pada manusia.

b. Mencegah Penyakit Autoimun

Tahukah anda, bahwa vitamin D merupakan Natural immume sehingga dapat berguna untuk mencegah penyakit auto imun. Hal tersebut telah dibuktikan oleh Studi populasi di negara Amerika menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi minimal 400 IU vitamin D per hari menurunkan resiko penyakit multiple sclerosis sebanyak 41%.

c. Menyembuhkan Gangguan Saraf

Hubungan vitamin D dengan resiko autis telah ditemukan oleh ahli, dimana Diet yang difortifikasi vitamin D3 dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer, depresi serta gangguan neurokognitif. Defisiensi vitamin D berhubungan dengan perubahan perilaku dan neurokimia otak pada uji coba tikus. Resiko depresi lebih kecil pada individu dengan level serum vitamin D 25-OH antara 20-34 ng/ml.

d. Mencegah Munculnya Gangguan Kehamilan

Manfaat Vitamin D baik bagi kehamilan, karena dapat mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan, Banyak studi meta-analisis menunjukkan wanita hamil dengan vitamin D 25-OH total <20 ng/ml lebih berisiko mengalami preeklampsia, DM gestasional, mengalami kelahiran prematur dan BBLR atau Berat Badan Lahir Rendah.

Salah satu ciri patogenik utama preeklampsia adalah terjadinya disfungsi endotel maternal akibat gangguan angiogenesis dan berkurangnya kapasitas perbaikan endotel. pengaruh positif vitamin D3 mengurangi risiko preeklampsia.

Merewood memberikan pernyataan bahwa wanita dengan kadar vitamin D yang cukup, mempunyai risiko melahirkan secara caesar 4 kali lebih kecil. analisis Thorne-Lyman menyatakan efek benefit suplementasi vitamin D selama hamil terhadap berat badan bayi, namun tidak berefek signifikan terhadap outcomet maternal dan neonatal.

5. Manfaat Vitamin E

a. Baik Bagi Kesehatan Mata Dan Kulit

Mungkin anda hanya mengetahui bahwa untuk menjaga kesehatan mata, vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin A, namun selain vitamin tersebut, ada vitamin lain yakni Vitamin E yang baik untuk membantu menjaga kesehatan mata serta kulit anda.

b. Membantu Meningkatkan Sel Immun Tubuh

Selain memiliki manfaat vitamin E untuk menjaga kehatan mata dan kulit, vitamin E juga memiliki kegunaan, yakni untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel kekebalan tubuh, yang mampu melawan bakteri serta virus yang merugikan.

c. Membantu Memperlebar Pembuluh Darah

Manfaat Vitamin E selanjutnya dapat memperlebar pembuluh darah, dimana jika pembuluh darah lebih lebar, maka aliran darah akan semakin lancar, dan terhindar dari pembekuan darah.

d. Sebagai Antioksidan

Sumber antioksidan selain dari buah buahan yang mengandung vitamin C, dapat juga kita peroleh dari buah buahan yang mengandung banyak Vitamin E, dimana vitamin E mampu membantu sel serta jaringan tubuh dari radikal bebas.

6. Manfaat Vitamin K

Manfaat vitamin A B C D yang terakhir datang dari vitamin K, simak beberapa khasiat dari vitamin tersebut, diantaranya.

a. Menghentikan Pendarahan

Jika kita terluka atau tergores dengan benda tajam, maka mungkin kita akan melakukan segala cara supaya pendarahannya berhenti, namun alangkah baiknya anda perbanyak makanan yang mengandung vitamin K.

Vitamin K yang disimpan dalam tubuh, salah satunya bermanfaat untuk mempercepat pembekuan darah, sehingga bila kita tergores dan berdarah, vitamin K lah yang berperan mempercepat penghentian darah yang keluar.

Efek Samping Kekurangan Vitamin A B C D

Banyak sekali efek samping dari kekurangan vitami A B C D yang telah kami sebutkan diatas, pesan kami, selalu rutin mengonsumsi buah dan sayuran yang seimbang.

Banyak sekali manfaat vitamin A B C D yang tidak dapat kami sebutkan, karena seluruh vitamin tersebut berkolaborasi untuk menjaga tubuh kita agar tetap dalam kondisi normal.

Simak Juga: Manfaat daun Balakaida

Sekian dulu artikel mengenai manfaat vitamin A B C D bagi kesehatan tubuh, vitamin tersebut juga dapat anda temukan pada daun meniran maka dari itu, sering seringlah mengonsumsi makanan alami seperti buah buahan dan sayur yang kaya akan vitamin.

Tinggalkan komentar